Biografi Pengusaha Sukses dari Nol di Indonesia yang Menginspirasi

Sharing is caring!

Biografi Pengusaha Sukses dari Nol ~ Seberapa besar keinginan anda untuk menjadi orang sukses? Kisah nyata pengusaha sukses di Indonesia berikut ini akan memberikan motivasi dalam meraih impian anda.

BisnisHandal.com, Menjadi sukses dan mendapatkan banyak uang tentu menjadi impian sebagian besar orang yang ada di muka Bumi. Namun untuk mendapatkan kesuksesan dalam hidup bukanlah perkara mudah.

Untuk meraih kesuksesan diperlukan usaha, kerja keras dan proses panjang yang berliku. Sekalipun seseorang dilahirkan di keluarga kaya ataupun miskin, untuk menjadi sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Namun tidak ada yang tidak mungkin selama ada kemauan disitu ada jalan. Dan orang-orang sukses dibawah ini sudah membuktikan apa itu kesuksesan dan bagaimana cara mereka mendapatkannya.

Biografi Pengusaha Sukses dari Nol yang Inspiratif

Berikut ini adalah beberapa biografi pengusaha sukses dari nol di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam hidup anda.

1. Biografi Pengusaha Sukses Bob Sadino

kisah nyata pengusaha sukses

Bisnis : Peternakan, Pertanian, Modern Market, Properti, dan Travel

Bob Sadino atau biasa disapa Om Bob adalah pengusaha kenamaan Indonesia yang sukses berangkat dari nol.

Biografi pengusaha sukses dari nol satu ini cukup menarik karena penuh dengan pelajaran hidup berharga bagi kita semua.

Masa kecil Bob Sadino terbilang bercukupan sampai pada usia 19 tahun ketika kedua orang tua Bob meninggal dunia.

Berbekal uang warisan dari kedua orang tuanya, Bob Sadino remaja yang masih hijau bersenang-senang hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Hingga pada suatu waktu, Bob Sadino menikah dan kembali ke Indonesia untuk membangun bisnis.

Kegagalan demi kegagalan dalam bisnis membuat Bob Sadino sempat stress. Pekerjaan-pekerjaan kasar pun terpaksa harus dilakoninya hingga pernah menjadi buruh batu dengan upah Rp 100.

Simak kelanjutan kisah biografi orang sukses seorang Bob Sadino di artikel: Biografi Bob Sadino: Dari Buruh Batu Hingga Jadi Pengusaha Sukses.

2. Kisah Sukses Pengusaha Chairul Tanjung Si Anak Singkong

pengusaha muda sukses di Indonesia

Bisnis : CT Corp

Masa kecil Chairul Tanjung sangat pas-pasan karena ayah beliau hanya berprofesi sebagai seorang jurnalis untuk sebuah koran kecil. Keadaan hidup Chairul Tanjung kecil dan keluarga semakin sulit ketika perusahaan penerbitan sang ayah terpaksa tutup karena bertentangan politik dengan kebijakan Orde Baru saat itu.

Keadaan ekonomi yang serba sulit memaksa ayah Chairul Tanjung untuk menjual rumah tinggalnya dan mereka sekeluarga yang berjumlah 9 orang tersebut harus tinggal berdesakan di sebuah kamar losmen yang sempit.

Bahkan mantan Menko Perekonomian di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ini harus melanjutkan kuliah sambil bekerja menjadi tukang fotokopi di kampusnya.

Lalu bagaimana bisa seorang anak singkong yang dulunya tinggal berdesakan di kamar losmen sempit, kini telah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai lebih dari USD 4 milyar?

Simak kisah hidup Chairul Tanjung selengkapnya pada artikel: Biografi Chairul Tanjung, Sang Anak Singkong yang Menggenggam Dunia

3. Biografi Pengusaha Sukses Nadiem Makarim

kumpulan biografi pengusaha sukses

Bisnis : Go-Jek

Biografi pengusaha sukses dari nol berikutnya adalah Nadiem Marakim.

Nadiem Marakim lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 1984. Nadiem lahir dari keluarga berkecukupan dan memperoleh pendidikan di Brown University Amerika Serikat selepas SMA.

Sesudah menamatkan S2 di Amerika Serikat, Nadiem bekerja sebagai Managing Editor untuk Zolora Indonesia. Ia juga sekaligus co-founder perusahaan online tersebut.

Lantai, mengapa Nadiem Makarim yang memperoleh karir mapan dengan pendidikan tinggi ini bisa memulai dari nol dan merintis Gojek?

Ikuti selengkapnya di artikel : Profil Nadiem Makarim, Bos GoJek yang Merevolusi Dunia Pendidikan

4. Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Susi Pudjiastuti

biografi pengusaha sukses di Indonesia

Bisnis : Susi Brand dan Susi Air

Biografi orang sukses satu ini akan sangat layak untuk disimak karena banyak pelajaran berharga di dalamnya.

Susi Pudjiastuti lahir pada tanggal 15 Januari 1965 dari pasangan H. Ahmad Karlan dan Hj. Suwuh Lasminah. Keluarga susi adalah pengusaha ternak yang cukup ternama di Pangandaran.

Tidak seperti kebanyakan pengusaha sukses yang memperoleh pendidikan tinggi, Susi justru kurang beruntung karena hanya mengeyam pendidikan sampai kelas 2 SMA.

Susi dikeluarkan dari SMA Negeri 1 Yogyakarta karena keaktifannya menyuarakan gerakan Golput yang mana pada waktu itu tidak sesuai dengan visi pemerintahan Orde Baru.

Sehabis putus sekolah, mantan Susi lalu menjual semua perhiasan miliknya dan berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp. 750 ribu yang digunakan sebagai modal awal usaha.

Lalu bagaimana kisah seorang Susi Pudjiastuti dengan modal Rp 750 ribu ini bisa sukses besar hingga memiliki 40 armada pesawat terbang?

Simak kisah selengkapnya dalam artikel: Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Buah Manis atas Kegigihan dan Kerja Keras

5. Biografi Pengusaha Sukses William Tanuwijaya

wirausahawan sukses di bidang kerajinan

Bisnis : Tokopedia

Biografi pengusaha sukses dari nol berikutnya adalah William Tanuwijaya.

William lahir pada tanggal 11 November 1981 di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Meski bukan dari keluarga yang berada, sang ayah sangat peduli akan pendidikan William. Bermodal tabungan dan penghasilan seadanya, William diberangkatkan ke Jakarta setelah menamatkan SMA.

William lalu menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara yang terletak di Jakarta Barat. Malangnya ketika menginjak semester 2, ayah William jatuh sakit dan tidak bisa lagi mengiriminya uang.

Demi agar bisa tetap kuliah, William terpaksa bekerja sampingan sebagai penjaga warnet selama 12 jam sehari dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.

Lalu bagaiman William berhasil keluar dari kesulitannya dan sampai mendirikan Tokopedia?

Simak kisahnya dalam artikel: Biografi William Tanuwijaya: Mantan Penjaga Warnet Jadi Bos Tokopedia

6. Kisah Sukses Pengusaha Properti Elang Gumilang

kekayaan bob sadino

Bisnis : Elang Group

Latar Belakang Kehidupan

Biografi pengusaha sukses dari nol satu ini sangat menarik untuk dijadikan inspirasi sukses.

Elang Gumilang lahir di Bogor, Jawa Barat pada tanggal 6 April 1985 dari keluarga yang lumayan berada. Meski demikian, sedari kecil ia telah dididik untuk menjadi sosok mandiri yang tidak mengandalkan uang orang tuanya.

Berkat didikan keluarga yang keras inilah, sejak bersekolah di bangku SMA, Elang sudah berjualan donat.

Tidak hanya itu, ketika memasuki bangku kuliah, Elang Gumilang mengumpulkan uang sendiri tanpa harus merepotkan orang tua.

Sejak kuliah, ia telah berkutat dengan berbagai bisnis dan mengalami jatuh bangun. Mulai dari bisnis lampu, dagang sepatu, jualan minyak goreng, hingga kursus bahasa Inggris.

Hingga pada suatu hari terbesit idenya untuk berbisnis properti.

Selengkapnya ada di artikel: Kisah Sukses Elang Gumilang, Bos Properti yang Memulai Usaha Dari Nol.

7. Motivasi yang Menginspirasi dari Merry Riana

Bisnis : Financial Consultan, Penulis, Motivator, dan Youtuber

Nama Merry RIana memang tidak asing bagi kebanyakan orang. Selain sebagai pengusaha, konsultan keuangan, Riana juga sukses menjadi penulis, motivator, dan seorang Youtuber.

Kisah Merry Riana bermula ketika terjadi kerusuhan di Jakarta pada bulan Mei 1998. Situasi sulit tersebut memaksa orang tuanya mengirim Riana ke Singapura agar tidak menjadi korban kerusuhan berdarah tersebut.

Sesampainya di Singapura, petualangan Riana yang tidak mengantongi uang sepeserpun dimulai.

Riana yang mendaftarkan kuliah berkat uang pinjaman dari Bank Singapura harus menjalani hidup yang memprihatinkan.

Setiap harinya Riana bertahan hidup dengan makan mie instan dan roti. Terkadang ia tidak makan malam sama sekali.

Lantas bagaimana Riana bisa merubah kehidupan memprihatinkan ini hingga mendapatkan 1 juta dollar?

Selengkapnya ada di artikel: Kisah Motivasi Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar yang Menjadi Kenyataan.

8. Motivasi dari Pengusaha Muda Sukses Rico Huang

Rico Huang

Bisnis: Pelatihan Pengusaha Online, Dropship, Penulis, Motivator, dan Youtuber

Masa kecil Rico Huang bisa dibilang cukup berada karena ayahnya adalah pebisnis jam tangan yang cukup sukses.

Namun ketika memasuki masa SMA, kehidupan keluarganya berbalik 180 derajat. Musibah kebakaran di rumah telah membumihanguskan sebagian besar aset orang tuanya. Belum lagi musibah pencurian yang menjadi pelengkap kesengsaraannya.

Tidak ingin terlalu terpuruk, Rico yang masih duduk di bangku SMA ini mencoba berjualan nasi uduk di sekolah. Awalnya cukup lancar hingga akhirnya ketahuan pihak sekolah dan bisnis nasi uduknya terpaksa gulung tikar.

Setelah kegagalan jualan nasi uduk, Rico Huang banting setir jualan kaos dan lagi-lagi menderita kerugian karena belum mengerti bisnis.

Ia yang buta usaha kuliner lalu mencoba berjualan mie ayam dan lagi-lagi berakhir tragis dengan lenyapnya tabungan sebanyak Rp 15 juta.

Kegagalan-kegagalan lain seolah enggan pergi dari anak ketiga dari empat bersaudara ini. Mulai dari drop out kuliah hingga ditipu karyawannya.

Lantas bagaimana ia berhasil bangkit seperti sekarang ini?

Selengkapnya ada di artikel: Kisah Rico Huang, Pebisnis Online Sukses setelah Puluhan Kali Gagal.

9. Kisah Sukses Pengusaha Snack Reza Nurhilman

Reza Nurhilman

Bisnis: Keripik Singkong Pedas

Reza Nurhilman lahir di Bandung pada tanggal 29 September 1987. Sedari kecil, Reza telah menghadapi kerasnya kehidupan yang jarang dirasakan anak-anak seusianya.

Ketika masih balita, orang tua Reza bercerai dan kondisi rumah tangga yang berantakan ini membuatnya terpaksa diadopsi oleh keluarga angkat.

Reza yang dibesarkan dengan sederhana oleh keluarga angkatnya ini kemudian bertekad untuk menaklukkan getirnya kehidupan.

Mulai dari berjualan alat-alat elektronik hingga pupuk pernah dilakoni Reza pada rentang waktu 2005 – 2009.

Hingga pada suatu hari, di sebuah desa di Cimahi, Reza berkenalan dengan seorang nenek tua yang jago membuat keripik pedas.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Selengkapnya ada di artikel Kerasnya Hidup di Balik Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Maicih.

10. Cerita Pengusaha Muda Wanita Dea Valencia Budiarto

Dea Valencia Budiarto

Bisnis: Fashion Batik

Dea Valencia Budiarto lahir di sebuah keluarga sederhana di Semarang tetapi dianugerahi IQ yang sangat tinggi.

Tingginya IQ yang dimiliki Dea Valencia telah terlihat sejak dini dengan kemampuan akademik yang melebihi anak-anak seusianya. Alhasil, Dea berhasil menamatkan SMA di usia 15 tahun atau kira-kira 2 tahun lebih cepat dari anak-anak lain.

Ketika duduk di bangku kuliah, Dea yang berpikir untuk mencari uang tambahan nekad memproduksi pakaian batik sendiri dan dijualnya di jejaring sosial Facebook. Padahal jelas-jelas Dea sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam menjahit pakaian.

Berhasilkah usaha Dea Valencia? Selengkapnya ada di artikel Dea Valencia Budiarto: Kisah Sukses Remaja Kreatif Pendiri Batik Kultur.

11. Perjalanan Sukses Farah Farce Farceee

Farah Farce

Bisnis: Sepatu Sneakers

Farah Farce lahir pada tanggal 22 April 1995. Masa kecilnya dihabiskan seperti anak-anak pada umumnya.

Hingga ketika Farah berumur 14, ia mengalami sebuah peristiwa yang merubah hidupnya selamanya.

Kisah tersebut berawal ketika Farah yang memesan sepatu sneakers dari seorang teman. Ia cukup kesal lantaran sepetu tersebut tidak kunjung datang karena produknya harus diimpor dari luar negeri.

Pesanan sepatu tersebut juga cukup rumit dan menyita waktu karena harus melalui sistem dropship dan pre-order.

Hingga pada akhirnya Farah yang complain atas pesanannya ini malah bertemu dengan importir sneakers.

Ketika menghubungi si importir, Farah lalu mendapat ide untuk tawaran kerja sama padahal waktu itu usianya masih 14 tahun. Lalu apa yang terjadi selanjutnya?

Kisah selanjutnya ada di artikel Kisah Farah Farce, Pengusaha Muda yang Sukses Berbisnis Tanpa Modal.

Kisah nyata pengusaha sukses diatas mengajarkan kita bahwa menjadi sukse situ memang perlu usaha dan kerja keras yang tidak mudah. Namun kita juga tidak boleh lupa bahwa selama kita berusaha disitu akan ada jalan. Apalagi mereka sudah terlebih dahulu membuktikannya. Jika mereka bisa, kenapa kita tidak bisa seperti mereka? [BH/HT]

Tinggalkan komentar