20 Bisnis yang Laku Setiap Hari untuk Anda yang Baru Memulai Usaha

Sharing is caring!

Bisnis yang Laku Setiap Hari ~ Apakah anda sedang mencari contoh bisnis yang laku setiap hari untuk ide usaha anda? Di bawah ini anda akan menemukannya.

BisnisHandal.com, Bisnis atau jualan apa yang cepat laku atau laku setiap harinya? Pasti itu akan menjadi pertanyaan besar kita semua. Karena untuk usaha skala kecil dan menengah, kecepatan perputaran uang menjadi tolak ukur keberhasilan usaha tersebut. Semakin lambat perputaran uangnya, maka resiko bangkrut usaha tersebut juga akan semakin besar.

Maka dari itu, penting sekali bagi anda yang hendak memulai bisnis dalam skala kecil hingga menengah untuk mencari usaha yang perputaran uangnya cepat atau istilahnya yang cepat laku setiap harinya. Jika tidak, maka kemungkinan usaha anda akan semakin sulit.

20 Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Paling Menguntungkan Saat Ini

Beberapa bisnis yang perputaran uangnya relatif cepat di bawah ini mungkin bisa anda jadikan inspirasi anda yang hendak memulai bisnis baru.

1. Warung Kelontong

jualan apa yang laku di kampung

Jika anda bermukim di kampung dan bertanya jualan apa yang laku di kampung, maka jawabannya adalah sembako.

Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan medasar dibutuhkan oleh setiap rumah tangga. Maka dari itu, bisa dipastikan usaha warung kelontong adalah bisnis yang laku setiap hari dengan perputaran uang yang relatif cepat.

 Sebelum membuka usaha warung kelontong, ada baiknya memperhitungkan terlebih dahulu ketersediaan modal usaha dan tempat yang akan dijadikan usaha warung kelontong.

Hal yang pastinya harus ada di setiap usaha warung kelontong adalah sembako, mie instan, perlengkapan kamar mandi, rokok, dan kopi bubuk.

Untuk kelengkapan lain, bisa menyesuaikan ingin sebesar apa usaha anda nantinya.

2. Bisnis Reseller Pakaian

jualan apa yang cepat laku

Jika ada yang bertanya, dagang apa yang cepat laku? Mungkin menjadi reseller pakaian salah satu jawabannya.

Bisnis reseller pakaian adalah termasuk bisnis yang laku setiap hari karena pakaian adalah kebutuhan pokok setiap orang.

Usaha ini bisa dilakukan dengan online maupun offline tergantung ketersediaan tempat usaha. Namun jika anda tidak mempunyai tempat yang memadai, lebih baik menjalankan usaha ini secara online.

Lagi pula, jika bisnis reseller pakaian dilakukan secara online, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang relatif besar karena penjualan bisa melalui gambar atau foto. Anda hanya perlu invest sejumlah kecil dari pakaian yang anda jual sebagai sample.

Reseller pakaian termasuk usaha yang menjanjikan dan bisa digeluti oleh siapa saja. Bahkan bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga di desa.

3. Jualan Kue

jualan makanan yang laris

Bisnis kue memang usaha yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Jadi tidak heran jika usaha ini digeluti oleh banyak sekali orang entah itu di perkotaan ataupun di desa.

Saat ini ada banyak sekali variasi kue yang sangat gampang kita dapatkan, mulai dari kue tradisional hingga kue kekinian tidak pernah sepi dari pembeli.

Jadi wajar usaha kue dianggap sebagai bisnis yang laku setiap hari.

Untuk memulai usaha kue, terlebih dahulu kita harus mempertimbangkan kue jenis apa yang ingin kita perdagangkan. Jangan lupa melihat prospek usaha dan persaingan di bisnis serupa.

Kalau bisa usahakan menjual kue yang belum terlalu banyak persaingannya.

Setelah itu, ketersediaan modal juga harus menjadi bahan pertimbangan. Modal erat kaitannya dengan pertimbangan apakah anda akan membuka gerai kue sendiri atau menjualnya secara langsung dari pintu ke pintu.

