Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Ads Break (Ad Breaks Facebook)

Sharing is caring!

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Ads ~ Apa itu Facebook ads break atau ad breaks Facebook? Benarkah kita bisa mendapatkan uang ribuan dollar dari Facebook ads? Yuk cari tahu kebenarannya di bawah ini!

Apa itu Facebook Ads (Ad Breaks Facebook)?

facebook adsense

BisnisHandal.com, Facebook ads break atau ad breaks Facebook atau jeda iklan Facebook adalah fitur baru yang disediakan oleh Facebook yang memungkinkan pemilik fans page (halaman) untuk mendapatkan uang dari jeda iklan pada video yang diunduhnya.

Jadi keberadaan ad breaks Facebook hampir sama dengan Google Adsense pada Youtube dimana para pemilik video bisa menghasilkan uang dalam bentuk Dollar dari jumlah penonton iklan dalam video yang bersangkutan.

Cara kerja Facebook Adsense ini juga sederhana. Anda tinggal mengupload video yang memenuhi syarat untuk menghasilkan uang, kemudian anda akan mendapatkan uang dari jumlah penonton iklan yang tersisip dalam video anda.

Syarat Mendapatkan Uang dari Facebook Ads Break (Ad Breaks Facebook)

Syarat utama untuk mendapatkan uang dari Facebook adsense (ad breaks Facebook) adalah harus memiliki fans page (halaman) terlebih dahulu. Karena video yang menghasilkan uang harus diupload melalui halaman dan tidak bisa diuplod lewat postingan pribadi.

Kemudian, untuk bisa memasang ad breaks Facebook pada video, sebuah fans page harus memenuhi 3 persyaratan utama.

Syarat agar sebuah fans page dapat menghasilkan uang dari ad breaks Facebook adalah sebagai berikut.

1. Memiliki 10.000 Pengikut

cara mendapatkan uang dari facebook like

Agar bisa menghasilkan uang melalui ad break Facebook, sebuah halaman harus memiliki minimal 10.000 pengikut. Jumlah minimal ini meliputi yang menyukai sekaligus yang mengikuti halaman tersebut.

Jika fans page anda belum memiliki 10.000 pengikut, anda bisa terus membagikan konten berupa video, gambar, dan tulisan dan terus mempromosikan fans page tersebut dengan tujuan agar makin banyak yang menyukai atau mengikuti fans page anda.

Cara ini meskipun agak lama, namun jika konten yang anda bagikan gampang viral, maka akan mudah mencari pengikut.

Jalan lainnya adalah dengan cara mengiklankan fans page anda. Cara kedua ini akan memungkinkan anda mendapatkan ribuan pengikut dalam 1 harinya. Sehingga untuk memenuhi syarat kuota 10 ribu pengikut tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Apalagi biaya periklanan untuk fans page juga relatif murah dan sangat terjangkau pada saat ini.

2. Memiliki 30.000 Tayangan 1 Menit

Syarat kedua bagi sebuah fans page agar bisa mengaktifkan layanan Facebook Adsense adalah dalam 60 hari terakhir, fans page tersebut harus memiliki minimal 30.000 kali penayangan 1 menit untuk video berdurasi minimal 3 menit yang diupload fans page tersebut.

Perhitungan total 30 ribu tayangan 1 menit adalah dihitung dari total seluruh video yang diunduh oleh fans page tersebut dalam 60 hari terakhir. Dan video-video tersebut harus berdurasi di atas 3 menit.

Jadi anda harus mengupload video-video dengan durasi di atas 3 menit untuk mendapatkan lebih dari 30 ribu tayangan 1 menit (30 ribu menit x 60 = 500 jam tayangan). Jika, anda tidak berhasil memenuhi total tayangan tersebut selama 60 hari, maka jumlah ini akan direset menjadi 0 kembali.

Untuk memudahkan anda mendapatkan jumlah 30 ribu tayangan ini, anda bisa share video ini di group (usahakan jangan spam karena akan diblokir) atau di beranda anda.

Cara lainnya adalah dengan mengiklankan video tersebut untuk menjangkau lebih banyak penonton. Dengan beriklan, anda akan sangat cepat menjangkau 30 ribu tayangan, bahkan hanya dalam tempo 1 hari saja asalkan video anda menarik.

3. Memenuhi Standar Kelayakan Monetisasi

Setelah kedua syarat dipenuhi, syarat terakhir adalah seluruh video yang anda upload harus memenuhi standar kelayakan monetisasi yang telah ditentukan oleh pihak Facebook.

ad break facebook

Standar kelayakan monetisasi mewajibkan video yang dipasang pada halaman harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

  • Patuh terhadap standar komunitas Facebook
  • Patuh terhadap ketentuan pembayaran Facebook
  • Patuh terhadap ketentuan halaman Facebook
  • Taat terhadap pedoman konten untuk monetisasi Facebook
  • Membagikan konten yang autentik
  • Membangun eksistensi yang mapan di Facebook

Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunjungi halaman kelayakan konten untuk monetisasi Facebook di sini.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Ads (Ad Breaks Facebook)

Berikut ini adalah 5 cara mendapatkan uang dari Facebook ads (Facebook adsense).

