12 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan 2019

Sharing is caring!

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar ~ Usaha apa saja yang hanya memerlukan modal yang kecil tapi mampu meberikan keuntungan yang besar pada saat sekarang ini? Yuk cari tahu bersama1

BisnisHandal.com, Siapapun yang membangun sebuah usaha atau bisnis pastilah ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena memang itulah tujuannya seseorang membuka usaha atau bisnis.

Namun demikian, untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari sebuah usaha, apalagi yang baru dirintis, bukanlah perkara mudah. Apalagi jika kita tidak memiliki modal yang cukup besar untuk memberikan pondasi yang kuat pada usaha tersebut. Bisa-bisa bukan keuntungan yang didapat, tapi sebaliknya.

Karena itu, sangat penting bagi siapapun yang baru mau memulai suatu usaha agar tidak sampai salah memilih jenis usaha yang akan dijalani. Kalau bisa, pilihlah usaha yang bisa memberikan keuntungan yang maksimal dengan modal yang paling sedikit. Dengan demikian, kalaupun usaha ini nantinya akan mengalami kerugian, kerugian secara materi tersebut dapat ditekan serendah-rendahnya.

12 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan Saat Ini

Berikut ini adalah 12 contoh usaha yang hanya membutuhkan modal yang kecil, namun bisa memberikan keuntungan yang cukup besar bagi anda yang baru memulai berbisnis.

1. Usaha Jasa Cuci Motor

usaha kecil menguntungkan

Contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa anda jalankan pada saat ini adalah usaha jasa cuci motor. Usaha satu ini memerlukan dana yang relatif kecil pada awalnya.

Anda hanya harus mempersiapkan tangki air, pompa, kompresor, dan perlengkapan cuci motor lainnya. Jika anda tinggal di tepi jalan akan lebih bagus lagi karena tidak perlu sewa tempat usaha.

Untuk tempat usahanya sendiri juga tidak perlu dibuat mewah, asal bagian atap sudah tertutup, itu sudah cukup.

Jika usaha jasa cuci motor anda sudah mulai ramai, anda bisa merekrut karyawan dengan sistem gaji ataupun bagi hasil. Yang jelas usaha kecil menguntungkan satu ini akan cepat sekali balik modal, bahkan hanya dalam hitungan bulan.

2. Usaha atau Bisnis Blog

contoh usaha kecil kecilan

Bisnis blog adalah salah satu contoh usaha kecil kecilan yang bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan untuk mengisi waktu luang.

Bisnis ini sangat fleksibel dan bisa dijalankan oleh siapa saja, dari bisnis orang dewasa sampai jadi bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar. Karena konten tulisan yang dibuat bisa apa saja sesuai keahlian si pembuat blog.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar sebuah blog bisa menghasilkan uang. Mulai dari memasang iklan berupa Google Adsense, Afiliante Marketing, atau bisa berjualan produk di blog.

3. Usaha Dropship

usaha modal 1 juta

Usaha dropship bisa menjadi contoh usaha modal kecil untung besar dengan potensi bisnis yang luar biasa di masa mendatang.

Apalagi usaha ini cocok bagi anda yang memiliki modal terbatas karena cukup dijalankan hanya dengan bermodal perangkat smartphone dan koneksi internet saja.

Asalkan anda sudah menemukan agen atau supplier drophsip yang cocok bagi produk anda, anda bisa langsung memajang produk agen atau supplier tersebut di media sosial anda.

Nantinya jika anda pesanan masuk, agen atau supplier tersebut akan langsung mengirimkan barang yang diminta ke konsumen. Anda bisa melunasi pembayaran ke agen setelah transaksi beres.

4. Usaha Jasa Les Privat atau Bimbel

bisnis modal kecil untung besar untuk pelajar

Contoh usaha modal kecil untung besar berikutnya yang bisa anda jalankan adalah jasa les privat atau bimbel.

Jasa les privat ini nantinya disesuaikan dengan bidang ilmu yang anda kuasai, misalnya bahasa Inggris, komputer, matematika, dan sebagainya.

Kegiatan belajar mengajar juga bisa di rumah anda atau di rumah murid anda nantinya dengan waktu yang bisa disesuaikan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Karena sangat fleksibel, jasa les privat bisa menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga ataupun mahasiswa yang hendak mencari uang tambahan.

5. Usaha Katering Rumahan

usaha kecil sukses

Jika usaha katering besar seperti katering untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan lain-lain dirasa modalnya terlalu besar, anda bisa mencobanya dengan usaha katering rumahan terlebih dahulu.

Usaha katering rumahan bisa menjadi contoh usaha modal kecil untung besar asalkan anda mengelolanya dengan serius.

Rasa dan kualitas makanan adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam usaha katering rumahan.

Jika rasanya enak dan kualitas makanannya sesuai harga, usaha katering akan lebih mudah diterima masyarakat. Malahan usaha tersebut bisa menyebar dengan sendirinya dari mulut ke mulut.

Jangan lupa untuk mencari keunikan atau kelebihan dari usaha katering anda jika dibandingkan dengan pesaing karena hal inilah yang nantinya akan menentukan keberlangsungan bisnis katering anda.

6. Usaha Barbershop

bisnis modal kecil online

Contoh usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah usaha barbershop. Modal yang dibutuhkan untuk usaha barbershop, kecuali tempat usaha, adalah sangat kecil.

Anda hanya perlu mempersiapkan peralatan mencukur, cermin, meja, dan kursi saja.

Untuk karyawannya anda bisa menerapkan gaji bulanan atau sistem bagi hasil tergantung pada kesepakatan awalnya bagaimana.

Yang paling utama adalah pelayanan yang terbaik dan hasilnya yang memuaskan pelanggan akan membuat usaha kecil menguntungkan satu ini akan terus maju ke depannya.

7. Usaha Makanan Ringan

usaha rumahan ibu rumah tangga

Bisnis makanan ringan juga bisa menjadi salah satu usaha modal 1 juta kebawah yang memiliki prospek bisnis yang bagus.

Apalagi dengan banyaknya platform pemasaran online pada saat ini seperti berbagai sosial media atau situs jual beli online, anda bisa memasarkan produk makanan ringan anda ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Asalkan anda mematok harga yang masih terjangkau dengan kualitas dan rasa yang bisa diterima, salah satu contoh usaha modal kecil untung besar ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi anda.

8. Usaha Budidaya Kroto

peluang usaha rumahan di desa

Dahulu mungkin kroto atau larva/telur semut merah dibiarkan saja seperti tidak ada gunanya. Tetapi saat ini, kroto adalah salah satu produk yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena kelangkaannya.

Kroto adalah salah satu bahan pakan burung berikicau yang kaya akan gizi dan sulit dibuat penggantinya. Oleh karena itu, kroto akan selalu diburu oleh para pecinta burung setiap harinya.

Karena permintaan pasar yang amat tinggi inilah, semut merah sekarang sudah dibudidayakan untuk mengambil krotonya.

Dengan modal yang relatif kecil dan peralatan seadanya, anda bisa menjadikan usaha budidaya kroto ini sebagai salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan.

9. Usaha Kue Ulang Tahun

usaha yang menguntungkan di desa

Contoh usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah usaha kue ulang tahun. Meskipun biasanya merupakan usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan sambil mengurus anak, siapa sangka usaha kue ulang tahun bisa menjadi salah satu usaha kecil sukses di saat sekarang ini.

Dengan bahan-bahan ekonomis dan mudah didapatkan, dalam satu kali pesanan kue ulang tahun anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa mencapai 100%, atau bahkan lebih.

Apalagi kalau hasil kreasi kue ulang tahun anda bisa memuaskan dan rasanya juga enak, usaha anda akan berkembang dengan cepat dan anda harus bersiap kebanjiran pesanan.

10. Usaha Membuat Aplikasi Mobile

usaha rumahan yang lagi trend

Jika anda memiliki keahlian pemrograman komputer, keahlian anda ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar. Yaitu dengan membuat aplikasi mobile pada smartphone.

Untuk keperluan membaut aplikasi mobile ini anda bisa mengembangkannya secara mandiri atau sebagai freelance yang menerima pesanan aplikasi dari perusahaan tertentu dengan sistem fee.

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi smartphone, ada banyak sekali aplikasi mobile untuk keperluan hidup sehari-hari yang diminati, mulai dari aplikasi sosial media, musik, pendidikan, perbankan, olahraga, games, hingga hobi dan gaya hidup yang bisa dibuat aplikasinya.

Jadi dengan keahlian tertentu, usaha membuat aplikasi mobile adalah peluang usaha yang menjanjikan di masa depan dan sudah bisa anda mulai dari sekarang ini.

11. Usaha Jualan Hasil Fotografi Online

usaha sampingan ibu rumah tangga

Buat yang hobi fotografi atau memiliki koleksi foto yang bagus, anda bisa menjadikan hobi dan koleksi satu ini sebagai salah satu ladang bisnis yang menguntungkan.

Caranya sangat mudah, anda bisa menjual hasil fotografi secara online dengan menggunakan instagram atau situs download foto berbayar seperti Shutterstock, Big Stock Photo, Free Digital Photos, Fotolia, dan sebagainya.

Daripada hasil foto-foto anda cuma diupload di sosial media, bukankah lebih baik jika bisa dijual dan menghasilkan uang?

12. Usaha atau Bisnis MLM

bisnis yang laku setiap hari

Bisnis MLM juga bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar dengan prospek yang bagus pada saat sekarang ini.

Umumnya, biaya yang anda keluarkan untuk join di bisnis MLM tidaklah terlalu besar, tetapi dengan sistem penjualan yang bagus, beberapa bisnis MLM terpercaya akan memberikan bonus yang sangat tinggi untuk membernya.

Namun demikian, anda harus pintar-pintar memilih bisnis MLM yang bisa dipercaya dan memiliki sistem yang baik. Karena tidak semua binis MLM memiliki sistem penjualan yang bisa mensejahterakan para downline mereka.

Jadi cermatlah dalam memilih bisnis MLM agar anda bisa mendapatkan keuntungan kedepannya.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 12 contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa menjadi ide anda yang hendak memulai bisnis namun dengan modal yang terbatas. Semoga salah satunya bisa menjadi ide bisnis anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar