Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita dengan 7 Trik Mudah

Sharing is caring!

Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita ~ Penjualan sedang sepi karena perekonomian yang sedang lesu? Coba 7 trik berikut ini untuk mendatangkan pelanggan dengan mudah.

BisnisHandal.com, Hal yang paling penting dan utama dalam menjalankan usaha dagang adalah menarik pembeli sebanyak-banyaknya untuk menciptakan transaksi. Makin banyak terjadi transaksi, maka kesempatan pengusaha untuk mendapatkan laba akan semakin terbuka lebar.

Maka dari itu, pelanggan adalah nyawa utama bagi keberlangsungan sebuah usaha. Sepinya pelanggan akan menjadi momok yang sangat menakutkan bagi keberlangsungan sebuah usaha dagang.

Apalagi jika kita sedang berada dalam situasi perekonomian yang sulit dan daya beli masyarakat yang cenderung menurun. Tentu saja perlu cara menarik pelanggan yang ampuh agar mereka mau membeli produk yang kita tawarkan.

Baca: Usaha Lagi Lesu? Coba 7 Tips Jitu Agar Dagangan Laris Banyak Pembeli!

7 Cara Menarik Pelanggan Agar Tertarik Membeli Produk Kita

Berikut ini adalah beberapa cara menarik pelanggan yang cukup ampuh agar mereka tertarik membeli produk kita dan menciptakan transaksi penujualan sebanyak-banyaknya.

1.  Menginformasikan Kelebihan Produk Kita

Ketika melepas sebuah produk ke pasaran, mau tidak mau kita akan berhadapan dengan yang namanya kompetitor.

Dalam persaingan pasar, masing-masing pedagang akan berlomba untuk menawarkan produk terbaik mereka dalam merebut pasar.

cara memikat pelanggan dalam berdagang

Oleh karena itu, jika tidak ingin kalah dalam persaingan pasar, anda juga harus menwarkan produk dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan menginformasikan kelebihan yang dimiliki oleh produk anda.

Kelebihan dari produk inilah yang akan menajadi daya tarik dan pembeda dengan produk dari kompetitor lain.

Semakin banyak kelebihan yang dimiliki oleh produk anda, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk anda.

2. Menawarkan Produk pada Pangsa Pasar yang Tepat

Setiap produk yang kita jual tentu saja memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Misalnya pedagang alat-alat pertanian yang memiliki pangsa pasar khusus para petani. Atau  pedagang perlengkapan bayi yang memiliki pasar berupa orang tua yang baru memiliki bayi.

Jadi salah satu cara menarik pelanggan agar membeli produk kita adalah menawarkan produk anda pada pangsa pasar yang tepat.

Jangan sampai salah menwarkan produk kepada pasar yang tidak memerlukan produk yang anda jual karena kemungkinan untuk terjadinya transaksi akan sangat kecil sekali.

3. Menyediakan Contoh atau Tester

Jika anda sering pergi ke pusat perbelanjaan pasti tidak asing lagi dengan strategi marketing yang menyediakan contoh atau tester untuk menarik perhatian para calon konsumen.

Dengan membiarkan para calon konsumen mencoba terlebih dahulu, mereka akan merasakan secara lengsung dampak dari produk yang anda tawarkan. Secara psikologis, hal tersebut sudah 50% membantu mendorong mereka untuk membeli produk anda.

Jadi, jangan anggap remeh beberapa pelayanan, seperti para pembeli yang diminta untuk mencoba mengendarai mobil yang akan mereka beli atau para penjual makanan yang menyediakan tester.

Itu adalah salah satu strategi marketing yang sangat ampuh untuk menarik pelanggan agar membeli produk kita.

Baca: Cara Mempertahankan Usaha Agar Survive di Tengah Pandemi Covid-19

4. Meminta Ulasan atau Review dari Pelanggan

Saat era digital seperti saat ini, testimoni dari konsumen sangat mudah untuk ditemukan dalam bentuk apa saja.

Kita akan dengan mudahnya menemukan ulasan atau review dari konsumen di berbagai plaform, mulai dari sosial media hingga pada ulasan Google.

Agar bisa menarik pelanggan lain agar membeli produk yang kita tawarkan, cobalah untuk meminta ulasan atau review dari pelanggan setia anda. Sebagai timbal baliknya, anda bisa menawarkan beberapa promo kecil seperti pemberian diskon atau potongan harga.

Review yang positif dari pelanggan anda akan sangat berarti bagi kemajuan dan keberlangsungan usaha anda.

5. Ramah dan Berpenampilan Rapi

Ketika calon pembeli sudah masuk ke dalam sebuah toko, entah bertujuan hendak berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat, itu berarti adanya potensi untuk terjadi transaksi.

cara menarik pelanggan agar tertarik

Kalaupun misalnya tidak terjadi transaksi pada saat itu, bisa saja calon pembeli tersebut akan kembali lagi atau merekomendasikan produk anda kepada orang lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi staf toko yang berada pada garda terdepan seperti pramuniaga untuk bersikap ramah dan berpenampilan rapi. Karena itu akan memberikan kesan yang sangat baik pada semua pengunjung yang masuk ke toko anda.

6. Menggunakan Jasa Endorse

Cara menarik pelanggan agar membeli produk kita berikutnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan jasa endorse.

Trik ini banyak dilakukan oleh para pebisnis online dan sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, terutama untuk bisnis yang baru berjalan.

Untuk menggunakan jasa endorse dari para selebgram tidaklah sulit. Anda tinggal menghubungi selebgram yang bersangkutan untuk menawarkan kerja sama endorse. Semakin terkenal selebgram tersebut, maka tarif endorse mereka juga akan semakin tinggi.

7. Memanfaatkan Media Sosial dengan Maksimal untuk Promosi

Media sosial adalah alat promosi yang paling ampuh untuk era digital seperti sekarang ini. Dengan memanfaatkan media sosial, anda bisa menciptakan buzz marketing yang luar biasa dalam menarik banyak pelanggan.

Media sosial juga bisa menjadi sarana komunikasi yang sangat baik dalam menjalin kedekatan antara konsumen dengan pengusaha. Kedekatan seperti ini penting untuk menciptakan hubungan jangka panjang yang berkelanjutan.

Baca: 6 Kiat Sukses Usaha Dagang Agar Laku Setiap Hari dan Anti Gagal

Setelah mengetahui cara menarik pelanggar agar membeli produk kita, semoga anda bisa menerapkannya untuk toko anda sendiri dan meraih omset sebanyak mungkin. [BH/CS]

Tinggalkan komentar