Cara Membuat Travel Agent Sendiri untuk Memulai Bisnis Travel Wisata

Sharing is caring!

Cara Membuat Travel Agent Sendiri ~ Bagaimana cara membuat travel agent sendiri untuk memulai bisnis travel wisata baik lokal maupun mancanegara? Temukan jawabanna di bawah ini!

BisnisHandal.com, Usaha pariwisata merupakan salah satu bisnis yang cukup menggeliat pada beberapa tahun belakangan ini. Bisnis ini memiliki potensi yang cukup besar di masa yang akan datang, apalagi dengan dukungan penuh dari pemerintah melalui Kementerian Pariwisata.

Bisnis pariwisata selain potensial juga memberikan banyak keuntungan, terutama bagi para pebisnis baru, seperti modal yang ringan, tidak perlu stok barang, tidak memerlukan tempat usaha yang relatif luas, dan pemasaran yang cukup mudah.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak pebisnis yang kemudian banting setir dan membuka usaha travel agent.

Untuk membuka travel agent sendiri guna memulai bisnis travel wisata juga ternyata tidak sulit. Yang dibutuhkan hanyalah keuletan dan kemampuan bekerja sama dengan banyak pihak dan membangun jaringan usaha.

8 Cara Membuat Travel Agent Sendiri yang Mudah dan Cepat

Berikut ini adalah cara membuat travel agent sendiri dengan mudah untuk anda yang ingin memulai travel wisata sederhana.

1. Memilih Jenis dan Ruang Lingkup Bisnis Travel

Cara membuat travel agent sendiri yang pertama kali adalah memilih dan menentukan jenis dan ruang lingkup dari bisnis travel yang akan anda jalankan.

Tentukan terlebih dahulu ruang lingkup bisnis anda, apakah itu adalah travel lokal (dalam kota), travel antar propinsi, atau travel mancanegara.

Selain itu, anda juga harus menentukan apakah bisnis travel anda hanya sebatas ticketing (pesawat terbang), kapal laut, kereta api, atau hanya akomodasi transportasi darat (bis wisata, carter mobil, dll). Atau bisnis travel berupa paket perjalanan lengkap, yang bisa dimulai dari tiket pesawat terbang, penginapan, akomodasi perjalanan ke tempat wisata, hingga tour guide.

Semua itu perlu anda petakan dan pilih sesuai dengan ruang lingkup bisnis yang anda inginkan. Semakin luas ruang lingkup yang anda pilih, maka potensi keuntungan yang akan didapat juga akan semakin besar.

2. Memetakan Lokasi Wisata yang Bernilai Jual

syarat mendirikan travel agent

Setelah memilih jenis dan ruang lingkup, cara membaut travel agent sendiri yang kedua adalah memetakan lokasi wisata yang bernilai jual.

Sebagai travel agent baru, prioritaskan terlebih dahulu tempat wisata yang berniai jual dalam bisnis anda. Karena tidak bisa dipungkiri, tempat wisata yang menarik dan terkenal akan lebih diminati daripada tempat wisata yang tidak terlalu terkenal, kendati sebenarnya belum tentu tempat wisata yang kurang terkenal ini jelek.

Hanya saja, semakin terkenal sebuah tempat wisata, maka semakin tinggi daya tariknya bagi para wisatawan, meskipun hanya menyaksikan pemandangan sambil berfoto.

Oleh karena itu, buatlah list tempat destinasi wisata yang akan menjadi komoditas jualan dari bisnis travel anda, mulai dari tempat wisata yang paling populer terlebih dahulu.

3. Memilih Nama Travel dan Profil Usaha

Cara membuat travel agent sendiri berikutnya adalah memilih dan menentukan nama travel usaha anda. Pilihlah nama travel yang bagus dan menarik serta mudah untuk diingat.

Usahakan dalam memilih nama travel, anda menghindari penggunaan karakter seperti @#&?! karena akan menyusahkan brand anda.

Sebaliknya, kalau memungkinkan pilihlan nama yang unik, mudah diingat, tetapi bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

Kemudian, buatlah profil usaha yang semenarik mungkin, meliputi kelebihan atau keunggulan yang anda tawarkan, misalnya harga yang sangat murah, biaya hotel yang kompetitif, tour guide yang profesional, dan lain-lain.

Nama travel dan profil yang menarik adalah first impression dari para customer yang akan menilai akan menggunakan jasa travel anda atau tidak. Malah terkadang, ini menjadi titik terpenting dalam keberhasilan usaha anda.

