8 Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan dan Modal Kecil

Sharing is caring!

Bisnis untuk Mahasiswa Pemula ~ Siapa bilang hanya mahasiswa tajir saja yang bisa berbisnis? Yuk simak 8 bisnis untuk mahasiswa pemula berikut mulai dari yang tanpa modal sampai yang modalnya pas-pasan!

BisnisHandal.com, Tidak semua mahasiswa mendapat keberuntungan untuk tetap fokus menjalani perkuliahan hingga tamat. Sebagian mahasiswa mungkin terpaksa harus memikirkan bagaimana caranya mencari uang di sela-sela waktu kuliah.

Ada banyak alasan bagi seorang mahasiswa hingga akhirnya memutuskan untuk mencari baya tambahan di samping kegiatan rutinnya sebagai mahasiwa. Salah satunya adalah faktor ekonomi atau ingin membantu meringankan beban orang tua.

Seperti yang kita ketahui bersama, menempuh pendidikan sebagai mahasiswa di Indonesia tidaklah murah. Sekalipun ada yang beruntung mendapatkan beasiswa, tetap saja harus memikirkan uang makan, transportasi, atau biaya kos bagi yang tinggal jauh dari orang tua.

Maka dari itu, tidak heran jika sebagian mahasiswa berpikir untuk berbinis dan mencari uang sendiri. Apalagi tentu akan sangat menyenangkan jika bisnisnya ini kemudian berkembang pesat dan bisa diteruskan ketika lulus kuliah.

Lalu bisnis untuk mahasiswa pemula apa saja yang cocok untuk anda yang baru memulai perkuliahan atau sedang menempuh kuliah di semester-semester awal?

8 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Modalnya Sangat Kecil

Berikut ini adalah ide bisnis mahasiswa pemula yang cocok untuk anda yang sedang menempuh kuliah pada awal-awal pendidikan.

1. Bisnis Dropship atau Reseller

Ide bisnis untuk mahasiswa pemula pertama adalah dropship atau reseller.

Binis dropship atau reseller bisa menjadi pilihan terbaik karena selain membutuhkan modal yang sangat minim juga tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang panjang.

Jadi anda masih bisa tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagai mahasiswa meskipun sedang menggeluti bisnis dropship atau reseller ini.

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan satu ini bisa dikerjakan hanya bermodalkan ponsel dan koneksi internet saja. Yang paling penting adalah carilah supplier yang tepat dengan harga yang kompetitif.

2. Menjadi Youtuber

bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan

Menjadi Youtuber juga bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa pemula yang menguntungkan dan potensi pendapatannya tidak usah diragukan lagi.

Jika anda hanya bermodal pas-pasan, cobalah cari ide konten yang membutuhkan modal kecil saja untuk memulai bisnis satu ini.

Misalnya, konten berupa tutorial, vlog, gaming, atau beberapa konten anak muda biasanya hanya mengandalkan modal smartphone dan komputer atau laptop saja. Sisanya hanyalah kreativitas dalam mencari dan meramu konten yang menarik dan mengundang untuk ditonton.

Jadi, menjadi seorang Youtuber bisa menjadi ide usaha untuk mahasiswa kost yang menggiurkan tergantung seberapa menariknya konten yang anda sajikan.

3. Bisnis MLM

Dengan modal yang relatif kecil dan tingkat risiko yang minim, bisnis MLM juga bisa menjadi ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang tepat.

Modal utama untuk sukses dalam bisnis MLM adalah kegigihan dan percaya dengan sistem kerja yang sudah ada.

Kegigihan ini sangat penting karena di luar sana ada banyak sekali orang-orang yang skeptis atau antipati dengan bisnis MLM.

Tetapi dengan produk yang baik, sistem kerja yang mendukung, dan keuletan, tidak sedikit dari mereka yang sudah sukses di bisnis ini.

4. Bisnis Blog

Jika anda memiliki kemampuan dalam menulis, maka bisnis blog atau menjadi blogger bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa pemula yang sangat potensial.

