Bukan Mantra atau Penglaris, Inilah 7 Cara agar Dagangan Laris Terus

Sharing is caring!

Cara agar Dagangan Laris Terus ~ Bagaimana cara agar dagangan laris terus menerus? Inilah 7 strategi ampuh agar dagangan laris banyak pembeli yang lebih ampuh daripada mantra ataupun penglaris.

BisnisHandal.com, Berdagang adalah aktivitas ekonomi yang sudah ada ribuan tahun silam dan akan terus ada di masa-masa yang akan datang. Sebagai bisnis, usaha dagang adalah penggerak roda perekonomian yang paling utama, mulai dari usaha dagang multinasional sampai ke pengecer paling kecil.

Ada banyak sekali masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari usaha dagang. Karena itu, tidak heran apabila usaha dagang menjadi bisnis yang bisa dijumpai dari pusat perkotaan yang ramai hingga pada usaha di daerah sepi.

Untuk menjadi pedagang yang sukses ada banyak kiat yang harus dilakukan. Salah satunya adalah berupaya membuat pelanggan datang terus menerus. Karena pelanggan yang ramai adalah salah satu indikator keberhasilan usaha dagang.

7 Cara agar Dagangan Laris Terus Menerus dan Banyak Pembeli

Ada banyak cara agar dagangan laris terus menerus yang dilakukan oleh pedagang. Ada pedagang yang cuek saja dengan pembeli, namun ada juga yang sampah menempuh segala cara agar dagangannya laris.

Tidak sedikit pedagang yang sampai harus mencari mantra agar dagangan laris atau mencari ilmu penglaris dagangan tingkat tinggi sampai ke berbagai penjuru.

Padahal, anda bisa saja melakukan beberapa cara ini agar dagangan laris banyak pembeli tanpa harus bersusah payah mencari strategi ampuh agar dagangan laris dengan ilmu atau mantra.

Berikut ini adalah 7 cara agar dagangan laris terus menerus yang bisa diiterapkan dalam usaha dagang anda.

1. Pembeli adalah Raja, maka Berikan Pelayanan yang Baik

agar dagangan laris banyak pembeli

Cara agar dagangan laris terus menerus yang pertama adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer anda. Ingatlah selalu slogan bahwa “pembeli adalah raja”.

Maksudnya istilah pembeli adalah raja adalah sebagai pedagang, kita harus memperlakukan pembeli dengan ramah, hormat, dan menyampaikan segala macam informasi yang dibutuhkan oleh pembeli sehubungan dengan transaksi jual beli.

Dalam transaksi jual beli, memang seorang penjual tidak bisa memilih pelanggan, tetapi pelangganlah yang memilih penjual. Ada kalanya kita mendapatkan pembeli yang sangat kooperatif, tetapi tidak jarang juga ada pembeli yang kasar, arogan, dan tidak kooperatif.

Disinilah tantangan bagi seorang pedagang atau pelayan toko untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap pelanggan terlepas dari bagaimana karakter si pembeli atau calon pembeli nantinya.

Tujuannya agar pembeli tersebut puas dan menciptakan “buzz marketing” usaha dagang anda kepada orang-orang yang berinteraksi dengan mereka.

Tips pertama ini adalah ilmu penglaris dagangan tingkat tinggi tanpa atau jampi-jampi untuk mendatangkan banyak pembeli bagi usaha dagang anda.

2. Perhatikan Kualitas Barang Dagangan Anda

Selalu memperhatikan kualitas barang dagangan adalah cara agar dagangan anda laris terus menerus berikutnya yang harus betul-betul anda perhatikan.

Jika produk yang anda jual adalah makanan, maka perhatikan betul-betul kualitas makanan yang anda sajikan kepada konsumen. Sedikit saja kesalahan, maka bisa menyebabkan usaha warung makan anda akan kehilangan banyak pelanggan.

Sebaliknya, jika warung makan anda betul-betul memperhatikan kualitas makanan dari segi kebersihan, kesegaran, dan cita rasa, maka pelanggan juga akan puas dan bisa menjadi pelanggan tetap nantinya.

Hal yang sama juga berlaku untuk usaha non kuliner. Gunakan trik FIFO (First In First Out) dalam menyusun display produk yang anda jual.

Jadi produk yang lama harus ditempatkan di sisi sebelah luar agar terjual lebih dahulu daripada produk yang baru masuk. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan stock opname dan cek tanggal kadaluarsa secara berkala untuk produk anda.

3. Perhatikan Harga Barang Dagangan Anda

strategi ampuh agar dagangan laris

Faktor harga juga menjadi salah satu penentu cara agar dagangan laris terus menerus. Jangan pernah menjual harga yang lebih mahal dari kompetitor yang berada pada radius kurang dari 1 km dari tempat usaha anda.

Jangan remehkan harga yang lebih tinggi dari kompetitor sekalipun selisih harganya hanya Rp 1.000 atau Rp 5.000. Dengan selisih harga yang sangat sedikit ini sudah cukup membuat pelanggan anda pindah ke kompetitor terdekat anda.

Menjual barang dengan harga yang sedikit lebih rendah dari kompetitor memang strategi bisnis yang paling banyak dipakai oleh pedangang-pedagang baru yang hendak merebut pasar.

