100% Berhasil: 7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee untuk Pemula

Sharing is caring!

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee ~ Dagangan online anda sepi dan sulit mendapatkan transaksi? Coba 7 cara ampuh berikut ini!

BisnisHandal.com, Kemajuan teknologi informasi telah merubah banyak hal. Salah satunya adalah transaksi jual beli produk secara online yang cukup populer belakangan ini.

Salah satu dari sekian banyak platform yang menjadi primadona adalah marketplace atau situs jual beli online. Jumlah pengunjung di marketplace setiap harinya sangat banyak dan beragam dengan jumlah transaksi yang luar biasa pula.

Sehingga tidak heran jika ada banyak sekali yang menggantungkan bisnisnya dengan berjualan di marketplace. Salah satunya adalah melalui Shopee.

Sebagai salah satu marketplace yang sangat populer saaat ini, Shopee tidak hanya memiliki pedagang online yang melimpah, tetapi juga persaingan bisnis antar pedagang yang luar biasa.

Di satu sisi, banyak pedagang online yang memiliki potensi penjualan yang tidak terbatas dari Shopee. Namun di sisi lain, anda perlu strategi yang baik dalam meningkatkan penjualan di Shopee agar tidak kalah dengan kompetitor yang sangat banyak ini.

7 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Khusus Pedagang Pemula

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee, khususnya bagi pedagang pemula atau yang dagangannya lagi sepi.

Baca: 8 Cara Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku untuk Pedagang Pemula

1. Meningkatkan Penjualan Melalui Event Promo

Hingga saat ini, Shopee masih menjadi pilihan belanja online oleh kebanyakan orang karena banyak program promosinya yang menarik.

Oleh karena itu, anda tidak boleh ketinggalan untuk mengikuti berbagai program promosi sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan di Shopee.

Biasanya Shopee akan memberikan informasi kepada penjual begitu ada event promosi yang menarik, misalnya potongan harga atau flash sale.

Jadi, untuk bisa berpartisipasi dalam promosi tersebut, pastikan produk yang anda jual betul-betul berkualitas dengan foto produk yang baik dan deskripsi yang jelas.

2. Membuat Sendiri Foto Produk dengan Deskripsi yang Baik

Rata-rata pedagang online yang sukses di marketplace manapun akan membuat foto produk mereka sendiri alih-alih mengambil foto produk yang dijual orang lain ataupun dari Google.

cara menaikkan produk di shopee

Dengan membuat sendiri foto produk tersebut, anda tidak hanya membuatnya terlihat original dan berbeda, tetapi juga bisa menyesuaikan foto produk dengan cara promosi anda.

Selain foto produk, deskripsi produk yang juga penting. Deskripsi tidak hanya memberikan informasi mengenai fungsi dan kegunaan produk semata, tetapi juga bisa sebagai cara untuk memaparkan kelebihan dan keistimewaan dari produk yang anda jual.

Deskripsi produk yang baik juga harus bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang anda jual. Oleh karena itu, pemilihan kata dan kalimat dalam deskripsi sangatlah penting.

Jika sebelumnya anda sulit menemukan cara pecah telur atau mendapatkan orderan pertama dari penjualan anda, cobalah untuk merubah foto produk dan deskripsi dari produk yang anda jual.

3. Menawarkan Harga yang Kompetitif

Menawarkan harga yang kompetitif bisa menjadi cara meningkatkan penjualan di Shopee yang sangat efektif.

Tidak hanya dalam penjualan offlane, harga produk juga menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi konsumen untuk membeli atau tidak produk tersebut.

Oleh karena itu, buatlah harga yang kompetitif, atau jika memungkinkan sedikit lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh kompetitor anda. Tetapi jangan sampai anda menjual produk terlalu murah atau terlalu dibawah harga pasar.

Membuat harga produk yang lebih mahal dari para kompetitor membuat produk anda akan sangat sulit dalam bersaing.

Sebaliknya, jika anda memasang harga yang terlalu murah, itu juga tidak baik karena akan menimbulkan kecurigaan dari pembeli. Banyak riset membuktikan, harga yang terlalu murah di toko online akan membuat pembeli merasa itu adalah produk rekondisi, kadaluarsa, atau ilegal.

Oleh karena itu, membuat harga yang kompetitif adalah kunci penting dari rahasia jualan laris di Shopee.

4. Meningkatkan Penjualan di Shopee dengan Kekuatan Sosial Media

Cara meningkatkan penjualan di Shopee berikutnya adalah dengan memanfaatkan kekuatan sosial media.

Jangan pernah menganggap remeh kekuatan sosial media dalam mendukung jualan anda. Karena pada kenyataannya sudah banyak pedagang online yang mendapatkan transaksi tidak terduga karena kekuatan dari sosial media.

Maka dari itu, manfaatkan semua sosial media anda, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga Whatsapp untuk mempromosikan produk yang anda jual. Jangan lupa juga untuk rutin menampilkan reviewreview positif dari konsumen anda dengan memanfaatkan sosial media tadi.

5. Memanfaatkan Shopee Seller Center

Shopee Seller Center adalah pusat informasi yang menghubungkan antara pihak Shopee dengan para penjual dan pembeli yang ada dalam situs jual beli online tersebut.

Keberadaan Shopee Seller Center sangat membantu terutama bagi pedagang baru karena akan memberikan anda banyak informasi penting mengenai cara meningkatkan penjualan yang baik dan benar di Shopee.

rahasia jualan laris di shopee

Biasanya Shopee Seller Center akan membantu para pedagang dalam mengatur produk, membuat banner toko yang baik, hingga berbagai fitur promosi yang menarik. Jadi, biasakan untuk sering mengunjungi Shopee Seller Center.

6. Meningkatkan Penjualan di Shopee Melalui Fitur Iklanku

Jika anda masih merasa bisnis anda jalan di tempat atau sulit mendapatkan transaksi, maka cobalah fitur Iklanku di Shopee.

Fitur Iklanku akan menjadi cara push atau menaikkan produk di Shopee yang terbaik agar tetap muncul pada halaman teratas pencarian sesuai dengan algoritma Shopee.

Ada tiga macam tipe iklan yang bisa anda pilih, yaitu Iklan Kata Kunci, Iklan Produk Serupa, dan Iklan Toko.

Ketiganya masing-masing akan memberikan efek yang berbeda tergantung pada toko atau produk yang anda jual.

Misalnya jika anda menjual produk yang pasaran dan banyak dijual oleh pedagang lain, maka pilihlah Iklan Produk Serupa. Tetapi jika anda menjual produk dengan brand baru yang belum ada, maka pilihlah Iklan Kata Kunci.

Perlu anda ingat, iklan di Shopee tidak gratis, tetapi akan dipotong dari saldo ShopeePay anda. Jadi, sebelum beriklan, usahakan untuk top up saldo ShopeePay anda drahulu dan gunakanlah iklan dengan bijak.

7. Trik Membeli Produk Sendiri

Cara meningkatkan penjualan di Shopee satu ini sebetulnya masih menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang beranggapan kalau cara ini adalah fake order di Shopee.

Tetapi di sisi lain, cara ini bisa dibenarkan karena tidak adanya pelanggaaran atas ketentuan dari jualan online dari segi manapun.

Untuk melakukan trik membeli produk sendiri, mula-mula anda akan memberikan tester secara cuma-cuma kepada beberapa teman atau saudara. Tetapi untuk mendapatkan tester tersebut, mereka harus membeli secara normal lewat Shopee dengan uang yang anda kirim ke rekening mereka.

Nantinya setelah mendapatkan barang, mintalah mereka untuk memberikan review positif atau produk anda tersebut.

Dengan review yang baik, biasanya akan sangat mudah untuk memancing transaksi-transaksi yang lain.

Baca: Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita dengan 7 Trik Mudah

Beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee tersebut terbukti sangat ampuh dalam melipatgandakan penjualan anda. Jadi, pastikan anda untuk mencobanya. [BH/CS]

Tinggalkan komentar