8 Cara Jualan Online di Instagram Untuk Pemula Agar Banjir Orderan

Sharing is caring!

Cara Jualan Online di Instagram ~ Bagaimana cara jualan online di Instagram yang tepat untuk pemula agar tidak dikira penipu dan bisa mendapatkan banyak transaksi? Temukan jawabannya berikut ini!

BisnisHandal.com, Bisnis online dengan menjadi reseller atau dropshipper adalah cara mendapatkan uang yang sangat mudah. Selain bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim, anda tidak membutuhkan fisik toko sama sekali dan bisa dikerjakan setiap saat dengan smartphone.

Ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk jualan online. Salah satu yang cukup populer adalah berjualan online dengan memanfaatkan Instagram.

Instagram menjadi pilihan terbaik sebagai medium jualan online bukannya tanpa alasan. Selain memiliki banyak sekali pengguna, berjualan di Instagram relatif lebih praktis daripada di situs jual beli online.

Meski demikian, berjualan di Instagram bukanlah tanpa kendala sama sekali. Anda harus paham betul cara jualan online di Instagram yang baik agar bisa meraih sukses dengan cepat dan mudah.

8 Cara Jualan Online di Instagram untuk Pemula Agar Sukses Besar

Berikut ini adalah beberapa cara jualan online di Instagram yang bisa diterapkan oleh pemula untuk mendapatkan penjualan berlimpah dalam waktu yang singkat.

1. Membuat Akun Instagram Bisnis Khusus untuk Jualan

Sebenarnya tidak ada masalahnya jika anda berjualan dengan menggunakan akun Instagram pribadi atau personal. Lagipula jika membuat akun IG yang baru, mau tidak mau anda harus mulai lagi dari nol untuk mengumpulkan pengikut atau follower.

cara membuat tampilan instagram menarik untuk jualan

Akan tetapi, selain bisa menampilkan brand bisnis yang menarik kepercayaan pembeli, akun Instagram Bisnis juga memiliki beberapa kelebihan lain.

Misalnya saja bisa menampilkan informasi berupa kategori bisnis, profil perusahaan, alamat untuk estimasi biaya pengiriman, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Akun Instagram Bisnis juga memiliki fitur insight, yang memungkinkan anda untuk melihat jangkauan dari konten yang anda posting untuk memudahkan anda dalam melakukan trik-trik promosi.

Baca: Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram dan Menjadikannya Menarik

2. Membuat Tampilan Feed Instagram yang Menarik

Cara jualan online di Instagram yang berikutnya adalah membuat tampilan akun Instagram anda semenarik mungkin.

Semakin menarik tampilan feed Instagram yang anda pergunakan untuk jualan, maka anda akan semakin meyakinkan para pengunjung dan calon pembeli untuk berbelanja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan feed di Instagram yang menarik.

  • Foto-foto yang jualan diatur sedemikian rupa sehingga membentuk satu tema yang menarik
  • Jadwal postingan yang tertarur dan tidak bertabrakan
  • Teknik Instagrid atau membuat satu foto jadi 3, 6, 9, atau 12 bagian dari foto-foto bagiannya.

3. Deskripsi Produk Harus Jelas dan Memikat

Membuat deskripsi produk yang jelas dan memikat adalah cara jualan online di Instagram berikutnya yang harus anda perhatikan.

Setelah foto tersebut terbuka, para calon pembeli tentunya akan mengharapkan informasi yang menarik seputar produk yang anda tawarkan.

cara banjir orderan di instagram

Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan informasi yang jelas mengenai produk yang anda tawarkan ini. Seperti keunggulan, fungsi, kualitas, warna, ukuran, dimensi, berat, harga, dan lain-lain yang terkait.

Jangan lupa untuk menyisipkan kata-kata promosi di Instagram yang memikat pada setiap deskripsi produk yang anda jual.

4. Menggunakan Hastag Pada Setiap Postingan

Cara jualan online di Instagram berikutnya adalah dengan memanfaatkan penggunaan hastag atau tagar pada setiap postingan dengan efisien.

Hastag (#) atau tagar akan sangat membantu postingan anda agar bisa ditemukan dengan mudah bagi mereka yang sedang mencari produk tertentu.

