Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram dan Menjadikannya Menarik

Sharing is caring!

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram ~ Untuk memulai bisnis online, kita bisa menjalankan akun bisnis di Instagram. Bagaimana cara membuat akun bisnis di Instagram?

BisnisHandal.com, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah bisnis online. Beberapa orang memulainya dengan membuat blog atau website untuk mempromosikan bisnis mereka.

Sebagian lagi memilih situs ecommerce sebagai media untuk berjualan. Namun tidak sedikit yang memulainya dengan sosial media.

Secara umum, sosial media menjadi pilihan populer karena memang memiliki kedekatan dengan banyak orang yang saat ini terhubung di dunia maya.

Rata-rata orang, terutama kaum milenial memang memiliki lebih dari satu akun sosial media yang menghubungkan mereka kepada kerabat, teman, atau sanak saudara di dunia maya.

Oleh karena itu, sosial media sering kali menjadi pilihan bisnis online yang efektif. Bahkan para selebgram bisa dibayar mahal untuk mempromosikan produk tertentu melalui sosial media mereka, yaitu Instagram.

Akun Bisnis di Instagram

cara membuat akun instagram untuk jualan

Menjawab kebutuhan para pebisnis online yang sering kali mempromosikan usaha mereka, kini Instagram memiliki fitur yang disebut dengan akun Instagram Bisnis.

Mengapa anda harus memiliki akun bisnis di Instagram?

Pertama, berdasarkan survey, ada sekitar 60% dari para pengguna sosial media mengaku bisa menemukan produk baru dari rekomendasi Instagram.

Selain itu, pengguna profil bisnis di Instagram juga sangat banyak dan sudah menjangkau lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.

Terakhir, dengan menggunakan akun bisnis di instagram, anda akan mendapatkan beberapa fitur yang memudahkan anda untuk berbisnis, antara lain:

  • Fitur Content Insight, yang sangat berguna bagi para pebisnis untuk memonitor aktivitas, keterlibatan, dan jangkauan para pengunjung dari setiap postingan yang anda buat.
  • Fitur Audience Insight, yang bisa memfilter demografi dari para pengunjung di setiap postingan anda, baik itu feed maupun di story.
  • Fitur Activity Insight, yang memungkinkan anda untuk mencari tahu berapa aksi yang dilakukan oleh para pengunjung terhadap tautan dalam postingan akun bisnis anda.

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram dengan Mudah

Sebetulnya cara membuat akun bisnis di Instagram ini sangat mudah. Pada intinya anda hanya harus men-switch akun Instagram anda dari akun personal ke akun bisnis.

Berikut ini adalah 5 tahapan cara membuat akun bisnis di Instagram.

1. Pastikan Anda Memiliki Akun Instagram

Cara membuat akun bisnis di Instagram yang pertama adalah anda harus terlebih dahulu memiliki akun Instagram.

Untuk anda yang belum memiliki akun Instagram, silahkan mengunduhnya di Google Playstore di perangkat android masing-masing.

Setelah itu, anda bisa login dengan menggunakan akun Google atau akun Facebook anda. Dan tidak sampai 5 menit, akun Instagram anda sudah bisa digunakan.

2. Masuk ke Pengaturan/Setting

Setelah anda memiliki sebuah akun Instagram personal, kini saatnya untuk menggantinya menjadi akun bisnis.

Cara membuat akun bisnis di Instagram adalah dengan masuk ke menu Profil. Kemudian tekan pilihan Pengaturan/Setting.

Maka akan muncul tampilan menu seperti berikut ini.

cara membuat instagram bisnis menarik

Kemudian anda tekan menu Account yang berada di barisan ketiga dari bawah di smartphone anda.

3. Mengganti Akun Personal ke Akun Bisnis

Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti akun personal ke akun bisnis.

Setelah anda menekan tombol Account tadi, berikutnya tinggal tekan menu Switch to Business Account. Lalu klik Continue.

tidak bisa beralih ke akun bisnis instagram

Nah, sekarang ada beberapa bidang bisnis yang bisa anda pilih sesuai dengan bisnis yang anda miliki. Mulai dari Local Business, Personal Blog, Product/Service, Art, dan lain-lain.

Pilihlah menurut anda yang paling tepat dalam mempresentasikan produk bisnis anda. Sebagai contoh, jika anda membuat akun Instagram untuk reseller produk fashion, maka pilih kategori Product/Service.

4. Verifikasi E-Mail dan Nomor HP

Sekarang anda telah memiliki akun bisnis di Instagram yang bisa digunakan untuk bisnis setelah anda melakukan verifikasi e-mail dan nomor HP.

Silahkan melakukan verifikasi sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Instagram dan setelah itu anda sudah bisa memajang produk-produk yang anda jual.

5. Membuat Instagram Bisnis Menarik

Setelah akun bisnis di Instagram anda selesai, sebetulnya anda sudah bisa mengunduh informasi berupa banner, gambar-gambar promosi, atau produk yang anda jual.

Namun, sebagian pebisnis besar di Instagram lebih memilih untuk membuat tampilan Instagram mereka semenarik mungkin untuk menarik para pengunjung dan followers.

Ada banyak sekali cara membuat Instagram bisnis menarik. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut.

  • Membuat bio yang menarik, informatif, dan bisa membuat orang percaya dengan bisnis anda.
  • Memilih tema yang baik dan sesuai untuk feed Instagram.
  • Usahakan menampilkan foto-foto dengan gradasi warna yang senada.
  • Kuasai teknik membagi satu foto beresolusi tinggi menjadi 3, 6, atau 9 bagian.
  • Jangan pernah menggembok akun Instagram anda, termasuk mematikan kolom komentar.
  • Banyak melihat feed dari para influencer dan selebgram untuk dijadikan inspirasi.

Baca Juga:

Demikianlah 5 cara membuat akun instagram Instagram anda untuk keperluan bisnis. Semoga dengan mempraktekkan cara membuat akun Instagram untuk jualan di atas, bisnis anda semakin maju dan berkembang. [BH/CS]

Tinggalkan komentar