Cara Jualan Baju Online di Facebook Tanpa Modal untuk Pemula

Sharing is caring!

Cara Jualan Baju Online ~Bagaimana cara jualan baju online di Facebook tanpa modal untuk pemula? Cara memulai bisnis online dari nol berikut bisa anda coba sebagai bisnis sampingan di rumah.

BisnisHandal.com, Bisnis online merupakan salah satu usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh siapapun. Terutama oleh mereka yang memiliki keterbatasan waktu karena aktivitas harian yang padat, namun tetap ingin mencari peluang menambah penghasilan.

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dijalankan saat ini. Misalnya saja jualan online, bisnis blog, menjadi Youtuber, menjadi penulis online, dan sebagainya. Bisnis online juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, karyawan pabrik, PNS, hingga karyawan kantoran.

Dari sekian banyak jenis bisnis online, yang masih menjadi primadona hingga saat ini adalah jualan baju secara online. Selain faktor larisnya baju karena merupakan kebutuhan pokok, jual beli baju secara online juga dinilai lebih praktis dan mudah daripada harus repot mengunjungi toko satu ke toko lainnya.

Jualan Baju Online di Facebook

cara jualan online tanpa modal

Saat ini sudah banyak sekali media sosial yang bisa dijadikan lahan berbisnis online. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Itupun belum termasuk berbagai situs jual beli online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sejenisnya yang sangat ramai akan pengunjung.

Lantas mengapa Facebook masih menjadi pilihan utama untuk jualan baju online?

Jawabannya karena Facebook masih menjadi sosial media yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dan tanpa batasan sosial. Sehingga meskipun sudah banyak sekali persaingan sosial media, Facebook masih menyimpan potensi yang paling besar untuk jualan online, terutama baju atau pakaian dan aksesoris.

Jualan Baju Online di Facebook Tanpa Modal, Mungkinkah?

Jika anda tidak punya modal atau modal saya hanya berupa smartphone dan paket internet, mungkinkah bisa jualan baju online di Facebook?

Jawabannya adalah mungkin.

Saat ini, teknologi sudah jauh lebih berkembang dan tidak terbatas seperti dulu.

Dulu, anda tidak akan bisa berbisnis jika tidak memiliki modal, tetapi sekarang, dengan adanya kemauan dan sedikit usaha anda akan bisa jualan baju online di Facebook tanpa modal.

Lalu bagaimana caranya?

Baca terus penjelasannya di bawah ini!

Cara Jualan Baju Online di Facebook Tanpa Modal

cara jualan online di facebook

Cara jualan baju online di Facebook tanpa modal adalah dengan sistem dropship. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok baju terlebih dahulu.

Stok produk yang akan dijual bagi pegadang online yang baru memulai bisnis adalah sangat beresiko. Apalagi kita belum mengetahui potensi pasar kedepannya seperti apa. Jika ternyata pasaran lagi lesu, maka kita sebagai pedagang online akan menderita kerugian.

Karena itu, jalan paling aman untuk jualan baju online tanpa harus beresiko adalah dengan sistem dropship.

Berikut ini adalah cara jualan baju online di Facebook tanpa modal dengan sistem dropship.

1. Mencari Agen Dropship

cara berjualan online di instagram

Cara jualan baju online yang pertama dan paling utama adalah mencari agen dropship. Cara mencari agen dropship ini tidak sesulit yang kita pikirkan.

Anda tinggal mengakses situs jual beli online yang paling banyak agen dropshipnya, bisa Tokopedia, Shopee, atau situs sejenisnya.

Setelah itu, anda tinggal mengetik produk yang akan anda perdagangkan, misalnya “mini dress”, “kaos cewek”, “busana muslim”, dan sebagainya.

Kemudian akan muncul ratusan atau bahkan ribuan pilihan produk beserta toko atau agen yang menjual produk tersebut. Nah anda tinggal mencari salah satu toko atau agen tersebut untuk dijadikan supplier barang yang akan anda jual nantinya.

Tips memilih agen dropship

Dalam memilih agen dropship, handaknya anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  • Pilihlah agen yang produknya banyak dan beragam
  • Cari agen yang paling banyak mendapat review positif dari pembeli lain
  • Cobalah dulu berbelanja dengan agen yang kita bidik untuk mengetahui kualitas produk yang dia jual
  • Pilih agen yang berpengalaman, bisa dilihat dari riwayat transaksi dan lama berdirinya toko

2. Menjual Baju Online di Facebook

usaha online yang menguntungkan

Setelah mendapatkan agen atau supplier produk dropship anda, sekarang saatnya anda berjualan baju online di Facebook.

Ada 4 cara jualan baju online di Facebook yang bisa anda lakukan, yang mana anda bisa menerapkan keempatnya sekaligus.

A. Jualan Baju Online Lewat Status Facebook Pribadi

Jualan lewat status Facebook pribadi berarti anda menjual produk baju/pakaian langsung melalui status pribadi yang anda bagikan.

Sebelumnya, anda harus mendapatkan spesifikasi produk yang anda jual yang berupa foto produk, ukuran produk, ketersediaan warna produk, harga produk, berat produk, dan sebagainya. Kemudian anda tinggal mengupload produk tersebut dan akan dilihat oleh teman-teman anda di Facebook.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak yang akan dihubungi oleh calon pembeli anda untuk keperluan diskusi seputar jual beli produk

Nantinya diskusi seputar jual beli akan meliputi tawar menawar harga (jika bukan harga pas), ketersediaan ukuran dan warna, estimasi berat barang, estimasi ongkos pengiriman, dan estimasi kapan barang akan dikirim. Setelah semua cocok, barulah lanjut ke tahap jual beli.

B. Jualan Baju Online Lewat Halaman Fanspage

Jika jualan baju hanya dengan mengupload foto produk di status anda, besar kemungkinan target konsumen anda hanya terbatas pada teman-teman anda saja. Tetapi jika anda jualan online lewat fanspage, maka akan menjangkau lebih banyak pembeli.

Terutama jika pengikut fanspage anda ramai, maka kemungkinan produk anda akan lebih banyak menjangkau pembeli.

Untuk menambah like dan pengikut di sebuah fanspage anda bisa melakukan cara berikut ini.

Mengiklankan fanspage atau halaman anda dengan Facebook Ads (cara berbayar) Gunakan fitur mengundang teman anda untuk menyukai fanspage anda (fitur gratis dari Facebook) Posting produk secara rutin Selalu membalas komentar/chat dari calon pembeli Buat postingan dengan bahasa yang menarik dan gambar yang mengundang klik

C. Jualan Baju Online Lewat Group

usaha modal 500 ribu

Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk jualan baju secara online di Facebook adalah menjualnya lewat group. Cara ini tingkat keberhasilannya lebih tinggi daripada cara pertama dan kedua asalkan kita memilih group yang tepat.

Jika produk yang kita jual adalah baju, maka pilihlah group dengan tema yang serupa. Anda bisa memilih lebih dari 1 group dengan member aktif yang paling banyak, kemudian join di dalam group tersebut.

Setelah join, bacalah ketentuan dan peraturan group tersebut hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum anda memulai jualan di group tersebut.

D. Melalui Fitur Marketplace Facebook

Fitur marketplace Facebook adalah fitur baru yang memungkinkan anda untuk berjualan seperti situs jual beli online pada umumnya.

Cara ini adalah yang paling tinggi jangkauannya dari keempat cara jualan baju online di Facebook. Karena dengan cara ini, produk anda akan langsung menjangkau seluruh pengguna Facebook yang sedang mengakses fitur marketplace.

Namun demikian, produk anda juga nantinya akan bersaing dengan ribuan atau bahkan lebih produk-produk lain yang sejenis untuk bisa mendapatkan perhatian dari calon pembeli.

Jadi anda bisa menggabungkan keempat cara di atas untuk bisa memaksimalkan jualan online anda nantinya.

3. Menghubungi Agen/Supplier Dropship untuk Pengiriman

cara memulai bisnis online dari nol

Setelah anda mendapatkan pembeli, selanjutnya anda akan menghubungi supplier dropship anda untuk keperluan pengiriman barang.

Cara transaksi dengan agen/supplier anda dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan uang anda terlebih dahulu ataupun tanpa menggunakan uang sama sekali.

Jika agen/supplier anda baru pertama kali bertransaksi dengan anda, tentunya akan sulit mendapatkan kepercayaan mereka, jika harus langsung mengirimkan barang kepada konsumen anda dan baru mendapat bayaran dari anda setelah barang diterima konsumen anda.

Maka dari itu, anda harus menggunakan cara pertama, yaitu membayar lunas mereka dahulu. Transaksi ini bisa langsung anda lakukan di situs jual beli online dengan fitur “dropship”. Setelah anda mentransfer sejumlah uang kepada agen/supplier, mereka akan langsung mengirimkan barang ke konsumen anda.

Namun, jika agen atau supplier tersebut sudah lama menjalin kerja sama dengan anda, maka cara kedua bisa anda lakukan. Jika ada transaksi penjualan, mereka bisa langsung memproses pesanan anda dan mengirimkan langsung ke konsumen hanya dengan uang muka atau tanpa uang sama sekali. Pembayaran baru anda lakukan setelah mendapat uang dari pelanggan anda.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara jualan baju online di Facebook tanpa modal. Cara memulai bisnis online dari nol tersebut dapat anda ikuti meskipun anda masih pemula atau belum berpengalaman. Resiko bisnis online seperti ini juga memiliki resiko yang sangat kecil tetapi punya potensi keuntungan yang besar. [BH/CS]

Tinggalkan komentar