Mencari Bisnis untuk Pemula? Coba 5 Bisnis yang Tidak Ada Matinya Ini!

Sharing is caring!

Bisnis yang Tidak Ada Matinya ~ Usaha kecil menguntungkan seperti apa yang cocok untuk pemula? Coba 5 ide bisnis yang tidak ada matinya berikut ini!

BisnisHandal.com, Memilih bisnis yang tepat bagi siapapun yang baru memasuki dunia bisnis memang susah-susah gampang. Jika bisa memilih bisnis yang tepat, maka potensi keuntungan yang tidak terbatas akan menjadi milik anda di kemudian hari.

Namun tidak jarang juga ada bisnis yang gagal. Mulai dari bisnis yang tidak tepat target pasarnya hingga perubahan pada daya beli masyarakat yang menyebabkan bisnis menjadi lesu. Jika sudah demikian, anda akan dihadapkan pada 2 pilihan yang sulit, tetap bertahan dalam ketidak-pastian atau banting setir dan memulai bisnis yang baru.

Oleh karena itu, sebelum menjadi enterpreneur, pilihlah betul-betul bisnis yang tepat dan memiliki target pasar yang tepat dan jelas. Kalau perlu, anda bisa memulai usaha dengan memilih jenis bisnis yang tidak ada matinya.

5 Bisnis yang Tidak Ada Matinya sebagai Usaha yang Menjanjikan untuk Pemula

Berikut ini adalah 5 ide bisnis yang tidak ada matinya untuk ide usaha yang menjanjikan bagi anda yang baru memulai usaha.

1. Bisnis Sembako

Bisnis sembako adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya dan bisa bertahan di mana saja dan kapan saja, tidak terkecuali di kota besar yang padat penduduk hingga di desa terpencil.

Sembako sudah menjadi usaha yang menjanjikan dari zaman dahulu dan akan terus bertahan di masa yang akan datang karena yang dijual adalah kebutuhan harian masyarakat.

Bisnis sembako juga bisa menjadi rekomendasi yang sangat tepat untuk anda yang baru memulai bisnis karena potensi gagalnya termasuk kecil asalkan anda buka usaha ini di lokasi yang tempat.

Meskipun termasuk usaha yang sangat direkomendasikan dengan potensi gagal yang kecil, tetap saja anda harus memperhatikan faktor harga produk yang anda jual agar bisa bersaing di pasaran. Selain itu, anda juga harus melihat pengaturan stok karena sembako adalah produk yang memiliki masa kadaluarsa.

2. Bisnis Makanan

usaha yang menjanjikan

Selain sembako, bisnis makanan juga merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Bisnis makanan juga sangat direkomendasikan sebagai salah satu ide usaha kecil menguntungkan bagi anda yang hendak memulai bisnis.

Bisnis makanan memiliki ratusan ragam varian yang bisa anda pilih sesuai dengan konsep bisnis, banyaknya modal, strategi marketing, dan lokasi bisnisnya. Mulai dari usaha katering rumahan hingga restoran otentik, mulai dari bisnis online hingga pada konsep door to door.

Jadi, jangan pernah takut untuk memulai bisnis makanan karena usaha ini akan terus ada dan berkembang dari masa ke masa.

Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam berbisnis makanan adalah kualitas cita rasa dan kompetitor anda. Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga (pricelist), lokasi usaha, dan kualitas pelayanan kepada konsumen juga.

3. Bisnis Reseller Produk Fashion

Dalam setiap zaman, produk fashion selalu memiliki tempat tersendiri dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, meskipun produk fashion adalah bisnis yang sifatnya dinamis, tetapi selalu ada peminatnya dan jadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya di mana pun anda berada.

Oleh karena itu, anda bisa menjadikan produk fashion ini mulai dari usaha sampingan hingga peluang usaha di desa tergantung pada strategi bisnis yang anda pilih.

Apalagi dengan adanya teknologi internet yang semakin canggih, produk fashion kini bisa dijual dengan sistem reseller melalui situs jual beli online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis fashion adalah carilah target pasar yang tepat dan juallah dengan harga yang kompetitif. Dengan memperhatikan kedua hal ini, anda bisa membidik pasar dengan lebih tepat untuk memaksimalkan bisnis reseller produk fashion anda.

4. Bisnis Pulsa

Ada 2 jenis pulsa yang sudah nyaris menjadi kebutuhan primer di Indonesia, yaitu pulsa telekomunikasi (paket internet) dan pulsa listrik (token) pra bayar.

Kedua jenis pulsa ini sama-sama memiliki pangsa pasar yang luar biasa banyak peminatnya karena hampir dibutuhkan di setiap rumah tangga.

Keuntungan dari bisnis jualan pulsa memang kalah jauh jika dibandingkan dengan bisnis fashion atau warung sembako jika perhitungannya adalah per item barang. Namun, yang perlu anda ingat adalah jumlah konsumen yang membeli pulsa tidaklah sedikit.

Bahkan di konter pulsa yang ramai, anda bisa menemukan lebih dari 1 orang pembeli setiap menitnya. Luar biasa bukan?

usaha kecil menguntungkan

Lagipula bisnis pulsa adalah peluang usaha kecil menguntungkan dan cukup fleksibel. Bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga hingga bisnis utama yang menunjang perekonomian keluarga.

5. Bisnis Franchise

Kategori bisnis yang tidak ada matinya terakhir yang bisa menjadi ide usaha anda adalah bisnis franchise. Bisnis franchise atau usaha waralaba memiliki banyak keuntungan bagi pebisnis pemula karena menawarkan paket kemitraan dengan brand (merk) dagang yang sudah mapan dengan sistem usaha yang jelas.

Jadi para pebisnis tidak perlu lagi bersusah payah membagun sebuah bisnis dari nol karena dengan membeli bisnis franchise, anda akan mendapatkan brand yang cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, keunggulan lain dari bisnis franchise adalah banyaknya pilihan bisnis yang bisa anda sesuaikan dengan jumlah modal nantinya.

Ada bisnis franchise minuman yang biayanya cuma 2 jutaan hingga bisnis swalayan yang mematok biaya miliaran rupiah. Semua pilihan bisnis franchise bisa disesuaikan dengan kondisi kocek anda dan di mana lokasi anda akan memulai bisnis ini.

Baca Juga:

Semoga salah satu ide bisnis yang tidak ada matinya di atas bisa menjadi inspirasi usaha anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar