Cara Menjadi Youtuber Pemula Untung Berlimpah Modal HP Smartphone

Sharing is caring!

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP ~ Hanya modal HP saja bisa jadi Youtuber sukses? Begini triknya!

BisnisHandal.com, Siapa bilang menjadi Youtuber yang menghasilkan uang banyak harus memiliki peralatan tempur yang lengkap dan mahal? Nyatanya pada saat ini, anda bisa saja menjadi seorang Youtuber hanya bermodal ponsel smartphone yang dipakai sehari-hari.

Bahkan tidak sedikit dari banyak Youtuber sukses saat ini yang memulai membuat konten video mereka dengan peralatan ala kadarnya. Mereka tetap bisa sukses dengan bermodal konsistensi, kerja keras, dan keyakinan.

Jadi, untuk anda para pemula yang sedang ingin mencoba peruntungan dengan menjadi seorang Youtuber, anda bisa memulainya dengan modal HP smartphone dengan beberapa trik berikut ini.

Baca: Cara Membuat Channel Youtube di HP Android Hanya dalam 1 Menit

7 Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP Smartphone

Berikut ini adalah cara menjadi Youtuber pemula hanya bermodal HP smartphone tetapi bisa mendapatkan hasil yang paling maksimal.

1. Temukan Niche yang Tepat

Cara pertama menjadi Youtuber pemula hanya dengan modal HP android adalah mencari dan menemukan niche atau tema konten yang paling tepat.

Memang benar pilihan niche untuk Youtuber yang hanya bermodal HP tidak bisa sebanyak para Youtuber yang menggunakan kamera syuting atau drone yang lengkap dengan PC. Akan tetapi tidak berarti konten video yang dibuat dengan menggunakan HP itu jelek.

Anda tetap bisa membuat konten video dengan kualitas yang baik dan memilih niche konten yang tidak memerlukan banyak editing video. Misalnya konten mengenai vlog keseharian, tutorial, tips dan trik. Atau anda juga bisa menjadi Youtuber gaming dengan konten game yang super laris meski hanya bermodal HP saja.

2. Pasang Aplikasi Editing pada Smartphone

Meskipun anda hanya mengandalkan HP untuk membuat konten video, itu tidak berarti anda tidak perlu melakukan editing sama sekali terhadap konten yang anda buat.

cara menjadi youtuber sukses untuk pemula

Sebaliknya, editing akan sangat berperan penting dalam membuat konten video menjadi semenarik mungkin.

Setidaknya anda memerlukan dua macam aplikasi editing sebagai cara menjadi Youtuber pemula hanya modal HP smartphone.

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi edit video. Ada banyak sekali aplikasi editing video di Google Playstore yang bisa anda pergunakan untuk mengolah konten video anda menjadi lebih menarik. Misalnya anda perlu menambahkan efek, memotong klip, menggabungkan klip, atau salih suara.

Semua itu hanya bisa anda lakukan jika memasang aplikasi editing video pada ponsel pintar anda.

Aplikasi ediiting lainnya yang juga sangat berguna adalah aplikasi edit foto. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mengedit foto thumbnail yang akan ditampilkan pada konten video anda. Semakin menarik foto thumbnail sebuah konten video, akan semakin mengundang orang untuk menontonnya.

3. Perhatikan Judul Video dan Thumbnail

Membuat judul video dan thumbnail yang baik bisa menjadi cara menjadi Youtuber pemula modal HP yang sangat efektif.

Setelah mendapatkan konten video Youtube yang bagus untuk pemula dan mengeditnya dengan baik, anda perlu memberinya judul yang menarik untuk menarik perhatian pengunjung Youtube yang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, sangat penting jika anda mempelajari sedikit teknik SEO Youtube. Teknik SEO atau Search Engine Optimation adalah salah satu teknik dengan menempatkan kata kunci yang paling populer di mesin pencari Youtube pada judul konten.

Dengan menempatkan kata kunci yang populer dalam pencarian pada judul video, otomatis konten video anda akan banyak muncul ketika ada yang mencari. Dengan demikian kemungkinan untuk viral juga akan semakin besar.

Sama halnya dengan gambar thumbnail yang tidak boleh asal-asalan. Sebisa mungkin foto thumbnail harus menarik dan menundang orang lain untuk mengklik konten yang bersangkutan. Anda juga bisa menambahkan beberapa kalimat teks pada gambar thumbnail untuk membuatnya jadi lebih menarik.

4. Mencari Subscriber Sebanyak-Banyaknya

Setelah anda mulai membuat konten video, sekarang saatnya anda mencari subscriber sebanyak-banyaknya.

Bagi seorang Youtuber, subscriber adalah penentu kesuksesan kanal mereka. Semakin banyak subscriber pada sebuah kanal Youtube, maka semakin banyak pula penonton pada konten video di kanal tersebut.

Semakin banyak penonton, itu artinya semakin banyak juga iklan yang ditonton. Dengan demikian, penghasilan yang anda dapat juga akan semakin banyak.

Meskipun ada berbagai macam cara menambah banyak subscriber di Youtube, usahakan untuk menempuh jalan yang legal dalam memperbanyak subscriber. Penggunaan aplikasi-aplikasi ilegal dalam penambah subscriber yang tidak dianjurkan dapat menyebabkan anda kehilangan akses adsense dari Google.

Jadi, lebih baik anda menambah subscriber dengan cara-cara yang baik, misalnya memperbagus konten dan rajin melakukan promosi. Atau anda juga bisa mengajak kolaborasi dengan Youtuber lain untuk saling berbagi subscriber dan viewer.

5. Mendaftar Google Adsense Youtube Lewat HP

Cara menjadi Youtuber pemula modal HP smartphone berikutnya adalah mendaftarkan kanal Youtube ke Google Adsese.

cara daftar jadi youtuber di hp

Setelah permintaan adsense anda diterima oleh pihak Google, maka anda sudah bisa menampilkan iklan pada konten video Youtube anda dan menghasilkan dollar sebanyak-banyaknya.

Untuk bisa daftar Google Adsense Youtube lewat HP, terlebih dahulu anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Misalnya memiliki video dengan total durasi tonton 4 ribu jam dan memiliki setidaknya seribu subscriber.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, berarti kanal Youtube anda sudah siap menghasilkan uang dollar.

6. Memasang Aplikasi Youtube Studio

Youtube Studio adalah aplikasi mobile yang berfungsi sebagai monitor kinerja kanal Youtube anda. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menganalisa performa konten video anda. Sehingga bisa melihat konten mana sajakah yang disukai dan mana yang kurang peminatnya.

Dengan aplikasi Youtube Studio, anda juga bisa melihat bagaimana pendapatan harian, mingguan, atau bulanan per masing-masing video kapan saja yang anda inginkan.

Jadi untuk menjadi Youtuber pemula yang sukses dengan modal HP smartphone, anda perlu memasang aplikasi android satu ini.

7. Konsisten dan Tidak Mudah Putus Asa

Setelah anda mulai membangun kanal Youtube anda dan mulai menjadi seorang Youtuber, ingatlah untuk selalu konsisten dan tidak mudah putus asa dalam membuat konten.

Memang usaha online tanpa modal satu ini bukanlah bisnis yang instan atau bisa langsung menghasilkan uang banyak. Sehingga anda perlu membesarkan kanal Youtube anda dengan bertahap dan penuh kesabaran.

Usahakan untuk rutin membuat konten meskipun tidak setiap hari. Jika anda berhenti membuat konten dalam jangka waktu yang lama, maka kemungkinan para subscriber anda akan lari ke kanal lain. Dengan demikian usaha yang sudah anda mulai akan berakhir sia-sia.

Jadi, ketika masih pemula dalam merintis kanal Youtube anda, jangan terlalu memikirkan penghasilan atau subscriber yang banyak terlebih dahulu. Asalkan anda konsisten membuat konten yang baik, maka cepat atau lambat akan ada hasilnya.

Bukan tidak mungkin suatu saat anda akan menjadi Youtuber yang sukses seperti Jess No Limit atau Atta Halilintar.

Baca: Arti Subscribe, Fungsi, dan Cara Memperbanyak Subscribers di Youtube

Jadi sebetulnya menjadi seorang Youtuber sangat mudah dan bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita miliki. Selama kita mampu membuat konten yang menarik, maka kamera HP pun bisa menjadi solusi yang sangat baik. [BH/CS]

Tinggalkan komentar