Apa Itu Cryptocurrency? Penjelasan Lengkap Mengenai Mata Uang Kripto

Sharing is caring!

Apa Itu Cryptocurrency ~ Seperti apa cryptocurrency? Apa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan mata uang kripto ini? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Bagi anda yang sering membaca artikel bisnis atau majalah yang berhubungan dengan ekonomi, anda mungkin akan menemukan istilah cryptocurrency.

Istilah cryptocurrency ini memang cukup asing bagi sebagian orang. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat istilah ini baru booming sekitar sepuluh tahun yang lalu.

Lantas apa itu cryptocurrency?

Nah mari kita teliti lebih jauh untuk mengetahui mata uang kripto ini.

Pengertian Cryptocurrency Adalah

Pengertian cryptocurrency adalah mata uang digital yang bisa dipergunakan sebagai alat tukar transaksi virtual dalam jaringan internet. Karena dijadikan sebagai alat tukar dalam transaksi virtual, maka keamanan dari cryptocurrency harus betul-betul dijaga dari segala bentuk upaya pembobolan.

Maka dari itu, sebuah cryptocurrency akan dirancang sedemikian rupa dengan sistem kriptografi atau sandi-sandi rahasia yang maha rumit sebagai proteksi keamanan dari mata uang tersebut.

Dari namanya sendiri, cryptocurrency berasal dari 2 kata, yaitu “crypto” dan “currency”.

Cryoto adalah akronim dari cryptography atau kriptografi yang berarti kode rahasia. Currency sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti mata uang.

Jadi secara harfiah bisa dibilang cryptocurrency adalah mata uang yang dirancang dengan kode-kode rahasia.

Cara Kerja Cryptocurrency

Peredaran cryptocurrency adalah bersifat desentralistik. Ini berarti bahwa antara dua orang pemilik dompet digital bisa langsung bertransaksi tanpa membutuhkan pihak ketiga sebagai perantara.

Jadi cara kerja mata uang kripto adalah seperti ini.

Misalkan ada seseorang, katakanlah si A ingin mengirim uang digital kepada si B. Nah, pada saat mengirimkan uang tersebut, A akan mengirimkan sebuah sandi alfanumerik yang berfungsi sebagai password atau keyword ke dalam sistem jaringan.

Selanjutnya, instruksi pengiriman ini akan masuk ke sebuah blockchain yang memungkinkan untuk dilihat oleh setiap blok mandiri.

bisnis cryptocurrency adalah

Blockchain adalah sebuah platform yang berbentuk blok-blok mandiri yang saling terhubung satu sama lain sehingga membentuk rantai jaringan.

Nah, salah satu dari semua blok mandiri yang bisa melihat kiriman uang dari A adalah si B, yang merupakan tujuan pengiriman uang.

Lalu si B akan mengakses pengiriman uang dari si A berdasarkan private key atau keyword yang dikirimkan oleh si A tadi.

Lantas, bagaimana dengan orang lain dari blockchain yang mengetahui adanya uang tersebut?

Jadi, meskipun ada banyak orang, seperti si C, D, E, F, dan lain-lain yang mengetahui adanya pengiriman uang digital, mereka sama sekali tidak bisa mengakses uang tersebut karena tidak memiliki keyword untuk membukanya.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Sebetulnya cryptocurrency sendiri sudah mulai ada dan mulai dikembangkan sejak tahun 1990an. Akan tetapi baru booming sejak 10 tahun yang lalu.

Sejak boomingnya mata uang kripto, telah banyak transaksi di dunia maya yang akhirnya menggunakan mata uang kripto ini karena lebih praktis dan pastinya lebih aman.

Selain sebagai alat transaksi, beberapa jenis mata uang kripto malah dijadikan sebagai instrumen investasi dan diperdagangkan di bursa berjangka.

Salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer dan paling berharga adalah Bitcoin. Sejak diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, Bitcoin memang telah mengalami kenaikan harga yang luar biasa karena jumlahnya yang hanya dibatasi sejumlah 21 juta coin saja. Jumlah tersebut bahkan diperkirakan akan habis ditambang sampai tahun 2140.

Selain Bitcoin, beberapa jenis mata uang kripto yang cukup terkenal juga antara lain adalah:

  • Ethereum (ETH)
  • Ripple (XRP)
  • Litecoin
  • Tether (USDT)
  • EOS
  • Cyronium
  • Cardano (ADA)
  • Monero (XMR), dan lain-lain

Kelebihan dan Kelemahan Cryptocurrency

cryptocurrency adalah wikipedia

Sebagai salah satu alat transaksi digital, mata uang kripto memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan yang harus anda ketahui.

Kelebihan Cryptocurrency

Beberapa kelebihan mata uang kripto adalah sebagai berikut.

  • Memungkinkan proses transaksi berlangsung dengan sangat cepat, aman, dan praktis dan bisa dilakukan di mana saja selama ada koneksi internet.
  • Pemalsuan uang nyaris tidak mungkin terjadi karena sistem blockchain akan mendeteksi jika ada mata uang sama untuk lebih dari satu transaksi yang berbeda.
  • Potensi harganya yang terus meningkat bisa dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan.
  • Karena setiap transaksi tidak perlu menampilkan identitas asli, maka privasi data orang-orang yang bertransaksi akan sangat terjaga kerahasiaannya.

Kelemahan Cryptocurrency

Selain beberapa keuntungan di atas, cryptocurrency juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan, antara lain sebagai berikut.

  • Karena dompet digital menggunakan PIN (password/key) ada kemungkinan anda lupa PIN (password/key) tersebut. Jika itu terjadi, akibatnya anda mungkin akan kehilangan hak akses atas uang digital tersebut.
  • Cryptocurrency memiliki volatilitas yang tinggi, jadi bisa terjadi kenaikan dan penurunan terhadap nilai uang kripto secara fluktuatif dalam waktu yang cukup singkat.
  • Karena pergerakannya yang cukup fluktuatif, maka tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana nasib mata uang kripto di masa depan. Jadi ada kemungkinan anda akan merugi jika berinvestasi untuk mata uang kripto.
  • Beberapa negara secara lantang melarang adanya transaksi dengan menggunakan cryptocurrency. Jika anda bertransaksi dengan uang kripto di negara yang melarangnya, maka anda berpotensi melanggar hukum.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu cryptocurrency, cara kerja, jenis, beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel mengenai mata uang kripto di atas bisa membuka wawasan anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar