Cara Pecah Telur di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee dengan Mudah

Sharing is caring!

Cara Pecah Telur di Tokopedia ~ Anda sudah lama berjualan di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sejenisnya tapi belum pecah telur juga? 7 langkah mudah berikut ini akan membantu anda dalam mendapatkan transaksi pertama.

BisnisHandal.com, Bagi anda yang pernah membuka toko online di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, Kaskus, dan sejenisnya pasti pernah merasakan betapa susahnya pecah telur alias mendapat pembeli pertama alias membuat transaksi pertama.

Padahal pecah telur atau mendapatkan transaksi pertama kali sangatlah penting dalam berbisnis online di berbagai situs e-commerce di manapun. Selain menjadi penyemangat kita dalam berjualan online, transaksi pertama inilah yang akan menjadi pemicu atau trigger atas transaksi kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Masalahnya di sini, tidak semudah itu mendapatkan pembeli pertama bagi toko-toko yang baru saja mendaftar di situs jual beli online. Karena bisa dikatakan 99% calon pembeli akan melihat kredibilitas toko dan produk sebelum memutuskan untuk membeli produk yang bersangkutan.

Jangankan toko yang nihil transaksi atau yang belum pecah telur, toko yang banyak transaksi namun ada review negatif saja sudah menjadi pertimbangan calon pembeli yang akan belanja online di toko tersebut.

Maka dari itu, pecah telur atau membuat transaksi pertama bisa dikatakan sebagai nyawa dari keberlangsungan toko online anda di situs jual beli online.

Cara Pecah Telur di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee

Berapa lama yang anda butuhkan untuk mendapatkan transaksi pertama di situs jual beli online? Jawabannya tidak tentu.

Jika anda cukup beruntung, mungkin bisa langsung pecah telur dalam hitungan hari atau minggu. Tetapi ada banyak sekali pedangang online yang belum pecah telur meskipun telah berjualan selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Apa yang salah?

Memang mayoritas transaksi di situs jual beli online terjadi karena faktor kepercayaan dari pembeli terhadap penjual, selain faktor promosi, harga, dan kualitas produk.

Jika anda telah lama berjualan di situs jual beli online dan belum pecah telur juga sampai sekarang, mungkin sudah saatnya mengikuti cara pecah telur di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sejenisnya berikut ini.

1. Buat Foto Produk Semenarik Mungkin

cara berjualan di tokopedia agar cepat laku

Tidak bisa dipungkiri, ketika belanja online maupun offline, seorang calon pembeli pasti melihat terlebih dahulu barang yang akan dia beli. Nyaris tidak mungkin terjadi transaksi di sebuah toko online yang penjualnya “lupa” mencantumkan foto produk yang mereka jual.

Karena itu, buatlah foto produk yang anda jual semenarik mungkin untuk diupload di toko online anda. Jangan lupa untuk menggunakan watermark seperlunya agar foto anda tidak dipakai oleh kompetitor anda.

Setelah foto dibuat, berikan informasi yang jelas namun tidak bertele-tele mengenai produk tersebut, seperti keterangan produk, ketersediaan ukuran, pilihan warna, varian rasa, dan sebagainya sesuai dengan produk yang anda jual.

Selain informasi yang jelas, anda juga wajib menggunakan gaya bahasa yang mengundang pembeli setidaknya untuk mencoba (testing) produk yang anda jual.

2. Perhatikan Harga Produk yang Anda Jual

cara jualan online di facebook

Label harga yang tepat bisa menjadi solusi atau cara pecah telur di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sejenisnya.

Banyak pedagang online baru yang salah kaprah mengira dengan menjual produk di harga yang lebih miring dari kompetitor akan mudah mendatangkan transaksi. Padahal itu adalah keliru besar.

Nyaris tidak akan ada pembeli yang akan belanja di toko yang transaksinya masih nol meskipun harganya jauh lebih murah daripada kompetitor dengan produk yang sama. Yang ada pembeli akan curiga kalau yang dijualnya tersebut jangan-jangan barang KW, barang yang mendekati kadaluarsa, barang rekondisi, barang palsu, barang ilegal, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, anda perlu memberikan label harga yang tepat pada produk yang anda jual, bukannya memberikan harga terlalu miring yang justru akan memancing kecurigaan pembeli.

Sebagai contoh, jika kompetitor sejenis anda menjual produk yang sama dengan anda seharga Rp 100.000, maka anda bisa menjualnya seharga Rp 99.900 atau Rp 99.000.

Ingat hukum dagang yang paling utama, pembeli akan langsung berpaling ke produk yang lebih murah meskipun selisihnya hanya 1 sen.

3. Gunakan Fitur Promosi (Adsense)

cara mendapat penjualan pertama di  tokopedia

Setiap situs jual  beli online akan menyediakan fitur promosi berbayar (adsense) yang memungkinkan anda untuk mempromosikan produk yang anda jual agar bisa menjangkau banyak sekali orang yang mengakses situs jual beli online tersebut.

Cara ini memang tidak gratis, tetapi cukup ampuh untuk membuat produk anda muncul di daftar teratas produk ketika orang-orang mengakses situs jual beli online. Dengan jangkauan pengguna yang lebih luas, kemungkinan terjadinya transaksi atas produk anda juga lebih besar.

4. Reupload Produk Anda

cara jualan online tanpa modal

Bukan rahasia umum lagi kalau situs-situs jual beli online besar seperti Tokopedia dan sejenisnya punya pedagang online yang jumlahnya ribuan, atau bahkan lebih.

Dengan ribuan penjual online tersebut, setiap harinya minimal ada jutaan produk yang saling berebut tempat untuk mendapatkan atensi pembeli.

Produk yang paling laris dan tingkat penjualannya paling tinggi tentu saja akan berada di urutan teratas halaman dan pencarian. Sedangkan produk yang tidak mendapatkan penjualan sama sekali, dengan sangat menyesal harus berada di urutan paling akhir.

Jika anda enggan menggunakan fitur promosi untuk menaikkan (pinned up) produk anda ke atas, jalan lainnya adalah dengan mereupload produk anda. Sistem di situs jual beli online akan selalu otomatis menampilkan produk yang baru diupload di urutan teratas selama beberapa jam lamanya.

Dengan mereupload produk anda, maka produk tersebut akan secara otomatis tampil di urutan teratas di situs jual beli online dan akan mendapatkan lebih banyak atensi dari calon pembeli.

5. Promosi di Semua Akun Sosial Media

cara jualan baju online

Media sosial sering kali menciptakan keajaiban ketika seseorang sudah hampir putus asa. Karena media sosial adalah penghubung yang paling efektif seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Jadi, promosi di akun sosial media sebagai solusi dari cara pecah telur di Tokopedia dan sejenisnya untuk mendapatkan penjualan perdana anda adalah sangat tepat.

Sertakan link produk anda di situs jual beli online pada setiap postingan anda di Instagram, Facebook, Twitter dan sejenisnya ditambah dengan caption yang menarik. Jika anda memiliki banyak pengikut atau teman, dijamin tidak butuh lama bagi anda untuk segera pecah telur.

6. Review Kembali Produk yang Anda Jual

jualan online paling laris

Jika sudah berbulan-bulan barang anda tidak ada yang laku padahal sudah jor-joran melakukan step 1 sampai 5 di atas, maka sudah saatnya anda review kembali produk yang anda jual. Jangan-jangan ada yang salah dengan produk anda tersebut.

Bisa saja produk anda tersebut tidak cocok dengan sistem penjualan online, harganya terlalu mahal, produk di toko anda yang terlalu sedikit, atau anda sudah tidak online di toko dalam jangka waktu yang lama.

Produk yang memiliki dimensi besar dan berat sudah pasti tidak akan cocok dengan sistem penjualan online yang pengirimannya lewat jalur udara. Produk yang harganya di atas harga pasar juga tidak akan laku, entah itu lewat penjualan online maupun offline.

Jika produk anda terlalu sedikit, misalnya hanya 2 atau 3 produk di toko online anda atau anda sudah berhari-hari atau berminggu-minggu tidak online di toko, maka pembeli akan bertanya-tanya apakah anda betul-betul serius berjualan online atau tidak.

7. Membeli Sendiri Produk yang Anda Jual

cara berjualan online di instagram

Cara pecah telur di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sejenisnya yang terakhir dan sangat tidak recommended adalah membeli sendiri produk yang anda jual.

Cara ini memang kelihatannya sedikit curang, tapi banyak penjual online yang melakukannya agar membuat produk mereka terlihat laris yang akan mendatangkan pembeli-pembeli lainnya.

Anda memang tidak bisa membeli produk yang anda jual dengan akun yang sama, tetapi anda bisa meminjam akun teman, keluarga, atau saudara anda untuk membeli produk yang anda jual di situs jual beli online.

Dengan adanya penjualan, biasanya akan sangat efektif dalam memacu penjualan yang lainnya juga.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 7 cara mudah yang dalam mendapatkan transaksi pertama di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sejenisnya. Semoga artikel tersebut bisa memberikan manfaat bagi anda.[BH/CS]

Tinggalkan komentar