Biodata Sandiaga Uno, Bangkit dari Nol Hingga jadi Pengusaha Sukses

Sharing is caring!

Biodata Sandiaga Uno, BisnisHandal.com ~ Semua orang saat ini pasti mengenal Sandiaga Uno sebagai cawapres Prabowo Subianto yang tajir melintir. Tapi tahukah anda, Sandiaga Uno pernah jatuh bangun dan menjadi pengangguran sebelum sukses seperti saat ini. Ingin tahu kisahnya? Simak biodata Sandiaga Uno di bawah ini!

Hari ini siapa yang tidak mengenal Sandiaga Uno, salah satu calon Wakil Presiden termuda yang tajir melintir.

Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres yang diadakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Biodata Sandiaga Uno, Pernah jadi Pengangguran dan Bangkit dari Nol hingga Akhirnya Sukses Besar

Berikut ini adalah profil dan kisah hidup Sandiaga Uno sampai menjadi sekarang ini.

Pendidikan

anak sandiaga uno
sandiaga uno kekayaan
Masa kecil Sandiaga Uno (Foto: dok. Instagram Sandiaga Uno)

Sandiaga Uno lahir di Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969 dari pasangan Razif Halik Uno dan Mein R. Uno, yang merupakan keturunan asli Gorontalo.

Razif Halik Uno atau biasa disapa Henk Uno adalah karyawan di perusahaan Caltex, Riau. Namun pada tahun 1970an, keluarga Uno semuanya hijrah ke Jakarta setelah Henk dipindah tugaskan dari Riau ke Jakarta.

Sandiaga Uno memulai pendidikan di SD PKSD kemudian dilanjutkan ke SMP 12 Wijaya, Jakarta Selatan. Usai menamatkan SMP, Sandi, biasa dirinya disapa, melanjutkan pendidikan di SMA Katolik Pangundi Luhur, Jakarta.

Sejak masih duduk di bangku sekolah, Sandi dikenal sebagai pribadi yang menarik, mudah bergaul, dan cerdas.

Setelah lulus kuliah, Sandiaga Uno kuliah di Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat dan lulus dengan predikat Summa Cum Laude.

Karir di Luar Negeri

sandiaga uno sulaiman saladdin uno
Sandiaga Uno bersama teman-temannya termasuk Erick Tohir (Foto: dok. Instagram Sandiaga Uno)

Karier Sandi dimulai ketika bekerja di Bank Summa pada tahun 1990. Di Bank Summa inilah, Sandi mengenal sosok konglomerat Tjia Kian Liong (William Soeryadjaya) yang merupakan pemilik bank tersebut.

Dari sosok William Soeryadjaya, Sandiaga Uno mempelajari tentang bisnis yang nantinya menjadi landasan bagi dirinya untuk terjun ke dunia bisnis.

Pada tahun 1991, Sandiaga Uno mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi di George Washington University, Amerika Serikat. Ia berhasil lulus dengan meraih IPK sempurna 4.00, sebuah pencapaian akademis yang luar biasa.

Setelah lulus S2, pada tahun 1993, Sandi bekerja di Singapura sebagai manajer investasi di Seapower Asia Investment. Ia kemudian pindah ke MP Holding Limited Group pada tahun 1994.

Setahun setelahnya, Sandiaga Uno bergabung dengan NTI Resources Ltd, Canada dan menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd. Dengan penghasilan US$ 8 ribu per bulan. Sebuah kesuksesan karir yang luar biasa di usianya yang masih sangat muda.

Namun pepatah mengatakan, ada kalanya roda kehidupan selalu berputar dan hidup tidak selamanya di atas.

Jatuh Bangun

sandiaga uno amyra atheefa uno
sandiaga uno anneesha atheera uno

Baru saja bekerja selama 2 tahun  perusahaan tempat Sandi bekerja bangkrut akibat krisis moneter yang parah. Langkah PHK karyawan terpaksa dilakukan oleh perusahaannya dan Sandiaga Uno termasuk salah satu yang terkena PHK.

Sandi pun terpaksa harus berhenti bekerja dan pulang ke Indonesia sebagai pengangguran.

Di Indonesia, Sandiaga Uno memulai kembali dari nol. Yaitu mencari pekerjaan.

Namun, mencari pekerjaan di saat ekonomi Indonesia yang terpuruk pada saat itu tidaklah mudah.

Mesikpun mengantongi pendidikan tinggi di luar negeri dengan IPK sempurna dan menduduki posisi tinggi di perusahaan luar negeri, Sandi kesulitan mencari pekerjaan.

Ia melamar pekerjaan sampai ke 25 perusahaan dan ditolak oleh semuanya. Saat itu adalah titik terendah dalam hidup Sandiaga Uno.

Sampai akhirnya titik terang pun muncul. Pertemuan Sandi Uno dengan teman SMAnya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani akhirnya membuahkan sebuah kesepakatan bisnis.