4. Melakukan Pendekatan Kerjasama Bisnis dengan Pihak Terkait

Bisnis travel adalah bisnis bermodal kecil yang mengandalkan kerjasama dengan banyak pihak-pihak agar bisa berjalan dengan sebagai mana mestinya. Oleh karena itu, cara membuat travel agent sendiri berikutnya adalah melakukan pendekatan untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait di dalamnya.

Setelah mendapatkan nama brand dan profil usaha, anda sudah bisa bergerak untuk melakukan pendekatan-pendekatan ke pihak-pihak terkait dengan bisnis anda untuk melakukan kerjasama.

Jika bisnis travel anda adalah paket wisata, maka kerjasama harus dimulai dari bagian tiket penerbangan atau tiket akomodasi lain (via darat atau laut), kemudian penginapan, restoran, bis untuk tour, tour guide, dan pemilihan tempat-tempat wisata.

Semuanya itu adalah kerja sama yang berkesinambungan dan harus terjalin dalam jangka panjang demi kelancaran bisnis anda kedepannya.

Jadi, anda tidak perlu ragu untuk terjun sendiri ke lapangan guna mencari penginapan, restoran, hingga tempat wisata terbaik dalam rangka memberikan pegalaman wisata terbaik bagi customer anda.

Karena customer yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan usaha anda kepada teman-teman mereka.

5. Mengurus Izin dan Syarat Mendirikan Travel agent

Cara membuat travel agent sendiri berikutnya adalah mengurus izin dan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendirikan travel agent.

Untuk kelengkapan dokumen sebagai syarat mendirikan travel angent adalah sebagai berikut.

  • Akta pendirian perusahaan (bisa berupa PT ataupun CV)
  • NPWP pemilik usaha
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Surat Izin Usaha Pariwisata
  • Surat Izin Keanggotaan ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies)

Setelah semua kelengkapan dokumen syarat mendirikan travel agent ini selesai, berarti anda sudah bisa menjalankan usaha travel agent sendiri secara sah di mata hukum dan memperolah segala legalitasnya.

6. Membuat Paket Promosi Usaha Travel

Setelah semua izin mendirikan travel angent keluar, cara membuat travel agent sendiri berikutnya adalah membuat paket promosi  yang menarik.

Untuk kebutuhan paket promosi, buatlah gambar menarik dengan menggunakan gambar-gambar tempat wisata tujuan yang menarik dan bubuhkan promo-promo seperti potongan harga, kemudahan akomodasi, dan lain-lain.

Semakin menarik paket promosi yang anda buat, maka kemungkinan untuk mendatangkan banyak pelanggan juga akan semakin tinggi.

7. Membuat Website Usaha Travel

usaha travel agent tanpa modal

Sebetulnya keharusan memiliki sebuah website bagi sebuah bisnis travel agent adalah optional. Namun memiliki sebuah website bagi sebuah usaha travel agent akan memberikan anda banya sekali keuntungan yang tidak didapat ketika berbisnis tanpa website.

Dengan adanya website, anda bisa menginformasikan promosi terupdate dari usaha anda dengan gambar-gambar destinasi wisata yang menarik.

Selain itu, keberadaan sebuah website juga akan memudahkan para calon konsumen anda yang ingin mengkalkulasi biaya travel mereka tanpa harus repot datang ke kantor dimana usaha anda berada.

Keuntungan lain dengan adanya website adalah bisa mengintegrasikan semua transaksi paket perjalanan secara langsung. Jadi customer bisa memilih paket perjalanan mereka sendiri mau ke tempat mana dan tanggal berapa dan sistem yang akan meneruskan transaksi mereka seara langsung.

Jadi sangat disarankan bagi pebisnis travel agent untuk memiliki website sendiri.

8. Mempromosikan Usaha Travel Anda

Langkah terakhir setelah bisnis travel agent anda berjalan adalah mempromosikannya kepada masyarakat luas.

Anda bisa memanfaatkan pamflet dan brosur untuk promosi kepada masyarakat luas. Jangan lupa juga untuk mempromosikan usaha travel agent anda melalui situs jejaring sosial media. Karena pada saat sekarang ini, promosi lewat media sosial cenderung efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga:

Bisnis travel agent memang bukanlah usaha yang instan. Tetapi dengan promosi dan kualitas pelayanan yang baik, usaha ini akan dengan cepat berkembang dan menjanjikan bagi masa depan anda.

Tinggalkan komentar