Bisnis Makanan Online Rumahan: Keunggulan dan Cara Menjalankannya

Sharing is caring!

Bisnis Makanan Online Rumahan ~ Apa keunggulan dari bisnis makanan online rumahan dan bagaimana cara menjalankannya agar bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan?

BisnisHandal.com, Dalam situasi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak orang yang mengambil opsi untuk menjalankan usaha sampingan.

Tidak hanya bisa membantu meringankan uang belanja sehari-hari, dengan pemilihan jenis usaha yang tepat, tidak jarang ada usaha sampingan yang menjadi sangat berkembang dan menjanjikan.

Dari sekian banyak usaha sampingan yang bisa menjadi pilihan usaha, bisnis makanan atau kuliner masih menjadi pilihan yang sangat potensial.

Apalagi akhir-akhir ini, bisnis makanan dengan pemasaran online namun skala rumahan sedang banyak diminati. Tidak hanya bisa menjadi usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga hingga karyawan pabrik, bahkan para artis hingga selebgram juga ikut-ikutan berebut konsumen.

Mengapa bisnis makanan online rumahan begitu banyak peminatnya pada saat sekarang ini?

Baca: 10 Ide Jualan Makanan Online Terlaris untuk Pemula dengan Modal Kecil

Keunggulan Bisnis Makanan Online Rumahan

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari bisnis makanan online skala rumahan sehingga menjadikannya sebagai salah satu usaha yang sangat banyak peminatnya belakangan ini.

1. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Salah satu faktor yang menjadikan bisnis makanan online rumahan untuk pemula ini begitu menarik adalah karena tidak membutuhkan modal yang relatif besar.

bisnis makanan online untuk pemula

Jadi anda bisa memanfaatkan peralatan dapur yang ada untuk mengolah makanan. Semuanya juga bisa anda kerjakan dari rumah, sehingga bisa menghemat banyak sekali modal usaha.

Dengan modal yang relatif kecil, usaha ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asalkan memiliki niat dan waktu.

2. Tidak Perlu Sewa Tempat

Biasanya lokasi usaha adalah salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan dari usaha kuliner.

Oleh karena itu, para pelaku usaha kuliner akan sangat hati-hati dalam menentukan lokasi atau tempat usaha kuliner. Mereka akan memperhitungkan letak lokasi usaha, biaya sewa tempat, letak kompetitor, dan lain-lain.

Berbeda dengan semua itu, bisnis makanan online rumahan tidak membutuhkan tempat usaha. Jadi, anda tidak perlu repot-repot memikirkan mau membuka usaha di mana dan mau mempersiapkan modal berapa untuk sewa tempat.

Karena semuanya bisa anda kerjakan sendiri dari dapur rumah atau kontrakan tempat tinggal anda.

3. Potensi Omset yang Sangat Besar

Untuk pemasaran makanan via online, anda bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas daripada hanya dengan membuka toko di daerah tertentu. Anda bahkan bisa memasarkan produk makanan anda ke seluruh Indonesia selama itu memungkinkan.

Dengan jangkauan pasar yang luas tersebut, transaksi yang tercipta setiap harinya juga bisa sangat tinggi sesuai dengan jenis makanan online terlaris yang anda jual.

Karena potensi transaksi yang terjadi bisa sangat tinggi, maka omset yang bisa anda hasilkan juga akan sangat besar. Apalagi jika didukung oleh sistem penjualan yang baik dan kualitas cita rasa makanan yang baik pula.

4. Potensi Kerugian Sangat Kecil

Biasanya bisnis makanan online rumahan akan menerapkan sistem penjualan berdasarkan PO atau purchase order.

Maka dari itu, untuk produksi atau penyediaan produk hanya mengikuti jumlah pesanan yang masuk.

Sistem ini akan sangat baik dalam menekan potensi kerugian dari bisnis makanan karena tidak ada makanan yang terbuang akibat tidak laris.

Jadi potensi kerugian dari bisnis makanan yang dipasarkan via online ini bisa ditekan hingga 70%.

Tips dan Cara Menjalankan Bisnis Makanan Online Rumahan

Untuk bisa menjalankan bisnis makanan online rumahan agar bisa memaksimalkan penjualan, anda bisa melakukan beberapa cara atau tips sebagai berikut.

1. Memilih Ide Jualan Makanan Online yang Tepat

Untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis makanan online rumahan, pertama-tama pastikan anda memilih jenis makanan online yang paling tepat.

10 jenis usaha kuliner yang paling laku

Memang betul ada banyak sekali ide jualan makanan di rumah yang bisa menjadi pilihan untuk anda. Misalnya makanan ringan yang lagi booming atau berbagai usaha makanan unik dengan modal kecil.

Yang perlu anda lakukan adalah memilih jenis makanan yang paling tepat dengan mempertimbangkan modal yang anda punya atau waktu yang anda miliki.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan masa kadaluarsa makanan yang anda jual dan bagaimana anda memproduksinya. Apakah anda membuatnya sendiri atau menjualnya secara reseller.

Jenis kuliner yang anda jual akan sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis anda untuk masa yang akan datang. Jadi, usahakan memilih jenis kuliner yang paling tepat sesuai dengan passion dan kemampuan anda.

Baca: Makanan Paling Laris untuk Dijual pada Bisnis Jualan Makanan Online

2. Memilih Plaftorm Jualan yang Tepat

Ada banyak sekali platform  yang bisa anda gunakan untuk menjual makanan rumahan online, mulai dari media sosial, blog, hingga situs jual beli online.

Maka dari itu, pilihlah jenis platform yang menurut anda paling nyaman untuk dipergunakan dalam berjualan online.

Anda bisa berjualan makanan melalui blog atau situs jual beli online yang anda tautkan ke berbagai sosial media untuk promosi. Atau anda juga bisa menjualnya langsung hanya dengan mengandalkan sosial media.

Semuanya tergantung pada strategi penjualan, jenis produk yang anda jual, dan jangkauan pasar yang akan anda tuju.

3. Menggunakan Instagram untuk Promosi Produk

Entah anda berjualan produk kuliner melalui website, situs ecommerce, atau melalui media sosial yang lain, tetapi anda wajib memanfaatkan media Instagram untuk promosi produk yang anda jual.

Lebih bagus lagi kalau anda menggunakan akun Instagram Bisnis yang memang diperuntukkan untuk bisnis.

makanan online terlaris

Mengapa harus menggunakan Instagram untuk promosi produk?

Karena Instagram tidak hanya memiliki banyak sekali pengguna aktif yang bisa anda jadikan target pasar, tetapi juga bisa memuat foto dan video produk anda dengan tampilan yang menarik.

Selain itu, anda juga bisa menyisipkan kata-kata promosi makanan di Instagram dan testimoni dari para pelanggan anda untuk membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

4. Menggunakan Jasa Endorse

Berkaitan dengan penggunaan media Instagram untuk promosi produk kuliner, anda juga bisa menggunakan jasa endorse dari para selebgram atau influencer untuk memaksimalkan penjualan.

Banyak pebisnis makanan rumahan online yang berpendapat bahwa mereka mampu meraih lonjakan penjualan lebih dari 200% setiap bulannya dari bantuan jasa endorse.

Hal ini bisa saja terjadi bukan hanya karena influencer atau selebgram tersebut sudah meningkatkan daya jangkau produk, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Jadi, jika anda merasa jualan online anda sepi atau berjalan di tempat padahal produknya sudah baik secara kualitas, cobalah dengan memakai jasa endorse dari para selebgram atau influencer.

5. Bekerja Sama dengan Food Vlogger

Sama halnya dengan pengaruh para selebgram atau influencer, food vlogger juga memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan sebuah produk makanan.