Memulai Bisnis Jasa Konsultan Keuangan

profil istri sandiaga uno
anak sandiaga uno

Tidak lama setelahnya, PT Recapital Advisors yang bergerak di bidang jasa konsultasi keuangan akhirnya resmi berdiri dengan digawangi oleh Sandiaga Uno dan Rosan Roeslani.  Mantan bos Sandi William Soeryadjaya dipercaya menjadi mentor bisnisnya kala itu.

Akan tetapi, semuanya tidak berjalan semulus seperti yang diharapkan Sandi. Perusahaan tersebut sempat vakum selama berbulan-bulan karena tidak ada satupun klien yang percaya pada kemampuan Sandiaga Uno.

Hingga pada akhirnya di bulan keenam mereka berhasil mendapatkan klien dan perlahan perusahaan tersebut akhirnya mulai berkembang.

Mendirikan Perusahaan Investasi

biografi anies baswedan

Pada tahun 1998, Sandiaga Uno bertemu dengan Tjia Han Poen (Edwin Soeryadjaya) yang merupakan putra kedua dari Oom William.

Edwin yang sedang kesulitan keuangan pada saat itu ditawari oleh Sandi untuk membangun bisnis bersama. Dan tidak membutuhkan waktu lama, perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya pun lahir dengan bidang usaha mencakup pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Ide brilian untuk membangun Saratoga Investama Sedaya yang memberikan investasi dalam bentuk dana segar kepada sejumlah perusahaan akhirnya berbuah sangat manis.

PT Saratoga Investama Sedaya bertugas menghimpun modal dari investor untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan yang sedang mengalami kesulitan keuangan untuk dibenahi dan dikembangkan agar bisa dijual kembali.

Karena pada saat itu Indonesia dilanda krisis moneter yang sangat parah, banyak saham-saham dari berbagai perusahaan yang rontok dan membutuhkan penyelamatan segera.

Tidak butuh waktu yang lama, Saratoga Investama Sedaya akhirnya berkembang menjadi perusahaan investasi besar di Indonesia hingga saat ini.

Melalui Saratoga Investama, pada tahun 2001, Sandiaga Uno memiliki sejumlah hak atas Adaro Energy, yang merupakan perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Adoro Energy kini telah menjadi perusahaan raksasa yang membawahi banyak sekali anak perusahaan dengan jumlah karyawan sebanyak 8 ribu orang.

Saat ini Sandiaga Uno juga diketahui memiliki saham di sejumlah perusahaan besar seperti Mitra Pinasthika Mustika, Provident Argo, Medco Power Indonesia, PT Recapital Advisor, dan masih banyak perusahaan lainnya.

Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

biodata sandiaga uno
sandiaga uno kekayaan

Berkat rentetan bisnisnya yang menggurita, pada tahun 2013, Majalah Forbes memasukkan Sandiaga Uno sebagai orang terkaya nomor 29 di Indonesia.

Pada tahun 2016, ketika hendak mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno melaporkan kekayaannya. Dimana pada saat itu kekayaan Sandiaga Uno tercatat senilai Rp. 3,8 triliun.

Pada tahun 2017, majalah bisnis Globe Asia mencatat kekayaan Sandiaga Uno ditaksir mencapai Rp. 7,2 triliun, namun setahun setelahnya kekayaan Sandi menyusut hingga menjadi US$ 300 juta.

Majalah Globe Asia juga mencatat Sandiaga Uno sebagai salah satu dari 100 orang terkaya di Indonesia.

Kehidupan Pribadi

Pada tanggal 26 Juli 1996 Sandiaga Uno menikah dengan Nur Asia, yang sudah dikenalnya sejak menginjak bangku SMP.

Dari pernikahan tersebut, Sandi dikaruniai 3 orang anak yang bernama Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno.

Karir Politik

Sandiaga Uno maju sebagai calon Wakil Gubernur pada pilkada DKI Jakarta tahun 2017 mendampingi Anies Baswedan dengan diusung oleh Partai Gerindra dan PKS.

Pada pilkada DKI putaran ke dua, pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno berhasil memenangkan Pilkada DKI Jakarta mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Saiful Djarot Hidayat dengan perolehan suara 57.96% suara.

Pada tanggal 16 Oktober 2017, Sandiaga Uno dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta ke-10 menggantikan Saiful Djarot Hidayat.

Namun pada tanggal 18 September 2018, Sandi resmi mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur karena akan mendapingi Prabowo Subianto pada pilpres 2019.

Baca juga:

Penutup

Itulah tadi biodata Sandiaga Uno dan bagaimana jatuh bangun dirinya dari karyawan sukses yang kemudian terpuruk jadi pengangguran dan hingga akhirnya sukses mendirikan berbagai perusahaan konglomerasi.

Semoga biodata Sandiaga Uno tersebut bisa menjadi inspirasi untuk kita semua bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan mental yang gampang menyerah pada kegagalan. [BH/HT]

Tinggalkan komentar