7 Peluang Bisnis untuk Pelajar SMP dan SMA yang Menguntungkan

Sharing is caring!

Bisnis untuk Pelajar SMP ~ Peluang bisnis apa saja yang cocok dan mudah untuk pelajar yang masih bersekolah tetapi sangat menjanjikan?

BisnisHandal.com, Menjalankan sebuah bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang umur. Anda bisa menjalankan sebuah bisnis ketika sudah dewasa atau pun mencoba memulainya ketika masih bersekolah.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang memulai bisnis ketika masih berstatus sebagai pelajar sekolah. Misalnya ingin mandiri atau sedang mencari biaya tambahan untuk meringankan beban orang tua.

Meskipun anda memang bisa memulai bisnis ketika masih bersekolah, tidak semua bisnis cocok dijalankan oleh para pelajar sekolah. Apalagi mengingat potensi kerugian dalam bisnis akan sangat besar jika tidak berjalan sebagaimana mestinya.

7 Peluang Bisnis untuk Pelajar SMP atau SMA yang Mudah dan Menjanjikan

Berikut ini adalah 7 ide bisnis untuk pelajar SMP atau SMA yang mudah dijalankan dengan modal kecil dan potensi kegagalan yang sangat minim.

1. Jasa Joki Game Online

bisnis untuk anak smp tanpa modal

Ide bisnis untuk pelajar SMP atau SMA yang pertama adalah menawarkan jasa joki game online.

Seperti yang kita ketahui, untuk menjadi penjoki sebuah game online, anda tidak dituntut harus memiliki kemampuan akademis atau pendidikan yang tinggi.

Syaratnya hanyalah harus bisa dan jago dalam memainkan game online yang akan dijoki. Maka anda sudah bisa menawarkan jasa joki di sela-sela waktu belajar atau begitu ada waktu di rumah.

Selain merupakan bisnis untuk anak SMP atau SMA yang tanpa modal, keuntungan dari menawarkan jasa joki game online juga lumayan tinggi. Bahkan cukup untuk mencukupi uang jajan, keperluan sekolah, dan biaya SPP.

2. Guru Les Privat

bisnis pelajar yang menguntungkan

Menjadi guru les privat juga bisa menjadi ide bisnis untuk pelajar SMP atau SMA yang cukup potensial. Apalagi untuk anda yang bermukin di daerah desa berkembang atau diluar kota.

Untuk anak didiknya, anda bisa menyesuaikan antara tingkat pendidikan anda dengan anak didik yang akan diajar nantinya.

Jika tingkat pendidikan anda adalah SMA, maka anda bisa mengajar anak didik yang duduk di bangku SD atau SMP.

Tetapi jika tingkat pendidikan anda adalah SMP, maka sebaiknya anda mengajari les privat untuk anak-anak SD.

3. Menjadi Youtuber

bisnis untuk anak sma yang menghasilkan

Ide bisnis untuk pelajar SMP atau SMA berikutnya adalah dengan menjadi seorang Youtuber.

Ada banyak sekali ide untuk konten Youtube yang bisa digali ketika anda memutuskan menjadi seorang Youtuber. Mulai dari tutorial atau DIY, gaming, musik, materi pendidikan, atau bahkan vlog kegiatan sehari-hari.

Jadi ada banyak sekali materi konten yang bisa dibuat dan diunggah ke situs Youtube. Dan tidak masalah apakah anda itu masih pelajar SMP atau SMA, selama konten anda bagus dan berkualitas, akan ada banyak yang berkunjung nantinya.

Menjadi Youtuber juga bisa menjadi ide bisnis pelajar yang menguntungkan karena dengan hanya bermodal konten video saja, anda bisa meraup penghasilan tidak terbatas dari internet.

4. Jualan Kue/Makanan Ringan

rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

Jika anda sedang mencari bisnis untuk pelajar SMP atau SMA yang cukup mudah dilakukan, mungkin anda bisa berjualan kue atau makanan ringan di sekolah.

Anda harus bisa melupakan gengsi atau malu jika ingin sukses. Selama itu pekerjaan yang halal dan tidak dilarang oleh pihak sekolah, maka sah-sah saja berjualan kue atau makanan ringan di sekolah.

Untuk mendapatkan kue atau makanan ringan yang dijual di sekolah, anda bisa mendapatkannya dari produsen yang anda kenal. Atau malah keluarga anda bisa memproduksinya sendiri.

Sebelum anda memulai bisnis kue atau makanan ringan ini, pastikan barang yang anda jual ini masih terjangkau oleh kantong anak-anak yang ada di sekolahan anda. Misalnya jualan kue atau usaha makanan ringan serba 1000.

5. Bisnis Blog (Blogger)

usaha kecil menengah untuk pelajar

Jika anda sedang mencari bisnis untuk anak SMP tanpa modal, mungkin anda bisa memulainya dengan bisnis blog atau menjadi seorang blogger.

Pasalnya hanya dengan mengandalkan komputer atau laptop milik orang tua, anda sudah bisa menjadi seorang blogger.

Carilah topik atau niche apa yang menurut anda paling menarik dan paling anda kuasai, bisa berupa cerita remaja, edukasi, teknologi, gadget, traveling, kesehatan, dan lain-lain.

Untuk platformnya sendiri, anda bisa menulis secara gratis melalui situs Blogger atau WordPress.

Jika sudah menulis dan sudah ada pengunjungnya, maka anda sudah bisa mendaftarkan adsense untuk mendapatkan bayaran dari iklan yang diklik oleh pengunjung.

Selain mudah, bisnis blog juga akan sangat menghasilkan untuk pelajar SMP atau SMA, terutama jika dikelola dengan baik.

6. Jualan Pulsa

usaha online untuk anak sma

Anda tidak memerlukan counter HP hanya untuk bisa berjualan pulsa. Bahkan tidak ada salahnya apabila seorang pelajar SMP atau SMA berjualan pulsa di sekolah selama itu tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Jadi bisnis untuk pelajar SMP atau SMA ini bisa dilakukan baik anda berada di lingkungan sekolah atau tempat lain hanya dengan memanfaatkan ponsel yang biasa anda pergunakan.

Untuk modal awal jualan pulsa, anda bisa memulainya pelan-pelan dari modal yang terjangkau. Ketika usaha anda telah mulai dikenal, maka anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kapasitas anda.

Keuntungan yang didapat dari berjualan pulsa sebetulnya cukup besar mengingat anda berada di lingkungan sekolah dan target marketnya adalah semua murid-murid yang berada di sekolahan.

7. Bisnis Kerajinan Tangan

bisnis online untuk pelajar

Peluang bisnis untuk pelajar SMP atau SMA yang terakhir adalah bisnis kerajinan tangan buatan sendiri.

Untuk menjalankan bisnis pelajar yang menguntungkan satu ini, anda membutuhkan kreativitas tangan.

Dengan kreativitas ini, anda bisa menciptakan aneka kerajinan tangan menarik, seperti gantungan kunci, pajangan dinding, dompet, tas, baju, asbak, mainan, dan lain-lain.

Hasil kerajinan tangan ini bisa dipasarkan dengan menitipnya ke toko atau anda juga bisa memasarkannya sendiri secara online.

Dengan modal yang cukup kecil ditambah dengan kreativitas, anda bisa menghasilkan uang yang lebih dari cukup untuk jajan dan keperluan sekolah. Menarik bukan?

Baca Juga:

Jadi, meskipun anda masih berstatus sebagai pelajar SMP atau SMA, jangan takut untuk memulai usaha. Asalkan bisnis yang anda jalani tersebut halal dan tidak melanggar hukum. [BH/CS]

Tinggalkan komentar