Contoh Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Jawabannya

Sharing is caring!

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate ~ Anda sebagai fresh graduate bingung dan deg-degan akan menghadapi interview kerja? Contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate beserta solusi jawabannya di bawah ini akan membantu anda mempersiapkan interview dengan baik.

Melamar pekerjaan bagi seorang fresh graduate atau lulusan perguruan tinggi tanpa memiliki pengalaman kerja sebelumnya bukanlah sesuatu yang mudah.

Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan yang sudah berpengalaman daripada karyawan fresh graduate karena membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk melatih karyawan baru tersebut.

Namun jika anda tidak meyerah dan terus mencoba melamar pekerjaan, peluang untuk diterima bekerja seorang fresh graduate juga tetap ada.

Setelah menerima panggilan kerja, yang harus anda persiapkan adalah persiapan mental agar bisa menjawab pertanyaan interview dengan sebaik-baiknya.

Akan tetapi, meskipun sudah mempersiapkan mental dengan baik, ada kalanya sebagai fresh graduate yang belum pernah diinterview kita merasa gugup atau deg-degan.

Baca : Sebelum Melamar Kerja, Kenali Dulu Perbedaan CV dan Resume Berikut

Perasaan gugup, nervous, dan sejenisnya bisa sangat berbahaya karena akan mengganggu performa kita selama diinterview. Karenanya, akan lebih baik jika kita sudah mengetahui kisi-kisi pertanyaan interview sebelumnya agar bisa mempersiapkan jawaban dengan baik.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Solusi Jawabannya

Berikut ini adalah contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang mungkin ditanyakan selama wawancara kerja.

A. Pertanyaan Pembuka tentang Data Diri

pertanyaan wawancara kerja untuk pemula

Pertanyaan pembuka tentang data diri adalah pertanyaan awal yang bersifat basa basi untuk mencairkan suasana. Namun anda jangan menganggap remeh mengenai pertanyaan ini karena jawaban yang baik akan memberikan kesan yang baik pula bagi pewawancara.

Jika kesan pertama anda sudah buruk, maka kemungkinan anda akan tidak diterima bekerja di perusahaan yang anda lamar.

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate mengenai data diri.

1. Silahkan Memperkenalkan Diri Anda!

Jawaban:

“Nama saya Tiara Amelia. Saya adalah lulusan Teknik Komputer Universitas Indonesia. Saya baru lulus kuliah dengan cumlaude 3 bulan yang lalu.”

2. Mengapa Memilih Teknik Komputer?

Jawaban:

“Sejak kecil saya memang sangat menggemari semua hal yang berhubungan dengan komputer, terutama perangkat lunak. Karena menurut saya perangkat komputer adalah jendela untuk menuju masa depan dunia.”

3. Apa Cita-Cita Anda?

Jawaban:

“Sejak duduk di bangku SMA saya sudah bercita-cita menjadi seorang software engineer di mana saya bisa terus mengasah kemampuan dan minat saya pada dunia perangkat lunak komputer.”

4. Ceritakan tentang Keluarga Anda?

Jawaban:

“Saya adalah anak bungsu dari 2 bersaudara. Saya memiliki seorang kakak yang saat ini tinggal dan bekerja di Kalimantan. Ayah saya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan ibu saya adalah ibu rumah tangga.”

“Saat ini saya bersama keluarga tinggal di rumah dinas ayah di daerah Kebayoran Baru.”

5. Apakah Anda Memiliki Keterampilan Lain selain Pendidikan Formal?

Jawaban:

“Saya bisa bernyanyi sambil memainkan alat musik gitar karena mewarisi bakat ibu saya yang dulunya adalah seorang penyanyi event.”

“Saya juga menguasai bahasa Jepang dan Perancis dan pernah menjuarai kompetisi penulisan esai berbahasa Perancis yang diadakan di kampus 2 tahun yang lalu.”

6. Selama Waktu Menganggur Setelah Lulus, Apa Kegiatan Anda?

jenis wawancara kerja

Jawaban:

“Selama 3 bulan setelah lulus kuliah saya aktif sebagai volunteer di sebuah organisasi masyarakat dengan misi mengedukasi para remaja agar bisa menggunakan media sosial dengan bijak dan positif.”

“Selain mengasah kemampuan saya dalam berorganisasi dan berinteraksi dengan masyarakat, kegiatan organisasi tersebut juga menurut saya bisa memberikan impact positif bagi para remaja agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang bisa timbul dari media sosial, seperti hoax, ujaran kebencian, dan sebagainya.”

B. Pertanyaan Inti

Setelah pihak pewawancara menanyakan masalah data diri anda, sekarang saatnya pertanyaan interview kerja fresh graduate menuju pada pembahasan inti.

Pertanyaan inti biasanya berupa karakter, kemampuan dan keterampilan anda serta kecakapan anda dalam menghadapi masalah.

 Berikut ini adalah contoh pertanyaan yang sering ditanyakan.

1. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda

Jawaban:

“Kelebihan saya adalah saya adalah orang yang tidak suka menunda pekerjaan, jujur, cepat belajar, dan mampu berpikir dan bertindak cepat meskipun berada dalam tekanan.”

“Namun saya punya kelemahan yaitu pelupa. Untuk menyiasatinya, saya selalu membawa catatan kemanapun saya pergi untuk mencatat semua agenda atau to do list yang akan saya lakukan dalam waktu dekat.”

