Cara Menjadi Dropshipper Bisnis Online dengan 9 Langkah Mudah

Sharing is caring!

Cara Menjadi Dropshipper,BisnisHandal.com ~  Anda sedang mencari cara menjadi dropshipper di Shopee? Atau cara menjadi dropship di Tokopedia? Atau anda sedang mencari cara jadi reseller baju online tanpa modal? Semuanya ada di sini.

Bisnis Dropship

Belakangan ini mungkin anda sering mendengar istilah bisnis dropship bukan?

Bisnis dropship adalah sebuah sistem penjualan online yang memungkinkan kita menjual produk tertentu kepada customer dimana hanya berdasarkan foto atau contoh produknya saja dan jika pembeli berniat membeli tersebut,maka  pihak supplier akan langsung mengirimkan produk tersebut ke pembeli secara langsung.

Jadi dalam bisnis dropship akan melibatkan 3 pihak, supplier atau pemasok, dropshipper atau penjual, dan pembeli atau konsumen.

Bisnis dropship adalah salah satu bisnis online yang paling banyak digandrungi oleh anak muda kaum milenial dengan menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran.

Selain tidak harus mengeluarkan modal yang besar atau tanpa modal sekalipun, bisnis dropship juga sangat diminati karena keuntungan yang dihasilkan sangat menggiurkan dan ditambah lagi pengelolaan bisnis ini tidak memerlukan banyak waktu.

Bisnis dropship bahkan bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga di desa atau usaha sampingan karyawan pabrik karena sangat praktis dan hemat waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

cara menjadi dropshipper di shopee
cara menjadi dropship di tokopedia
Skema bisnis dropship

Sebelum anda benar-benar terjun ke bisnis dropship, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis online satu ini.

Hal ini dimaksudkan agar anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai kemungkinan sebelum akhirnya betul-betul mau membangun bisnis dropship.

Kelebihan dari bisnis dropship adalah sebagai berikut:

  • Tidak memerlukan modal yang besar
  • Tidak perlu stok barang terlebih dahulu
  • Resiko kerugian yang sangat kecil, bahkan hampir tidak ada
  • Bisnis bisa dijalankan dimana pun dan kapan pun
  • Tidak ada biaya operasional

Namun di balik kelebihan tersebut, bisnis dropship juga memiliki beberapa kekurangan yang patut anda waspadai, antara lain:

  • Tidak punya akses atas kualitas produk karena barang langsung dikirim ke konsumen
  • Resiko akan mendapat komplain dari pelanggan jika ternyata barang yang dikirim salah atau tidak sesuai
  • Sulitnya mendapat kepercayaan dari supplier
  • Info stok dan harga barang sering kurang update

Cara Menjadi Dropshipper

Orang yang menjual barang dengan menggunakan sistem dropship kita namakan dengan istilah dropshipper.

Sebelum memulai bisnis dropship atau menjadi dropshipper adalah sangat penting untuk mengetahui cara menjadi dropshipper terlebih dahulu.

Berikut ini adalah 9 cara menjadi dropshipper untuk memulai bisnis dropship dengan modal kecil atau tanpa modal.

1. Menentukan Produk

cara jadi reseller baju online tanpa modal

Cara menjadi dropshipper pertama adalah menentukan  produk yang hendak anda pasarkan.

Anda tentunya tidak bisa menentukan produk dengan asal-asalan atau yang penting produk tersebut lagi viral saja, karena tujuan memulai bisnis adalah untuk membuatnya berkembang dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Maka dari itu pemilihan produk yang sustainable sangat penting untuk menjamin kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Kemudian, pilihlah produk yang spesifik dan tidak terlalu beragam. Untuk yang baru memulai bisnis dropship, sangat tidak dianjurkan untuk memilih produk yang tidak dalam satu kategori, misalnya pakaian, kosmetik, dan makanan dalam satu toko atau brand.

Jangan lupa juga untuk memilih produk yang legal, tidak mudah rusak, dan tidak yang berukuran terlalu besar karena pengiriman produk dropship biasanya melalui layanan kurir yang menggunakan pesawat terbang.

2. Menentukan Target Pasar

Cara menjadi dropship selanjutnya adalah menentukan target pasar terlebih dahulu.

Buatlah pada selembar kertas untuk mendata target market yang akan anda sasar dengan produk yang telah ditentukan sebelumnya.

Anda bisa menulis data target pasar yang lengkap dengan data usia, jenis kelamin, penghasilan bulanan, demografi atau tempat tinggal, hobi dan faktor lain yang berkaitan dengan produk yang anda pasarkan.

Penentuan target pasar ini dimaksudkan agar anda lebih fokus pada sasaran yang akan dituju nantinya dan juga untuk melihat seberapa besar potensi penjualan produk anda dengan target pasar yang akan dituju.

Jika ternyata target pasar yang akan dituju sangat sedikit atau produknya ternyata kurang memenuhi kriteria pasar saat ini, anda bisa ulangi dari awal lagi dan mencari produk lain yang memiliki target pasar yang lebih luas.

3. Analisis Kekuatan Kompetitor

cara jadi reseller baju online tanpa modal

Saat ini bisnis apapun pasti ada kompetitornya. Kompetitor adalah salah satu penghambat kemajuan bisnis yang harus kita waspadai, tapi bukan untuk ditakuti.

Menganalisis kekuatan kompetitor adalah salah satu cara menjadi dropshipper sukses selanjutnya.

Setangguh-tangguhnya suatu kompetitor pasti ada kelemahannya karena tidak ada pedagang yang sempurna.

Carilah sebanyak-banyaknya kompetitor dalam bisnis yang sama dengan anda dan mulai menganalisa kelebihan dan kekurangan mereka.

Pelajari semua kelebihan mereka untuk anda terapkan dalam bisnis dropship anda nantinya.

Sedangkan kekurangan mereka bisa menjadi celah masuknya bisnis anda ke pasar.

Misalnya anda bisa menjadi dropshipper yang menjual ponsel yang dilengkapi dengan pelindung dan back cover sekaligus di mana kompetitor anda masih menjual ponsel yang terpisah dengan pelindung dan back covernya.

Maka anda sudah menang satu langkah dari kompetitor dengan mencari kekurangan mereka sebagai “senjata” anda dalam strategi bisnis.

4. Mencari Supplier

cara jadi dropship tokopedia

Setelah anda mampu menganalisis kekuatan kompetitor, mencari supplier menjadi cara menjadi dropshipper berikutnya.

Anda tidak ada kenalan supplier atau agen pemasok besar? Tidak perlu khawatir.

Untuk mencari supplier anda tinggal menjelajah internet atau mencari di situs jual beli online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Kaskus, Lazada dan sejenisnya karena di sana terdapat ratusan supplier besar yang siap menjadi tempat anda untuk daftar dropship.

Namun, ada baiknya anda tidak langsung sembarangan comot supplier.

Supplier yang bisa diandalkan untuk bekerja sama dalam bisnis dropship harus memenuhi kriteria berikut ini.

  • Produk yang dijual harus berkualitas karena barang akan langsung dikirim ke pembeli
  • Jujur dan memiliki reputasi baik
  • Memiliki stok barang yang banyak
  • Bersedia diajak kerja sama dropship
  • Lokasi supplier beradai di pusat kota untuk kemudahan pengiriman produk
  • Fast response

5. Membeli Produk Contoh dari Supplier

syarat menjadi reseller

Setelah menentukan supplier mana yang kira-kira akan anda ajak untuk bekerja sama, jangan terburu-buru untuk mengajaknya bekerja sama dulu.

Kita perlu menguji secara langsung apakah produk yang supplier target tersebut jual memenuhi kriteria kualitas kita atau tidak.

Jadi cara menjadi dropshipper selanjutnya adalah membeli produk contoh dari supplier untuk memastikan produk yang mereka kirim sudah sesuai dengan standar yang kita inginkan atau belum.

Hal ini sangat penting mengingat dalam sistem dropship biasanya barang akan langsung dikirim ke customer kita dengan mengatas-namakan toko kita sebagai pihak pengirim barang.

Jika ternyata kualitas barang yang diterima oleh customer jelek, maka kita sebagai penjual yang akan menerima komplain dari pembeli nantinya.

6. Mengajak Supplier Kerja Sama

cara kerja reseller online shop
cara menjadi dropship di lazada

Langkah berikutnya dari cara menjadi dropshipper adalah mengajak supplier bekerja sama.

Setelah betul-betul yakin sudah menentukan supplier yang kita inginkan, ajaklah mereka bekerja sama.

Anda bisa menghubungi mereka secara langsung lewat pesan yang ada di situs e-commerce ataupun menghubungi kontak mereka langsung lewat e-mail atau pesan chat.

Utarakan niat anda dan jangan lupa menanyakan sistem kerja sama dropship dengan supplier tersebut.

Untuk anda yang baru bekerja sama, biasanya pihak supplier akan meminta pembayaran full terlebih dahulu sebelum pengiriman barang.

Namun jika sudah kenal baik dan terbiasa bertransaksi, anda dapat meminta negosiasi dengan kelonggaran pembayaran. Misalnya anda membayar DP (down payment) tersebut sebagai tanda jadi transaksi dan sisa pelunasan baru akan dibayarkan setelah pembeli menerima dan melunasi pesanan.

Jangan lupa untuk melunasi pembayaran kepada supplier setiap kali anda menerima pembayaran dari customer anda. Karena hubungan baik andara supplier dan customer adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis dropship.

7. Menentukan Brand

cara jadi reseller tokopedia

Setelah semua persiapan cara menjadi dropshipper sudah mencapai 90%, kini saatnya menentukan brand untuk toko online anda.

Carilah nama brand yang mudah untuk diingat, tidak pernah dipakai untuk usaha sejenis dan unik.

Jangan menggunakan nama brand yang terlalu panjang atau berupa singkatan yang terlalu pendek.

Ingatlah selalu bahwa medium pengingat produk yang anda jual, target market anda, dan bagaimana konsumen menganggap produk anda semuanya ditentukan oleh sebuah brand.

Coba anda pikirkan, apa yang kira-kira dipikirkan oleh orang lain ketika mendengar nama “Apple”?

Ponsel dan mewah bukan?

Karena kedua hal ini sudah dibangun dari jauh-hauh hari dan ditanamkan dalam benak pasar sebagai brand image mereka.

Karena itu, untuk kelangsungan bisnis dropship anda di masa yang akan datang, pilihlah nama brand dan bangun namanya dengan baik.

Branding is what people say about you when you’re not in the room.”

Jeff Bezos – Founder Amazon

Jadi bisnis yang besar dan maju pasti diawali oleh brand yang baik juga.

8. Membuka Toko

cara menjadi dropship bukalapak

Setelah semua persiapan dilakukan cara menjadi dropshipper selanjutnya adalah membuka toko anda.

Anda bisa membuka toko anda di jejaring sosial atau situs e-commerce mana saja sesuai dengan pilihan anda.

Ada banyak sekali tempat jualan di dunia maya yang bisa anda pilih, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Line, Tokopedia, Kaskus, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya.

Tidak masalah jika anda membuka toko di lebih dari satu situs agar bisa menjaring pembeli lebih banyak.

Carilah gambar terbaik dari produk tersebut dan upload foto tersebut di lapak jualan online anda.

Jangan lupa juga mencantumkan keterangan yang lengkap seperti pilihan warna, ukuran, tipe, berat, dimensi, harga, dan data lain yang diperlukan.

9. Promosi

daftar dropship

Cara menjadi dropshipper yang terakhir adalah dengan mempromosikan toko dan produk anda.

Anda bisa mempromosikan produk anda melalui jejaring media sosial atau secara langsung kepada teman atau kerabat anda.

Bila diperlukan,  anda juga bisa mempromosikan bisnis online anda di perkumpulan atau group untuk menjaring lebih banyak orang dalam satu waktu.

Sebelum mempromosikan produk anda, pastikan terlebih dahulu anda mengenal produk tersebut dengan baik (meskipun anda hanya reseller).  Paling tidak anda harus mengetahui fungsi, harga, dan faktor pembeda antara produk anda dengan kompetitor.

Semakin baik anda mengenal barang yang akan anda jual, promosipun akan semakin mudah dan tingkat kepercayaan calon pelanggan juga akan semakin meningkat.

Baca juga:

Demikianlah tadi penjelasan lengkap tentang cara menjadi drosphipper dalam bisnis online. Setelah mengetahui cara daftar dropship kini saatnya anda bergerak dan membuka toko online anda sendiri dan menjadi dropshipper.

Jika anda sudan benar-benar mantap, jangan pernah takut untuk memulai. Karena kesuksesan selalu dimulai dari satu langkah kecil. [BH/HT]

Tinggalkan komentar