Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil Cocok Untuk Pemula

Sharing is caring!

Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil, BisnisHandal.com ~ Anda yang baru coba-coba untuk bermain saham, jangan khawatir karena artikel di bawah ini akan memandu anda untuk bermain saham dengan resiko yang sangat kecil.

Arti Investasi

Investasi dapat diartikan sebagai penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perseorangan selama jangka waktu tertentu untuk memperoleh hasil timbal balik yang lebih besar di masa depan. Sederhananya investasi berarti kita menitipkan sejumlah uang yang kita miliki ke pihak ketiga agar memperoleh keuntungan yang berlebih di masa depan.

Investasi menjadi sangat menggiurkan bagi sebagian  orang karena dengan bermodalkan uang tertentu mereka bisa memperoleh hasil yang lebih besar dari modal tersebut di masa depan tanpa harus susah payah bekerja.

Saat ini ada banyak sekali jenis investasi yang bisa menjadi pilihan oleh para investor untuk menanamkan uangnya agar bisa memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Mulai dari deposito berjangka, investasi emas dan logam mulia, properti, hingga saham.

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Hal ini berarti jika kita membeli saham, maka kita memiliki hak atas kepemilikan dan keuntungan perusahaan tersebut dalam bentuk dividen yang dibagikan dalam jangka waktu tertentu.

Investasi Saham

reksadana saham

Bermain saham adalah salah satu jenis investasi yang sangat digemari di seluruh dunia. Karena jangka waktu untuk memperoleh keuntungan yang fleksibel dan hasilnya pun relatif lebih cepat.

Bermain saham juga bisa memungkinkan kita memperoleh hasil yang besar dalam waktu yang singkat karena harganya yang fluktuatif. Namun, tingkat resiko untuk investasi saham juga sangat besar. Istilah populer untuk investasi saham adalah “high risk high return”.

Tidak semua orang percaya diri untuk bermain saham karena investasi satu ini memang memiliki resiko besar apalagi bagi seseorang yang baru terjun di bisnis ini. Perlu pengalaman dan jam terbang tinggi untuk bisa menjadi pemain saham yang handal.

Jika anda baru belajar coba-coba investasi saham atau reksadana saham, sangat disarankan anda mencoba dari modal terkecil dulu. Sehingga resikonya juga kecil. Bagaimana cara bermain saham dengan modal kecil?

5 Cara Bermain Saham dengan Modal Kecil bagi Pemula

Berikut ini adalah 5 tahapan cara bermain saham dengan modal kecil yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

1. Mencari Perusahaan Sekuritas yang Tepat

aplikasi saham online

Cara bermain saham dengan modal kecil yang pertama adalah mencari perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek yang memiliki lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

Untuk awal bermain saham, cari perusahaan sekruritas yang setoran awalnya kecil. Saat ini sudah ada banyak perusahaan sekruritas yang setoran awalnya hanya Rp. 100.000. Contohnya adalah BNI Securities, IndoPremier, MNC Sekruitas, dan sebagainya.

2. Membuka Akun RDN

RDN adalah singkatan dari Rekening Dana Nasabah. Yaitu rekening yang ditujukan untuk nasabah yang akan melakukan transaksi jual dan beli saham di Pasar Modal.

Cara membuka akun RDN sangat mudah. Setelah mendapatkan perusahaan sekuritas yang anda rasa cocok untuk bertransaksi jual beli saham, anda tinggal membuka website perusahaan sekruitas tersebut.

Lewat website perusahaan tersebut, anda akan dituntun langkah demi langkah untuk menjadi nasabah di perusahaan sekuritas tersebut. Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP dan lampiran buku bank.

Terakhir anda akan menyetorkan setoran awal dan mendapatkan RDN dan user ID yang digunakan untuk bertransaksi saham.

3. Memulai Beli Saham

cara bermain saham online gratis

Cara bermain saham dengan modal berikutnya adalah memulai membeli saham.

Setelah menenjadi nasabah perusahaan sekuritas dan mendapatkan user ID, kita bisa mulai untuk membeli saham.

Minimal pembelian saham adalah 1 lot atau 100 lembar saham.

Jika modal anda tadi hanya Rp. 100.000 berarti anda harus mencari saham yang harganya dibawah Rp. 1.000 per lembarnya agar uang anda cukup untuk membeli 1 lot saham.

Jika anda baru pertama kali bermain saham, pilihlah saham dari perusahaan besar yang telah terpercaya dan harga sahamnya dibawah Rp. 1.000 per lembarnya. Contoh perusahaan besar yang harga sahamnya dibawah Rp. 1.000 per lembar adalah PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM), Bank Pan Indonesia (Panin Bank), PT. Sumber Algaria Trijaya (Alfamart), dan lain-lain.

4. Konsisten Membeli Saham

Hal yang utama dalam bisnis bermain saham adalah konsistensi.  Anda tidak bisa jika hanya membeli saham 1 atau 2 lot selanjutnya dibiarkan berbulan-bulan tanpa ada transaksi. Karena pada akhirnya uang anda akan terbuang sia-sia.

Yang paling penting disini adalah konsisten menabung saham setiap bulannya. Jika masih baru dan belum hafal selum beluknya bermain saham, anda tidak perlu mengeluarkan uang sampai berjuta-juta setiap bulannya untuk mengincar saham-saham dari perusahaan mana saja yang memiliki prospek bagus.

Anda cukup menyisihkan sedikit saja dari penghasilan anda, misalnya Rp. 200.000 atau Rp. 300.000 setiap bulannya untuk investasi saham.

5. Pengalaman adalah Guru Terbaik

reksadana saham

Setelah mengetahui cara bermain saham dengan modal kecil, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan transaksi jual beli saham.

Dengan praktek langsung anda akan belajar memilih mana saham yang sudah bisa dijual dan mendapatkan keuntungan dan mana saham yang layak untuk dibeli. Semua pelajaran tersebut hanya bisa didapat dengan praktek langsung di lapangan.

Semakin anda lama terjun bermain saham, kemampuan dan intuisi anda akan semakin terasah. Semakin anda ahli bermain saham, jumlah transaksi juga akan semakin meningkat dan keuntungan juga ikut bertambah.

Baca juga:

Cara Investasi Emas di Pegadaian Tanpa Ribet dengan 3 Langkah Mudah

Demikianlah 5 cara bermain saham atau reksadana saham dengan modal kecil yang cocok untuk anda yang baru mencoba bermain saham. Untuk mempermudah dalam bermain saham, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi saham online seperti RTI Business, Investing.com dan Stockbit. [BH/HT]

Tinggalkan komentar