11 Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Paling Mudah dan Realistis

Sharing is caring!

Cara Mendapatkan Modal Usaha ~ Anda kesulitan mendapatkan modal untuk memulai usaha atau bisnis baru anda? Berikut ini adalah 11 cara termudah dalam mendapatkan modal untuk usaha anda.

BisnisHandal.com, Sebelum memulai sebuah bisnis, hal yang pertama dan paling utama yang terpikirkan biasanya adalah modal usaha. Bagaimana tidak, untuk memulai setiap usaha atau bisnis pastilah memerlukan modal.

Meskipun beberapa jenis bisnis online biasanya sering diidentikkan sebagai usaha tanpa modal, tetapi tetap saja membutuhkan modal, minimal modal PC atau smartphone dan koneksi internet yang memadai.

Jadi, mungkin sebagian besar dari anda setuju kalau semua usaha atau bisnis apapun itu pasti membutuhkan modal untuk memulainya.

Sulitkah Mendapatkan Modal Usaha?

Bagi sebagian pebisnis yang hendak memulai usaha, modal mungkin bukanlah masalah yang besar karena sudah memiliki atau mempersiapkan modal yang cukup. Namun, sebagiannya lagi mungkin menganggap modal adalah sesuatu yang sangat sulit didapat.

Bahkan sulitnya mencari modal usaha terkadang membuat banyak orang mengubur dalam-dalam impiannya untuk berbisnis dan memilih menjadi karyawan biasa.

Sebegitu sulitkah mencari modal di saat sekarang ini?

Sebetulnya kalau dibilang sulit mencari modal usaha mungkin memang benar adanya. Tetapi sebetulnya jika anda mau sedikit berusaha dan mencari jalan, biasanya kesempatan untuk mendapatkan modal akan selalu terbuka buat anda.

11 Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Mudah dan Masuk Akal

Berikut ini adalah 11 cara mendapatkan modal usaha yang paling mudah dan realistis untuk anda yang baru memulai usaha.

1. Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Menabung

cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah

Cara pertama untuk mendapatkan modal usaha dan sekaligus menjadi cara yang paling mainstream adalah dengan menabung.

Untuk mendapatkan modal usaha dengan menabung memang tidak bisa instan, jadi perlu perencanaan dengan matang dalam waktu yang cukup lama.

Dengan menabung berarti anda menyisihkan sebagian penghasilan atau gaji anda sebagai karyawan sedikit demi sedikit setiap bulannya. Di sini, dibutuhkan konsistensi dan kenginan yang betul-betul kuat untuk memulai bisnis baru.

Dengan menabung secara konsisten dan tekad yang kuat untuk menjadi pebisnis, maka cepat atau lambat tabungan ini akan cukup bagi anda untuk memulai usaha baru.

Karena menabung sedikit demi sedikit yang tidak mudah, maka ketika sudah memulai usaha baru, biasanya akan dijalankan betul-betul dengan sepenuh hati untuk mendapatkan kesuksesan.

Untuk anda yang akan memulai usaha baru dengan menabung, jangan takut uang tabungan anda tidak cukup sebelum memulainya. Yakinlah bahwa di mana ada kemauan di situ ada jalan. Biarpun menabung sedikt demi sedikit juga lama kelamaan akan menjadi banyak.

2. Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Meminjam dari Bank

cari modal usaha tanpa jaminan

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah dengan meminjam dari bank. Anda bisa cari modal usaha tanpa jaminan ataupun dengan jaminan tertentu dengan meminjamnya dari bank sesuai dengan jenis pinjaman atau program pinjaman yang ada di bank.

Ada beberapa jenis pinjaman dari bank seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multi Guna (KMG), Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan kredit-kredit lain yang disediakan oleh bank umum yang ada di Indonesia.

Maka yang perlu anda lakukan sebelum melakukan pinjaman adalah mempelajari jenis kredit dari bank-bank yang akan anda ajukan kreditnya. Kemudian perhatikan juga bunga pinjaman dari masing-masing kredit yang ada.

