6 Cara Membuka Usaha Kuliner dengan Modal Kecil untuk Pemula

Sharing is caring!

Cara Membuka Usaha Kuliner dengan Modal Kecil ~ Bagaimana cara yang benar dalam memulai usaha kuliner untuk pemula dengan modal yang terbatas agar tidak gagal? Temuan jawaban berikut ini!

BisnisHandal.com, Membuka usaha kuliner bisa jadi merupakan bisnis yang sangat potensial untuk pemula. Bisnis kuliner adalah usaha yang akan tetap menjanjikan tanpa kenal musim dan bisa bertahan di mana saja.

Usaha kuliner juga bisa dijalankan dengan modal kecil dan cocok sebagai usaha rumahan untuk anda yang ingin membantu keuangan keluarga.

Meskipun terdengar mudah dan sangat menjanjikan, anda juga tidak bisa asal membuka usaha kuliner tanpa perencanaan yang matang.

Karena usaha kuliner adalah salah satu bisnis yang sangat susah untuk diprediksi. Sedikit saja ada kesalahan, maka usaha ini akan berakhir buruk dan modal yang anda keluarkan akan menjadi sia-sia.

Maka dari itu, anda perlu paham betul bagaimana caranya untuk membuka usaha kuliner yang benar, apalagi dengan modal yang pas-pasan.

6 Cara Membuka Usaha Kuliner dengan Modal Kecil Menjadi Usaha yang Sukses

Berikut ini adalah cara yang benar dalam memulai usaha kuliner untuk pemula dengan modal kecil sehingga menjadi usaha yang potensial dan menguntungkan.  

1. Mempersiapkan Modal Usaha

Cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang pertama adalah mempersiapkan modal usaha.

usaha kecil kecilan di rumah yang menguntungkan

Modal usaha harus selalu menjadi prioritas sebelum anda memulai usaha kuliner karena akan menjadi penentu jenis usaha kuliner yang akan anda jalankan.

Besarnya modal yang anda miliki sudah pasti akan menentukan besar kecil dan jenis usaha kuliner yang akan anda jalankan.

Jika anda hanya memiliki modal yang tidak terlalu besar, mungkin anda bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan pinggir jalan atau usaha makanan unik dengan modal kecil.

Intinya, anda harus cermat dalam memanfaatkan modal seacara maksimal untuk memulai usaha kuliner.

Ada banyak sekali cara mendapatkan modal usaha yang bisa anda tempuh, mulai dari menabung sedikit demi sedikit hingga mencari pinjaman dari pihak lain.

Baca: 10 Ide Jualan Makanan Online Terlaris untuk Pemula dengan Modal Kecil

2. Melakukan Riset Pasar

Anda tentunya berharap usaha kuliner yang akan anda jalankan ini sukses dan bisa bertahan lama nantinya.

Oleh karena itu, anda tidak bisa langsung membuka usaha kuliner tanpa melalui pertimbangan yang matang.

Salah satu tahapan cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang harus menjadi perhatian anda adalah melakukan riset pasar.

Riset pasar memiliki banyak sekali manfaat sebelum anda memulai usaha.

Dari riset pasar anda bisa mengetahui jenis kuliner seperti apa yang disukai oleh masyarakat dan berapa rate harga jual yang cocok sesuai dengan target pasar anda.

Dengan riset pasar anda juga bisa memantau bagaimana tingkat persaingan dari pilihan-pilihan jenis usaha kuliner yang akan anda jalankan nantinya.

Jadi, biasakanlah riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai usaha kuliner anda.

3. Menentukan Jenis Usaha Kuliner

Berdasarkan data riset pasar, tentunya anda bisa mendata banyak hal. Misalnya dari 10 jenis usaha kuliner paling laku yang didata, anda bisa memilih mana yang paling tepat untuk jadi pilihan usaha anda.

Penentuan jenis ide usaha kuliner yang tepat untuk usaha adalah tahapan dari cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang terpenting.

Anda tentunya tidak ingin nantinya jenis usaha kuliner yang menjadi pilihan ini ternyata sepi pembeli karena kalah dengan kompetitor atau tidak disukai oleh pasar.

tips usaha kuliner pinggir jalan

Oleh karena itu, gunakan data riset pasar dan manfaatkan modal yang tersedia dalam memilih jenis usaha kuliner yang menurut anda terbaik.

Hal lain yang perlu anda ingat adalah besarnya modal yang anda keluarkan tidak menjamin keberhasilan sebuah bisnis.

Jadi, tidak apa jika anda memilih jenis usaha kuliner yang kemungkinan berhasilnya tinggi meskipun modalnya kecil. Ini lebih baik daripada usaha kuliner yang membutuhkan modal besar tetapi hasilnya masih tidak pasti.

4. Mencari Lokasi Usaha Kuliner yang Tepat

Cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil berikutnya adalah mencari lokasi usaha kuliner yang tepat.

Lokasi usaha kuliner yang tepat ini sangat bergantung pada ketersediaan modal, selera pasar, dan lokasi kompetitor.

Semakin dekat dengan pusat pertokoan, maka biaya yang harus anda keluarkan untuk sewa tempat usaha juga akan semakin besar.

Pertimbangkan juga dengan selera pasar tempat anda akan membuka usaha kuliner tersebut. Jangan sampai anda memulainya di tempat yang rata-rata orang tidak begitu antusias terhadap usaha anda.

Jangan lupakan juga mengenai lokasi kompetitor anda sebagai pertimbangan sebelum menentukan lokasi usaha kuliner.

Jika anda merasa tidak mampu bersaing dengan kompetitor anda, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan mereka atau anda akan kalah.

5. Survei Respon dan Penerimaan Pasar

Survei respon dan penerimaan pasar adalah tahapan terakhir dari cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang harus anda perhatikan.

Mengetahui bagaimana respon dan penerimaan pasar sebelum anda meluncurkan produk secara resmi ke pasar mutlak harus anda lakukan jika ingin berhasil berbisnis kuliner dengan modal yang terbatas.

cara memulai bisnis makanan online

Dari survei respon dan penerimaan pasar ini, anda bisa mengetahui apakah produk yang akan anda jual ini sudah tepat ke target pasar yang anda inginkan atau belum.

Dengan survei respon dan penerimaan pasar inilah anda nantinya akan mengetahui bagaimana penerimaan masyarakat terhadap produk anda. Baik itu dari segi cita rasa, kemasan, harga, akses ke lokasi, pengiriman (jika menggunakan delivery service), dan lain-lain.

Jika respon pasar terhadap produk anda kurang baik, maka anda masih memiliki waktu untuk memperbaikinya sebelum benar-benar melakukan soft opening.

6. Menyusun Strategi Promosi yang Baik

Dengan modal yang tidak terlalu besar, anda akan sangat memerlukan strategi promosi yang balik dalam menjalankan usaha kuliner agar bisa maju dan berkembang.

Beruntungnya untuk saat sekarang ini anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mencetak brosur atau beriklan di koran.

Cukup dengan mempromosikan usaha kuliner anda di sosial media, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram saja. Itu sudah lebih dari cukup, jika anda bisa memanfaatkan sosial media dengan sebaik-baiknya.

Sebagai contoh, jika anda menggunakan media Instagram untuk mempromosikan usaha kuliner anda, maka tampilkanlah foto-foto yang menarik. Jangan lupa juga untuk menyelipkan kata-kata promosi makanan di Instagram agar lebih meyakinkan konsumen.

Dengan strategi promosi yang baik, bukan hanya usaha anda akan semakin dikenal, tetapi juga akan banyak orang yang ingin berkunjung untuk mencicipi makanan yang anda jual.

Baca: Cara Memulai Usaha Kuliner dari Nol untuk Pemula dalam 5 Langkah

Dengan menerapkan cara memulai usaha kuliner yang baik, maka usaha anda akan memiliki potensi untuk berhasil yang sangat tinggi dan bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. [BH/CS]

Tinggalkan komentar