Meskipun memang bisa menjadi sarana promosi yang sangat baik, namun bukan berarti anda bisa menggunakan hastag secara berlebihan yang malah akan mengganggu postingan secara keseluruhan.

Tetapi gunakanlah hastag dengan bijak dan tidak terlalu berlebihan, apalagi sampai puluhan hastag yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan produk yang anda jual.

Jadi gunakanlah hastag dengan bijak, relevan, dan tidak berlebihan yang justru itu akan membuat postingan anda jadi annoying.

5. Membagikan Postingan Anda di Sosial Media yang Lain

Memang benar anda memanfaatkan akun Instagram untuk berbisnis online. Tetapi jangan melupakan kekuatan sosial media yang lainnya juga.

Karena biar bagaimanapun, akan sangat disayangkan apabila anda tidak membagikan postingan jualan anda di Facebook, Twitter, Whatsapp, Telegram, dan lain-lain.

Apalagi semakin banyak orang yang mengetahui produk yang anda jual, maka kemungkinan untuk terjadinya transaksi penjualan juga akan semakin besar.

pengalaman jualan di instagram

Membagikan postingan seperti ini adalah bentuk promosi gratis yang paling mudah untuk dilakukan dan bisa menjangkau banyak sekali orang dengan mudah.

Baca: 8 Cara Sukses Jualan Online Paling Laris Untuk Pemula yang Dari Nol

6. Membuat Postingan Selingan Sesekali

Anda bisa membuat postingan selingan sesekali di Instagram sebagai salah satu cara jualan online di Instagram yang efektif.

Sebenarnya apa pentingnya postingan selingan daripada postingan mengenai produk yang anda jual?

Postingan selingan ini tidak hanya bertujuan agar tampilan Instagram anda lebih berwarna dan tidak monoton dengan postingan produk yang 100%.

Akan tetapi, postingan selingan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan ledakan follower atau pengikut. Misalnya dengan membuat positngan mengenai quiz dengan hadiah menarik, atau fun fact seputar produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat positngan selingan berupa testimoni dari pembeli yang sedang mencoba produk anda atau review dari pelanggan anda.

Jadi, meskipun postingan tersebut hanya selingan dan bukan produk jualan, bukan berarti anda tidak bisa memanfaatkannya untuk menarik calon pelanggan.

7. Mencari Pengikut (Follower) Sebanyak Mungkin

Cara jualan online di Instagaram berikutnya adalah mencari pengikut atau follower sebanyak mungkin.

cara posting produk di Instagram

Semakin banyak pengikut, berarti kesempatan anda untuk mendapatkan banyak penjualan juga akan semakin terbuka lebar.

Berikut ini adalah cara yang banyak dipergunakan unutk mendapatkan banyak pengikut di Instagram.

  • Follow akun Instagram selebriti ternama dan sering-sering berkomentar di sana.
  • Follow, like, dan meninggalkan komentar di akun Instagram sejenis
  • Mempromosikan akun Instagram bisnis anda di akun Instagram pribadi dan sosial media yang lain
  • Menggunakan jasa beli follower
  • Beriklan untuk mendapatkan banyak follower

8. Memanfaatkan Jasa Endorse/Paid Promote

Memanfaatkan jasa endorse/paid promote bisa menjadi cara jualan online di Instagram yang sangat efektif.

Memang benar dengan memanfaatkan jasa endorse selebgram, berarti anda akan menggunakan modal yang tidak sedikit untuk membayar selebgram tersebut. Tetapi timbal balik yang akan anda dapatkan juga sangat besar.

Bukan hanya anda akan mendapatkan banyak transaksi karena telah mendapatkan promosi dari selebgram terkenal. Tetapi juga tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online anda juga akan semakin meningkat.

Biar bagaimanapun, tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko-toko online di Instagram tidak setinggi di toko online yang ada di situs ecommerce. Karena jualan di Instagram lebih rawan penipuan.

Dengan memanfaatkan jasa endorse dari publik figur, kekhawatiran para calon konsumen terhadap toko online anda juga akan lenyap.

Baca: 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Modal Kecil

Beberapa cara jualan online di Instagram tersebut sudah terbukti bisa membantu para pemula untuk sukses dan mendapatkan banyak transaksi dengan mudah. [BH/CS]

Tinggalkan komentar