Biografi William Tanuwijaya: Mantan Penjaga Warnet Jadi Bos Tokopedia

Sharing is caring!

Biografi William Tanuwijaya ~ William Tanuwijaya berangkat ke Jakarta dengan uang ala kadarnya. Sempat mengalami masa sulit hingga harus menjadi penjaga warnet. Lantas bagaimana kisahnya hingga ia berhasil membangun Tokopedia?

BisnisHandal.com, Mungkin banyak dari anda yang sudah mengetahui Tokopedia. Tetapi bisa jadi masih sedikit yang mengetahui kisah sukses pendirinya yang sangat inspiratif.

Biografi Willian Tanuwijaya, Bos Tokopedia yang Inspiratif

Seperti apa biografi kisah hidup William Tanuwijaya sampai bisa membangun Tokopedia?

Awal yang Sulit

William Tanuwijaya menghabiskan masa kecil hingga SMA di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

William lahir pada tanggal 11 November 1981 dari keluarga berdarah Tionghoa yang hidup sederhana di Sumatera Utara.

Meski demikian, sang ayah sangat peduli akan pendidikan anaknya. Dengan tabungan dan penghasilan seadanya, William diberangkatkan oleh sang ayah ke Jakarta setelah menamatkan SMA.

Biografi William Tanuwijaya

Karena keterbatasan dana dan harus menghemat buat biaya kuliah, William berangkat ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Belawan. Perjalanan ini ditempuh dalam waktu 4 hari 3 malam hingga akhirnya sampai di Pelabuhan Tanjung Priok.

William lalu menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara (Binus) yang terletak di Jakarta Barat.

Malangnya, ayah William hanya sanggup membiayai putranya hingga semester 2 karena kesehatannya yang menurun.

Demi melanjutkan kuliah sampai tamat, William terpaksa bekerja sampingan sebagai penjaga warnet.

Sebagai penjaga warnet, William harus bekerja selama 12 jam sehari dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi dan selanjutnya masih ada perkuliahan yang menanti.

Masa-masa sulit tersebut akhirnya berhasil dillewati William berkat kegigihan dan kerja kerasnya.

Karir Pekerjaan

Setelah berjuang keras lantaran harus membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan yang sama sekali tidak mudah, William akhirnya berhasil lulus kuliah.

Tidak ingin menggangur lama, ia lalu aktif mengirimkan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaah. Hingga akhirnya William diterima bekerja di PT. Boleh Net Indonesia.

Selanjutnya William bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer yang ada di Jakarta.

Membangun Tokopedia

Antara kurun waktu 2007 – 2008, William Tanuwijaya mendapatkan ide membangun Tokopedia.

Ide tersebut didapatnya secara tidak sengaja karena mendengar curhatan teman yang tertipu ketika belanja barang online.

Dari sini William berpikir bagaimana menciptakan sebuah platform marketplace yang tetap menggunakan sistem online. Namun pada sisi lain juga bisa menjamin keamanan berbelanja para konsumennya. Ide Tokopedia pun akhirnya lahir.

Setelah mendapatkan ide, William Tanuwijaya lalu mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison atau Leon. Mereka lalu untuk sama-sama memulai bisnis startup yang bernama Tokopedia.

Dan bertepatan pada HUT Kemerdekaan RI yang ke 64 pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia resmi lahir.

Jatuh Bangun Tokopedia hingga Hari ini

Setelah Tokopedia lahir tidak serta merta langsung menjadi besar seperti hari ini. Berbagai kesulitan dan jatuh bangun dengan keringat dan air mata pernah dilalui oleh William.

Masalah utama yang harus dihadapi adalah modal.

Karena tidak memiliki cukup modal, mau tidak mau William dan Leon harus mencari investor yang mau bekerja sama dengan Tokopedia.

Pada masa itu, sebuah situs jual beli online sempat dianggap bisnis yang tidak memiliki masa depan oleh para investor. Maklumlah, pada saat itu, setiap orang ketika berbelanja lebih suka ke toko, outlet, atau mall, bukannya belanja online dari rumah.

Namun, berkat kegigihan dan usaha keras dalam meyakinkan investor, perlahan namun pasti Tokopedia mulai mendapatkan suntikan dana dari investor.

Lambat laun, dengan proses jual beli yang aman dan lancar, Tokopedia semakin banyak dipergunakan sebagai media transaksi jual beli online.

Kini Tokopedia telah menjadi perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang melayani jutaan pembeli di seluruh Indonesia.

Setidaknya saat ini ada ribuan pedagang kecil, ritel dan UMKM yang menggantungkan hidupnya lewat Tokopedia.

Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses.

William Tanuwijaya ~ Founder Tokopedia

Semuanya berkat ide brilian seorang William Tanuwijaya dan kegigihannya dalam mempertahankan dan merealisasikan ide tersebut.

Baca Juga:

Dari biografi dan kisah hidup William Tanuwijaya, kita belajar bahwa sebuah kesuksesan besar terkadang lahir dari ide kecil dan bagaimana kerja keras kita dalam merealisasikan ide tersebut. [BH/CS]

Tinggalkan komentar