Cara Belanja di Alibaba dalam 4 Langkah Mudah, Aman, dan Tidak Ribet

Sharing is caring!

Cara Belanja di Alibaba ~ Apakah anda dropshipper atau reseller yang sedang mencoba belanja dengan supplier di Alibaba tetapi merasa ribet terutama dengan sistem pembayaran dan urusan bea cukai? Begini cara mudahnya belanja di Alibaba.

BisnisHandal.com, Mungkin banyak diantara anda yang sudah mendengar situs Alibaba.com atau biasa disebut Alibaba. Alibaba adalah salah satu situs e-commerce terbesar di dunia yang didirikan oleh Jack Ma.

Sebagai salah satu situs e-commerce terbesar dan terlengkap, tidak heran jika ada banyak sekali supplier besar yang menjajakan produknya di Alibaba. Dengan banyaknya supplier besar tersebut, para dropshipper dan reseller yang ada di seluruh dunia menjadi sangat terbantu. Terutama yang hendak mencari produk grosiran dengan harga terjangkau untuk dijual dalam negeri.

Sebagai negara berkembang dengan jutaan pengguna internet aktif, Indonesia juga menjadi pangsa pasar yang baik untuk para pendagang online dengan sistem dropship atau reseller. Demi memenuhi permintaan pasar dan untuk mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang miring, banyak dropshipper dan reseller Indonesia yang ikut berburu produk di situs e-commerce terbesar di China tersebut.

cara import barang china

Karena Alibaba adalah situs e-commerce dari luar negeri, tentu belanja di Alibaba juga tidak semudah seperti berbelanja di situs e-commerce lokal. Ada beberapa perbedaan mendasar yang harus dipahami sebelum anda belanja di Alibaba.

Keuntungan Berbelanja di Alibaba

Mengapa harus berbelanja di Alibaba? Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapat jika anda berbelanja di Alibaba.

  • Terdapat ribuan perusahaan besar sampai retail yang menjual produk di Alibaba, jadi pilihan produknya sangat lengkap.
  • Dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang tidak ada di dalam negeri.
  • Bisa negosiasi harga jika membeli produk dalam jumlah banyak.
  • Bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah untuk dijual kembali.

4 Cara Belanja di Alibaba yang Mudah dan Tidak Ribet

Sebelum berbelanja di Alibaba, yang harus anda ketahui adalah situs Alibaba adalah situs e-commerce yang melayani penjualan secara grosir, bukan satuan. Jadi pastikan anda memang membutuhkan barang dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut ini adalah panduan cara belanja di Alibaba untuk anda.

1. Login di Situs Alibaba

cara order alibaba indonesia

Cara belanja di Alibaba yang pertama adalah masuk ke situs Alibaba.com. Setelah itu, anda akan menemukan pilihan menu Sign In.

Untuk bisa login ke situs Alibaba, anda akan diberikan pilihan untuk Sign In dengan menggunakan akun Google, Facebook, Twitter, atau Linkedin.

Tetapi jika anda hanya ingin login dengan menggunakan alamat email, bisa pilih tombol Join Free dan mendaftarkan berdasarkan email yang anda pilih.

2. Mencari Produk yang Diinginkan

Cara belanja di Alibaba berikutnya adalah mencari produk yang diinginkan. Cara ini sama persis dengan cara biasa anda belanja di Lazada, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Langsung saja masuk ke menu pencarian atau dengan memilih kategori produk yang tersedia di situs tersebut.

Untuk memudahkan pencarian, anda bisa memfilter pencarian berdasarkan negara supplier, jumlah order minimal, rentang harga produk, dan jenis supplier.

Di situs Alibaba, ada 4 jenis supplier yang harus anda ketahui karena akan mempengaruhi tingkat kepercayaan anda terhadap produk yang mereka jual.

  • Supplier, adalah penjual baru yang belum terlalu lama berjualan di Alibaba.
  • Gold Supplier, adalah supplier yang telah cukup lama berjualan di Alibaba dengan reputasi yang baik.
  • Assesed Supplier, adalah supplier terpercaya karena perusahaannya telah mendapat inspeksi dan review secara langsung dari pihak Alibaba.
  • Trade Assurance, adalah supplier yang menyediakan fasilitas asuransi apabila produknya tidak sampai ke konsumen atau bermasalah ketika pengiriman.

3. Mengontak Supplier

Setelah menemukan barang yang tepat buat anda, cara belanja di Alibaba berikutnya adalah mengontak supplier.

cara beli barang di aliexpress

Alibaba memang menyediakan menu yang bermanfaat bagi para calon pembeli untuk bisa berkomunikasi langsung kepada supplier.

Hal ini bermaksud agar para calon pembeli dapat menanyakan mengenai detail produk secara lengkap, meminta sample produk, atau negosiasi harga.

Jadi, harga yang tertera pada keterangan produk di situs Alibaba bukanlah harga pas, tetapi masih bisa ditawar sesuai dengan jumlah pengambilan anda dan bagaimana kesepakatan negosiasi dengan supplier tersebut nantinya.

Untuk bernegosiasi dengan supplier, usahakan untuk menggunakan bahasa Inggris agar bisa dipahami oleh kedua belah pihak.

4. Berbelanja di Alibaba

Setelah bernegosiasi dan tercapai kesepakatan diantara kedua belah pihak, anda bisa langsung berbelanja di Alibaba.

Untuk berbelaja di Alibaba, anda bisa langsung mengklik tombol Star Order. Isilah dengan tepat jumlah barang yang akan anda beli, alamat destinasi pengiriman barang dengan tepat, cara pengiriman barang, dan metode pembayaran.

Periksalah kembali seluruh data yang anda isi apakah sudah tepat atau masih ada yang perlu diganti sebelum mengorder produk yang anda inginkan.

Forwarder Alibaba Indonesia

Hal yang perlu anda ketahui pada saat berbelanja di Alibaba adalah karena barang akan dikirim dari luar ke dalam negeri, maka akan dihitung sebagai impor barang.

Untuk pembelian produk dengan jumlah yang kecil (dibawah $100) tentu tidak masalah. Tetapi jika anda melakukan order barang dengan jumlah di atas $100, kemungkinan besar barang anda akan tertahan di bea cukai. Untuk bisa mengambil barang tersebut, anda diwajibkan membayar pajak dan lain-lain.

Cara lain agar barang anda bisa diterima tanpa harus direpotkan dengan urusan bea cukai adalah dengan memanfaatkan jasa forwarder atau jasa ekspedisi borongan.

Jadi setelah proses transaksi selesai, segera minta supplier anda untuk mengirimkan barang ke gudang forwarder yang ada di Guangzhou, China. Setelah barang sampai di gudang forwarder, segera minta resi pengiriman pada supplier anda.

Setelah itu, pihak forwarder yang akan mengurus semua proses dokumen impor dan lain-lain di bea cukai dan anda akan dihubungi begitu barang telah sampai di gudang forwarder yang ada di Jakarta.

Anda tinggal membayar tagihan fee untuk forwarder sebelum barang nantinya akan dikirim ke alamat anda. Jadi dengan cara ini anda tidak perlu kerepotan harus mengurus perijinan dan lain-lain di bea cukai.

Metode Pembayaran di Alibaba

cara import barang dari china ke indonesia

Hal penting lainnya dari cara belanja di Alibaba yang perlu anda ketahui adalah metode pembayaran. Untuk pembayaran, Alibaba menyediakan beberapa pilihan, seperti kartu kredit, transfer dari bank, Western Union, dan Paypal.

Anda bisa berdiskusi dengan supplier anda mengenai pilihan metode pembayaran ini. Terkadang ada supplier yang menerima semua metode pembayaran. Tetapi ada pula supplier yang hanya menerima pembayaran dengan metode tertentu, misalnya hanya Western Union atau Paypal saja.

Jadi ada baiknya berdiskusi terlebih dahulu tentang pilihan pembayaran yang cocok diantara kedua belah pihak sebelum melakukan pembayaran.

Setiap transaksi pembayaran dengan metode apapun, anda akan dikenakan fee payment sesuai dengan metode yang dipilih. Misalnya jika anda memilih Paypal, maka akan dikenakan fee sebesar $25 per setiap kali trasaksi.

Jadi, untuk bisa berbelanja di Alibaba, anda akan dibebankan biaya-biaya seperti biaya produk yang dibeli, biaya pengiriman, biaya fee payment, dan biaya forwarder (jika menggunakan jasa forwarder).

Baca Juga:

Demikianlah panduan mengenai cara belanja di Alibaba untuk anda yang masih awam tentang berbelanja lintas negara. Semoga bisa bermanfaat buat anda, terutama para dropshipper dan reseller yang ingin mengetahui cara impor barang dari China dengan berbelanja di Alibaba. [BH/CS]

Tinggalkan komentar