9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang Banyak dengan Mudah

Sharing is caring!

Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang ~ Ingin menjadi Youtuber sukses yang bergelimang materi di usia muda? Ada trik dan cara mudahnya lho!

BisnisHandal.com, Suksesnya banyak Youtuber muda hanya dalam waktu yang sangat singkat membuat banyak orang kini berbondong-bondong beralih profesi menjadi Youtuber. Entah itu cuma sekedar iseng atau yang benar-benar serius menekuni profesi sebagai seorang Youtuber.

Meskipun saat ini jumlah Youtuber ada banyak sekali, tetapi tidak semuanya bisa meraih sukses. Ada banyak memang Youtuber yang betul-betul sukes. Tetapi tidak sedikit juga yang usahanya jalan di tempat dan bahkan ada yang sudah mendeklarasikan diri pensiun dari dunia Youtube.

Memang menjadi Youtuber itu bukan sekedar profesi coba-coba. Jika anda perpikir untuk coba-coba dan jika sukses maka akan sangat bagus, jika gagal juga tidak apa-apa – itu adalah pola pikir sungguh keliru. Karena anda hanya akan menghabiskan waktu, modal, dan tenaga dengan sia-sia.

Jadi sebelum betul-betul terjun ke dunia Youtube, anda harus memahami dulu dengan benar cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang. Bukan Youtuber yang sekedar coba-coba dengan probabilitas tingkat kegagalan yang tinggi.

9 Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang Banyak

Berikut ini adalah 9 cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang banyak dan terbukti bisa sukses di masa yang akan datang.

1. Mencari Niche dan Target Penonton

cara mengambil uang dari Youtube

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang yang pertama adalah mencari niche dan target penonton terlebih dahulu.

Begitu anda mendeklarasikan diri untuk menjadi seorang Youtuber, anda tidak bisa langsung asal-asalan membuat video dan langsung mengunduhnya tanpa perencanaan yang matang. Karena dunia bisnis di Youtube ini seperti medan perang. Anda harus memiliki strategi yang cukup agar bisa tetap survive di tengah pertempuran yang luar biasa.

Persaingan bisnis di dunia Youtube memang sangat keras pada saat ini karena setiap menitnya diperkirakan ada 400 jam video yang diunggah ke dalamnya. Oleh karena itu, anda harus betul-betul memikirkan niche dan target penonton yang dituju agar channel anda bisa bersaing di tengah-tengah banyaknya Youtuber baru setiap harinya.

Carilah niche (tema) yang sesuai dengan hobi atau keahlian anda agar nantinya tidak kesulitan dalam membuat konten. Jangan lupa juga dengan target penonton yang akan dituju, apakah itu anak-anak, remaja, ibu rumah tangga, penikmat berita, gamer, penikmat musik, dan lain sebagainya.

Jika sudah menemukan target pasar yang jelas, barulah anda bisa memulai untuk terjun ke dunia Youtube.

2. Membuat Channel Youtube

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat channel Youtube. Membuat channel Youtube ini sangat mudah karena anda hanya memerlukan akun Google untuk bisa membuat channel Youtube.

Untuk akun Google sendiri saat ini sudah dimiliki oleh semua pengguna ponsel Android karena satu-satunya cara untuk bisa login ke smartphone Android adalah dengan menggunakan akun Google.

Cara membuat Youtube channel sendiri cukup mudah. Anda tinggal menghubungkan akun Google anda untuk login Youtube. Jika tidak memiliki komputer atau laptop, anda juga bisa membuat channel Youtube dengan menggunakan smartphone anda.

Baca Juga:

3. Membuat Konten Video

Nah, setelah channel anda siap, cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat konten video.

Buatlah konten video yang sesuai dengan niche yang anda pilih di awal tadi. Ada banyak niche yang bisa anda pilih, mulai dari lingkungan, musik, travel, kuliner, tutorial, game, humor, hingga teknologi sesuai dengan hobi dan keinginan anda.

Kemudian pilihlah kamera yang akan anda pergunakan untuk membuat konten video sesuai dengan budget yang anda miliki dan isi kontennya sendiri. Ada yang menggunakan kamera profesional tetapi ada juga sebagian Youtuber yang hanya mengandalkan smartphone mereka.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum membuat konten adalah anda harus membuat konten yang orisinil dan tidak mengandung konten-konten yang dilarang seperti pelecehan yang berhubungan dengan SARA, konten yang mengandung kekerasan, atau konten dewasa yang dilarang.

Lebih baik anda membuat konten yang kira-kira bermanfaat dan informatif bagi target pasar anda daripada konten umum. Prinsipnya adalah lebih baik memancing di kolam kecil yang sudah jelas ada ikannya daripada memancing di lautan luas yang belum tentu akan ada ikan yang nyangkut meskipun jumlah ikannya jauh lebih banyak.

4. Edit Video yang Sudah Direkam

berapa uang dari youtube

Mengedit video yang sudah direkam adalah cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya yang harus anda ketahui.

Jadi anda harus melakukan editing terhadap video yang direkam tadi sehingga menjadi konten yang layak tayang di Youtube.

Sangat tidak dianjurkan untuk langsung menguunduh secara mentah video yang baru saja anda rekam ke channel Youtube apapun jenis kontennya, meskipun itu hanya sebuah vlog. Karena penonton cenderung lebih suka menonton video yang sudah melalui dapur editorial dengan penambahan efek dramatisasi tertentu.

Proses editing video ini bisa berupa penambahan sound effect, pengaturan tampilan, penambahan emoticon, penambahan subtitle, penambahan credit, memperlambat atau mempercepat video, dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan video tersebut.

Jika anda tidak mempunyai PC atau software editing, mungkin anda bisa memulainya dengan aplikasi editing video sederhana yang ada pada smartphone.

5. Upload Video dan Bagikan Lewat Jejaring Media Sosial

Setelah video anda selesai diedit, cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah mengunduh video tersebut.

Sebelum diunduh, ada baiknya memperhatikan lagi hasil akhir video yang anda buat apakah sudah sesuai dengan yang anda inginkan atau belum. Jangan lupa juga untuk memperhatikan durasi konten video tersebut. Video yang baik harus memiliki durasi antara 3 – 15 menit.

Jika durasinya terlalu pendek, penonton akan cenderung melewatkan konten video anda. Sebaliknya, jika terlalu panjang penonton juga akan melewatkannya dengan alasan boros kuota.

Setelah anda rasa video yang anda buat sudah memenuhi syarat dan peluang untuk meraih banyak penonton, segeralah upload video tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan judul dan gambar thumbnail yang menarik.

Setelah itu, anda bisa menyebarkannya lewat sosial media anda karena bagi Youtuber baru akan sangat sulit mendapatkan banyak penonton tanpa bantuan sosial media.

6. Menambah Subscriber Sebanyak-Banyaknya

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah menambah jumlah subscriber sebanyak-banyaknya. Mencari subscriber adalah pekerjaan yang susah-susah gampang bagi seorang Youtuber.

Tetapi bagaimanapun juga, jika ingin sukses menjadi Youtuber, jumlah subscriber adalah kuncinya. Karena mayoritas yang akan menonton konten video anda di Youtube adalah mereka yang sudah subscribe daripada yang tidak subscribe.

Membagikan konten anda di sosial media adalah salah satu cara yang bisa memancing subscriber karena secara tidak langsung mereka akan mengklik tautan dari video anda. Jika mereka tertarik terhadap video anda, kemungkinan akan subscribe, meskipun peluangnya tidak besar.

Untuk menambah subscriber yang banyak tidak cukup hanya dengan cara membagikan konten anda di sosial media. Ada banyak yang harus dilakukan, seperti membuat konten yang semenarik dan seorisinil mungkin untuk menarik target pasar anda.

Kemudian anda juga perlu memperhatikan teknik SEO (Search Engine Optimation) pada judul video yang anda buat. Buatlah judul yang kira-kira banyak dicari di Google agar video anda bisa muncul di daftar atas pencarian di mesin Google.

Hal lain yang sangat efektif dalam menambah subscriber channel Youtube adalah melakukan give away. Carilah beberapa subscriber yang beruntung dan berikan mereka reward berupa pulsa atau hadiah lainnya.

Baca Juga:

7. Memenuhi Persyaratan Monetisasi Youtube

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah memenuhi persyaratan monetisasi Youtube.

Perlu anda ketahui, anda tidak bisa langsung melakukan monetisasi terhadap konten Youtube hanya dengan upload video saja. Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi untuk bisa mengajukan monetisasi terhadap channel Youtube anda.

adrev

Adapun persyaratan monetisasi Youtube adalah sebagai berikut.

  1. Channel Youtube harus terverifikasi dengan nomor handphone.
  2. Selama 12 bulan terakhir, seluruh konten video anda harus ditonton minimal sebanyak 4000 jam.
  3. Jumlah subscriber di channel Youtube anda adalah minimal 1000 subscriber.
  4. Tidak berkomentar spam di konten milik orang lain dengan tujuan meminta orang lain untuk melakukan subscribe channel anda.

Jika channel anda sudah memenuhi seluruh persyaratan tersebut di atas, berarti anda sudah bisa melakukan monetisasi terhadap channel Youtube anda dan siap menghasilkan uang melalui iklan adsense dari Google.

Baca Juga:

8. Membuat Akun Adsense

Cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat akun adsense. Setelah video anda memenuhi segala persyaratan monetisasi, berarti sekarang saatnya anda bisa menampilkan iklan pada konten video anda untuk menghasilkan uang dollar dari adsense.

Caranya adalah dengan masuk ke menu Video Manager -> Creator Studio. Masuk ke menu Saluran -> Status dan Fitur. Pada kolom monetisasi, anda pilih tombol Aktifkan Akun Saya. Silahkan ikuti langkah selanjutnya hingga akun adsense anda aktif.

Perlu anda ingat, ketika sudah melakukan monetisasi channel Youtube anda, silahkan mengikuti Kebijakan Program Partner Youtube yang telah diajukan oleh Youtube. Jika anda melanggar, maka akan berdampak pada tindakan seperti dinonaktifkannya iklan, akun adsense, channel Youtube, atau bahkan kehilangan seluruh penghasilan yang telah dikumpulkan selama bulan berjalan.

Nah, sampai disini anda sudah resmi menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan uang.

9. Konsisten Membuat Konten Video

Setelah anda menjadi seorang Youtuber yang bisa menghasilkan uang, tetaplah berkarya dengan tetap konsisten membuat konten video.

Jangan dulu berharap sekali monetisasi anda akan langsung menjadi kaya seperti Atta Halilintar karena semuanya perlu proses. Untuk seorang Youtuber pemula, anda jangan kaget kalau ternyata penghasilan anda masih sangat kecil. Hal ini adalah sangat lumrah mengingat jumlah subscriber juga masih sedikit, otomatis penonton juga sedikit.

Jangan dulu menyerah ketika melihat video anda hanya mendapat 1 atau 2 dollar atau bisa jadi di bawahnya. Tetap semangat dan konsisten membuat konten video.

Ingatlah menjadi Youtuber yang sukses juga perlu proses yang tidak instan. Begitu channel anda mulai dikenal, maka kenaikan pendapatannya juga akan meningkat tajam dengan drastis. Yang penting jangan menyerah dan tetap konsisten.

Baca Juga:

Demikianlah tadi cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk menjadi seorang Youtuber yang sukses. [BH/CS]

Tinggalkan komentar