Kemudian anda baru memutuskan akan mengambil paket atau jenis kredit mana yang disesuaikan dengan jenis usaha dan kemampuan anda.

Pastikan dengan usaha anda akan mampu melunasi kredit yang akan anda ambil dalam tempo waktu yang sudah ditetapkan.

3. Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Menjual Harta atau Aset Berharga

pinjaman modal usaha tanpa jaminan bank bni

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah dengan menjual harta atau aset berharga yang anda miliki.

Dengan menjual harta atau aset berharga berarti anda terlebih dahulu mengorbankan kekayaan yang sudah ada untuk meraih kekayaan yang lebih besar di kemudian hari.

Jika anda memiliki harta atau aset yang banyak, cara satu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk memulai sebuah usaha atau bisnis.

Tetapi jika harta atau aset yang anda miliki sangat terbatas atau bisa jadi adalah satu-satunya, sebaiknya pilihan ini dipikirkan dulu dengan matang. Anda harus memastikan bahwa usaha yang akan dirintis nantinya betul-betul bisa berhasil atau kemungkinan untuk berhasilnya sangat tinggi.

Karena jika tidak, maka anda akan kehilangan harta atau aset anda yang kemungkinan bisa berguna untuk hari tua kelak.

4. Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Menggadaikan Harta atau Aset Berharga

bantuan modal usaha luar negeri

Jika menjual harta atau aset berharga terlalu berresiko, cara mendapatkan modal usaha berikut ini bisa menjadi pilihan yang bijak. Yaitu dengan menggadaikannya di pegadaian.

Dengan menggadaikan harta atau aset anda seperti sertifikat rumah, kendaraan, perhiasan, dan sebagainya anda bisa mendapatkan sejumlah uang yang akan dipergunakan untuk modal usaha nantinya.

Cara ini memang lebih aman daripada harus menjual harta atau aset anda. Karena dengan menggadaikannya, anda akan memperoleh sejumlah uang yang akan dipergunakan untuk modal usaha.

Selanjutnya uang pinjaman tersebut dapat anda cicil setiap bulannya hingga lunas.

Meskipun cara ini cukup aman, tetapi anda harus ingat bahwa uang pinjaman yang anda peroleh dari pegadaian harus dicicil untuk dilunasi. Karena jika tidak, resikonya harta atau aset berharga anda akan dilelang oleh Pegadaian.

5. Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Situs Crowdfunding

crowdfunding

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah melalui situs cowdfunding. Cara ini memungkinkan para pelaku bisnis yang memiliki ide cemerlang untuk meminta bantuan pada masyarakat umum via online melalui berbagai situs crowdfunding.

Jika anda memiliki ide-ide bisnis brilian yang bisa diaplikasikan untuk kemudahan hidup orang banyak, mungkin ini bisa menjadi salah satu jalan keluar atas modal usaha anda.

Ide anda tersebut nantinya akan disebarluaskan kepada seluruh masyarakat umum dan jika mereka menganggap ide tersebut menarik dan briilian, mereka tidak akan segan-segan memberikan bantuan atau pinjaman dana untuk bisnis anda.

Beberapa situs cordfunding Indonesia yang bisa memfasilitasi anda antara lain Akseleran, Gandengtangan, dan Kitabisa.

6. Cara Mendapatkan Modal melalui Kerjasama dengan Investor

lembaga penyedia modal usaha

Cara memndapatkan modal usaha satu ini banyak dipergunakan oleh para pengusaha startup atau usaha rintisan yang berbasis teknologi.

Saat ini memang banyak orang yang tengah gencar-gencarnya mengembangkan bisnis startup yang akan memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan teknologi internet. Namun karena keterbatasan modal, banyak bisnis startup yang jalan di tempat akan bahkan ada yang sudah gulung tikar.

Nah, jika anda piawai dalam negosiasi dengan investor dan optimis akan aplikasi perangkat lunak yang anda kembangkan, cara mendapatkan modal satu ini sangat cocok untuk anda tempuh.

Bahkan beberapa raksasa startup baik lokal maupun dunia juga memulainya dengan mencari investor satu demi satu hingga akhirnya sesukses sekarang ini.

7. Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

mencari modal usaha hibah

Jika anda betul-betul ingin membangun usaha tetapi tidak ada modalnya, cobalah dengan mendapatkan modal usaha dari pemerintah.

Pada saat ini pemerintah menyedikan berbagai macam program pinjaman atau pemberian bantuan kepada calon pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah).

Adapun beberapa jenis program bantuan modal usaha dari pemerintah adalah sebagai berikut.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bekerja sama dengan bank pemerintahProgram Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Program bantuan alat usaha seperti gerobak, bahan baku, dan sebagainya.

8. Cara Mendapatkan Modal dengan Sistem Joint Venture

cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah dengan sistem joint venture atau usaha patungan.

Dalam sistem ini, anda bisa mengajak satu pihak atau lebih untuk bersama-sama membangun sebuah usaha dan nantinya keuntungan dari usaha tersebut akan dibagi sesuai dengan andil dari masing-masing pihak.

Cara ini sangat berguna untuk anda yang ingin memulai sebuah bisnis, namun tidak mempunya modal yang cukup. Dengan menggandeng pihak lain yang memiliki visi dan tujuan yang sama, permasalahan modal dan kerugian nantinya akan ditanggung bersama.

Mengingat hubungan joint venture ini rawan akan perselisihan, anda sebaiknya mencari rekanan bisnis yang betul-betul bisa dipercaya dan bisa bekerja sama membangun usaha dari awal dengan visi dan misi yang sama.

Transparansi kepada semua pihak yang memiliki andil juga sangat diperlukan untuk keberlangsungan perusahaan nantinya.

9. Cara Mendapatkan Modal dengan Menjadi TKI

cari modal usaha tanpa jaminan

Anda tidak perlu kaget kalau kenyataannya memang ada banyak sekali saudara-saudara kita yang rela bekerja di luar negeri demi mendapatkan penghasilan untuk memulai usaha di Indonesia.

Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari buruh migran kasar sampai pada tenaga profesional.

Para TKI ini biasanya akan bekerja dalam tempo waktu tertentu, misalnya selama beberapa tahun untuk kemudian pulang ke tanah air dan memulai usaha baru.

Jika mereka berhasil, maka akan mendapatkan uang yang cukup untuk memulai usaha di tanah air nantinya. 

10.  Mendapatkan Modal Usaha dari Konsumen 

crowdfunding

Cara mendapatkan modal usaha berikutnya adalah dengan memintanya kepada konsumen. Memang tidak semua jenis usaha bisa mengandalkan cara ini, tetapi beberapa jenis usaha sangat efektif menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah kekurangan modal tadi.

Jenis usaha yang bisa menggunakan dana dari konsumen biasanya usaha yang menerapkan DP (down payment) dengan sistem pre order.

Usaha seperti jasa jahit pakaian, laundry, katering, kerajinan tangan, karya seni, dan lain-lain bisa menggunakan sistem ini.

11. Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Meminjamnya dari Orang Terdekat

pinjaman modal usaha tanpa jaminan bank bni

Cara mendapatkan modal usaha yang terakhir adalah dengan meminjamnya dari orang terdekat. Cara ini memang tidak terlalu recommended mengingat banyak kejadian hubungan horizontal di masyarakat jadi renggang atau tidak baik hanya karena kejadian yang bermula dari hutang piutang.

Meski demikian, jika orang-orang terdekat anda dengan suka rela berniat membantu anda tanpa atas dasar persaudaraan, mungkin bantuan tersebut bisa diterima. Tentunya dengan catatan tertentu, misalnya anda berjanji akan mengembalikannya begitu BEP (Break Even Point) atau akan membaginya sedikit dari keuntungan usaha anda nantinya.

Baca Juga:

Semoga salah satu dari 11 cara mendapatkan modal usaha di atas bisa mengatasi permasalahan modal untuk memulai usaha anda. Yakinlah bahwa selalu ada jalan untuk orang-orang yang mau berusaha. [BH/HT]

Tinggalkan komentar