1. Penuhi Syarat Monetisasi Facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook Ads (Ad Breaks Facebook) yang paling pertama adalah memenuhi dulu semua persyaratan monetisasi Facebook.

Untuk mengetahui apakah halaman anda sudah memenuhi semua persyaratan monetisasi atau belum, anda bisa membuka halaman anda tersebut.

Kemudian klik tombol Insight, lalu Video. Maka anda akan diperlihatkan wawasan video di halaman anda apakah sudah memenuhi persyaratan untuk monetisasi atau belum.

facebook business
Contoh Halaman yang telah memenuhi persyaratan monetisasi

Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka akan muncul pemberitahuan bahwa fans page anda sudah layak dan bisa menghasilkan uang dari iklan.

2. Buka Halaman Facebook Bisnis

Selanjutnya anda akan membuka halaman Facebook Bisnis atau Creator Studio.

Setelah itu anda akan menemukan halaman Beranda. Klik tombol unggah video dan mulailah mengunggah video anda untuk bisa menghasilkan uang dari Facebook ads.

fb creator
Cara mengunggah video di halaman

Untuk bisa mendapatkan uang dari Facebook Ads, video yang anda upload harus berdurasi minimal 3 menit, original, dan tidak mengandung konten yang dilarang seperti kekerasan, pornografi, ujaran kebencian, terorisme, dan sejenisnya.

3. Cek Status Monetisasi Video Anda

Cara mendapatkan uang dari Facebook ads break (ad breaks Facebook) berikutnya adalah mengecek status masing-masing video yang sudah anda unggah apakah sudah monetisasi atau belum.

Untuk mengeceknya, anda masuk kembali ke halaman Facebook Bisnis atau Creator Studio tadi. Pilih tab Monetisasi yang terletak pada sisi sebelah kiri halaman.

facebook audience network
Contoh status monetisasi video

Nantinya anda akan menemukan status monetisasi pada masing-masing video yang anda upload.

  • Tanda $ berwarna hijau, artinya video sudah memenuhi syarat monetisasi dan bisa menghasilkan uang
  • Tanda $ berwarna hitam, artinya video tersebut masih direview oleh pihak Facebook
  • Tanda $ berwarna kuning, artinya video anda tidak layak mendapatkan monetisasi

4. Atur Postingan Secara Berkala

Sekarang anda tinggal mengatur postingan video secara berkala untuk mempertahankan jangkauan pemirsa dan memperbesar pendapatan anda.

Anda bisa menerbitkan postingan video secara terjadwal beberapa jam sekali. Tetapi perlu diingat, jangan menerbitkan konten dalam waktu yang berdekatan karena akan dianggap spam.

Spam adalah salah satu jenis pelanggaran monetisasi yang bisa berakibat pada kelayakan monetisasi halaman anda.

Anda bisa membagikan konten video yang sudah dibuat di group atau meminta tolong orang lain untuk membagikannya di status mereka untuk menambah jumlah view video anda.

Semakin banyak penonton konten video anda, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan anda peroleh dari Facebook ad breaks.

5. Tetap Konsisten dan Tidak Menyerah

Pada tahap awal-awal mengelola Fans Page menjadi halaman bisnis yang bisa menghasilkan uang memang tidak mudah. Anda mungkin saja mengalami beberapa kejenuhan.

Misalnya jumlah penonton yang terlalu sedikit, atau video yang masih berstatus pending monetisasi lebih banyak daripada yang sudah bisa dimonetisasi.

Hal tersebut wajar karena tidak ada proses yang instan. Tetapi jika anda tetap konsisten dan tidak menyerah, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan uang hingga ribuan dollar setiap bulannya.

standar kelayakan monetisasi facebook
Contoh estimasi pendapatan harian ad breaks

Maka dari itu, unggahlah konten video yang menurut anda menarik dan mengundang orang lain untuk melihat dan membagikannya.

Semakin viral konten video anda, maka peluang anda untuk sukses juga semakin besar.

Baca Juga:

Demikianlah tadi cara mendapatkan uang dari Facebook ads break atau ad breaks Facebook. Setelah anda memiliki video yang bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang, anda bisa memilih metode pembayaran dengan menggunakan rekening Paypal atau rekening bank umum nantinya.

Selamat mencoba! [BH/CS]

Tinggalkan komentar