4 Cara Cek Nomor NPWP Online atau Offline untuk Melihat Status Aktifnya

Sharing is caring!

Cek Nomor NPWP Online ~ Bagaimana cara mengetahui status aktif NPWP? Berikut ini adalah 4 cara paling gampang untuk cek nomor NPWP untuk mengetahui status aktifnya.

BisnisHandal.com, Saat ini, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah kartu sakti yang cukup banyak digunakan dalam berbagai keperluan administrasi, mulai dari pekerjaan, wirausaha, paspor, atau berbagai keperluan administrasi perbankan.

Oleh karena itu, setiap warga negara yang penghasilannya sudah memiliki syarat kena pajak diwajibkan untuk memiliki NPWP.

Pada dasarnya NPWP adalah kartu yang tidak memiliki masa aktif seperti SIM, Kartu ATM, Kartu Kredit, dan sejenisnya. Ini berarti kartu NPWP idealnya memiliki masa aktif seumur hidup.

Meski demikian, tidak berarti NPWP anda bisa terus menerus aktif selamanya. Terkadang beberapa kelalaian seperti telat dalam menunaikan kewajiban perpajakan, pindah domisili, dan sebagainya dapat menyebabkan anda kehilangan akses terhadap NPWP anda. Bisa jadi NPWP anda dibekukan (di-nonaktifkan/NE) atau pihak perpajakan melakukan penghapusan terhadap kartu NPWP anda.

Jika sudah demikian, nantinya beberapa proses administrasi yang mewajibkan penggunaan NPWP jadi terhambat. Padahal seharusnya bisa dilakukan dengan cepat hanya dengan NPWP saja.

Cara Cek Nomor NPWP Online maupun Offline

Untuk memastikan aktif tidaknya nomor NPWP anda, tidak ada salahnya anda melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan NPWP ini bisa dilakukan secara online maupun offline.

Berikut ini adalah cara cek nomor NPWP online maupun offline untuk mengetahui status aktif NPWP anda.

1. Cek Nomor NPWP dari Situs DJP Online

cek no npwp dengan nama

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui status aktif tidaknya nomor NPWP anda adalah melalui situs DJP Online.

Untuk bisa mengakses situs ini, terlebih dahulu anda harus mendaftarkan atau register terlebih dahulu untuk mendapatkan user loginnya.

Cara pendaftarannya adalah anda tinggal mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama terdekat di tempat anda untuk meminta nomor EFIN atau Electronic Filing Identification Number.

Nah setelah mendapatkan nomor EFIN, anda tinggal memasukkannya ke situs DJP online untuk keperluan registrasi DJP online. Setelah registrasi selesai, anda tinggal mengecek nomor NPWP online anda apakah masih aktif ataukah sudah tidak aktif lagi.

Selain untuk melakukan pengecekan status aktif NPWP, situs DJP online juga bisa digunakan untuk membuat laporan pajak secara online.

2. Cek Nomor NPWP melalui Situs Surat Setoran Elektronik

cek npwp lupa nomor

Cara cek nomor NPWP online yang kedua adalah melalui situs Surat Setoran Elektronik (SSE3). Untuk bisa melakukan pengecekan NPWP di situs ini, terlebih dahulu anda harus registrasi akun untuk mendapatkan pin login.

Caranya tinggal masuk ke menu registrasi dan isi data-data seperti nomor NPWP, Nama Lengkap, Email, dan PIN untuk login nantinya.

Nah jika sudah berhasil melakukan registrasi, kedepannya anda bisa mengecek masa aktif NPWP anda kapanpun dengan tinggal memasukkan nomor NPWP dan kode login saja.

Selain untuk mengecek status aktif NPWP, situs ini juga bisa dipergunakan untuk registrasi e-Billing Pajak.

3. Cek Nomor NPWP Lewat Kring Pajak 1500200

kartu NPWP

Jika anda ingin mengecek status aktif tidaknya nomor NPWP anda secara offline, bisa menghubungi nomor Kring Pajak 1500200 atau (021) 1500200.

Anda bisa menghubungi kring pajak pada hari kerja mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Selain bisa mendapatkan informasi mengenai status aktif tidaknya nomor NPWP, anda juga bisa menyampaikan berbagai macam keluhan sehubungan dengan perpajakan.

4.  Cek Nomor NPWP dengan Mendatangi KPP Terdekat

syarat membuat NPWP karyawan

Cara cek nomor NPWP yang terakhir adalah dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama terdekat di kota anda.

Nantinya di KPP anda akan dilayani oleh petugas pelayanan pajak. Selain mengetahui status aktif tidaknya nomor NPWP, anda juga bisa mengurus NPWP yang non aktif untuk diaktifkan kembali, atau meminta penggantian apabila kartu NPWP anda hilang atau rusak.

Hal Hal yang Menyebabkan NPWP Non Efektif (NE)

formulir NPWP

Selain melakukan pengecekan status aktif tidaknya NPWP, ada baiknya anda juga mengetahui hal-hal yang menyebabkan NPWP tidak aktif atau istilahnya non efektif (NE).

Beberapa penyebab NPWP non efektif atau dihapuskan adalah sebagai berikut.

  • Karena sesuatu hal tidak lagi menjalankan usaha atau pekerjaan bebas
  • Penghasilan per tahun di bawah Rp 54 juta sehingga termasuk golongan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)
  • Pernah mengajukan permohonan penghapusan NPWP
  • Berdomisili di luar negeri lebih dari 183 hari dalam satu tahun
  • Wanita telah kawin dan memiliki NPWP terpisah dengan suami namun tidak berniat melakukan kewajiban perpajakan secara terpisah
  • Pindah alamat dan tidak diketahui alamat yang baru

Baca Juga:

Jika ternyata status NPWP anda adalah NE atau non efektif, yang perlu anda lakukan adalah mendatangi Kantor Pelayanan Pajak terdekat dan melakukan pengajuan untuk aktivasi kembali NPWP. Nantinya anda akan diberikan formulir yang harus diisi untuk keperluan aktivasi NPWP.

Demikianlah cara cek nomor NPWP online maupun offline dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengecek status NPWP nantinya. [BH/HT]

Tinggalkan komentar