Akan tetapi, menjual harga yang lebih rendah ini ibaratnya pisau bermata dua. Jika anda menjual dengan harga yang lebih kompetitif dan masih dalam tahap wajar, tidak akan terlalu bermasalah.

Namun, jika harga produk yang anda tawarkan terlalu murah dan tidak masuk akal, hal ini akan menyebabkan rusaknya harga pasar membuat produk anda dipertanyakan oleh konsumen.

Para konsumen akan mengira barang yang anda jual adalah produk ilegal, black market, barang ilegal, produk tidak berizin atau barang yang kadaluarsa yang direkondisi. Hal ini malah akan menghancurkan bisnis anda.

Jadi agar usaha dagang anda tetap maju dan berkembang, perhatikan betul-betul pricelist produk yang anda jual. Pemberian harga yang tepat adalah strategi ampuh agar dagangan laris.

4. Jadilah Pedagang yang Jujur

Kejujuran adalah salah satu prinsip dagang yang utama sebagai cara agar dagangan anda laris terus dan berkembang. Sebaliknya, ketidakjujuran dalam berdagang adalah tindakan yang akan sangat merugikan anda sebagai pedagang.

Beberapa contoh tindakan tidak jujur dalam berdagang yang perlu anda hindari antara lain.

  • Tidak memberikan diskon/bonus/promosi/cash back dan sejenisnya yang merupakan program untuk konsumen.
  • Menjual barang yang sudah tidak layak/rusak/cacat/kadaluarsa/mengandung bahan berbahaya kepada konsumen.
  • Mempermainkan harga barang atau “getok harga”.
  • Menjual barang palsu atau KW untuk membohongi konsumen.

Tindakan culas atau nakal dalam berdagang, cepat atau lambat akan memberikan dampak yang buruk bagi usaha dagang anda, entah itu ditinggalkan oleh pembeli atau anda akan berurusan dengan hukum. Jadi sebisa mungkin, jujurlah dalam berdagang.

5. Jangan Pelit Memberikan Bonus/Diskon untuk Pelanggan Setia

Jika usaha dagang anda sudah mulai jalan, pastinya akan ada pelanggan-pelanggan setia yang akan senang berbelanja di tempat anda. Para pedagang setia ini adalah aset yang harus anda pelihara dengan sebaik-baiknya.

Karena lewat rekomendasi mereka inilah mereka nantinya akan melakukan transaksi-transaksi lainnya di masa yang akan datang. Atau bahkan mereka bisa membawakan anda calon-calon pelanggan baru berkat rekomendasi atau tetimoni mereka.

Jadi, sebisa mungkin anda harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia anda agar tidak berpindah ke kompetitor anda. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya memberikan mereka kupon bonus, diskon, atau potongan penjualan sesekali untuk menyenangkan mereka.

Perlu anda ketahui, para pedagang besar akan selalu memiliki cara untuk menyenangkan para pelanggan setia mereka karena dari pelanggan yang setia inilah bisnis mereka akan bertumbuh pesat di kemudian hari. Ini adalah salah satu cara agar dagangan laris terus menerus dan semakin bertumbuh.

6. Berdoa dan Bersyukur

mantra agar dagangan laris

Apapun hasil penjualan yang anda dapatkan pada hari ini, jangan lupa untuk berdoa dan bersyukur kepada Sang Pemberi Rezeki untuk anda.

Karena dengan berdoa dan bersyukur anda akan menyambut rezeki keesokan harinya dengan lebih positif dan percaya diri.

Sifat yang positif dan percaya diri karena berdoa dan bersyukur adalah salah satu cara agar dagangan laris terus menerus.

Tidak percaya? Anda bisa buktikan sendiri lebih maju mana antara berdagang tanpa berdoa dan bersyukur dengan berdagang yang didahului dengan berdoa dan diakhiri dengan bersyukur.

Anda tidak perlu mencari mantra agar dagangan laris atau mencari amalan yang lain, cukup berdoa dan bersyukur saja. Inilah cara yang tepat agar dagangan laris terus.

7. Jangan Lupa Beramal/Bersedekah

Mungkin bagi sebagian orang, beramal atau bersedekah kepada orang yang membutuhkan terdengar agak remeh atau tidak sesuai konteks usaha dagang. Tetapi percayakah anda salah satu cara agar dagangan laris terus menerus adalah dengan beramal atau bersedekah dengan rutin?

Ini adalah rahasia dari pebisnis-pebisnis sukses dan orang-orang kaya. Semakin banyak mereka beramal, maka rezeki mereka juga akan semakin deras mengalir kembali kepada mereka.

Tidak ada orang yang menjadi miskin karena beramal. Sebaliknya dengan membagikan sebagian kecil rezeki mereka kepada yang membutuhkan, mereka akan mendapatkan rezeki yang berlimpah dan terus menerus di masa yang akan datang.

Anda bisa membuktikan rahasia satu ini agar dagangan laris banyak pembeli.

Baca Juga:

Semoga setelah ini usaha dagang anda semakin berkembang dan dagangan anda menjadi laris dan banyak pembeli. [BH/HT]

Tinggalkan komentar