Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula yang Aman dan Menguntungkan

Sharing is caring!

Cara Investasi Reksadana ~ Bagaimana cara investasi reksadana yang aman dan menguntungkan untuk para pemula? Temukan jawabannya di bawah ini!

Investasi Adalah Alternatif Terbaik dalam Perencaan Keuangan

BisnisHandal.com, Dulu di sekolah kita sering diajarkan bahwa menabung adalah pangkal kaya. Dengan uang tabungan kita bisa merencanakan keuangan untuk berbagai keperluan di masa yang akan datang.

Kini seiring dengan berjalannya waktu, mau tidak mau kita harus mengakui bahwa pendapat soal menabung pangkal kaya itu tidak sepenuhnya benar.

cara investasi reksadana online

Nilai uang yang kita tabung ini, tahun demi tahun akan tergerus oleh penurunan nilai mata uang dan tentu saja kenaikan harga-harga barang. Inilah yang disebut inflasi.

Nah, dengan adanya inflasi, muncullah alternatif baru agar uang tetap bertambah untuk perencanaan keuangan yang lebih baik di masa depan. Alternatif baru inilah yang disebut investasi.

Dengan adanya investasi, kita tetap bisa memastikan uang yang kita sisihkan ini tetap bisa digunakan untuk perencanaan keuangan jangka panjang di masa depan tanpa takut tergerus oleh inflasi.

Investasi Reksadana

Mendengar kata investasi, mungkin sebagian dari kita sedikit khawatir dengan yang namanya resiko. Bagaimana tidak, sering kali muncul stigma di masyarakat bahwa investasi adalah jenis “tabungan” yang erat kaitannya dengan resiko besar. Salah salah malah uang yang kita investasikan bisa lenyap dalam sekejap.

Pendapat awam di atas tidaklah sepenuhnya benar. Karena investasi sendiri memang banyak instrumennya. Ada yang sangat beresiko, namun ada juga yang sangat aman.

Salah satu instrumen investasi yang sangat aman adalah investasi reksadana.

Investasi reksadana adalah salah satu instrumen investasi di mana dana dari para investor dikelola oleh Manajer Investasi yang diinvestasikan pada berbagai portofolio investasi.  Adapun portofolio investasinya bisa berupa deposito, obligasi, saham, atau pasar uang.

Keunggulan Investasi Reksadana.

Mengapa kita perlu investasi di reksadana? Karena investasi reksadana memberikan anda beberapa keuntungan yang sangat menarik. Antara lain sebagai berikut.

  • Investasi reksadana sangat aman karena dikelola oleh Manajer Investasi profesional, berpengalaman, dan terpercaya.
  • Investasi reksadana cocok untuk investor pemula, bahkan untuk masyarakat awam yang buta sama sekali mengenai investasi.
  • Modal yang dibutuhkan untuk investasi reksadana sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 100 ribu saja.
  • Reksadana diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Dana yang kita investasikan dapat dicairkan kapan saja dan potensi keuntungannya juga lebih tinggi daripada deposito.
  • Hasil investasi tidak dikenakan pajak.

Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

Berikut ini adalah tahapan cara investasi reksadana yang paling tepat untuk investor pemula.

1. Menentukan Platform untuk Investasi Reksadana

Cara investasi reksadana yang pertama adalah menentukan platform yang akan digunakan untuk investasi reksadana.

Pilihlah platform atau perusahaan yang menurut anda paling baik dalam mengelola uang anda. Jika anda bingung, silahkan bertanya kepada teman atau kolega anda atau siapa saja yang lebih berpengalaman untuk meminta rekomendasi dari mereka.

Beberapa platform supermarket reksadana online yang terbukti banyak peminatnya antara lain Bareksa, Ipotfund, dan Tokopedia.

Tetapi jika ada pilihan platform lain yang lebih menarik untuk anda, maka ikuti saja kata hati anda.

Jangan lupa untuk cek platform pilihan anda tersebut apakah sudah terdaftar di OJK dengan dukungan Manajer Investasi yang profesional atau tidak.

2. Menentukan Besaran dan Jangka Waktu Investasi

Setelah menemukan platform yang tepat, cara investasi reksadana berikutnya adalah menentukan besaran dan jangka waktu investasi.

cara investasi reksadana di bank mandiri

Untuk besaran dana yang akan diinvestasikan di reksadana adalah minimal Rp 100 ribu dan maksimal sesuai dengan kemampuan anda.

Pikirkan secara matang anda mau mengalokasikan dana berapa dan pikirkan juga jangka waktu anda berinvestasi. Jadi selama jangka waktu tersebut, anda tidak akan mengganggu gugat dana yang dialokasikan tersebut.

3. Memilih Manajer Investasi

Cara investasi reksadana berikutnya adalah memilih Manajer Investasi. Bisa dibilang, tahapan satu ini adalah yang paling penting dalam investasi reksadana karena anda akan mempertaruhkan semua uang yang anda miliki untuk dikelola oleh seorang Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman.

Anda tidak perlu terburu-buru dalam menentukan seorang Manajer Investasi. Tapi cek terlebih dahulu mengenai perusahaannya dan rekam jejaknya.

Jika perlu, lihat kinerja Manjer Investasi tersebut dalam beberpa tahun terakhir dan bagaimana tingkat kepuasan dari para investor yang ia tangani.

Ini adalah poin yang sangat penting karena dengan memilih Manajer Investasi  yang tepat, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal yang anda keluarkan.

4. Membeli Reksadana dan Memonitor Perkembangannya

Setelah menentukan Manajer Investasi yang tepat, cara investasi reksada berikutnya adalah melakukan proses pembelian reksadana dan memonitor perkembangan kinerjanya.

Nantinya perusahaan reksadana akan memberikan anda softwore yang bisa digunakan untuk proses pembelian dan memantau perkembangan investasi reksadana secara real time.

Anda bisa memantau perkembangan kinerjanya kapan pun anda mau dan melakukan proses jual beli sesuai dengan yang diinginkan.

5. Top up Secara Berkala

Cara investasi reksadana yang terakhir adalah melakukan top up secara berkala, misalnya setiap bulannya.

Ada baiknya anda menyisihkan penghasilan anda secara rutin setiap bulan dan melakukan top up secara berkala. Dengan demikian, uang yang anda investasikan juga akan bertambah banyak.

Apalagi mengingat tujuan awal kita untuk berinvestasi reksadana ini adalah untuk “menabung” agar di masa depan akan tetap bertumbuh nilainya tanpa takut untuk tergerus oleh inflasi.

Jadi biasakan untuk disiplin menyisihkan uang yang anda punya untuk top up secara berkala dan tidak akan dicairkan selama kurun waktu tertentu, kecuali anda memang betul-betul membutuhkannya.

Baca Juga:

Setelah mengetahui cara investasi reksadana yang aman dan menguntungkan bagi pemula, sekarang anda sudah bisa mulai mencari-cari informasi mengenai perusahaan reksadana sebelum akhirnya betul-betul memulainya. [BH/CS]

Tinggalkan komentar