8 Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung Banyak Bagi Karyawan Swasta

Sharing is caring!

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung ~ Untuk anda karyawan swasta dengan gaji pas-pasan, ini rahasianya agar bisa menabung banyak dan konsisten.

BisnisHandal.com, Menabung adalah kebiasaan baik dalam perencanaan keuangan yang sangat bermanfaat bagi masa depan. Dari menabung anda bisa membuat perencanaan keuangan jangka panjang yang baik, seperti untuk keperluan pendidikan anak, dana hari tua, membeli rumah, atau membuka bisnis baru.

Semua rencana di atas hanya bisa dilakukan dengan menabung apabila penghasilan anda tidak memiliki selisih yang cukup besar dengan biaya yang anda keluarkan untuk kebutuhan hidup.

Namun, ketika sudah mulai menabung, ada kalanya kita tidak konsisten. Terkadang pula uang yang disisihkan sering kali terpakai untuk keperluan yang tiba-tiba muncul. Hal tersebut bukan hanya menyebalkan, tetapi bisa merusak rencana keuangan anda untuk jangka panjang.

Agar tidak terjadi hal tersebut, maka anda perlu mengetahui cara hidup hemat agar bisa menabung dalam jumlah banyak secara konsisten.

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung dengan Banyak dan Konsisten

Berikut ini adalah cara hidup hemat yang terbukti bisa membantu anda dalam menabung secara konsisten dan uang yang disisihkan juga cukup banyak.

1. Membuat Anggaran Sederhana

Cara hidup hemat agar bisa menabung yang pertama adalah membuat anggaran pendapatan dan belanja sederhana setiap bulannya.

cara agar bisa menabung untuk pelajar

Anda tidak perlu membuat pembukuan atau anggaran yang rumit seperti yang ada pada perusahaan jika terlalu repot. Cukup dengan anggaran yang sederhana saja yang menggambarkan total pendapatan dan perkiraan belanja setiap bulannya.

Dengan adanya anggaran yang jelas setiap bulannya, semua belanja anda akan menjadi lebih terkontrol karena sudah ada pos-pos untuk pengeluarannya. Sehingga kelebihan uang yang tidak dibelanjakan akan dialihkan dalam bentuk tabungan.

Kebiasaan membuat anggaran sederhana ini sebetulnya bisa anda tularkan juga untuk anak-anak anda ketika masih sekolah. Sehingga mereka bisa mengetahui cara agar bisa menabung untuk mereka yang masih pelajar.

Memulai kebiasaan baik sejak dini sangat baik bagi mereka agar bisa mengatur keuangan mereka di masa yang akan datang.

2. Membatasi Belanja Barang yang Tidak Benar-Benar Dibutuhkan

Membatasi belanja barang atau keperluan yang tidak benar-benar dibutuhkan adalah cara hidup hemat agar bisa menabung berikutnya yang bisa anda coba terapkan.

Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita memang sering kali tergoda untuk membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan hanya karena tergiur dengan promo diskon atau harga murah.  

Apalagi di era yang serba canggih di mana kita bisa berbelanja via online hanya dengan beberapa kali klik di layar ponsel dan pembayarannya juga bisa dengan menggunakan kartu kredit.

Hal-hal seperti ini jika dibiarkan tentu akan menggerus penghasilan yang semestinya bisa dialihkan untuk tabungan atau investasi jangka panjang.

Maka dari itu, cara agar bisa menabung rutin adalah dengan membatasi berbelanja untuk sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan, entah itu karena promosi atau tuntutan gaya hidup.

Pergunakanlah penghasilan anda dengan bijak hanya untuk keperluan hidup yang betul-betul penting. Dengan demikian, akan ada selisih uang yang cukup untuk ditabung secara rutin.

3. Belanja Kebutuhan Pokok Sekaligus

Cara hiidup hemat agar bisa menabung berikutnya yang bisa anda terapkan adalah berbelanja kebutuhan pokok sekaligus. Atau istilahnya belanja bulanan.

Dengan berbelanja kebutuhan pokok sekaligus dalam satu kali belanja, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak anda dapatkan jika berbelanja sedikit demi sedikit.

Ada item barang-barang tertentu yang memberikan promosi untuk pembelian quantity, seperti buy 1 get 1 free, atau diskon tertentu jika membeli barang dalam jumlah yang banyak.

Beberapa toko atau swalayan juga tidak segan-segan memberikan voucher dengan nilai tertentu ketika anda berbelanja banyak sekaligus.

Selain mendapatkan keuntungan ketika anda berbelanja kebutuhan pokok sekaligus, anda juga bisa mengatur anggaran dengan lebih mudah.

Sisa uang dari belanja bulanan ini bisa langsung anda alokasikan untuk keperluan lain, seperti biaya sekolah anak, asuransi jiwa atau kesehatan, cicilan rumah, dan tentu saja tabungan.

4. Stay #DiRumahAja Dulu

Mungkin bagi sebagian orang, salah satu penyebab dari boros adalah karena tuntutan gaya hidup. Terutama mereka yang bermukim di perkotaan besar.

Ketika sudah melangkahkan kaki keluar rumah dan bersosialisasi, ada harga yang harus anda keluarkan. Entah itu untuk sekedar ngopi sambil mengobrol di café atau untuk nonton bersama teman di bioskop.

Untuk anda yang berprofesi sebagai karyawan berpenghasilan menengah, aktivitas sosial seperti ini jika terlalu sering dilakukan akan cukup menggerus keuangan anda.

Apalagi pada saat sekarang ini dengan adanya pandemi virus Covid-19 yang tengah melanda dunia. Dengan tetap stay #DiRumahAja bukan hanya membantu anda dalam menghemat pengeluaran yang tidak penting, tetapi juga membantu memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya tersebut.

Cara hidup hemat agar bisa menabung dengan memperbanyak aktivitas di dalam rumah daripada di luar juga bisa anda terapkan nanti meskipun pandemi Covid-19 telah berakhir.

5. Mengurangi Hutang (Kredit)

Entah karena tuntutan kebutuhan hidup atau karena sekedar gaya hidup, terkadang kita tidak bisa lepas dari kebiasaan berhutang. Apalagi dengan adanya kartu kredit yang memungkinkan kita untuk berbelanja sesuka hati dan baru dibayarkan di bulan depannya.

tips agar bisa menabung setiap hari

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan kebiasaan berhutang. Hanya saja terkadang berhutang bisa membuat pengeluaran kita menjadi tidak terkontrol. Imbasnya adalah rencana kita untuk menabung jadi berantakan.

Oleh karena itu, salah satu cara hidup hemat agar bisa menabung adalah dengan mengurangi hutang atau kredit.

Misalnya anda bisa memulai dari hal yang paling senderhana, seperti mengurangi jumlah kartu kredit yang ada di dompet.

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan hanya karena tergiur oleh promosi yang tidak seberapa akan sangat merugikan rencana keuangan anda nantinya. Karena dengan kartu kredit yang banyak, berarti kemungkinan anda untuk berhutang juga akan semakin besar.

Cukup gunakan satu kartu kredit atau tidak sama sekali. Dengan demikian, anda akan punya banyak sisa uang bulanan yang bisa dialihkan untuk tabungan.

6. Lebih Baik Memasak Sendiri

Dari semua kebutuhan hidup yang ada, pengeluaran untuk makan adalah yang paling utama dan yang paling besar anggarannya.

Kebutuhan makan memang harus selalu ada setiap harinya dengan kondisi keuangan bagaimana pun.

Salah satu cara hidup hemat agar bisa menabung yang sangat direkomendasikan adalah dengan lebih banyak memasak makanan sendiri daripada beli makan di luar.

Karena dengan memasak makanan sendiri kita akan lebih bisa berhemat budget yang cukup banyak dan hasilnya bisa dialihkan ke tabungan.

Apalagi makanan yang kita masak sendiri sudah tentu lebih bersih dan sehat, serta gizi dan kalorinya bisa dikontrol sesuka kita.

Nah, untuk anda yang tidak begitu banyak referensi resep atau menu andalan, maka tidak apa-apa jika sesekali makan di luar. Tetapi harus diperhatikan bahwa anda harus lebih banyak memasak sendiri di rumah sebagai salah satu tips agar bisa menabung setiap hari.

7. Mendirikan Usaha Sampingan

Ada kalanya kita memang memiliki niat untuk menabung, tetapi gaji atau penghasilan yang didapat memang pas-pasan untuk mencukupi semua kebutuhan hidup setiap bulannya.

Jika sudah demikian, bagaimana cara hidup hemat agar bisa menabung?

Salah satu solusinya adalah dengan mendirikan usaha sampingan.

Lalu bagaimana mendirikan usaha jika hanya punya modal terbatas atau tidak memiliki modal sama sekali?

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia banyak sekali bisnis online tanpa modal dan terpercaya. Atau anda juga bisa mempelajari cara mendapatkan modal usaha tanpa harus menjual aset yang anda miliki saat ini.

Jika bisnis anda sudah berjalan dan membuahkan hasil, tentu saja akan sangat mudah menyisihkan sebagian uang tersebut untuk ditabung.

8. Mantapkan Niat dan Disiplin

Cara hidup hemat agar bisa menabung berikutnya dan yang paling penting adalah niat dan disiplin diri.

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Semua rencana keuangan anda termasuk menabung akan terlaksana dengan baik jika disertai dengan niat dan disiplin diri yang baik.

Niat akan menggerakkan pikiran dan membuat anda selalu ingat pada rencana awal anda. Apakah ingin mendapatkan tabungan yang cukup untuk mewujudkan impian tertentu atau ingin masa depan yang lebih baik.

Disiplin diri yang baik akan membuat anda selalu membelanjakan uang tetap pada koridor anggaran, sehingga tidak lebih besar pasak daripada tiang. Dengan demikian anda selalu akan mendapatkan dana yang cukup untuk ditabung secara rutin.

Baca Juga:

Dengan hidup hemat dan menabung selagi muda berarti anda telah merencanakan keuangan anda dan keluarga untuk masa depan yang lebih baik. [BH/CS]

Tinggalkan komentar