Anda juga bisa menjual kue dengan dititipkan ke warung/toko ataupun menjualnya secara online.

4. Bisnis Jual Pulsa

jualan apa yang laku di kampung

Berdagang pulsa, baik itu pulsa HP dan data internet maupun pulsa listrik tidak akan pernah kehabisan pelanggan.

Pasalnya kedua hal ini sudah menjadi kebutuhan pokok dalam setiap rumah tangga, tidak terkecuali dia berasal dari lapisan masyarakat yang mana.

Itulah mengapa menjual pulsa adalah salah satu contoh bisnis yang laku setiap hari dan usaha yang menjanjikan.

Untuk memulai menjual pulsa, anda juga tidak memerlukan modal yang relatif besar. Cukup menyiapkan modal pulsa dan HP, itupun bisa menggunakan HP yang biasa anda pergunakan sehari-hari.

Keuntungan bisnis satu ini memang kecil pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu, perputaran uang disini juga akan semakin cepat.

Apalagi bisnis ini sangat cocok untuk usaha sampingan yang bisa dilakukan dimana saja.

5. Bensin Eceran/Pertamini

usaha menghasilkan uang di rumah

Jika di kota-kota besar, kehadiran pom bensin di setiap sudut jalan mungkin sudah menjadi pemandangan yang umum. Namun, di kampung atau desa tidak demikian.

Bagaimana jika seseorang yang berkendaraan tiba-tiba kehabisan bahan bakar ketika sedang melewati jalanan desa atau jalan penghubung yang ada di desa?

Bensin eceran adalah solusinya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada harga bahan bakar yang ada di Pertamina, namun mengisi bensin eceran adalah satu-satunya solusi agar kendaraan anda tetap bisa melaju sampai tujuan.

Sebelum memulai bisnis ini, terlebih dahulu anda harus menentukan mau berdagang bensin eceran secara tradisional menggunakan botol atau jerigen, ataukah dengan cara modern dengan menggunakan pom bensin mini atau istilah populernya Pertamini.

Untuk menjual bensin secara tradisional tentu lebih mudah dan murah karena anda tinggal mempersiapkan botol atau jerigen bekas. Namun sistem ini memiliki kelemahan, yaitu takaran bensi yang dijual terkadang kurang presisi.

Berbeda dengan Pertamini dimana takaran bahan bakar yang dijualnya sudah sangat presisi sehingga membuat kepercayaan konsumen juga menjadi tinggi terhadap usaha kita.

Namun jika hendak berdagang bahan bakar dengan sistem Pertamini, anda harus mempersiapkan modal yang lebih besar. Anda harus mempersiapkan modal mulai dari Rp. 6 juta untuk inivestasi di bisnis ini.

6. Youtuber

bisnis modal 10 ribu

Menjadi Youtuber juga menjadi usaha yang menjanjikan pada saat ini. Seorang Youtuber yang sukses bisa mengantongi uang sampai miliaran rupiah setiap bulannya.

Channel di Youtube sendiri lambat laun sudah mulai menggeser tayangan di stasiun TV tradisional yang semakin hari semakin minim akan tayangan yang “sehat” dan edukatif. Jadi, jangan salahkan kaum milenial yang lebih memilih Youtube sebagai pengganti siaran TV konvensional.

Untuk menjadi seorang Youtuber sukses tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pertama anda harus membuat konten video yang berkualitas agar pengunjung mau menghabiskan waktu dan kuota internet untuk menonton video anda. Jika kualitas video yang anda buat tidak menarik dan tidak bagus, lebih baik tidak usah diposting di channel Youtube karena akan membawa citra yang negatif bagi channel anda.

Kedua, anda juga harus membuat konten unik yang tidak sama dengan konten yang sudah dibuat oleh orang lain. Jika konten anda sama dengan orang lain dan tidak lebih bagus dari mereka, akan susah membuat orang tertarik untuk menontonnya.

Namun jika anda cukup kreatif menyajikan konten yang berbobot dan jumlah konten serupa yang masih sedikit,  bukan tidak mungkin anda bisa menjadi sukses berkat bisnis satu ini.

7. Bisnis Warung Makan/Retoran

contoh usaha perputaran uang cepat

Usaha warung makan atau restoran termasuk bisnis yang laku setiap hari dan memiliki banyak sekali konsep dan pilihan yang bisa dipilih sebagai usaha yang menjanjikan tentunya.

Anda bisa memilih untuk usaha warung makan atau resto dengan konsep masakan tradisional, Western, atau Chinese juga bisa.

Atau restoran yang memadukan konsep café dengan suasana yang cozy juga bisa.

Intinya usaha warung makan atau restoran termasuk bisnis dengan pilihan yang paling beragam dan fleksibel yang bisa anda pilih tergantung pada jenis pasar apa yang akan anda bidik nantinya.

Modal usaha satu ini juga beragam. Anda bisa membuka dari warung makan sederhana seperti warteg sampai restoran yang menyasar ke kalangan menengah ke atas sesuai dengan lokasi dan target market anda tentunya.

8. Pengobatan Alternatif

usaha ukm

Mahalnya biaya berobat di Indonesia membuat sebagian orang memutuskan untuk berobat di pengobatan alternatif.

Mayoritas pengobatan alternatif menerima pasien penyakit kronis yang hanya bisa disembuhkan oleh rumah sakit besar dengan biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS. Bahkan, banyak penderita penyakit yang harapan untuk sembuhnya sangat kecil juga sampai menggantungkan harapannya pada pengobatan alternatif.

Jika anda memiliki kelebihan bisa membantu menyembuhkan orang banyak lewat jalan terapi dan semacamnya, tidak ada salahnya menggeluti profesi satu ini.

Profesi ahli pengobatan alternatif bukan hanya bertujuan mencari keuntungan semata. Namun lebih karena alasan kemanusiaan.

9. Pengepul Barang Bekas/Rongsokan

usaha dengan modal 20 ribu

Bagi sebagian orang, barang rongsokan identik dengan sampah yang kotor, bau dan menjijikkan. Tapi tahukah anda kalau bisnis pengepul barang bekas bisa mencapai omset ratusan juta sebulannya?

Bisnis yang identik dengan sampah ini selain jarang digeluti orang juga ternyata hasilnya sangat harum.

Modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini juga relatif sangat kecil untuk ukuran bisnis yang laku setiap hari.

Anda cukup menyediakan modal minimal 3 juta rupiah saja untuk membeli barang bekas dari para pemulung. Selanjutnya anda harus menyortir sampah-sampah tersebut berdasarkan klasifikasinya. Untuk pekerjaan sortir anda mungkin membutuhkan karyawan.

Setelah menyortir antara sampah plastik, kaca, karton, besi dan sebagainya, anda bisa menjual hasil sortiran tersebut ke pengepul yang lebih besar atau para pengrajin barang bekas.

Jika usaha sudah semakin besar dan karyawan juga semakin banyak, anda bisa mulai menjual barang bekas/rongsokan tersebut ke pabrik yang mengolah barang bekas. Sampai di level ini, omset yang akan ada capai bisa ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap bulannya. Usaha yang menjanjikan bukan?

Jika sudah menggeluti bisnis ini anda jangan takut kehabisan barang bekas karena populasi sampah tidak pernah berkurang setiap harinya.

10. Bisnis Katering

modal 50 ribu hasil 30 juta

Bisnis satu ini memang sudah menjamur di berbagai pelosok Indonesia, dari perkotaan besar sampai di pelosok pedesaan.

Karena itu untuk memulai usaha satu ini memang agak tricky alias susah susah gampang.

Kita tidak boleh lantas langsung membuka usaha katering tanpa survey dan riset terlebih dahulu karena akan membuat usaha ini gagal bersaing.

Jadi sebelum memulai usaha ini, terlebih dahulu anda harus menemukan keunikan yang menjadi pembeda dari produk katering yang anda tawarkan. Apakah varian baru yang belum pernah ada, kualitas dan citarasa yang lebih atau harga yang lebih kompetitif?

Misalnya, usaha katering makanan sehat untuk bekal anak sekolah.

Tetapi sebelum memutuskan, jangan lupa cek kompetitor sejenis dahulu tentang produk mereka dan harga yang mereka tawarkan.

Jika produk catering anda sudah tepat, bukan tidak mungkin usaha anda menjadi bisnis yang laku setiap hari.

11. Bisnis Café atau Warung Kopi

bisnis internet modal 50 ribu

Meskipun sama-sama merupakan tempat nongkrong yang menyajikan kopi atau minuman dan makanan yang relatif ringan, secara tampilan fisik café dan warung kopi agak berbeda.

Selain tampilan fisik yang berbeda, target pasar yang dituju oleh keduanya juga berbeda. Jika usaha café lebih membidik anak muda milenial yang berumur 17 – 30 tahun, bisnis warung kopi lebih membidik orang dewasa kalangan menengah atau menengah kebawah dengan rentang yang umur 25 – 50 tahun.

Nah jika sudah mengetahui target pasar yang akan dibidik di daerah anda, barulah menentukan anda akan memulai bisnis café atau warung kopi.

Hal ini sangat penting agar investasi anda tidak menjadi sia-sia.

Jika berhasil, bisnis café atau warung kopi bisa menjadi usaha yang menjanjikan dan tentunya bisa menjadi bisnis yang laku setiap hari.

12. Jasa Cuci Motor/Mobil

jualan apa yang laku di kampung

Keberadaan jasa cuci motor dan mobil juga semakin banyak karena pengguna kendaraan bermotor yang meningkat tajam.

Saat ini tidak hanya di perkotaan, namun kendaraan bermotor juga sudah menjadi sarana transportasi wajib di desa maju dan berkembang.

Banyaknya kendaraan bermotor, tentu saja mendorong hadirnya bisnis yang berkaitan dengan perawatan kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya adalah jasa cuci motor atau mobil.

Usaha satu ini relatif mudah digeluti karena modal usahanya yang tidak terlalu besar, namun hasilnya lumayan karena termasuk bisnis yang laku setiap hari.

Untuk memulai usaha ini, selain persiapan tempat dan karyawan, anda harus mempersiapkan peralatan seperti mesin kompresor, pompa dan tangki air, dan perlengkapan cuci motor.

Karena ini bisnis jasa, usahakan memberikan layanan yang terbaik agar konsumen puas dan bisa memberikan feedback positif untuk usaha anda.

13. Bisnis Laundry

jualan apa yang cepat laku

Bisnis satu ini termasuk yang sedang hits terutama di daerah pemukiman padat penduduk.

Usaha laundry termasuk bisnis dengan prospek yang sangat baik apalagi dibuka di lokasi strategis yang dekat dengan lokasi target konsumen yang dituju.

Tempat yang paling bagus untuk membuka lokasi ini adalah lokasi yang berdekatan dengan kos-kosan, rumah susun, apartemen, mess karyawan, komplek perumahan, atau daerah kontrakan padat penduduk.

Kehadiran usaha laundry di tempat seperti itu akan sangat membantu mereka terutama mereka yang tidak punya waktu atau sarana untuk membersihkan pakaian mereka.

Untuk membuka usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang relatif besar. Anda hanya memerlukan mesin cuci yang ada pengeringnya, seterika, plastik pembungkus, deterjen, pewangi dan pelembut pakaian.

14. Jualan Sayur Mayur

jualan apa yang laku di kampung

Jualan sayur mayur? Mengapa tidak?

Usaha ini relatif mudah dijalani dan akan memberikan hasil yang lumayan besar. Tetapi karena faktor gengsi dan sebagainya, banyak yang lebih suka memilih bisnis lain daripada berjualan sayur mayur.

Berdagang sayur mayur selain mudah untuk dijalani, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Anda bisa mengambil sayur mayur dari petani dengan sistem beli putus ataupun titip. Sistem beli putus memiliki resiko lebih tinggi karena jika sayuran tersebut tidak laku, resikonya akan kita tanggung sendiri. Hal yang berbeda dengan sistem titp dimana kita hanya dititipkan untuk menjual saja tanpa ada resiko.

Namun kelebihan sistem beli putus adalah harga dari pemasoknya lebih murah dan kita bisa menjual sayuran tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Sedangkan untuk sayuran yang dititipkan oleh petani, harganya sudah ditentukan dengan sistem bagi hasil 80:20 biasanya. Penjual hanya mengambil keuntungan fee 20% saja dari total penjualan.

15. Bisnis Supermarket

jualan makanan yang laris

Supermarket adalah salah satu bisnis yang laku setiap hari dan tidak pernah sepi dari pembeli.

Bahkan usaha satu ini disinyalir banyak membuat toko-toko tradisional tutup karena kalah bersaing.

Pertumbuhan supermarket sendiri menunjukkan grafik yang signifikan dalam dasawarsa terakhir ini. Hal ini menujukkan bahwa minat masyarakat terhadap kehadiran modern market satu ini juga sangat tinggi.

Supermarket sendiri memiliki banyak keunggulan dari pasar tradisional, diantaranya barang yang lebih murah, tempat yang luas dan nyaman, dan proses jual beli yang cepat karena menggunakan komputer.

Sebelum memulai bisnis supermarket, anda harus memperhitungkan terlebih dahulu ketersediaan modal usaha.

Ada 3 jenis supermarket berdasarkan volume usahanya, yaitu minimarket, midmarket dan hypermart.

Anda bisa memilih salah satu dari ketiganya tergantung pada ketersediaan modal dan lokasi. Makin besar usaha supermarket anda, keuntungannya juga makin besar pula.

16. Bisnis Dropship

usaha menghasilkan uang di rumah

Bisnis dropship adalah usaha online dimana kita hanya menawarkan produk berupa gambar atau brosur di tempat atau lapak jualan online kita kepada konsumen tanpa harus menstok barangnya terlebih dahulu.

Jika ada pembeli yang hendak mebeli barang yang kita tawarkan, kita tinggal membelinya di supplier atau vendor dan supplier tersebut yang mengirimkan langsung barangnya ke customer kita, dengan mencantumkan alamat kita sebagai pihak pengirim.

Kelebihan dari bisnis ini adalah kita betul-betul tidak mengeluarkan modal disini.

Hanya dengan menggunakan internet, kita bisa menjual barang dari supplier yang sudah kita ajak untuk bekerja sama dan jika ada transaksi kita juga tidak perlu repot untuk urusan pengemasan dan pengiriman.

Hanya saja bisnis ini memiliki kelemahan, yaitu kita sama sekali tidak mengetahui bagaimana quality control dari barang yang akan dikirimkan oleh supplier.

Jika ternyata barang yang dikirim oleh si suplier kepada konsumen kita ini cacat atau tidak sesuai dengan keinginan konsumen, maka kita yang akan menerima komplain dan harus menyelesaikan kompliment tersebut.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis ini sangat disarankan untuk betul-betul mengenal supplier kita dan bagaimana kualitas quality control mereka.

17. Buka Apotek/Toko Obat

jualan apa yang laku di kampung

Bisnis yang berhubungan dengan kesehatan juga saat ini menjadi usaha yang menjanjikan. Hal ini ditandai dengan hadirnya apotek dan toko obat yang tidak pernah sepi dari pembeli.

Meskipun demikian, persaingan dalam bisnis apotek atau toko obat juga termasuk tinggi. Apalagi di perkotaan besar, jaringan franchise apotek yang punya nama besar dan ketersediaan obat yang lengkap tentu saja akan sangat mudah merebut pasar.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis satu ini kita juga harus jeli mencari celah peluang pasarnya.

Pertama, kita harus mencari tempat yang sekiranya persaingan di bisnis yang sama belum terlalu banyak. Jika memungkinkan anda bisa membuka apotek atau toko obat di luar kota atau di desa maju juga tidak masalah.

Jika sudah mendapat lokasi yang pas, hal berikutnya adalah ketersediaan modal.

Terlebih dahulu anda harus memastikan modal yang anda punya harus cukup untuk biaya sewa lokasi, gaji apoteker dan pegawai, dan yang utama obat-obatan yang mendasar harus tersedia terlebih dahulu.

Obat-obatan mendasar seperti obat flu, obat batuk, antibiotik, obat luka, obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan mendasar lain baik yang harus menggunakan resep dokter maupun yang tidak harus tersedia sebelum memulai usaha ini.

18. Bisnis Blog/Blogger

bisnis modal 10 ribu

Menjadi Blogger atau bisnis Blog adalah bisnis online yang termasuk salah satu usaha yang menjanjikan saat ini karena frekuensi penggunaan internet di Indonesia yang sangat tinggi.

Bisnis ini jika dijalani dengan serius dan benar akan membawa hasil yang tidak sedikit juga.

Namun, untuk bisa menghasilkan uang lewat blog, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa banyak pengunjung yang datang ke blog anda.

Cara yang terbaik untuk menarik pengunjung datang ke blog kita adalah konten yang berkualitas. Semakin berkualitas konten yang kita sajikan, maka pengunjung yang datang ke blog kita juga akan semakin banyak.

Dengan banyaknya pengunjung, maka kita bisa mendapatkan uang melalui iklan di Google Adsense misalnya.

Selain itu kita juga bisa menggunakan blog kita sebagai ladang untuk promosi afiliansi. Afiliansi marketer ini berarti kita semacam penghubung atau makelar yang mencarikan pembeli untuk sebuah situs jual beli dan jika transaksinya berhasil kita akan mendapatkan komisi atau fee dari situs jual beli tersebut.

19. Bisnis Barbershop

usahaukm

Bisnis barbershop tidak boleh luput dari daftar bisnis yang laku setiap hari karena potensi usahanya yang menjanjikan, apalagi jika dibuka di daerah yang padat penduduk.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini relatif kecil dan hasilnya jika usaha anda ramai, omsetnya bisa mencapai  1 hingga 2 juta rupiah dalam sehari.

Selain sewa tempat dan karyawan, yang perlu anda persiapkan untuk memulai bisnis ini adalah perlengkapan mencukur rambut, seperti pisau cukur, gunting, dan cermin. Jika diperlukan, mungkin anda bisa menambahkan perlengkapan creambath sebagai daya tarik di barbershop anda nantinya.

20. Usaha Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan serba 2000 yang Unik dan sedang Booming

Bisnis makanan ringan seolah tidak ada matiknya karena makanan ringan sudah menjadi cemilan wajib masyarakat sehari-hari.

Ada banyak sekali makanan ringan yang bisa anda jadikan ladang bisnis, mulai dari kerupuk, keripik, sampai makanan ringan kekinian yang menjadi incaran kaum milenial.

Untuk kemasannya sendiri, jika target sasaran anda adalah sekolah dan anak-anak, anda bisa membuat makanan ringan serba 2000 misalnya. Tapi jika target anda adalah mahasiswa atau karyawan, anda mungkin bisa menjual makanan ringan kekinian seperti keripik nangka, keripik bayam, basreng, makaroni goreng dan sebagainya yang dijual dengan kisaran harga Rp. 10 ribu hingga Rp. 30 ribu.

Untuk pemasarannya sendiri bisa dengan cara menitipkan di toko atau warung, menjual langsung ke konsumen ataupun melalui media sosial dan situs jual beli online.

Jangan takut untuk mencoba bisnis ini karena usaha makanan ringan adalah bisnis yang laku setiap hari.

Baca Juga:

Apapun bisnis pilihan anda, pastikan anda memiliki tekad yang kuat dengan didukung oleh mimpi yang besar untuk memulai bisnis tersebut. [BH/HT]

Tinggalkan komentar