Cara Mempertahankan Usaha Agar Survive di Tengah Pandemi Covid-19

Sharing is caring!

Cara Mempertahankan Usaha ~ Usaha anda lesu karena terkena imbas dari Virus Covid-19? Masih bisa bertahan kok dengan salah satu dari 5 cara di bawah ini!

BisnisHandal.com, Virus Corona yang melanda hampir seluruh muka bumi memang telah menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar pelaku bisnis. Tidak terkecuali pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Ancaman dari Covid-19 yang memaksa banyak orang agar tetap di rumah aja dan menerapkan social serta physical distancing membuat para pelaku usaha ketar ketir. Bagaimana tidak, dengan terbatasnya aktivitas sebagian besar orang, sudah pasti bisnis akan sangat sepi.

Akibat sepinya pembeli membuat sebagian besar bisnis yang mengharuskan interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung harus terkena imbasnya. Ada usaha yang mengalami penurunan omset yang luar biasa atau bahkan ada yang terancam bangkrut.

5 Cara Mempertahankan Usaha Agar Survive di Tengah Pandemi Virus Corona

Untuk mempertahankan usaha agar tetap survive di tengah kondisi yang terpuruk seperti ini memang tidak mudah. Tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan sama sekali.

Berikut ini adalah 5 cara mempertahankan usaha yang bisa anda terapkan agar bisnis anda tidak mati di tengah krisis ekonomi seperti saat sekarang ini!

1. Merubah Bisnis Konvensional Menjadi Bisnis Online

Di tengah pandemi Covid-19, beberapa usaha bisa merubah bisnis konvensional mereka menjadi bisnis online sebagai salah satu cara mempertahankan usaha agar tetap survive.

tahap mempertahankan usaha

Dengan tetap berjualan produk secara konvensional atau offline, anda sudah tentu akan dihadapkan pada situasi di mana omset menurun secara drastis. Hal ini dikarenakan sebagian besar pembeli akan memilih untuk tetap bertahan di rumah daripada untuk berbelanja selain kebutuhan pokok.

Maka dari itu, tahap mempertahankan usaha dengan merubahnya menjadi bisnis online, akan sedikit membantu bisnis anda untuk tetap survive, terutama untuk usaha seperti pakaian, aksesoris, produk kecantikan, atau perlengkapan bayi.

Selain itu, dengan merubah usaha anda dari offline menjadi online, berarti anda juga membantu meminimalisir diri sendiri dan karyawan agar terhindar dari bahaya virus Corona.

2. Memanfaatkan Jasa Antar Jemput Barang

Jika tingkat penjualan anda menurun drastis dan sudah mulai mengkhawatirkan, maka cara mempertahankan usaha dengan memanfaatkan jasa antar jemput barang bisa anda coba.

Apalagi jika produk yang anda jual adalah aneka produk fast moving yang biasanya jarang sepi pembeli tetapi tiba-tiba penjualan drop secara signifikan. Hal ini sudah pasti penyebabnya adalah karena para pembeli atau langganan anda takut keluar rumah.

Nah, jika menghadapi situasi seperti ini, anda jangan panik terlebih dahulu. Tetapi manfaatkan jasa antar jemput barang seperti GoSend atau Grab Delivery.

Dengan memanfaatkan jasa antar jemput barang tersebut, bukan saja anda bisa mempertahankan usaha agar tetap survive, tetapi juga konsumen anda akan terbantu karena bisa berbelanja tanpa perlu takut keluar rumah.

Sisi positif satunya lagi adalah anda bisa membantu para pengemudi ojek online yang sedang kesulitan mendapatkan penumpang di masa-masa sulit ini.

3. Beralih ke Bidang Usaha Lain

Jika anda merasa usaha yang anda jalankan pada saat ini memang tidak memungkinkan untuk beroperasi di tengah wabah pandemi Covid-19, maka anda bisa mencoba beralih ke bidang usaha yang lain.

cara agar usaha maju dan berkembang

Pada saat sekarang ini, barang yang paling banyak dicari orang adalah masker, pakaian hazmat, hand sanitizer, obat-obatan, multivitamin, dan bahan makanan.

Jika memungkinkan, anda bisa beralih ke bidang usaha yang memang sedang dibutuhkan masyarakat pada saat sekarang ini. Pertimbangannya bukan saja hanya untuk mengejar keuntungan semata, tetapi bisa membantu masyarakat atau tenaga medis yang memang sedang membutuhkan komoditi di atas tersebut.

4. Tetap Menjalankan Usaha dengan Physical distancing

Jika usaha anda bergerak di bidang obat-obatan, alat kesehatan, atau sembako, maka usaha ini memang tidak dianjurkan untuk berhenti beroperasi kendati ada kebijakan PSBB atau pun ada lockdown atau karantina wilayah.

Maka dari itu, anda punya pilihan untuk tetap menjalankan usaha ini tetapi dengan dengan memperhatikan beberapa hal krusial.

Pertama, anda harus menerapkan physical distancing terhadap para pembeli atau konsumen di tempat anda. Usahakan antara para pembeli tidak saling kontak satu sama lain dengan cara menandai titik-titik tertentu di mana mereka harus antri.

Physical distancing tidak hanya perlu diterapkan antar para pembeli saja, tetapi juga antara para pembeli dan penjual harus diusahakan kontak seminimum mungkin. Anda bisa memberi batas jarak aman antara pembeli dan penjual. Kalau memungkinkan, untuk transaksinya lebih diutamakan tidak menggunakan uang tunai.

Selain itu, hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah menyediakan sabun cuci tangan dan air beberapa titik pada area usaha anda. Dengan demikian, para konsumen atau karyawan anda bisa mencuci tangan sehabis berinteraksi satu sama lain.

5. Lockdown Sementara

Pilihan cara mempertahankan usaha yang terakhir dan mungkin saja terjadi adalah dengan melakukan lockdown sementara usaha anda sampai kondisi menjadi kondusif.

strategi perusahaan agar tetap survive

Menutup semua operasional usaha adalah pilihan yang jelas akan merugikan keuangan anda dan juga berimbas pada perekonomian karyawan anda.

Tetapi ada beberapa usaha yang memang tidak memungkinkan untuk beroperasi di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini. Jika dipaksakan, maka akibatnya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan dan kesematan anda dan karyawan yang bekerja di tempat anda.

Maka, untuk alasan keselamatan diri dan tidak ada pilihan yang lebih baik, maka jalan terakhirnya adalah menutup sementara dulu usaha anda.

Baca Juga:

Di masa sulit seperti ini, kita cuma bisa mencari peluang yang paling mungkin untuk tetap bertahan agar usaha yang telah kita bangun tidak jadi sia-sia. Tetap berdoa dan saling menguatkan. Semoga kita bisa melalui krisis ini dengan cepat! [BH/CS]

Tinggalkan komentar