Cara Mendapatkan Uang dari Google Maps Street View Lewat Fotografi

Sharing is caring!

Cara Mendapatkan Uang dari Google Maps ~ Untuk mendapatkan uang dari Google Maps Steet View lewat fotografi, anda hanya harus menjadi seorang fotografer terpercaya Google. Bagaimana caranya?

BisnisHandal.com, Beberapa tahun belakangan ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan meluasnya penggunaan gadget di berbagai belahan dunia, beberapa profesi freelance yang berhubungan dengan internet juga merebak.

Meskipun sebagian besar dilakukan secara freelance, namun siapa sangka kalau ternyata hasilnya malah sangat menggiurkan. Ada yang bisa menghasilkan ratusan, ribuan, atau bahkan puluhan ribu dollar hanya dengan memanfaatkan teknologi internet.

Maka dari itu, tidak heran jika saat ini banyak sekali kaum milenial yang berbondong-bondong mencari cara mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan gadget mereka, mulai dari membuka toko online, menjadi Youtuber, menjadi endorser di Instagram, sampai mencari cara mendapatkan uang dari Google Adsense lewat tulisan di blog.

Banyak yang sudah berhasil dari yang berawal dari ikut-ikutan saja, namun tidak bisa dipungkiri sebagian juga masih terseok-seok mengais beberapa dollar di dunia maya.

Nah dari beberapa cara mendapatkan uang yang sudah mainstream tersebut, ternyata ada beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang juga tidak banyak diketahui orang namun bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Salah satunya adalah cara mendapatkan uang dari Google Maps lewat foto-foto di Street View.

Bagaimana caranya?

Cara Mendapatkan Uang dari Google Maps Street View

Jadi, cara mendapatkan uang dari Google Maps lewat Street View adalah dengan menjadi fotografer 360 derajat yang bermitra dengan Google.

cara mendapatkan uang dari google adsense

Tetapi tidak semua orang bisa menjadi fotografer 360 derajat. Hanya fotografer yang memiliki badge sebagai Street View Trusted Photographer (SVTP) saja yang bisa menghasilkan uang melalui Google.

Apa itu Street View Trusted Photographer (SVTP)?

Mungkin sebagian dari anda terutama pengguna Google Maps di kota-kota besar sudah terbiasa menggunakan Google Street View. Jadi Google Street View adalah salah satu fitur unggulan dari Google Maps yang memungkinkan para penggunanya bisa mendapatkan citra dalam bentuk foto 360 derajat.

Nah dari berbagai citra yang kita dapati di Google Street View, anda pasti pernah mendapati galeri foto berbagai bangunan publik, seperti hotel, restoran, pertokoan, dan lain-lain.

Foto-foto inilah yang dihasilkan oleh para Street View Trusted Photographer(SVTP) yang sudah mendapat lencana dan diverifikasi oleh pihak Google.

Cara Menjadi Fotografer SVTP (Street View Trusted Photographer)

Untuk menjadi seorang Street View Trusted Photographer, anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

Adapun persyaratan seorang SVTP adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki kamera yang mendukung (support) foto 360 derajat, misalnya Ricoh Theta, LG 360 Cam, dan sebagainya yang bisa anda peroleh di situs jual beli online.
  2. Menguasai teknik editing foto.
  3. Memiliki akun Google yang terverifikasi.
  4. Memiliki setidaknya 50 foto yang telah di-submit pada Google Street View.

Nah, setelah anda memenuhi persyaratan di atas, anda akan mendapat undangan dari Google untuk bergabung menjadi kontributor jasa fotografi lokal.

review google maps

Setelah mengisi serangkaian formulir dari pihak Google, anda akan mendapatkan lencana Street View Trusted Photographer dan nama beserta kontak anda akan terdaftar secara resmi di halaman Google Street View.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Maps via Jasa SVTP

Perlu anda ketahui, setelah anda menjadi kontributor foto 360 derajat di Google Street View, anda tidak akan dibayar oleh pihak Gooogle.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Maps lewat jasa SVTP?

Tenang, begitu anda sudah menjadi seorang fotografer terpercaya (SVTP) di halaman Google Maps, maka profil anda akan dilihat oleh jutaan pengguna Google di seluruh dunia.

Nantinya pihak pengusaha, baik itu pemilik hotel, toko retail, swalayan, restoran, wahana hiburan, dan pemilik bisnis lain akan menghubungi anda untuk mengabadikan tempat bisnis mereka dan akan diunduh di Google Street View.

Tidak seperti para Local Guides yang melakukan review tempat yang mereka kunjungi di Google Maps, seorang fotografer terpercaya akan langsung mendapatkan bayaran cukup tinggi dari pemiliki bisnis sehubungan dengan fotografi 360 yang mereka upload.

Semakin banyak permintaan foto, maka semakin besar pula pendapatan seorang SVTP. Seorang SVTP bahkan bisa melancong dari suatu tempat ke tempat lain untuk tawaran fotografi dari pemilik bisnis.

Baca Juga:

Demikianlah tadi cara mendapatkan uang dari Google Maps lewat jasa fotografi. Buat anda pecinta fotografi, tidak ada salahnya mencoba cara menghasilkan uang satu ini. [BH/CS]

Tinggalkan komentar