2. Anda Bisa Bekerja di Bawah Tekanan?

Jawaban:

“Ya, kemampuan dalam bekerja di bawah tekanan adalah salah satu kelebihan saya.”

3. Bagaimana Anda Memandang Sebuah Kritik yang Ditujukan untuk Anda?

Jawaban:

“Kritik adalah pendapat yang diberikan oleh orang lain untuk saya. Saya akan senang hati menerima kritik selama itu merupakan kritik yang membangun. Karena dengan adanya kritik tersebut, saya akan termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sekarang.”

4. Apakah Anda Bisa Bekerja dalam Tim?

Jawaban:

“Ya saya bisa bekerja dalam tim. Karena selama mengikuti organisasi di kampus dan organisasi masyarakat setelah lulus kuliah, saya sudah belajar membiasakan diri untuk bekerja dalam tim.”

“Inti jika kita bekerja dalam tim adalah selalu berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti oleh semua anggota tim. Jika kita berusaha menjalankan tugas dengan baik dalam tim, anggota tim lain juga akan ikut termotivasi untuk melakukan yang terbaik.”

5. Menurut Anda, Tipe Orang seperti Apa yang Sulit Bekerja Sama dalam Tim?

pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya

Jawaban:

“Menurut saya, orang yang sulit untuk bekerja sama dalam tim adalah orang yang malas, selalu memandang segala sesuatu dari sisi negatif, tidak jujur, suka melanggar aturan, sering mengeluh, dan memanfaatkan waktu produktifnya untuk menggunjing orang lain.”

6. Jika Anda Mendapat Masalah Besar dalam Suatu Pekerjaan, Apa yang akan Anda Lakukan?

Jawaban:

“Sebetulnya yang namanya masalah selalu datang satu paket bersama dengan solusinya. Jadi saya tinggal menganalisa akar permasalahannya di mana untuk mencari solusi yang terbaik dalam mengatasinya.”

“Setelah masalah teratasi, saya akan melakukan tindakan pencegahan agar masalah tersebut tidak berulang di kemudian hari.”

7. Apakah Anda Bersedia Bekerja Lembur?

Jawaban:

“Selama itu adalah kewajiban atau tanggung jawab saya sebagai karyawan dan saya mendapatkan hak sebagai karyawan, saya dengan senang hati bekerja lembur.”

8. Apakah Anda Sudah Mengenal Perusahaan Kami Sebelumnya?

Jawaban:

“Ya. Saya sudah sangat mengenal perusahaan ini sebelumnya karena banyak teman-teman saya yang membicarakan kemajuan perusahaan ini. Selain itu, produk perusahaan ini juga sangat diterima oleh masyarakat, termasuk saya.”

9. Apa yang Membuat Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Jawaban:

“Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan startup yang sangat berkembang dan maju dalam 3 tahun belakangan ini karena memiliki manajemen yang baik, tim kerja yang luar biasa, dengan produk yang sangat diterima oleh masyarakat.”

“Karena itu saya akan merasa bangga apabila bisa ikut memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan ini.”

10. Anda Menyukai Lingkungan Kerja Seperti Apa?

Jawaban:

“Saya menyukai lingkungan kerja yang memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas, lingkungan yang transparan dan adil dengan jenjang karir yang jelas.”

“Saya menyukai teman-teman kerja yang positif, bersemangat, jujur, dan saling support satu sama lain.”

11. Apa Anda Bersedia Jika Ditempatkan di Luar Kota?

pertanyaan interview kerja fresh graduate smk

Jawaban:

“Ya. Pada saat saya mengambil keputusan untuk melamar pekerjaan di sini, berarti saya sudah siap menerima segala tanggung jawab dan bentuk pekerjaan yang harus saya jalani, termasuk bekerja di luar kota.”

C. Pertanyaan Penutup

Sesi pertanyaan interview kerja fresh graduate yang terakhir adalah pertanyaan penutup.

Pertanyaan penutup biasaya hanya berupa gaji dan kesiapan untuk bisa bekerja jika diterima.

Berikut pertanyaan yang mungkin muncul di sesi terakhir interview kerja fresh graduate.

1. Untuk karyawan Fresh graduate, Kami hanya Memberikan Gaji Rp 3 juta per Bulan. Apa Anda Keberatan?

Jawaban:

“Saya tidak keberatan karena saya memang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.“

2. Dengan Gaji Demikian, Apakah Anda akan Tetap Berkomitmen Memberikan yang Terbaik bagi Perusahaan?

Jawaban:

“Ya, saya akan memberikan seluruh kemampuan terbaik saya untuk kemajuan perusahaan.  Karena saya percaya kedepannya, jika saya memberikan yang terbaik, maka saya juga akan mendapatkan yang terbaik dari perusahaan.”

3. Jika Anda Diterima, Kapan Bisa Mulai Bekerja?

pertanyaan interview kerja fresh graduate bahasa inggris

Jawaban:

“Saya siap bekerja di sini kapanpun perusahaan menginginkan saya.”

Baca : 36 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Solusi Jawaban Terlengkap

Itulah tadi contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate beserta solusi jawabannya yang bisa membantu anda dalam mempersiapkan interview anda dengan baik.

Semakin baik anda menjawab pertanyaan, maka kemungkinan anda untuk diterima bekerja juga semakin besar. [BH/CS]

Tinggalkan komentar