8 Bisnis Makanan Online Rumahan Terlaris dan Menjanjikan untuk Pemula

Sharing is caring!

Bisnis Makanan Online untuk Pemula ~ Bisnis makanan online apa saja yang hanya membutuhkan modal kecil, tetapi terlaris dan paling menjanjikan untuk pemula? Simak jawabannya!

BisnisHandal.com, Usaha kuliner selalu penuh akan peluang yang tidak terduga. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat pangan adalah kebutuhkan manusia yang paling pokok.

Ada banyak sekali ide usaha kuliner di sekitar kita. Dan seiring dengan berjalannya waktu, sekarang bisnis makanan online juga tumbuh subur dengan potensi yang sangat besar.

Ada banyak sekali ide bisnis makanan online yang cocok untuk para pemula yang baru belajar mengenai bisnis. Beberapa diantaranya memiliki tingkat risiko yang minim, modal yang kecil, namun sangat menguntungkan.

8 Ide Bisnis Makanan Online Kekinian untuk Pemula dengan Modal Kecil

Baca: 6 Cara Membuka Usaha Kuliner dengan Modal Kecil untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan online untuk pemula yang menguntungkan dengan modal kecil.

1. Olahan Aneka Lauk Pauk

bisnsi makanan online rumahan

Aneka olahan lauk pauk siap santap bisa menjadi ide bisnis makanan online yang sangat potensial dengan menguntungkan untuk pemula.

Usaha ini cenderung sangat mudah untuk dijalankan karena ada banyak sekali pilihan lauk yang bisa diolah menjadi aneka makanan lezat. Mulai dari ayam, ikan, daging, ati, ampela, babat, kikil, hingga ceker.

Karena olahan makanan seperti ini tidak tahan lama berada di suhu ruang, pastikan pengemasan yang terbaik agar tidak mudah rusak dan terkontaminasi dengan udara luar.

2. Nasi Kotak/Rice box

ide jualan makanan online kekinian

Ide bisnis makanan online untuk pemula berikutnya adalah usaha nasi kotak atau rice box.

Belakangan ini usaha nasi kotak atau rice box memang cukup menjanjikan dan banyak peminatnya. Hal ini karena kemasannya yang praktis, porsinya yang mengenyangkan, dan harganya yang cukup terjangkau.

Sebagai salah satu bisnis makanan online rumahan, rice box sangatlah menjanjikan. Apalagi jika didukung dengan sistem promosi yang tepat dan kualitas yang baik pula.

3. Aneka Kue Kering

bisnis kuliner online modal kecil

Pemilihan kue kering sebagai ide bisnis makanan online untuk pemula bukannya tanpa alasan. Selain bisa menghasilkan margin keuntungan yang sangat tinggi, kue kering juga relatif tahan lebih lama.

Dengan demikian, akan sangat cocok untuk pengiriman ke luar kota atau lintas pulau. Yang penting adalah memperhatikan pengemasan dengan baik agar tidak rusak ketika berada dalam perjalanan.

Ketika menjelang berbagai hari raya, usaha kue kering sering mendapat pesanan dalam jumlah yang berlipat ganda.

Jadi, untuk anda yang sedang mencari ide jualan makanan yang laris dengan sistem online, tidak ada salahnya mempertimbangkan kue kering sebagai ide usaha.

Baca: 8 Resep Kue Kering Lebaran dan Gambarnya Terlengkap untuk Usaha

4. Aneka Sambal

makanan online terlaris

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk penyuka hidangan pedas, aneka sambal sudah pasti laris manis. Bahkan saking larisnya, sambal adalah produk jualan online yang laku setiap hari di berbagai situs ecommerce yang ada.

Ada banyak pilihan varian sambal yang bisa anda pilih untuk ide usaha. Seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal matah, sambal bajak, sambal cumi asin, sambal pete, dan lain-lain.

Pilihlah yang menurut anda paling laris untuk dijual secara online. Sebagai bisnis makanan online untuk pemula, anda bisa menjual brand yang sudah terkenal atau memproduksi sambal sendiri.

Jangan lupa untuk memperhitungkan terlebih dahulu masa kadaluarsa sebelum memulai bisnis kuliner online yang menjanjikan satu ini. Perhatikan juga mengenai kemasan dan packaging pada saat pengiriman.

5. Rice bowl

bisnsi kuliner online yang menjanjikan

Sebetulnya antara rice box dan rice bowl sama-sama memiliki konsep bisnis yang hampir serupa. Keduanya sama-sama menjual produk nasi dengan aneka lauk dalam kemasan praktis dengan harga yang ekonomis.

Meski demikian, umumnya rice bowl memiliki harga yang sedikit lebih murah daripada rice box. Oleh karena itu, target pasar antara keduanya juga cukup berbeda.

Untuk menjalankan bisnis makanan online untuk pemula satu ini, sangat penting untuk memperhatikan konsep, promosi, dan target pasar agar bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Sebagai bisnis makanan online untuk pemula, usaha rice bowl relatif mudah dijalankan bahkan untuk anda yang belum pernah berbisnis sekalipun. Karena usaha makanan kekinian satu ini memang sangat banyak peminatnya saat ini, mulai dari mahasiswa, pelajar, hingga karyawan kantoran.

6. Bisnis Katering Online

merintis usaha kuliner online

Sebagai usaha makanan yang sangat laris, usaha katering cenderung memiliki potensi kerugian yang sangat kecil. Karena produksi katering adalah berdasarkan pada pesanan  yang masuk.

Keuntungan lain dari usaha katering adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi ada sebagian katering yang malah memberlakukan sistem pembayaran di awal atau dengan uang muka.

Untuk konsep kateringnya, anda memang perlu memperhitungkan keberadaan kompetitor. Jadi upayakan agar katering anda memiliki nilai yang berbeda dengan kompetitor.

Selain itu, karena sistem katering ini adalah online, maka pergunakanlah seluruh sosial media untuk promosi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan kata-kata promosi yang menarik untuk menarik minat para calon pelanggan.

7. Bisnis Kue Ulang Tahun

cara jualan online makanan basah

Ada banyak hal yang menjadikan kue ulang tahun sebagai bisnis makanan online yang sangat cocok untuk pemula.

Berbeda dengantoko kue, usaha makanan rumahan satu ini dibuat berdasarkan pesanan yang ada saja. Jadi risiko untuk kue tersebut tidak laku hampir-hampir tidak ada. Apalagi jika anda menerapkan sistem down payment pada setiap pesanan.

Selain itu, usaha kue ulang tahun juga termasuk usaha yang menguntungkan karena bisa mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi dengan modal yang tidak terlalu besar.

8. Bisnis Makanan Ringan Kekinian

platform jual makanan online

Siapa yang tidak suka dengan makanan ringan. Selain memiliki cita rasa yang enak, makanan ringan juga murah meriah sehingga sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

Sebagai salah satu ide bisnis makanan online, makanan ringan juga sangat cocok untuk pemula karena makanan ringan cenderung memiliki masa kadaluarsa y ang lebih panjang daripada makanan lainnya.

Untuk memulai bisnis kuliner online yang menjanjikan satu ini, anda bisa menjualnya dengan sistem reseller. Carilah supplier yang cocok dan mulailah menjalin kerja sama untuk menjalankan usaha ini.

Baca: 10 Bisnis Makanan Ringan serba 2000 yang Unik dan sedang Booming

Jadi ada banyak sekali pilihan bisnis makanan online yang menguntungkan pada saat sekarang ini. Anda bisa memilih salah satu diantaranya dan mulai menjalankan usaha online sendiri. [BH/CS]

Tinggalkan komentar