Apa Itu Bitcoin? Ulasan Lengkap Bitcoin dan Cara Mendapatkannya

Sharing is caring!

Apa Itu Bitcoin? BisnisHandal.com ~ Apa sebetulnya Bitcoin itu? Bagaimana cara mendapatkannya? Apakah betul kita bisa menjadi kaya dengan investasi Bitcoin? Semuanya akan diulas disini.

Apa Itu Bitcoin?

Jadi sebetulnya Bitcoin ini adalah sebuah mata uang baru dalam bentuk elektronik yang diciptakan oleh sekelompok orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Tujuan Satoshi menciptakan Bitcoin adalah untuk memudahkan sebuah transaksi keuangan tanpa harus melalui pihak ketiga, yaitu bank.

apa itu bitcoin

Jadi singkatnya seperti ini.

Jika kita hendak mengirim uang kepada seseorang yang berada di tempat yang terpisah secara geografis, misalnya dari Jakarta ke Medan, atau dari Papua ke Aceh, tentunya harus melalui perantara bukan?

Misalnya kita mengirim uang tersebut melalui transfer di ATM, maka dalam kasus ini Bank adalah pihak perantaranya.

Atau dalam kasus yang lebih canggih lagi…

Ketika kita berbelanja online di luar negeri, misalnya membeli barang di situs Amazon, maka yang harus dilakukan adalah membayar dengan rekening Paypal atau kartu kredit berlogo Visa.

Nah rekening Bank atau Paypal tersebut adalah pihak ketiga yang bertugas untuk meneruskan uang anda kepada penjual. Oleh karena itu biasanya anda akan dikenakan biaya administrasi tertentu untuk transaksi tersebut sebagai fee kepada pihak ketiga tersebut.

Jadi, untuk menyederhanakan transaksi tanpa pihak ketiga inilah Bitcoin akhirnya diciptakan.

Sederhananya, Bitcoin adalah sebuah mata uang terdesentralisasi secara digital dengan satu sistem akuntansi global yang memungkinkan transaksi keuangan secara langsung  tanpa harus melalui sebuah instansi keuangan.

Karakteristik Bitcoin

Setelah mengetahui apa itu Bitcoin, sekarang mungkin anda bertanya-tanya mengapa ada orang yang bilang kalau Bitcoin adalah mata uang untuk masa depan. Atau ada juga yang bilang kalau kita bisa kaya karena Bitcoin.

Karena itu, mari kita pelajari terlebih dahulu karakteristik dari Bitcoin itu sendiri.

1.Bitcoin Sebagai Sistem Pembayaran

harga bitcoin
daftar bitcoin

Kita semua tentunya sudah tahu kalau sistem pembayaran selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

Ribuan tahun lalu kita mengenal sistem pembayaran yang paling sederhana, yaitu barter. Dengan sistem barter, kita membayar dalam bentuk barang untuk mendapatkan barang tertentu.

Lambat laun, manusia mulai mengembangkan sistem pembayaran yang lebih praktis, yaitu dengan menciptakan benda tertentu yang diberi nilai berdasarkan kesepakatan bersama.

Benda itulah yang akhirnya kita namakan uang.

Dengan uang, pembayaran jadi lebih praktis karena kita tidak perlu lagi harus repot menenteng barang untuk ditukar dengan barang lain.

Uang pun semakin berkembang mengikuti tuntutan zaman. Mulai dari uang logam hingga berubah jadi uang kertas.

Kemajuan sistem pembayaran tidak sampai disitu saja.

Karena kecanggihan teknologi yang membuat semua manusia bisa terhubung langsung lewat jaringan internet, sistem pembayaran juga terus berkembang.

Mulai dari pembayaran cash, transfer bank, pembayaran lewat kartu kredit, rekening Paypal dan terakhir adalah Bitcoin.

Dengan menggunakan Bitcoin, kita dapat melakukan sistem pembayaran secara langsung (transaksi real time) dimana antara pihak pengirim uang dan penerima uang sudah tidak ada jeda waktu lagi seperti transaksi lintas bank pada umumnya.

Karena semua data keuangan dan transaksi berada di dalam satu wadah kas sama yang dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun selama ada jaringan internet.

2. Bitcoin Sebagai Emas Digital

satoshi nakamoto
cara mendapatkan bitcoin

Salah satu investasi tertua di dunia yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah investasi emas.

Emas adalah objek investasi yang terbaik karena memiliki nilai yang relatif stabil dan tidak terpengaruh dengan adanya inflasi.

Selain itu emas juga memiliki nilai yang sangat tinggi karena kelangkaannya. Semakin hari cadangan mineral emas yang ada di bawah permukaan Bumi juga semakin menipis.

Demikian juga Bitcoin.

Jumlah Bitcoin di seluruh dunia hanya ada 21  juta unit saja dan sekitar 80% dari toal Bitcoin sudah ditambang. Jadi sisa cadangan Bitcoin diperkirakan hanya sekitar 20% saja.

Sama seperti emas yang tidak bisa dipalsukan seperti berlian, Bitcoin juga tidak bisa dipalsukan karena menggunakan sistem Blockchain.

Ditambah dengan teknologi Bitcoin yang stabil tanpa mengalami degradasi, maka tepat kiranya jika banyak orang yang menamakan Bitcoin sebagai emas digital atau emas 2.0

3. Bitcoin Sebagai Alat Investasi

cara mendapatkan bitcoin
cara kerja bitcoin

Selain sebagai sistem pembayaran dan emas digital, hal paling menarik dari Bitcoin adalah bisa dipergunakan sebagai alat investasi.

Saat ini, Bitcoin menjadi alat investasi yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan karena nilainya yang terus mengalami kenaikan. Bahkan grafik kenaikannya bisa mencapai ratusan hingga ribuan persen hanya dalam tempo singkat.

Sebagai contoh, pada bulan Januari 2013, 1 BTC (satuan Bitcoin) diperjualbelikan hanya seharga 13 US$. Tetapi pada bulan Mei 2013, harga 1 BTC sudah mencapai 120 US$. Ini berarti hanya dalam tempo 5 bulan saja kenaikan nilai Bitcoin bisa mencapai hampir 10 kali lipatnya.

Kemudian pada akhir 2013, harga 1 BTC sudah mencapai US$ 860 yang berarti dalam 1 tahun sudah melaambung sekitar 66 kali lipat.

Dan untuk hari ini harga 1 BTC adalah US$ 3.925 atau jika dirupiahkan adalah senilai Rp 55.705.000.

Bayangkan jika anda iseng membeli 100 BTC pada tahun 2013. Selamat, hari ini ada memiliki uang lebih dari 5 milyar rupiah!

Namun sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang dalam bentuk Bitcoin, yang harus anda ketahui adalah prinsip high risk high return. Artinya nilai resiko adalah sebanding dengan keuntungan yang akan didapat.

Bitcoin memiliki volatilitas yang sangat liar. Meskipun secara umum nilainya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, untuk jangka pendek, nilai Bitcoin sangatlah fluktuatif.

Prospek nilai Bitcoin di masa depan juga tidak bisa dipastikan akan naik ataukah anjlok.

Belum lagi resiko keamanan digital yang sangat rawan terhadap resiko peretasan data digital.

Jadi untuk anda yang ingin berinvestasi Bitcoin,  ada baiknya sedikit berhati-hati dan selektif memilih berapa dana yang akan dialokasikan untuk investasi.

Cara Mendapatkan Bitcoin

harga bitcoin
cara mendapatkan bitcoin

Lalu bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Sebagai uang digital, Bitcoin tersimpan dalam dompet digital yang ada di server cloud atau komputer pribadi sang pemilik.

Dompet tersebut sebetulnya terintegrasi dengan sebuah kas besar yang berisikan dompet-dompet Bitcoin dari seluruh pengguna yang ada di berbagai belahan bumi.

Anda bisa saja melakukan transaksi jual beli dengan seseorang menggunakan Bitcoin dan nantinya sistem yang akan mengatur perpindahan sejumlah Bitcoin yang telah disepakati dari pembeli kepada anda.

Selain dengan transaksi jual beli, salah satu cara yang banyak disukai orang untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan menambangnya.

Lho memangnya bisa?

Menambang Bitcoin disini maksudnya bukan pertambangan secara fisik, namun secara digital.

Misalnya, anda diharuskan memecahkan sebuah puzzle matematika dalam waktu tertentu dan jika berhasil akan mendapatkan sejumlah Bitcoin.

Atau anda juga bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara membelinya.

Saat ini sudah banyak sekali marketplace yang mengkhususkan diri dalam urusan jual beli Bitcoin. Anda hanya harus mencari marketplace terpercaya saja untuk medapatkan Bitcoin.

Baca juga:

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Bitcoin, seperti apa wujudnya, kegunaannya dan bagaimana cara mendapatkannya.

Meskipun Bitcoin digadang-gadang akan menjadi uang masa depan, namun yang perlu diingat adalah sampai saat ini pencipta Bitcoin tidak pernah menunjukkan identitas aslinya. Dan tidak ada yang bisa meramalkan akan seperti apa Bitcoin di masa yang akan datang. [BH/HT]

Tinggalkan komentar