Bisnis ini membutuhkan modal yang relatif rendah, bahkan anda bisa menjadi blogger hanya dengan mengandalkan platform gratis dari situs Blogspot ataupun WordPress.

Yang paling utama sebelum memulai bisnis blog adalah mencari niche atau tema tulisan yang menarik dan sesuai dengan bidang kompetensi anda.

Ada banyak sekali niche yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan anda, mulai dari bisnis, kuliner, travel, teknologi, gadget, gaya hidup, dan lain-lain.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan anda dalam menulis. Usahakan untuk menulis secara rutin agar pembaca setia di blog anda tidak bingung dan lari ke blog lain.

5. Menjadi Guru Les Privat

forum bisnis mahasiswa

Bisnis untuk mahasiswa pemula berikutnya yang bisa jadi pertimbangan anda adalah menjadi guru les privat.

Untuk bidang ilmu yang akan diajarkan sebagai guru les privat ini nantinya bisa disesuaikan dengan bidang kompetensi anda, misalnya bahasa Inggris, komputer, matematika, dan lain-lain.

Jika anda mahasiswa yang tinggal di kos, maka anda perlu memikirikan tempat untuk keperluan belajar mengajar. Cara terbaiknya adalah mengajar langsung di tempat tinggal murid anda.

Jadi anda bisa mengumpulkan beberapa murid dan mengajar di rumah salah satu murid anda. Atau juga bisa dibuat giliran di rumah murid-murid anda yang lain.

6. Bisnis Makanan Ringan

Makanan ringan adalah daftar teratas dari usaha kuliner untuk mahasiswa yang bisa sangat potensial jika pemasaran dan produknya tepat.

Bisnis untuk mahasiswa pemula satu ini relatif mudah ditekuni dan hasilnya bisa lebih dari cukup untuk keperluan hidup sehari-sehari selama kuliah.

Untuk makanan ringan sediri, carilah produk yang bisa diterima banyak kalangan baik dari segi rasa maupun harga dan mudah dipasarkan via online. Karena nantinya produk makanan ringan ini akan lebih mudah jika dijual di situs marketplace untuk jangkauan seluruh wilayah Indonesia.

Anda juga bisa menjualnya secara langsung untuk teman-teman kampus dan tetangga kos anda.

Dengan harga yang pas di kantong dan rasanya yang tepat, usaha semacam ini akan sangat potensial kedepannya, bahkan bisa diteruskan setelah anda lulus kuliah.

7. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Ide bisnis untuk mahasiswa pemula berikutnya yang bisa sangat menjanjikan adalah bisnis pulsa dan paket internet.

Seperti yang kita ketahui, pada saat ini kebutuhan akan ponsel sudah menjadi hal lumrah di kalangan masyarakat. Dan sengan berkembangnya penggunaan ponsel, maka kebutuhan akan pulsa dan paket internet juga menjadi sesuatu yang sangat penting.

Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan kebutuhan akan pulsa dan paket internet ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa. Apalagi anda tidak akan kesulitan menawarkan bisnis ini karena teman-teman sesama mahasiswa anda pasti akan membutuhkan pulsa dan paket internet secara rutin.

8. Bisnis Jasa Mengetik

Untuk anda mahasiswa semester awal yang memiliki komputer atau laptop, maka bisnis untuk mahasiswa pemula yang bisa dicoba berikutnya adalah jasa mengetik.

Berbeda dengan usaha percetakan yang membutuhkan modal relatif besar, bisnis jasa mengetik hanya membutuhkan modal yang relatif kecil diluar peralatan mengetik di atas.

Pangsa pasar untuk usaha jasa mengetik juga terbuka lebar, mulai dari siswa sekolah hingga teman-teman sesama mahasisa di kampus.

Jadi, dengan untuk anda mahasiswa kos-kosan, tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini. Selain bisa mendapat tambahan uang jajan, bisnis jasa mengetik juga bisa membantu meringankan biaya kuliah atau keperluan selama kuliah.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 8 bisnis untuk mahasiswa pemula yang gampang ditekuni hanya dengan modal pas-pasan tetapi hasilnya tidak sedikit. Semoga salah satunya bisa menjadi ide usaha anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar