8 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif yang Menjanjikan dan Jarang Ada

Sharing is caring!

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif ~ Apakah anda butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah? Salah satu dari delapan contoh usaha ini mungkin adalah yang anda cari.

BisnisHandal.com, Ada banyak sekali pertimbangan ketika seseorang hendak memulai sebuah bisnis. Selain mempertimbangkan modal yang perlu dipersipakan, pemilihan jenis usaha juga sangat penting.

Usaha yang tepat dengan respon pasar yang baik tentu akan memberikan peluang yang tinggi akan keberhasilan usaha yang akan anda jalankan. Akan tetapi, tingginya persaingan bisnis yang serupa tentu akan jadi pertimbangan tersendiri.

Akan sangat baik apabila anda bisa memulai sebuah bisnis dengan terobosan baru. Misalnya memulainya dengan usaha kreatif dan inovatif yang jarang ada pesaingnya. Dengan demikian, anda akan memiliki peluang yang sangat besar dalam merebut pasar.

8 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif yang Unik dan Jarang Ada Pesaing

Berikut ini adalah 8 contoh usaha kreatif dan inovatif yang tidak hanya jarang ada pesaingnya, tetapi juga sangat menguntungkan di masa yang akan datang.

1. Jasa Video Editor

Salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif yang masih jarang pesaingnya adalah jasa video editor.

ide bisnis kreatif dan unik

Mengapa orang membutuhkan jasa seorang video editor? Jawabannya adalah karena mayoritas Youtuber perlu untuk mengedit konten video mereka agar layak untuk diunggah ke situs Youtube.

Karena tidak semua Youtuber memiliki waktu dan mampu mengedit konten video mereka sesuai yang mereka harapkan, di sinilah dibutuhkan jasa seorang video editor.

Untuk bisa menjadi seorang video editor, anda harus menguasai minimal satu dari sekian banyak software yang bisa mengedit video. Setelah itu, anda sudah bisa menerima job dari para Youtuber dengan bayaran berdasarkan durasi video dan tingkat kerumitan editingnya.

Karena jasa video editor ini sangat fleksibel dan tidak membutuhkan jam kerja yang khusus, maka bisa anda jadikan sebagai ide bisnis unik mahasiswa maupun usaha paruh waktu karyawan.

2. Kursus Masak Online

Kursus masak online bisa menjadi salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif yang masih sangat jarang pesaingnya, namun sangat menguntungkan.

Pangsa pasar untuk kelas kursus masak online adalah para remaja dan ibu-ibu muda. Tetapi bisa juga dari masyarakat awam juga banyak yang tertarik untuk belajar memasak.

Kursus masak online sendiri akan jauh lebih praktis daripada kursus masak konvensional yang membutuhkan ruangan dan dapur yang luas dengan peralatan masak yang banyak. Dengan kata lain, anda akan jauh lebih menghemat modal.

Apalagi mengingat kursus ini diselenggarakan secara online, jadi segala keperluan masak dan bahan-bahan akan disediakan sendiri oleh para siswa di rumah mereka masing-masing.

Jadi jika anda mencari ide bisnis kreatif dan unik dengan modal kecil, maka tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini.

3. Sewa Tas dan Sepatu untuk Pesta

Contoh usaha kreatif dan inovatif berikutnya yang belum banyak pesaing adalah usaha sewa tas dan sepatu untuk pesta.

bisnis unik yang menguntungkan

Pangsa pasar usaha ini adalah wanita kalangan menengah dengan rentang usia antara 17 hingga 50 tahun.

Usaha sewa tas dan sepatu untuk pesta bisa menjadi alternatif yang baik dengan pangsa pasar yang potensial dan menjanjikan untuk saat ini.

Hal ini dikarenakan para wanita biasanya enggan menggunakan tas dan sepatu yang sama terus setiap kali mereka pergi ke pesta.

Dengan adanya usaha sewa tas dan sepatu, banyak wanita akan menghemat budget untuk membeli tas dan sepatu yang hanya digunakan untuk beberapa kali pemakaian saja.

4. Jasa Konsultan Pernikahan

Jasa konsultan pernikahan bisa menjadi contoh usaha kreatif dan inovatif, terutama untuk anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi.

Peluang usaha jasa konsultan pernikahan ini lahir dari fenomena di mana ada pasangan yang mengalami masalah dalam pernikahan mereka sehingga membutuhkan konseling dari orang ketiga.

Dengan adanya seorang konsultan pernikahan, diharapkan bisa memberikan masukan dan pendapat yang akan bermanfaat bagi kelangsungan sebuah pernikahan.

Jasa konsultan pernikahan bisa menjadi salah satu peluang usaha kreatif yang menjanjikan di Indonesia mengingat angka perceraian di Indonesia yang cukup tinggi.

5. Personal shopper

Seorang personal shopper bertugas merekomendasikan dan membelanjakan berbagai produk barang yang dibutuhkan untuk clientnya.

Keberadaan seorang personal shopper sangat dibutuhkan oleh orang-orang kaya dengan tingkat kesibukan yang tinggi atau figur publik yang harus menjaga privasi mereka ketika berbelanja.

butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah

Meskipun ide bisnis unik satu ini bukan termasuk profesi yang banyak peminatnya, tetapi seorang personal shopper akan dihargai dengan sangat fantastis.

Karena seorang personal shopper tidak hanya bertugas untuk belanja saja. Tetapi harus mengetahui perkembangan trend, kebutuhan si client, dan yang paling penting adalah menjaga privasi dari clientnya.

6. Usaha Souvenir Pernikahan

Meskipun termasuk barang yang murah meriah, usaha souvenir pernikahan sangatlah menjanjikan. Hal ini dikarenakan souvenir pernikaan biasanya akan dipesan dalam jumlah yang sangat banyak.

Tidak hanya itu, dengan modal kreativitas dan bahan baku seadanya anda bisa berkreasi menciptakan souvenir pernikahan yang unik dan menarik.

Usaha souvenir pernikahan ini sendiri relatif mudah untuk dijalankan karena anda bisa mempromosikannya secara online. Anda juga bisa menjual sample dari souvenir pernikahan di berbagai situs jual beli online.

Jadi buat anda yang butuh ide usaha kreatif untuk usaha di rumah, jangan lupakan usaha souvenir pernikahan.

Tidak hanya bisa dijadikan salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif, bisnis souvenir pernikahan sangatlah mungkin dijalankan oleh anda yang memiliki modal pas-pasan.

7. Jualan Aneka Camilan Unik

Dari sekian banyak contoh usaha kreatif dan inovatif, tidak sah rasanya jika kita tidak memasukkan aneka camilan unik yang banyak diperdagangkan secara online.

Ada banyak sekali camilan unik, seperti keripik nangka, keripik seblak, keripik kulit lumpia, keripik apel, keripik bayam, keripik jengkol, dan lain-lain.

Selain unik dan kreatif, camilan unik ini relatif mudah dipasarkan karena harga jualnya rata-rata sangat terjangkau.

Jadi untuk anda yang sedang mencari ide bisnis unik yang menguntungkan, tunggu apa lagi?

8. Menjadi Seorang Influencer/Selebgram

peluang usaha kreatif yang menjanjikan di indonesia

Salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif yang sedang sangat diminati pada saat sekarang ini adalah menjadi seorang influencer atau selebgram.

Seorang influencer atau selebgram adalah dia yang memiliki banyak pengikut di sosial media dan mampu mempengaruhi orang banyak dari setiap postingannya tersebut.

Untuk menjadi seorang selebgram, anda memang membutuhkan banyak sekali pengikut aktif di sosial media anda. Tetapi begitu sudah memiliki pengikut yang banyak, maka uang yang akan anda dapat juga tidak sedikit.

Akan ada banyak sekali tawaran endorsement dan iklan dari agensi-agensi iklan kepada seorang selebgram. Dan para selebgram ini biasanya dibayar berdasarkan jumlah banyaknya pengikut dan jenis postingan di sosial media mereka.

Seorang selebgram yang terkenal bisa meraup ratusan juta hingga miliran rupiah setiap tahunnya hanya dari postingan endorse produk di sosial media mereka.

Baca Juga:

Banyak pengusaha hebat justru memulai perjalanan mereka dari sebuah ide bisnis yang anti mainstream dan brilian. Jadi jangan takut untuk memulai usaha dengan ide-ide kreatif dan inovatif yang jarang terpikirkan oleh orang lain. [BH/CS]

Tinggalkan komentar