Cara Daftar Google Adsense Youtube Lewat HP untuk Monetisasi Youtube

Sharing is caring!

Daftar Google Adsense Youtube Lewat HP ~ Bagaimana caranya mendaftar Google Adsense untuk channel Youtube lewat HP yang paling update? Berikut jawabannya!

BisnisHandal.com, Menjadi Youtuber yang menghasilkan uang banyak tentulah menjadi impian kebanyakan orang. Apalagi menjadi seorang Youtuber bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus mengenal usia, jenis kelamin, maupun pendidikan.

Untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, anda tidak hanya harus membuat konten video secara rutin. Tetapi juga harus mendaftarkannya ke Google Adsense.

Setelah channel Youtube anda terdaftar ke Google Adsense, berikutnya akan ada iklan yang muncul dari video anda ketika ada yang memutarnya. Dari iklan inilah nantinya anda akan mendapatkan sejumlah uang atau istilahnya monetisasi.

Untuk bisa monetisasi channel Youtube anda, yang harus anda lakukan adalah mendaftarkannya ke Google Adsense, yang bisa menggunakan HP atau smartphone.

Baca: Cara Membuat Channel Youtube di HP Android Hanya dalam 1 Menit

Syarat Monetisasi Youtube untuk Google Adsense

daftar google adsense login

Sebelum daftar Google Adsense untuk channel Youtube lewat HP, terlebih dahulu channel Youtube anda harus memenuhi syarat monetisasi.

Berikut ini adalah bebeapa persyaratan monetisasi yang harus anda capai sebelum mendaftarkannya ke Google Adsense.

  • Memiliki Channel Youtube yang terverifikasi dengan nomor HP.
  • Dalam 12 bulan terakhir, jumlah durasi tonton dari semua video anda adalah minimal 4000 jam.
  • Jumlah subscriber di channel Youtube anda minimal 1000 subscriber.
  • Tidak spam link ke channel Youtube milik orang lain dengan tujuan meminta orang lain untuk melakukan subscribe channel anda.

Cara Daftar Google Adsense Youtube Lewat HP

Berikut ini adalah cara paling mudah daftar Google Adsense channel Youtube lewat HP atau smartphone.

1. Buka Google Chrome

Untuk daftar Google Adsense Youtube lewat HP, pertama-tama pastikan ponsel anda sudah memiliki browser Google Chrome. Atau bisa juga dengan menggunakan browser lain seperti Opera dan sejenisnya.

daftar google adsense tanpa url

Agar lebih mudah dalam proses daftar untuk Google Adsense, anda perlu mengubah tampilan Google Chrome anda ke tampilan desktop.

Caranya anda tinggal klik menu tiga titik yang terletak di pojok kanan atas pada Google Chrome. Cari menu Desktop site, lalu beri tanda centang.

Setelah itu, tampilan mesin pencari Google anda juga langsung berubah menjadi tampilan dekstop.

2. Login ke Youtube Studio

Langkah daftar Google Adsense lewat Youtube berikutnya adalah login ke Youtube Studio.

Caranya adalah dengan mengetik keyword “Youtube Studio” pada mesin pencari Google dan anda akan langsung menemukan Youtube Studio pada urutan pertama mesin pencari Google.

Klik Youtube Studio dan pada halaman berikutnya anda akan diminta install aplikasi Youtube Studio di Google Playstore. Lewati saja step ini dengan mengklik CONTINUE TO STUDIO pada tombol paling bawah.

Jika belum login ke akun Youtube anda, maka anda akan diminta untuk login terlebih dahulu.

Setelah login, maka akan muncul dashboard channel Youtube anda yang berisikan mengenai performa video anda, analitik mengenai subscriber, penonton, dan lain-lain.

Baca: Ampuh dan 100% Aman: 5 Cara Menambah Banyak Subscriber di Youtube

3. Pilih Menu Monetisasi

Cari menu monetisasi berupa logo $ yang terletak pada deretan icon menu pada pojok kiri atas. Menu monetisasi ($) berada di urutan ketiga dari bawah.

Setelah masuk ke menu Monetisasi Channel, anda akan menemukan 3 langkah untuk memonetisasi video anda.

Langkah pertama adalah sudah memenuhi semua persyaratan untuk monetisasi Youtube Channel anda.

Setelah memenuhi semua persyaratan monetisasi yang sebelumnya telah dibahas, maka anda akan masuk ke step 2, yaitu Daftar ke Google Adsense.

3. Daftar ke Google Adsense

Untuk mendaftarkan channel Youtube anda ke Google Adsense, tinggal klik tombol MULAI yang ada pada menu langkah 2.

Anda akan dialihkan ke akun Google Adsense untuk pendaftaran. Lalu pilih menu Saya tidak memiliki akun Adsense lalu klik Lanjut.

Kemudian anda akan masuk ke akun Google yang akan menjadi akun Adsense anda, lalu secara otomatis anda akan masuk ke halaman berikutnya.

Isilah beberapa pertanyaan yang telah disediakan oleh Google.

google adsense login youtube

Pada kolom “Dapatkan lebih banyak manfaat dari Adsense”, anda pilih Ya. Kemudian pada kolom negara, cari Indonesia. Pada persyaratan centang Ya dan klik tombol BUAT AKUN.

Selanjutnya isilah data pribadi anda dengan benar sesuai dengan eKTP. Setelah mengisi, periksalah data pribadi anda jangan sampai ada yang salah. Karena jika data anda salah, maka proses verfikasinya akan tertunda.

Terakhir masukkan 6 digit kode verifikasi yang telah dikirim oleh Google melalui SMS atau email kepada anda. Lalu tekan tombol KIRIM.

Sekarang akun Google Adsense anda telah diproses dan anda akan mendapat pemberitahuan jika prosesnya sudah selesai. Biasanya lama proses akun Google Adsense memakan waktu hingga beberapa jam.

4. Proses Peninjauan Channel

Jika proses pendaftaran akun Google Adsense sudah selesai, maka anda akan masuk ke step 3, yaitu peninjauan channel Youtube anda oleh Google.

Untuk proses peninjauan channel Youtube dari Google bisa membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan lebih dari sebulan.

Pastikan konten video yang ada di channel Youtube anda tidak menyalahi beberapa aturan yang akan menyebabkan batalnya monetisasi. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Mengandung kekerasan, seksualitas, ujaran kebencian terhadap suku, agama, dan ras tertentu, baik dalam konten video, maupun judul atau deskripsi video.
  • Menyalahi hak cipta atau mengambil konten dari channel milik orang lain secara utuh.
  • Konten yang judul, thumbnail, atau deskripsi bersifat clickbait atau tidak sesuai dengan isi video yang ada.
  • Berisi informasi yang bersifat hoax atau memberikan informasi yang sesat atau tidak benar.
  • Isi konten yang menyalahi atau hukum yang berlaku, misalnya tindak pidana kejahatan.

Setelah semua proses peninjauan telah selesai dan channel Youtube anda lolos untuk monetisasi, maka pihak Google akan menghubungi anda kembali.

Baca: Cara Menjadi Youtuber Gaming Pemula yang Sukses Modal HP Android

Demikianlah cara mudah untuk daftar Google Adsense channel Youtube lewat HP atau smartphone. Semoga bermanfaat! [BH/CS]

Tinggalkan komentar