Biografi Bob Sadino: Dari Buruh Batu Hingga Jadi Pengusaha Sukses

Sharing is caring!

Biografi Bob Sadino ~ Seperti apa perjalanan hidup Bob Sadino yang sempat terpuruk hingga menjadi buruh batu, tetapi kemudian bisa bangkit kembali dan menjadi salah satu orang terkaya di tanah air?

BisnisHandal.com, Bob Sadino atau Om Bob adalah pengusaha kenamaan Indonesia yang sukses berangkat dari nol.

Biografi pengusaha sukses dari nol satu ini cukup menarik untuk disimak karena kesuksesan beliau tidaklah instan, tetapi melalui jatuh bangun yang tidak mudah.

Biografi Bob Sadino yang Menginspirasi

Kehidupan Awal Bob Sadino

Bob Sadino lahir di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933 dan meninggal dunia pada tanggal 19 Januari 2015. Ayahnya Sadino adalah seorang perantau dari Solo yang menjadi guru kepala di SMP dan SMA Tanjungkarang, Lampung.

Meski demikian, masa kecil Bob Sadino terbilang bercukupan sampai pada usia 19 tahun ketika kedua orang tua Bob meninggal dunia. Pada waktu itu, karena keempat kakak Bob semuanya sudah memperoleh penghasilan yang cukup mapan, masa sebagai anak bungsu ia menerima seluruh warisan dari kedua orang tuanya.

Awal Karir hingga Beralih jadi Wiraswasta

Setelah memperoleh harta warisan yang lumayan beser, Bob Sadino remaja memutuskan untuk menghabiskan warisannya tersebut untuk jalan-jalan ke luar negeri. Bon Sadino berkeliling dari negara satu ke negera lain dan menghabiskan separuh dari harta peninggalan orang tuanya.

Belanda kemudian menjadi tempat persinggahan seorang Bob Sadino. Di negara kincir angin inilah Bob menemukan jodohnya Soelami Soejoed, seorang wanita Indonesia yang bekerja sebagai sekretaris di sebuah perusahaan besar Belanda.

Setelah lelah bekerja sebagai karyawan di Djakarta Lloyd di Amsterdam dan Hamburg Jerman, Bob membawa keluarga kecilnya pulang ke tanah air pada tahun 1967.

Pulang dari Amsterdam, Bob membawa hasil kerja kerasnya berupa 2 unit mobil Mercedes Benz keluaran tahun 60-an.

Setibanya di Jakarta, Bob menjual salah satu mobil kesayangannya untuk membeli sebidan tanah yang cukup luas di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Sedangkah mobil satunya lagi dijadikan modal usaha, yaitu penyewaan mobil dengan dirinya sebagai sopir.

Jatuh Bangun

Usaha sewa mobil ini awalnya berjalan mulus, namun suatu hari Bob mengalami kecelakaan hingga mobil Mercedes Benznya jadi rusak parah. Saat itu adalah titik terendah dalam hidup seorang Bob Sadino.

Ketika mobil satunya sudah dijual dan satunya lagi tidak bisa digunakan, Bob beralih profesi menjadi buruh batu dengan penghasilan Rp. 100.

Melakoni pekerjaan kasar dengan upah yang rendah membuat Bob menjadi depresi. Syukurlah disamping keluarganya yang memberi dukungan, Bob juga dikelilingi oleh sahabat yang baik. Salah seorang sahabat Bob menyarankan dirinya agar menjadi peternak ayam untuk mengobati stress.

Awal Kesuksesan

Usaha peternakan ayam inilah yang menjadi awal keberhasilan Bob Sadino.

Dari awalnya Bob dan istri yang menjual beberapa kilogram telur per hari, lambat laun usahanya semakin berkembang hingga akhirnya Bob memiliki 5 buah perusahan besar yang sangat sukses di Indonesia.

Kelima perusahaan tersebut adalah PT. Kemang Food Industries (PT Kemfood), PT. Kem farm Indonesia, PT. Boga Catur Rata (Kem Chicks), The mansion, dan Kemang Nusantara Travel.

Pelajaran yang Berharga

Dari kisah biografi Bob Sadino kita bisa belajar bahwa kisah sukses beliau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak rintangan dan kesulitan yang harus dihadapi.

Kita bisa belajar bahwa setiap kesalahan adalah pembelajaran berharga yang akan membuat kita semakin kokoh. Setiap kegagalan yang muncul ternyata bukan rintangan, tetapi tempaan yang akan membuat kita semakin maju.

Seperti kata pepatah, jika ingin melesat maju ke depan, maka terlebih dahulu kita harus mundur beberapa langkah ke belakang.

Baca Juga:

Semoga biografi Bob Sadino tadi bisa menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi kita semua. [BH/CS]

Tinggalkan komentar