Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Pemerintah Untuk Belajar Online

Sharing is caring!

Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Pemerintah? ~ Bagaimana cara mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah untuk keperluan belajar mengajar secara online dari rumah? Simak jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Wabah Pandemi Covid-19 yang terus berkelanjutan memaksa sebagian sebagian orang untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Tidak sedikit sekolah, terutama di wilayah-wilayah zona merah dan kuning masih menerapkan sistem belajar di rumah atau secara daring.

Dengan sistem belajar mengajar yang dilakukan di rumah, mau tidak mau setiap anak-anak atau orang tua harus menyediakan ponsel pintar dan juga pulsa atau kuota internet.

Bagi sebagian orang, terutama masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan, hal ini tentu akan sangat memberatkan. Biaya kuota data internet yang harganya mencapai puluhan atau ratusan ribu per bulannya dirasa cukup menggerus kantong.

Namun kabar baiknya, saat ini pemerintah tengah mempersiapkan regulasi agar para peserta didik yang diharuskan belajar secara daring akan mendapatkan pulsa gratis.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dimanfaatkan untuk keperluan membeli pulsa atau paket data internet.

Kedepannya tidak hanya para siswa dan guru saja yang bisa mendapatkan pulsa atau kuota internet gratis, tetapi para mahasiswa dan bahkan dosen juga bisa mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah.

Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Pemerintah untuk Belajar Sistem Online

Adapun syarat untuk mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah ini adalah hanya berlaku bagi para pelajar dan tenaga pendidik yang melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring saja.

Cara mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah ini sangat mudah.

Pertama, para siswa dan guru wajib melaporkan nomor ponsel yang akan mendapatkan subsidi kuota internet ke pihak sekolah.

Berikutnya pihak sekolah akan mengakses situs Dapodik Kemendikbud untuk keperluan pengisian data, berupa data peserta didik dan nomor ponsel yang akan mendapatkan subsidi.

Selanjutnya Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor ponsel berdasarkan providernya dan akan diisikan kuota internet secara otomatis setiap bulannya.

Besaran Subsidi Pulsa Gratis dari Pemerintah

Untuk keperluan subsidi pulsa atau kuota internet, pemerintah melalui Kemendikbud telah mengalokasikan dana sebesar Rp 8.9 triliun.

Bantuan tersebut akan dibagikan selama empat bulan, mulai dari September 2020 hingga Desember 2020.

cara dapat pulsa gratis telkomsel

Besaran subsidi kuota internet gratis dari pemberintah adalah sebagai berikut.

  • Siswa akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 35 GB per bulan,
  • Guru akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 42 GB per bulan,
  • Mahasiswa akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 50 GB per bulan, dan
  • Dosen akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 50 GB per bulan.

Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Melalui Telkomsel

Selain Kemendikbud, Telkomsel juga mendukung proses belajar dengan sistem daring.

Oleh karena itu, bagi siswa yang kesulitan mendapatkan pulsa untuk belajar, Telkomsel menawarkan paket kuota nyaris gratis.

Paket kuota khusus untuk belajar ini adalah 10 GB hanya dengan Rp 10,- saja.

Cara mendapatkan pulsa gratis melalui Telkomsel untuk belajar ini sangat mudah.

Anda bisa langsung mengakses My Telkomsel melalui ponsel masing-masing atau langsung mengetik *363*844# khusus untuk pengguna Telkomsel saja.

Dari sana anda bisa mengakses pilihan-pilihan menu untuk keperluan sekolah daring yang disediakan dari Telkomsel.

Aplikasi Khusus Belajar Gratis dari Telkomsel

Untuk mendukung program kuota 10 GB dengan harga Rp 10, anda bisa mengakses banyak sekali aplikasi belajar mengajar yang tersedia.

Aplikasi-aplikasi khusus untuk belajar tersebut antara lain Zenius, Rumah Belajar, Zoom, Cloudx, Cakap, Quipper, Cambridge, dan lain-lain.

Beberapa situs e-learning ternama di luar negeri seperti Google Meet, Microsoft Teams, Google Classroom, UmeetMe, dan lain-lain juga bisa anda akses dengan kuota 10 GB tersebut.

Namun sayangnya, kuota Rp 10 tersebut tidak diperuntukkan untuk mengakses sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, ataupun Youtube.

Baca Juga:

Setelah mengetahui cara mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah, anda bisa segera mendaftarkan nomor ponsel untuk mendapatkan program pulsa gratis tersebut. Semoga makin banyak pelajar dan tenaga pendidik yang terbantu dengan adanya program ini. [BH/CS]

Tinggalkan komentar