Freelance Adalah Apa? Pengertian Freelance beserta Keuntungannya

Sharing is caring!

Freelance Adalah ~ Freelance adalah apa? Yuk mari kita simak pengertian freelance beserta keuntungan, syarat, dan contoh pekerjaan freelance berikut ini.

BisnisHandal.com, Dalam percakapan sehari-hari atau media mungkin anda sudah sering mendengar istilah freelance. Kebanyakan mungkin sudah mengetahui apa itu freelance, atau gambaran kasarnya seperti apa. Tetapi mungkin ada yang belum mengetahui arti istilah freelance secara spesifiknya seperti apa.

Jadi mari kita cari tahu bersama apa itu freelance.

Pengertian Freelance Adalah…

freelance jobs

Secara etimologi, freelance dapat diartikan sebagai pekerja lepas atau tenaga kerja lepas. Nah kalau istilah pekerja lepas atau tenaga kerja lepas mungkin akan lebih familiar daripada freelance bukan?

Jadi pengertian freelance adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang atau pribadi secara mandiri tanpa terikat perjanjian atau kontrak yang mengikat dalam jangka panjang dengan perusahaan atau badan usaha atau perseorangan yang mempekerjakannya.

Sementara freelancer adalah orang yang melakukan pekerjaan lepas atau bekerja secara freelance.

Jadi seorang freelancer hanya menawarkan keahlian kepada perusahaan atau perseorangan dengan imbalan tertentu tanpa terikat pada jam kerja atau peraturan ketertiban lain dalam perusahaan tersebut.

Menjadi freelance berarti kita bekerja secara bebas, tidak mesti kerja online dari rumah saja, tetapi bisa di mana saja, baik bekerja secara online maupun offline. Meski demikian, seorang freelancer harus tetap mempertanggungjawabkan hasil pekerjaan kita kepada pihak yang akan membayar nantinya.

Bentuk tanggung jawab tersebut adalah pekerjaan yang terselesaikan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah disepakati di awal.

Keuntungan Menjadi Freelancer

kerja online di rumah

Bekerja dengan sistem freelance atau menjadi seorang freelancer tentu memberikan kita banyak sekali keuntungan. Beberapa keuntungan yang akan didapat kalau kita menjadi freelancer adalah sebagai berikut.

1. Jam Kerja yang Fleksibel

Seorang feelancer tidak terikat pada jam kerja perusahaan. Ia bisa bekerja dari jam berapa hingga jam berapa sesuai dengan yang diinginkan tanpa harus mengikuti aturan jam kerja kantor pada umumnya.

Tetapi karena jam kerja yang fleksibel, kedisiplinan akan menjadi faktor penting penentu keberhasilan sebuah pekerjaan freelance. Tanpa kedisiplinan yang tinggi, seorang freelancer akan selalu menunda-nunda pekerjaan dan membuatnya tidak produktif.

2. Tidak Terikat Peraturan Perusahaan

Selain jam kerja yang fleksibel, seorang freelancer juga tidak terikat peraturan ketertiban sebuah perusahaan. Beberapa sistem freelance memang mengharuskan seorang freelancer untuk melaporkan perkembangan pekerjaannya secara berkala. Namun sisanya membebaskan sang freelancer untuk bekerja kapan saja dan di mana saja asalkan hasilnya sesuai dengan keinginan pemberi kerja.

3. Penghasilan Sesuai dengan Hasil Pekerjaan

Berbeda dengan pekerja tetap seperti karyawan swasta atau pegawai negeri sipil yang gajinya sudah ditetapkan dalam jumlah tertentu setiap bulannya, penghasilan seorang freelancer justru tidak menentu. Jika sang freelancer disiplin dan bisa mengerjakan pekerjaan dengan cepat, maka akan menerima uang dengan cepat dan mengambil job atau proyek berikutnya.

Maka seorang freelancer bisa bekerja keras untuk mendapat penghasilan yang lebih banyak.

Syarat Freelance atau Menjadi Seorang Freelancer

lowongan kerja freelance terbaru

Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang freelancer adalah sebagai berikut.

1. Memiliki Keahlian Tertentu yang Spesifik

Syarat utama untuk menjadi seorang freelancer adalah memiliki keahlian tertentu yang spesifik. Karena keahlian inilah yang akan dijual untuk mendapatkan penghasilan. Tanpa memiliki keahlian yang spesifik, kita akan sulit menjadi seorang freelancer.

Namun demikian, bentuk keahlian seperti ini kebanyakan bisa dipelajari dalam kurun waktu tertentu. Jadi jika anda ingin menjadi seorang freelancer dalam bidang tertentu kedepannya, mungkin saat ini anda sudah bisa belajar keahlian yang berkaitan dengan bidang tersebut.

2. Disiplin

Disiplin bagi seorang freelancer adalah wajib. Karena seorang freelancer tidak punya jam kerja dan tempat pekerjaan yang pasti, tanpa adanya disiplin ia akan cenderung menunda pekerjaan. Dengan pekerjaan yang selalu tertunda bisanya akan berakibat terselesainya pekerjaan pada waktu yang lebih lama.

Semakin lama pekerjaan tersebut terselesaikan, makan semakin lama pula penghasilannya akan cair.

3. Memiliki Self Motivation

Terkadang seorang freelancer bisa saja merasa down karena tidak ada permintaan pekerjaan atau orang yang ingin memakai jasanya. Maka dari itu, ketika sedang down, ia harus memiliki semacam self motivation agar dirinya tetap bersemangat.

Mungkin dengan semangat tersebut, ia bisa mencoba mempromosikan dirinya atau hasil pekerjaannya di sosial media dan sebagainya. Sehingga ia akan membuat orang menyadari profesinya tersebut dan menawarkan bentuk kerja sama.

4. Cepat Beradaptasi

Seorang freelancer bisa mendapatkan customer atau pihak yang menawarkan kerja sama dengan dirinya dari kalangan mana saja. Tidak hanya itu, tabiat atau karakter orang yang akan bekerja sama dengan dirinya juga beraneka ragam.

Ada yang simple yang penting pekerjaannya selesai, namun tidak sedikit juga yang perfeksionis, otoriter, sampai yang berperangai buruk. Oleh karena itu, seorang freelancer dituntut harus cepat beradaptasi dengan berbagai mancam karakter orang dan berbagai kalangan masyarakat.

5. Mandiri

Karena seorang freelancer harus bekerja sendiri tanpa adanya atasan atau bawahan, kemandirian juga menjadi syarat penting untuk bisa bertahan dalam bisnis ini.

Bentuk kemandirian ini termasuk kecakapan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam situasi tertentu tanpa adanya rekan atau atasan yang bertanggung jawab.

Contoh Pekerjaan Freelance

kerja dirumah dapat gaji

Pekerjaan freelance adalah termasuk profesi yang mudah ditemui di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan freelance yang bisa memberikan penghasilan yang lumayan besar.

  • Arsitek
  • Penulis
  • Komposer Musik
  • Artis Figuran
  • Pemandu Wisata
  • Guru Les Privat
  • Fotografer
  • Designer Grafis
  • Konsultan Keuangan
  • Konsultan Pajak
  • Penerjemah
  • Make up artist, dll

Baca Juga:

Demikianlah tadi penjelasan mengenai pengertian freelance beserta keuntungan, syarat, dan contoh pekerjaannya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar