8 Ide Bisnis Startup 2019 yang Paling Potensial dan Menjanjikan

Sharing is caring!

Ide Bisnis Startup ~ Seperti apa ide bisnis startup yang paling potensial dan menjanjikan yang dapat menghasilkan jutaan dollar pada saat ini? Berikut ini jawabannya!

BisnisHandal.com, beberapa tahun belakangan ini bisnis startup betul-betul menggeliat, dari yang semula dipandang sebelah mata, seketika bertranformasi bisnis jutaan dollar yang siap mengancam para pebisnis konvensional.

Apa yang membuat bisnis startup tiba-tiba menjadi primadona bisnis dengan potensi yang luar biasa? Salah satunya adalah kecanggihan tekonologi internet yang semakin mewabah di berbagai lini lapisan masyarakat. Apalagi dengan perkembangan tekonologi smartphone yang sudah nyaris merata di berbagai kalangan.

Hal ini dimanfaatkan betul oleh para pengusaha sebagai cela bisnis baru yang akan membawa impact luar biasa dan masih akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Para pemain baru startup juga tidak tinggal diam. Apalagi dengan kesuksesan Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan kawan-kawan menjadikan bisnis startup primadona baru bukan hanya dari para pengembang, tetapi juga ladang bisnis yang gurih bagi para investor.

Lalu ide bisnis startup apa saja yang bisa menjanjikan untuk masa yang akan datang?

8 Ide Bisnis Startup 2019 yang Paling Menjanjikan di Masa Depan

Beberapa ide bisnis startup berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi anda karena akan sangat menjanjikan di masa yang akan datang.

1. Ide Bisnis Startup Katering Online

ide startup 2019

Katering adalah bisnis kuliner yang cukup menggiurkan terutama di daerah perkotaan dengan masyarakat yang cenderung padat aktivitas.

Agar bisnis katering menjadi semakin praktis dan jangkauannya lebih luas, anda bisa menjadikannya sebagai salah satu ide bisnis startup di era digital ini.

Caranya adalah mengubah sistem katering dari offline menjadi online.

Dengan sistem katering online, para pelanggan akan semakin mudah berlangganan katering anda dengan sistem registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya mereka akan memilih menu yang disediakan atau paket katering untuk jumlah dan jangka waktu tertentu.

Kemudian pelanggan akan membayar biaya katering dengan menggunakan transfer dan tinggal menunggu kateringnya diproses tanpa harus keluar rumah.

Dengan sistem registrasi online oleh pelanggan, pengusaha katering juga bisa mengantarkan katering sesuai dengan alamat dan waktu yang diminta oleh pelanggan tanpa mengalami kesulitan.

2. Ide Bisnis Startup Aplikasi Pencari Komunitas

ide bisnis berbasis teknologi

Setiap orang bisa saja memiliki hobi atau ketertarikan yang berbeda-beda. Karena ketertarikan yang berbeda-beda inilah kadang kala ada orang yang merasa tersisihkan ketika berada di dalam sebuah kelompok atau komunitas yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Misalkan seorang yang menyukai sains akan merasa aneh ketika berada di dalam komunitas biker, demikian juga sebaliknya.

Dari sini, anda bisa mengembangkan sebuah aplikasi sejenis sosial media untuk membantu orang-orang mencari komunitas yang tepat sesuai dengan hobi dan ketertarikan mereka sebagai ide bisnis startup yang brilian.

Ada banyak sekali komunitas-komunitas positif di Indonesia mulai dari backpacker traveler, musisi jalanan, kesenian tradisional, penulis online, pecinta kopi, dan sebagainya yang sangat terbuka untuk menerima anggota baru mereka.

3. Ide Startup Aplikasi Pencari Kos-Kosan dan Kontrakan

mencari ide membuat aplikasi

Pernah menjumpai teman atau kerabat yang kesulitan mencari kos-kosan atau kontrakan ketika harus menetap di daerah atau kota tertentu? Atau anda pernah mengalaminya sendiri?

Dengan kecanggihan teknologi digital pada saat ini, anda bisa memberikan solusi atas masalah tersebut dengan ide bisnis startup yang keren ini. Aplikasi pencari kos-kosan dan kontrakan.

Aplikasi pencari kos-kosan dan kontrakan ini akan menyediakan data kos-kosan dan kontrakan yang tersedia berdasarkan navigasi GPS yang ada pada smartphone penggunanya.

Nantinya data kos-kosan dan kontrakan yang tersedia beserta range harganya akan langsung muncul persis seperti layanan pencari hotel dan e-ticketing yang sudah banyak dipergunakan pada saat sekarang ini.

Dalam perkembangan selanjutnya, mungkin saja aplikasi ini menyediakan layanan booking kos atau kontrakan, chat dengan pemilik kontrakan, atau pembayaran dengan sistem transfer yang mudah dan praktis.

Tertarik mengembangkan bisnis startup ini?

4. Ide Bisnis Startup Jastip (Jasa Titip)

peluang bisnis startup

Bisnis Jastip atau jasa titip sebetulnya sudah ada dan banyak di media sosial terutama di Instagram. Banyak orang terutama kaum hawa yang senang menitip belanjaan ketika teman atau kenalannya traveling ke suatu tempat dan lama kelamaan menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Dengan adanya ide bisnis startup jasa titip ini, anda bisa mengumpulkan para pebisnis freelance jastip dengan para pengguna jasa jastip ke dalam sebuah platform website ataupun aplikasi.

