10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Menjanjikan untuk Pebisnis Pemula

Sharing is caring!

Ide Bisnis Kreatif dan Unik ~ Sedang mencari ide bisnis yang unik atau kreatif yang paling menjanjikan di Indonesia pada saat ini? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Menjalankan bisnis di masa sekarang memang susah-susah gampang. Tingginya persaingan membuat kita harus cermat dalam memilih jenis bisnis yang tepat dan mampu bersaing di pasaran.

Untuk masuk ke dalam persaingan bisnis, sebagai pebisnis pemula kita memang tidak bisa serta merta langsung masuk ke medan persaingan tanpa survei dan pengalaman. Jika tidak, maka akibatnya akan kalah dalam persaingan pasar dan mungkin semua tenaga, waktu, dan modal akan terbuang sia-sia.

Salah satu cara termudah untuk masuk ke dalam persaingan pasar adalah memilih jenis bisnis yang anti mainstream untuk memperkecil tingkat persaingan di pasar. Dengan rendahnya tingkat persaingan pasar, diharapkan bisnis akan lebih mudah bersaing dalam mendapatkan konsumen.

10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik yang Paling Menguntungkan di Indonesia

Berikut ini adalah 10 ide bisnis kreatif dan unik yang paling menguntungkan dengan tingkat persaingan pasar yang cukup rendah untuk pebisnis pemula.

1. Bisnis Jual Beli Barang Antik

ide bisnis kreatif di dunia

Bisnis barang antik memang bukanlah termasuk jenis usaha yang diminati oleh para pengusaha. Pangsa pasar barang antik juga termasuk yang cukup spesifik.

Akan tetapi, bisnis unik yang menguntungkan satu ini jika ditekuni benar-benar akan menjadi usaha yang cukup menguntungkan karena semakin antik sebuah barang maka akan semakin tinggi pula harganya.

Apalagi pangsa pasar untuk bisnis barang antik bisa datang dari dalam maupun luar negeri.

2. Bisnis Desain Back Case Handphone

Hari ini tentu adalah hal biasa jika hampir semua orang memiliki handphone. Dan dalam perkembangannya, handphone berjenis smartphone adalah yang paling banyak digunakan pada saat sekarang ini.

Dengan kebutuhan handphone yang banyak, maka aksesorisnya juga laris manis di pasaran, salah satunya adalah back case sebagai pelindungnya.

Ide bisnis jual beli desain back case untuk handphone adalah salah satu ide bisnis kreatif dan unik yang sangat potensial dan menguntungkan.

Dengan jumlah pengguna ponsel pintar  yang cenderung mengalami kenaikan yang pesat, maka kebutuhan akan back case juga pasti akan semakin banyak.

3. Bisnis Souvenir Pernikahan

30 ide bisnis unik

Ide bisnis kreatif dan unik berikutnya yang patut untuk dipertimbangkan adalah bisnis souvenir pernikahan.

Bisnis souvenir pernikahan adalah salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Malah biasanya pesanan akan datang dalam jumlah yang sangat banyak.

Untuk pemasaran sendiri, anda bisa memasarkan produk souvenir pernikahan melalui media online seperti sosial media atau berbagai situs marketplace agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Usahakan juga untuk memberikan harga yang kompetitif mengingat pembeli produk ini akan memesan dalam jumlah yang cukup banyak dalam setiap transaksinya.

4. Bisnis Kerajinan Daur Ulang dari Sampah Plastik

Bisnis kerajinan daur ulang dari sampah plastik bisa menjadi ide bisnis kreatif dan unik berikutnya yang pasti layak sebagai ide bisnis.

Selain bisa menambah pemasukan dengan bisnis unik yang menguntungkan satu ini, kita juga bisa membantu mengurangi limbah plastik dengan mendaur ulang kembali.

Untuk ide bisnis kerajinan sendiri sangatlah banyak, mulai dari perabotan rumah tangga, hiasan dinding, tas, aksesoris, atau bahkan pakaian.

5. Wedding Organizer

Punya kemampuan manajemen yang baik? Anda bisa mencoba wedding organizer sebagai ide bisnis kreatif dan unik berikutnya.

Kemampuan dalam mempersiapkan sebuah acara pernikahan dengan sempurna sangat diperlukan dalam usaha wedding organizer.

Pelayanan yang optimal akan diperlukan untuk membuat bisnis ini maju dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

6. Bisnis Sewa Tas untuk Pesta

bisnis unik yang menguntungkan

Bagi kebanyakan perempuan, selalu tampil menarik di setiap pesta adalah hal yang tidak bisa ditawar. Untuk itu, terkadang mereka harus rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan wardrobe yang sempurna untuk menghadiri pesta tertentu.

Untuk melengkapi penampilan mereka yang ingin tampil menarik di setiap pesta, anda bisa membuka bisnis sewa tas untuk pesta sebagai salah satu ide bisnis kreatif dan unik.

Selain tidak membutuhkan tempat usaha yang spesifik, bisnis kreatif satu ini juga sangat fleksibel dalam pengelolaannya. Anda bisa menerapkan sistem membership bagi siapa saja yang ingin menyewa tas pesta untuk menghindari risiko penipuan yang mungkin akan terjadi.

7. Bisnis Kerajinan Kreatif di Desa

Untuk anda yang tinggal di desa berkembang, bisnis kerajinan kreatif bisa menjadi ide bisnis kreatif dan unik yang patut untuk diperhitungkan.

Selain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pribadi anda, usaha kerajinan kreatif juga bisa menyerap lapangan kerja dan membantu memajukan perekonomian yang ada di desa.

Selanjutnya produk yang sudah jadi tersebut bisa anda jual sendiri ke kota atau secara online tergantung bagaimana strategi pemasaran anda kedepannya.

8. Bisnis Katering Sehat

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Seiring dengan meningkatnya risiko berbagai macam penyakit akibat junk food dan makanan tidak sehat, maka masyarakat juga semakin sadar untuk beralih ke pola hidup sehat.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut dan menjadikannya sebagai ide bisnis kreatif dan unik, anda bisa memulai bisnis katering sehat.

Dengan pemilihan bahan makanan organik yang bebas pestisida dan pengolahannya yang memperhatikan standar kesehatan, ide usaha makanan yang kreatif satu ini akan memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika ditunjang dengan kualitas cita rasa yang enak dan strategi promosi yang menarik.

9. Bisnis Budidaya Unik

Selain kerajinan kreatif, bisnis budidaya unik juga bisa menjadi ide bisnis kreatif dan unik untuk anda yang bermukim di desa.

Dengan ketersediaan lahan yang luas anda bisa memilih bisnis budidaya yang unik dan persaingannya masih cukup rendah, tetapi cukup potensial dan menguntungkan.

Selain mudah dan membutuhkan modal yang relatif kecil, jika bisnis budidaya ini sudah berjalan, maka promosi dari mulut ke mulut akan membantu ekspansi usaha anda.

10. Usaha Jasa Desain Taman

ide usaha makanan

Ide bisnis kreatif dan unik terakhir yang cocok bagi pebisnis pemula adalah usaha jasa desain taman.

Meskipun terlihat biasa dan jarang digeluti oleh kebanyakan orang, nyatanya bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang cukup tinggi.

Karena ketika mendesain dan membangun taman, anda juga bisa sambil menjual tanaman hias, pupuk, dan berbagai kelengkapannya. Sehingga keuntungan yang akan anda dapat nantinya juga akan berlipat ganda.

Baca Juga:

Semoga salah satu ide usaha kreatif yang menguntungkan di atas bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi anda yang akan memulai usaha. Jangan pernah ragu untuk memulai apabila sudah menemukan usaha yang tepat. [BH/CS]

Tinggalkan komentar