Apalagi jika yang mencoba produk makanan yang anda jual adalah mereka yang memiliki channel Youtube dengan jutaan subscriber. Sudah pasti produk makanan anda akan menjadi cepat viral dan banyak mendapatkan pesanan.

Oleh karena itu, cobalah untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih food vlogger dan menawarkan mereka kerja sama untuk mereview produk anda.

Semakin terkenal food vlogger yang anda ajak kerja sama, maka potensi anda untuk mendapatkan banyak konsumen juga akan semakin besar.

6. Fast Response

Ketika ada pembeli yang tertarik untuk membeli produk yang anda jual, mereka biasanya akan berkomunikasi untuk menanyakan ketersediaan produk atau pertanyaan lainnya.

Maka dari itu, sebisa mungkin anda harus meresponnya dengan cepat agar ia tidak lari ke toko lain atau ke kompetitor anda.

Maka dari itu, biasakan untuk menyalakan notifikasi pada smartphone anda yang memungkinkan anda akan langsung mendapat pesan begitu ada pembeli yang bertanya tentang produk yang anda jual.

Hal ini mungkin terdengar spele, tetapi biasanya pembeli akan lebih memilih toko online yang menanggapi pertanyaan mereka lebih cepat untuk berbelanja.

Fast response juga berlaku untuk pengiriman barang. Segeralah kirimkan barang begitu anda mendapatkan pesanan karena akan sangat berguna untuk meningkatkan kepuasan konsumen anda.

Semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen, maka semakin besar pula terjadinya peluang untuk repeat order dari konsumen yang sama.

7. Memperhatikan Packaging dan Pengiriman

Produk dari bisnis makanan online rumahan adalah aneka makanan yang biasanya memiliki masa kadaluarsa cepat dan tidak tahan banting. Maka dari itu, sangat perlu bagi anda untuk memperhatikan packaging dan pengiriman.

usaha makanan yang bisa dititipkan di warung

Jika produk yang anda jual adalah makanan basah yang tidak memungkinkan untuk berlama-lama berada dalam suhu ruangan, maka anda bisa membatasi penjualan khusus dalam kota saja.

Tetapi jika produk yang ada jual memang memungkinkan untuk pengiriman jarak jauh, anda bisa menjualnya ke daerah lain tergantung pada jarak dan tempo pengirimannya.

Untuk makanan yang dijual ke luar daerah atau provinsi, packaging pengiriman sangat penting. Sebaiknya anda harus menggunakan karton tebal dengan bubble wrap atau sejenisnya untuk menjamin agar makanan sampai dengan baik pada konsumen.

8. Inovasi dan Promosi

Dalam bisnis makanan, apapun jenis kuliner yang anda jual pasti ada masa pasang surutnya. Apalagi setiap harinya akan terus bermunculan kompetitor-kompetitor baru yang siap merebut pelanggan anda.

Oleh karena itu, anda tidak boleh lengah atau terlalu bermain aman dalam comfort zone anda.

Cobalah membuat terobosan-terobosan baru melalu inovasi secara berkala agar pelanggan anda tidak bosan. Salah satu contohnya adalah meluncurkan varian produk baru.

Selain inovasi, promosi juga akan memegang peranan sangat penting agar produk jualan anda tetap laris. Misalnya anda bisa melakukan promosi lewat pemberian diskon atau gratis ongkos kirim.

Jadi dengan inovasi dan promosi, bisnis makanan online rumahan anda akan tetap terus bisa bertahan atau bahkan bisa menjadi usaha yang sangat maju nantinya.

Baca: 8 Resep Kue Kering Lebaran dan Gambarnya Terlengkap untuk Usaha

Dengan berbagai keunggulan dan tips dalam meningkatkan penjualan online, maka anda bisa segera memulai usaha kuliner rumahan online sebelum pesaingnya bertambah banyak. [BH/CS]

Tinggalkan komentar