Lewat aplikasi ini, baik para pebisnis jastip maupun para customer akan mendapatkan keuntungan. Karena dengan menggunakan aplikasi digital, para pengguna jasa titip akan mengetahui target lokasi travel para pebisnis jastip untuk menitip belanjaan.

Demikian juga para pengusaha jastip mendapat keuntungan karena tidak perlu bersusah payah mempromosikan diri ketika harus berpergian ke suatu daerah dan para customer yang akan menemukan mereka melalui sebuah platform yang canggih.

Dengan platform digidal ini pula, para pebisnis dan customer akan bertemu secara online dan saling bernegosiasi hingga terjadi transaksi nantinya.

5. Ide Startup Guru Les Online

cara memulai bisnis startup

Demi untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik bagi sang buah hati, terkadang orang tua bisa melakukan apa saja, mulai dari memasukkan mereka ke sekolah yang berkualitas hingga mencarikan mereka guru les terbaik.

Namun untuk mendapatkan bimbingan dari guru les terbaik biasanya orang tua akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Di era informasi teknologi sekarang ini, anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi menjadi ide bisnis startup yang potensial, yaitu guru les online.

Dengan aplikasi berupa guru les online, para orang tua dan anak bisa mendapatkan materi les yang berkualitas dengan sistem antarmuka yang bagus pula. Sistem guru les online ini bisa memberikan materi soal beserta tata cara penyelesaiannya, baik melalui penjelasan maupun video tutorial yang gampang dimengerti.

Anda bisa mengembangkan aplikasi guru les online ini menjadi lebih atraktif dengan menambahkan fitur chat online misalnya. Yang pasti jika dikembangkan dengan benar ini akan menjadi bisnis startup yang luar biasa kedepannya.

6. Ide Startup Aplikasi Game Belajar untuk Balita

makalah startup

Terkadang orang tua suka cemas jika anak balita mereka sudah mulai tertarik dengan gadget. Pengaruh gadget yang buruk seperti konten dewasa atau permainan yang yang tidak sesuai dengan usia sang anak bisa mempengaruhi mental dan tumbuh kembang sang buah hati.

Untuk membuat anak bisa mengeksplor gadget dengan aplikasi yang tetap berkualitas, anda bisa mengembangkan game belajar untuk anak-anak balita sebagai ide bisnis startup yang berguna.

Ada banyak ide permainan yang bisa anda kreasikan sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak usia dini, misalnya pengenalan warna, pengenalan huruf dan angka, pengenalan bentuk benda, perhitungan sederhana, atau pun pengenalan bahasa asing.

Jika dikelola dengan benar, bukan tidak mungkin bisnis startup seperti ini akan menjadi ladang bisnis yang luar biasa kedepannya.

7. Ide Bisnis Startup Jual Beli Properti

startup unicorn

Properti seperti bangunan atau tanah biasanya bisa dijual secara langsung ataupun dengan melalui perantara.

Sistem jual beli properti dengan metode konvensional tidaklah semudah transaksi-transaksi kecil lainnya. Untuk mencapai kesepakatan jual beli biasanya harus melalui berbagai tahap panjang dan membutuhkan waktu yang lama pula.

Untuk mengantisipasi hal ini, anda bisa mengembangkan sistem jual beli properti secara online sebagai ide bisnis startup yang menjanjikan.

Dengan jual beli properti secara online, para penjual dan pembeli akan bertemu di dunia maya dan saling membuat penawaran dan kesepakatan secara online.

Menariknya lagi, para pembeli juga tidak perlu bersusah payah mendatangi lokasi hanya untuk melihat properti yang akan diperdagangkan karena bisa melalui foto yang diunggah secara digital.

Mengenai transaksi pembayaran juga jadi mudah karena bisa melalui transfer, cicilan, dan sistem pembayaran lainnya.

8. Ide Bisnis Startup Dokter Online

startup digital

Adalah hal yang lumrah jika seseorang yang sedang sakit pergi ke dokter sekalipun hanya menderita penyakit yang ringan saja.

Namun, banyak orang yang sering kali meremehkan penyakit ringan dengan malas ke dokter, baik itu karena antrian yang panjang ataupun karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Jalan keluarnya biasanya orang akan membeli obat di warung yang belum tentu bisa mengobati penyakit yang dideritanya.

Untuk itu, anda bisa menjadikan ide dokter online ini sebagai salah satu ide bisnis startup yang cukup menjanjikan untuk saat ini dan di tahun-tahun mendatang.

Dengan adanya dokter online ini, masyarakat akan lebih mudah untuk mengkonsultasikan penyakitnya dan mencari tahu cara dan obat terbaik untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya ini. Asalkan anda bisa menyediakan dokter online yang kredible, bukan tidak mungkin dokter online akan menjadi bisnis startup yang menjanjikan di waktu mendatang.

Baca Juga:

Bisnis startup adalah masa depan dunia bisnis. Jika anda tidak memulainya saat ini, mungkin anda akan ketinggalan dan hanya menjadi penonton di masa yang akan datang. Beberapa ide di atas hanyalah contoh kecil dari sekian banyak ide bisnis startup lain yang jika dikembangkan dengan benar akan melahirkan startup unicorn unicorn baru di Indonesia. [BH/HT]

Tinggalkan komentar