Cara Membangun Bisnis Online Menjadi Sukses Besar dan Omset Berlipat

Sharing is caring!

Cara Membangun Bisnis Online ~ Bagaimana rahasia cara membangun bisnis online menjadi usaha yang sukses dengan omset yang berlipat ganda? Temukan jawabannya di bawah ini!

Bisnis online adalah salah satu usaha dengan potensi keuntungan yang cukup menakjubkan. Dengan tingkat perputaran uang yang bisa mencapai miliaran rupiah setiap harinya, bisnis online bisa membuat anda menjadi jutawan hanya dalam hitungan bulan saja. Tentunya jika anda memiliki kemampuan dan kesungguhan dalam menggeluti bisnis ini.

Namun, memang untuk menjadi pebisnis online yang sukses dengan omset yang berlipat ganda tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak sekali pebisnis online yang cenderung bisnisnya tidak berkembang, meskipun telah memulainya dalam waktu yang cukup lama.

Sebagian lagi harus menelan pil pahit dan mengibarkan bendera putih karena tidak mampu menghadapi persaingan pasar yang kian berat.

Jika sudah demikian, apakah masih ada kesempatan untuk menjadi pebisnis online sukses dengan omset yang berlipat ganda dari waktu ke waktu?

Jawabannya: masih dan kesempatan itu terbuka kepada siapa pun dan dimana pun anda.

5 Cara Membangun Bisnis Online yang Sukses dengan Keuntungan Berlipat Ganda

Lalu bagaimana cara membangun bisnis online yang sukses dengan keuntungan yang berlipat ganda? Anda hanya perlu melakukan 5 hal di bawah ini.

1. Mempelajari, Memahami, dan Memetakan Produk dengan Baik

cara memulai bisnis online dari nol

Untuk menjadikan anda seorang pebisnis online yang berhasil dan memiliki omset yang meningkat tajam, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu produk yang anda jual dengan sangat baik.

Jadilah orang yang paling mengenal produk yang anda jual melebihi siapa pun, termasuk itu konsumen atau reseller anda.

Selain mengetahui produk yang anda jual dengan sangat baik, anda juga perlu mencobanya sendiri produk yang anda jual. Sehingga anda akan tahu dengan pasti apa keunggulan dan kekurangan dari produk yang anda jual.

Setelah mempelajari dan memahami, anda juga memetakan daya saing produk yang anda jual berdasarkan keunggulan dan kekurangannya. Salah satu daya saing yang dimaksud ini adalah menentukan harga terbaik dari produk anda setelah sebelumnya telah dibandingkannya dengan produk lain sejenis di pasaran.

Inilah yang harus pertama kali dilakukan sebagai cara membangun bisnis online anda hingga menjadi bisnis besar.

2. Merekrut Reseller yang Tepat

Cara membangun bisnis online sehingga menjadi usaha yang besar dengan omset yang berlipat ganda yang kedua adalah merekrut reseller yangt tepat.

Meskipun anda awalnya memulai bisnis online dari nol atau bekerja sendiri, pada saatnya nanti anda harus sudah membiasakan diri bekerja secara team work. Ini adalah kunci yang utama jika ingin menghasilkan keuntungan berlipat ganda dan bisnis online anda bertumbuh dengan cepat.

Sama seperti kerajaan yang tidak bisa berjalan jika sang raja hanya bekerja seorang diri, demikian juga kerajaan bisnis. Anda harus mempersiapkan tim reseller yang tepat dan solid karena mereka lah yang akan menjadi panglima-panglima perang anda dalam menghadapi persaingan pasar.

Reseller yang tangguh adalah kunci keberhasilan bisnis online berikutnya yang harus anda ketahui.

Jika anda membaca kisah Reza Nurhilman yang meraih sukses luar biasa hanya dari berjualan keripik di media sosial, ini tidak lepas dari strategi cerdasnya yang memanfaatkan para reseller dia dengan baik.

3. Membuat Rencana Kerja yang Matang

Setelah adanya reseller, kini saatnya anda membuat rencana kerja yang matang sebagai cara membangun bisnis online yang sukses berikutnya.

Jika kita ibaratkan bisnis anda sebagai perang, maka anda harus menyusun strategi yang paling tepat untuk menggempur musuh.

 Strategi ini mulai dari harga untuk konsumen dan pemberian bonus penjualan atau hadiah lain yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan para reseller.

Jika anda bingung membuat rencana ini, tidak ada salahnya mendiskusikannya pada orang terdekat atau kerabat anda yang memiliki kemampuan atau pengalaman di bidang ini. Karena bisnis bukanlah kerja individu, tetapi kerja tim.

Poin nomor tiga ini adalah cara membangun bisnis online menjadi usaha yang besar berikutnya yang harus anda kuasai.

4. Membina Hubungan Baik dengan Produsen (Importir) dan Reseller

cara bisnis online baju

Cara membangun bisnis online berikutnya yang harus anda perhatikan betul-betul adalah membina hubungan baik anda dengan pihak produsen (importir/pabrik) dan reseller.

Perlu anda pahami, bisnis online yang anda bangun ini adalah simbiosis mutualisme antara anda dengan para pemasok dan reseller. Tanpa hubungan yang baik antara anda dengan pihak produsen dan reseller, maka bisnis anda mustahil bisa maju dan berkembang.

Pihak produsen (importir atau pabrik) adalah pihak yang menyuplai produk yang anda jual. Dari mereka lah anda mendapatkan barang yang anda jual. Kerja sama dengan produsen tentunya adalah kerja sama jangka panjang yang akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak.

Dengan produk yang baik dan harga yang sesuai, maka rencana penjualan anda di tahap berikutnya juga akan terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala.

Demikian juga hubungan baik dengan pihak reseller yang harus anda perhatikan betul-betul. Cara terbaik untuk membina hubungan yang baik dengan para reseller adalah dengan membuka kran komunikasi dua arah. Dengan demikian, komunikasi akan berjalan dengan lancar dan segala hambatan akan terselesaikan dengan baik dan menguntungkan semua pihak.

5. Mendorong Para Reseller untuk Maju dan Berkembang

Cara membangun bisnis online sehingga menjadi usaha yang maju dan berkembang yang paling terakhir adalah dengan mendorong para reseller untuk maju dan berkembang.

Selain program marketing yang baik dan pemberian bonus atau reward yang memikat, untuk mendorong para reseller ini semakin maju, anda perlu mempersiapkan kelas atau sesi khusus yang bisa memotivasi mereka tentang kunci sukses reseller.

Ajaklah para reseller anda ini untuk berkumpul bersama secara rutin dengan menghadirkan kelas motivasi, workshop dan sejenisnya.

Selain bisa mempererat persaudaraan para reseller, cara ini akan sangat efektif untuk mendorong para reseller agar semakin maju dan lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga:

Semoga anda bisa segera mempraktekkan cara membangun bisnis online di atas tadi dan menjadikan bisnis online anda bertumbuh dengan omset yang berlipat ganda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar