8 Cara Sukses Jualan Online Paling Laris Untuk Pemula yang Dari Nol

Sharing is caring!

Cara Sukses Jualan Online ~ Bagaimana trik sukses dalam berjualan online untuk pemula yang memulai usahanya dari nol sehingga mendatangkan keuntungan yang besar? Temukan jawabannya berikut ini!

BisnisHandal.com, Memulai usaha online memang terdengar sangat potensial dan menjanjikan. Bagaimana tidak, dengan modal yang pas-pasan dan ditambah lagi dengan waktu yang fleksibel, anda berpotensi mendapatkan income yang tidak terbatas setiap harinya.

Tetapi dalam prakteknya tentu tidak semudah teori dari mereka yang sebelumnya telah sukses dari perkecimpung di dunia jualan online.

Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan agar bisa sukses berjualan online. Jika anda langsung berjualan online tanpa ada persiapan apa-apa, bisa saja usaha anda pada akhirnya akan diam di tempat atau mungkin saja gagal.

Lantas, apa saja cara atau trik yang perlu dilakukan oleh para pedagang online yang baru memulai usahanya dari nol agar tetap bisa bertahan dari sengitnya kompetitor usaha sejenis?

8 Cara Sukses Jualan Online Dengan Modal Terbatas Menjadi Usaha Menjanjikan

Berikut ini adalah 8 cara sukses jualan online yang akan membantu anda yang memulai usaha toko online dari nol dengan modal yang terbatas menjadi usaha yang menjanjikan.

1. Mencari Ide Produk yang Tepat untuk Jualan Online

cara jualan online di instagram

Untuk menjadi penjual online yang sukses, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari ide produk yang tepat untuk jualan online.

Dalam mencari ide produk yang tepat untuk jualan online, perhatikan apa saja barang yang paling dicari di berbagai situs jual beli online.

Kemudian anda bisa menganalisa bagaimana peluang anda dari produk-produk laris tersebut. Kira-kira apakah anda bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor anda atau tidak.

Jika anda rasa berat untuk bersaing dengan para kompetitor anda, maka anda bisa mencari produk yang serupa dengan pangsa pasar yang lebih segmented atau mengganti ke produk yang lain.

Cara sukses jualan online satu ini memang susah-susah gampang. Karena pemilihan produk akan mempengaruhi bagaimana bisnis anda ke depannya, maka dari itu, anda harus memilih produk yang benar-benar tepat.

Baca: Ingin Sukses dan Jago Jualan Online, Pelajari 5 Kunci Sukses Reseller Ini

2. Menemukan Supplier yang Cocok

Setelah menemukan ide produk yang tepat, cara sukses jualan online berikutnya adalah mencari dan menemukan supplier yang tepat untuk produk yang akan anda jual.

Karena ini menyangkut kerja sama bisnis untuk jangka panjang, maka anda tidak usah terburu-buru dalam mencari supplier untuk produk yang anda jual.

Carilah supplier yang menurut anda paling cocok, baik dari segi produk, harga yang ditawarkan, atau kemudahan dalam kerja sama bisnis.

Dengan menjalin kerja sama dengan supplier yang cocok, anda akan mendapatkan banyak kemudahan, seperti penjualan langsung dari supplier dengan cara dropship atau keringanan tempo pembayaran.

3. Membuka Toko Online di Situs yang Banyak Pengunjungnya

Ada banyak sekali pilihan dalam membuka toko online. Salah satunya adalah melalui situs ecommerce atau di situs jual beli online.

Cara ini lebih dianjurkan daripada anda harus membuat blog atau website sendiri atau akun sosial media sendiri dalam berjualan. Mengapa demikian?

Pertama, karena situs jual beli online adalah sebuah pusat perbelanjaan virtual besar dengan jumlah pengunjung dan transaksi yang luar biasa banyak. Jadi potensi untuk mendapatkan banyak pembeli atau transaksi juga akan semakin besar.

Keuntungan kedua dari membuka toko di situs jual beli online adalah anda bisa memaksimalkan penjualan lewat berbagai arah.

Selain bisa menarik pengunjung di situs jual beli online, anda juga bisa memaksimalkan penjualan dengan mempromosikan toko online anda di berbagai akun sosial media. Jadi ibaratnya, sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlampaui.

Karena sangat dianjurkan untuk memulai usaha di situs jual beli online, maka pilihlah situs jual beli online yang pengunjungnya banyak.

4. Menciptakan Nama Toko dan Brand yang Baik

Berbeda dengan penjualan langsung dimana para pembeli bisa mendatangi toko anda dan memilih barang belanjaan sendiri, transaksi secara online sama sekali tidak membutuhkan toko secara fisik.

Jadi, untuk mendapatkan impresi dari para calon pelanggan, anda dituntut untuk sekreatif mungkin. Salah satunya adalah dengan menciptakan nama toko dan brand yang baik.

Cara sukses jualan online satu ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan toko ke depannya.

Dengan nama toko atau brand yang baik, para pengunjung akan lebih mudah mengingat dan mendapatkan impresi yang baik terhadap brand atau toko anda.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menggunakan nama toko atau brand yang terdiri dari kata, huruf, atau karakter yang tidak jelas, membingungkan, sulit diingat, dan terdapat simbol atau kata yang tidak sopan.

Baca: 7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku Untuk Pemula dengan Modal Kecil

5. Foto Produk yang Menarik dengan Deskripsi yang Jelas

Selain nama toko dan brand yang baik, yang pertama kali dilihat oleh pengunjung tentu saja adalah foto produk yang anda jual.

cara pintar jualan online

Karena ini adalah penjualan secara online, tentu saja pembeli tidak akan melihat langsung atau mencoba langsung produk yang anda tawarkan. Mereka hanya mengamati dari tampilan foto dan deskripsi yang anda buat.

Maka dari itu, sebagai salah satu cara sukses jualan online, anda harus betul-betul membuat foto produk yang menarik dan deskripsi yang padat, jelas, mudah dimengerti, dan menarik orang untuk mencobanya.

Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi editing foto yang ada untuk membuat gambar produk yang paling menarik dan ditambah dengan kata-kata promosi yang juga memancing orang untuk mencobanya.

Jangan lupa untuk menambahkan perincian berupa ketersediaan varian, ukuran, tipe, atau warna, harga jual, perkiraan berat produk (karena berhubungan dengan ongkos kirim), dan testimoni dari pelanggan.

6. Memanfaatkan Media Promosi Secara Maksimal

Cara sukses jualan online berikutnya adalah memanfaatkan media promosi secara maksimal.

Ada banyak sekali media promosi yang tepat untuk menunjang penjualan online anda, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Blog, dan lain-lain.

Anda harus bisa memanfaatkan media promosi ini secara maksimal untuk membantu meningkatkan penjualan di toko online anda. Caranya adalah selalu membangikan postingan berupa produk yang anda jual dan link menuju toko online anda.

Selain itu, manfaatkan media promosi online anda untuk menginformasikan setiap ada promosi diskon, promo bebas ongkir, atau ketika ada produk baru yang anda jual.

Dengan pemanfaatan media promosi yang maksimal, maka produk yang anda jual di situs jual beli online tersebut juga akan semakin laris.

7. Fast response

Fast response akan menjadi cara sukses jualan online berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan.

Maksud dari fast response ini adalah kecepatan anda dalam menanggapi pertanyaan konsumen seputar produk atau bagaimana anda menyelesaikan masalah ketika mendapat komplain dari pelanggan anda.

cara daftar jualan online

Kecepatan anda dalam menanggapi berbagai pertanyaan konsumen seputar barang dagangan anda sangat penting. Karena itu adalah momen-momen penting yang harus anda manfaatkan secara maksimal untuk meyakinkan calon pembeli anda agar terjadi transaksi.

Jika anda telat dalam memberikan respon yang cepat, maka bisa saja para calon pembeli anda juga akan mengunjungi toko kompetitor anda. Dan parahnya lagi, jika kompetitor anda menanggapi lebih cepat dan bisa meyakinkan calon pembeli tadi, maka anda akan kehilangan transaksi yang berharga.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk selalu memasang alarm notifikasi apabila ada pertanyaan atau keluhan dari pembeli seputar produk yang anda pasarkan.

8. Membuat Harga yang Kompetitif

Dalam setiap transaksi jual beli, faktor harga sangatlah penting dan bisa dikatakan sebagai salah satu penentu dalam transaksi.

Karena biar bagaimana pun, konsumen akan selalu membandingkan harga yang anda tawarkan dengan harga yang ditawarkan oleh kompetitor anda, terutama untuk produk-produk yang sama atau setipe.

Berkaitan dengan hal tersebut, cara sukses jualan online berikutnya adalah selalu memperhatikan harga yang anda buat. Hendaknya anda memasang harga yang bisa bersaing dengan kompetitor anda.

Harga yang bersaing di sini maksudnya adalah harga yang serupa dengan kompetitor anda atau sedikit lebih murah namun masih masuk akal.

Meskipun anda bisa menjual produk dengan harga yang sangat murah, sangat tidak bijak jika anda menjualnya jauh di bawah harga pasar. Karena akan menimbulkan prasangka bahwa produk yang anda jual tersebut bisa jadi barang KW atau tidak original, barang black market, barang rekondisi, atau barang yang mendekati masa kadaluarsa.

Demikian juga sebaliknya. Jika anda menjual barang yang harganya lebih mahal dari kompeititor anda, maka para calon pembeli akan kabur ke kompetitor anda.

Maka dari itu, tetapkanlah harga jual yang masuk akal dan buatlah persaingan harga yang sehat untuk jualan online paling laris anda.

Baca: Ingin Buka Online Shop, Ketahui dulu 8 Usaha Online Shop Terlaris Berikut

Kedelapan cara sukses jualan online tersebut akan sangat bermanfaat terutama bagi anda pedagang baru yang memulai bisnis online dari nol dengan modal yang terbatas. [BH/CS]

Tinggalkan komentar