Waspada Fintech Ilegal: Cara Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Sharing is caring!

Cara Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK ~ Bagaimana cara cek sebuah fintech itu ilegal atau sudah berizin? Berikut jawabannya!

BisnisHandal.com, Beberapa tahun terakhir ini, perusahaan yang berbasis jasa keuangan online atau fintech semakin banyak dan berkembang. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat atas jasa keungan yang meningkat dari waktu ke waktu.

Ada banyak sekali jasa keuangan yang ditawarkan oleh fintech. Dari semuanya yang paling menggiurkan dan menjadi pilihan banyak orang adalah pinjaman dana online dan investasi online dengan sistem Peer to Peer Lending.

Investasi online memang terdengar sangat menggiurkan karena memungkinkan banyak orang untuk meraih keuntungan yang tinggi dalam waktu singkat. Demikian halnya dengan pinjol atau pinjaman online yang cukup menarik perhatian para milenial karena prosesnya yang mudah, cepat, dan tanpa agunan.

Baca: 6 Situs Online Pinjaman Dana Jaminan KTP Tanpa Agunan dan Cepat Cair

Banyaknya Fintech Ilegal

Meskipun terdengar sangat visioner dengan peminat yang tidak sedikit, anda tetap harus berhati-hati terhadap sebuah perusahaan yang bergerak dalam lembaga keuangan online. Hal ini tidak lepas dari pinjaman online ilegal dan investasi online bodong yang berkamuflase diantara perusahaan fintech benar lainnya.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena umumnya para perusahaan fintech yang ilegal ini nyaris tidak ada bedanya dengan fintech legal lainnya.

Apalagi mengingat banyaknya kasus penipuan oleh perusahaan fintech ilegal yang memakan korban yang tidak sedikit. Terutama bagi mereka yang tergiur dengan investasi yang menawarkan keuntungan yang sangat besar atau pinjaman  online dengan berbagai kemudahan.

Lalu bagaimana cara cek atau mengetahui sebuah perusahaan fintech itu legal atau yang terdaftar di OJK atau hanya fintech abal-abal yang bertujuan mengeruk keuntungan dengan penipuan?

Cara Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Berikut ini adalah cara cek perusahaan fintech apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum.

1. Buka Situs OJK

Daftar perusahaan investasi yang terdaftar di OJK

Untuk melakukan pengecekan apakah sebuah perusahaan fintech telah terdaftar di OJK atau tidak, pertama-tama anda harus membuka situs resmi OJK terlebih dahulu dengan mengakses www.ojk.go.id.

Dalam situs OJK ini ada banyak sekali data mengenai berbagai lembaga keuangan, mulai dari perbankan, pasar modal, IKNB, Syariah, dan lain-lain.

Anda bisa mengecek legalitas sebuah perusahaan jasa keuangan dengan mengklik tab Berita dan Kegiatan, kemudian pilih menu Publikasi.

Pada kolom pencarian yang terletak pada bagian paling bawah, ketik kata kunci “penyelenggara fintech terdaftar” lalu klik Cari.

Maka anda akan menemukan semua artikel yang memuat daftar penyelenggara fintech terdaftar dan berizin.

2. Pilih Artikel Daftar Fintech dengan Data Terbaru

Setelah anda menemukan semua artikel yang memuat penyelenggara fintech yang terdaftar atau berizin, anda bisa memilih data yang terbaru. Caranya adalah melihat tanggal yang ada pada judul artikel tersebut.

Klik daftar fintech dengan tanggal terbaru dan anda akan menemukan daftar terkini dari semua perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin.

Silahkan anda cek apakah perusahaan yang anda cari ada dalam daftar tersebut atau tidak. Jika ada, berarti perusahaan fintech tersebut memang sudah terdaftar atau mengantongi izin. Jika tidak, maka anda harus waspada.

3. Hubungi Call Center OJK

Jika perusahaan yang anda cari tidak ada dalam daftar, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut memang ilegal atau bisa jadi juga sedang dalam pengurusan izin. Kemungkinan lainnya adalah data dari OJK yang belum update.

Cara cek perusahaan yang terdaftar atau tidak di OJK berikutnya adalah dengan menghubungi call center OJK.

Adapun nomor call center OJK adalah (021) 2960 0000 / (021) 385 821 atau dengan menghubungi email humas@ojk.go.id untuk meminta informasi tentang perusahaan yang anda cari.

Baca: Cara Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan dan Syarat Serta Bunga Ringan

Nah setelah anda mengetahui sebuah perusahaan fintech apakah memang terdaftar atau berizin di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak, barulah anda memutuskan akan memanfaatkan jasa fintech tersebut atau tidak. Karena jika anda gegabah langsung melakukan investasi atau pinjaman online tanpa mengecek terlebih dahulu, ada kemungkinan anda mengalami penipuan atau risiko keuan gan lainnya. [BH/CS]

Tinggalkan komentar