Syarat dan Cara Membuat NPWP Usaha Dagang Online dan Offline

Sharing is caring!

Cara Membuat NPWP Usaha Dagang ~ Apa saja syarat dan bagaimana cara yang mudah dalam membuat NPWP untuk usaha dagang? Berikut jawabannya!

BisnisHandal.com, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada para wajib pajak oleh pemerintah sebagai sarana dalam melaksanakan segala hak dan kewajiban dalam perpajakan.

Dalam dunia usaha, NPWP memegang peranan yang jauh lebih penting daripada sekedar nomor untuk melaksakan kewajiban dalam pembayaran pajak. NPWP dapat menjadi syarat administrasi utama dalam berbagai kepentingan usaha, seperti pengajuan kredit, pembukaan rekening, hingga pengurusan berbagai izin usaha.

Mengingat pentingnya kegunaan NPWP bagi usaha dan pentingnya pembayaran pajak sebagai warga negara, maka sudah selayaknya para pelaku usaha dagang memiliki NPWP. Bagi perusahaan yang baru berdiri, anda bisa mengurusnya dengan sangat mudah.

Baca: Syarat Membuat NPWP Pribadi Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Syarat NPWP Usaha Dagang

Untuk memudahkan kita dalam dalam membuat NPWP usaha dagang, pertama-tama kita harus melengkapi berbagai kelengkapan dokumen administrasinya.

Dalam sistem NPWP, usaha dagang dapat dibedakan menjadi tiga macam kategori. Masing-masing kategori memiliki persyaratan administrasi yang berbeda dalam kepengurusan NPWP.

Syarat Membuat NPWP untuk Perusahaan Berorientasi Laba (Profit Oriented)

Untuk perusahaan dagang yang berorientasi pada laba atau profit oriented, anda bisa mengurus NPWP dengan sebelumnya mempersiapkan berbagai berkas sebagai berikut (dalam bentuk dokumen fotokopi).

  • Akta pendirian badan usaha, berlaku untuk wajib pajak dan perusahaan asli Indonesia. Untuk usaha yang merupakan perwakilan perusahaan asing, wajib melampirkan fotokopi surat penunjukan dari kantor pusat.
  • KTP pemilik perusahaan atau salah satu pengurus/komisaris perusahaan.
  • NPWP pemilik perusahaan atau salah satu pengurus/komisaris perusahaan.
  • Paspor dan surat keterangan tempat tinggal bagi warga negara asing.
  • Surat ijin usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari pejabat daerah beserta bukti pembayaran listrik.

Syarat Membuat NPWP untuk Perusahaan Tidak Berorientasi Laba (Non Profit Oriented)

bikin npwp online

Untuk membuat NPWP perusahaan yang tidak berorientasi pada laba atau istilahnya non profit oriented, anda cukup mepersiapkan beberapa berkas dalam bentuk fotokopi sebagai berikut.

  • KTP pemilik perusahaan atau salah satu pengurus/komisaris perusahaan.
  • Paspor dan surat keterangan tempat tinggal bagi warga negara asing.

Syarat Membuat NPWP untuk Perusahaan Operasi Kerjasama (Joint Operation)

Untuk perusahaan dalam bentuk join operasi kerjasama, anda perlu mempersiapkan beberapa berkas dalam bentuk fotokopi. Adapun berkas yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  • Surat perjanjian kerja sama atau akta pendirian perusahaan dalam bentuk kerja sama operasi.
  • KTP perwakilan dari masing-masing pihak yang menjalin kesepakatan untuk bekerja sama.
  • NPWP perwakilan dari masing-masing pihak yang menjalin kesepakatan untuk bekerja sama.
  • Surat ijin usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari pejabat daerah.
  • Paspor dan surat keterangan tempat tinggal bagi warga negara asing.

Cara Membuat NPWP Usaha Dagang

Cara membuat NPWP usaha dagang bisa dilakukan dengan 2 cara, secara online atau offline.

Membuat NPWP Usaha Dagang Secara Online

contoh pajak usaha dagang

Untuk membuat NPWP usaha dagang secara online, anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke situs www.pajak.go.id lalu pilih menu sistem e-Registration.
  • Jika anda belum mendaftarkan diri, harus mendaftar dulu dengan memilih menu “Daftar”. Masukkan nama pengguna, alamat email, dan kata sandi, lalu klik Simpan.
  • Berikutnya anda akan aktivasi akun dengan membuka email dari Dirjen Pajak dan mengikuti instruksi yang ada pada email tersebut.
  • Kemudian, anda akan masuk ke situs Dirjen Pajak dan login ke sistem e-Registration dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang telah anda buat sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya, anda akan diarahkan ke halaman Registrasi Data WP. Ada terdapat kolom-kolom data yang harus anda isi dengan benar. Isilah semua data yang diminta dengan teliti dan periksa kembali sebelum lanjut ke tahap berikutnya.
  • Jika semua data sudah terisi dengan benar, klik tombol Daftar untuk mengirim formulir registrasi langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di kota anda.
  • Setelah selesai registrasi, ada dua dokumen yang harus anda cetak, yaitu Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada kedua formulir tersebut.
  • Berikutnya, kedua formulir tersebut beserta berkas kelengkapan lain harus dimasukkan dalam satu amplop dan dikirimkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.
  • Jika anda tidak mau repot mengirimkan dokumen tersebut ke KPP, anda juga bisa mengirimkan dalam bentuk soft copy dengan memfoto dokumen-dokumen tersebut melalui kamera ponsel. Kirimkan dokumen soft copy tersebut ke aplikasi e-Registration.

Setelah semua proses selesai, anda tinggal menunggu kartu NPWP perusahaan anda jadi.

Membuat NPWP Usaha Dagang Secara Offline

Cara membuat NPWP usaha dagang dengan sistem offline sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat sambil membawa semua persyaratan dokumen.

Setelah sampai di KPP, anda akan diarahkan untuk mengisi semua formulir pendaftaran Wajib Pajak. Isilah formulir pendaftaan dengan benar dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan.

Jika semua data sudah terisi, anda bisa menyerahkannya ke petugas KPP dan mendapatkan tanda terima pendaftaran Wajib Pajak.

Setelah semua proses pendaftaran selesai, anda tinggal menunggu kartu NPWP perusahaan anda jadi.

Ada beberapa KPP yang bisa mencetak kartu NPWP pada hari itu juga. Atau kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) akan dikirim via pos apabila tidak selesai pada hari yang sama.

Baca: 4 Cara Cek Nomor NPWP Online atau Offline untuk Melihat Status Aktifnya

Setelah memiliki NPWP, maka sekarang anda bisa menjalankan usaha dagang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. [BH/CS]

Tinggalkan komentar