8 Ide Jualan Makanan di Rumah Terlaris dan Cepat Laku untuk Pemula

Sharing is caring!

Ide Jualan Makanan di Rumah ~ Jualan makanan apa yang laku dan cepat laris di rumah tanpa warung atau tempat usaha? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Cara yang paling mainstream ketika memulai usaha jualan makanan adalah menemukan tempat strategis yang bisa dijadikan tempat untuk jualan.

Dalam mempersiapkan sebuah tempat usaha yang memadai, entah itu warung tenda atau warung permanen, anda memerlukan modal. Semakin bagus dan strategis warung tempat anda jualan makanan, maka akan semakin besar pula modal yang harus dikeluarkan.

Lalu bagaimana jika modal yang punya tidak mencukupi?

Maka alternatif yang paling umum adalah dengan memulai jualan makanan di rumah. Dengan demikian, anda dapat menghemat modal yang cukup besar untuk sewa atau mempersiapkan tempat usaha.

Meski demikian, tidak semua bisnis makanan bisa dimulai dengan berjualan dari rumah. Anda perlu mengetahui mana saja makanan yang cocok untuk dijual di rumah agar usaha anda tetap bisa maju dan berkembang.

8 Ide Jualan Makanan di Rumah yang Menguntungkan dengan Modal Pas-Pasan

Berikut ini adalah 8 ide jualan yang bisa anda mulai dari rumah dengan modal ala kadarnya, tetapi akan sangat menguntungkan dan anti gagal.

1. Jualanan Makanan Kaki Lima di Rumah

jualan makanan online

Salah satu ide jualan makanan di rumah yang cukup mainstream dan cukup diminati adalah jualan makanan kaki lima.

Ide jualan makanan kaki lima di depan rumah ini biasanya dikarenakan keterbatasan modal dalam menyediakan tempat usaha yang strategis.

Seperti yang kita ketahui, jika ingin membuka usaha warung kaki lima di tepi jalan strategis, anda harus mempersiapkan sewa tempat, tenda usaha, dan lain-lain.

Hal tersebut tidak berlaku jika anda memulainya di depan rumah. Tetapi anda tetap harus mempertimbangkan kemudahan tempat jualan anda ini dijangkau oleh pembeli.

Sebetulnya selain termasuk salah satu ide jualan makanan yang laku setiap hari, potensi dari jualan makanan di depan rumah juga cukup menggiurkan. Bahkan sudah banyak pedagang-pedagang sukses yang memulai usahanya dengan jualan makanan kaki lima di depan rumah.

2. Bisnis Katering Rumahan

jualan makanan yang laris di kampung

Ide jualan makanan di rumah berikutnya yang bisa menjadi rekomendasi anda adalah bisnis katering rumahan.

Bisnis katering rumahan adalah salah satu ide jualan terlaris yang patut anda coba, apalagi mengingat usaha ini membutuhkan modal yang relatif minim.

Selain membutuhkan modal yang minim, potensi kerugian dari usaha ini juga relatif kecil karena makanan dibuat berdasarkan pesanan. Jadi tidak akan banyak makanan sisa atau makanan yang tidak laris terjual.

Untuk pemasarannya sendiri cukup mudah. Karena sekarang adalah eranya sosial media, maka anda bisa memanfaatkan sosial media untuk keperluan promosi.

Jadi selain membutuhkan modal yang kecil dan potensi kerugian yang minim, usaha katering rumahan juga tidak membutuhkan biaya untuk keperluan promosi.

3. Ide Jualan Dessert box

jualan makanan yang laku setiap hari

Dessert box juga bisa menjadi ide jualan makanan di rumah yang laris manis dengan potensi kerugian yang sangat minim karena pembuatannya hanya berdasarkan orderan yang masuk.

Saat ini dessert box cukup diminati oleh berbagai kalangan karena rasanya yang enak dan cocok sebagai makanan penutup.

Selain itu, harganya yang cukup terjangkau juga menjadi salah satu faktor penyebab populernya dessert box di kalangan para milenial.

Ide jualan makanan kekinian satu ini bisa anda buat berdasarkan pesanan yang masuk. Untuk mendapatkan pesanan, anda bisa mempromosikannya lewat media sosial.

Sebetulnya untuk usaha jualan dessert box ini sangat mudah. Asalkan anda bisa membuat sekotak dessert box dengan rasa yang enak dan harga yang cocok, maka tidak akan susah untuk mendapatkan repeat order.

4. Jualan Rice bowl via Online

jualan makanan apa yang cepat laku

Hampir sama dengan dessert box, ide jualan makanan di rumah yang cukup direkomendasikan pada saat ini adalah jualan rice bowl via online.

Rice bowl cukup diminati terutama oleh para pekerja yang sibuk karena kemasannya yang betul-betul praktis.

Selain itu, harganya yang murah meriah dengan porsi yang pas, kemudahan pesanan menjadi daya tarik jualan makanan online satu ini.

Jadi, daripada anda bingung mau usaha apa yang hanya membutuhkan sedikit modal, tanpa tempat usaha yang spesifik, dan pasti laris, maka mulailah dengan jualan rice bowl.

5. Usaha Kue Rumahan

jualan makanan online paling laris

Ide jualan makanan di rumah berikutnya yang pasti laris manis adalah jualan kue rumahan.

Selain merupakan ide jualan makanan yang laris di kampung maupun di kota besar, usaha kue rumahan juga membutuhkan modal yang cukup minim.

Ada banyak sekali pilihan kue yang bisa anda jual sebagai usaha rumahan. Mulai dari aneka kue tradisional seperti lemper, lapis, arem-arem, bika, apem, dan sebagainya hingga aneka kue modern.

Yang anda perlu lakukan hanyalah memilih beberapa kue yang menurut anda bisa untuk dijual dan mulai menentukan strategi penjualan yang tepat.

Anda bisa memulai usaha kue rumahan ini kapan pun anda siap secara mental maupun finansial. Dengan konsistensi dan semangat yang baik, bukan tidak mungkin usaha kue anda yang bermula dari rumahan bisa maju dan berkembang.

6. Ide Jualan Makanan Ringan Online

jualan makanan dengan modal 20 ribu

Jika ditanya soal jualan makanan apa yang cepat laku dengan risiko yang minim, mungkin bisa saja itu adalah bisnis reseller makanan ringan via online.

Salah satu ide jualan makanan di rumah ini bisa ditekuni oleh siapa saja, mulai dari karyawan, pelajar, hingga ibu rumah tangga.

Penjualannya juga sangat mudah karena dengan memanfaatkan sosial media atau membuka toko online.

Ditambah lagi dengan produk yang dijual adalah produk-produk hasil industri kreatif yang unik dengan harga yang murah. Tidak heran kalau jualan makanan online paling laris satu ini selalu diminati oleh setiap kalangan.

7. Jualan Es atau Minuman Dingin di Depan Rumah

ide jualan makanan kekinian

Ide jualan makanan di rumah berikutnya yang juga cukup potensial adalah jualan es atau minuman dingin. Apalagi jika rumah anda berada di pemukiman padat penduduk atau sekitar sekolahan.

Untuk es dan minuman dingin yang dijual di depan rumah, anda bisa menyesuaikan dengan modal dan selera pembeli di sekitar.

Jualan minuman cepat saji seperti Pop Ice atau Nutrisari biasanya selain disukai, juga margin keuntungannya cukup tinggi.

Untuk es jenis lain, seperti es kelapa, es cincau, es kopi, atau es mambo juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk jualan es.

8. Usaha Kue Ulang Tahun

ide jualan terlaris

Usaha kue ulang tahun adalah ide jualan makanan di rumah yang juga cukup potensial.

Dari satu kue ulang tahun, anda bisa mendapatkan margin keuntungan yang cukup tinggi dengan risiko yang sangat minim.

Untuk memulai usaha makanan satu ini, anda memang membutuhkan kreativitas dan referensi yang baik, tidak hanya dari membuat kuenya, tetapi juga dari dekorasinya.

Karena dekorasi cake ulang tahun memang membutuhkan skill dan banyak referensi, jadi anda bisa memulainya setelah belajar sendiri atau mengikuti kursus.

Setelah anda merasa telah siap memulai usaha kue ulang tahun, maka promosikan usaha anda lewat sosial media dan beritahukan pada orang-orang terdekat anda.

Usaha kue ulang tahun adalah salah satu usaha makanan yang potensi kerugiannya sangat kecil asalkan ditunjang dengan skill yang memadai dan manajeman harga yang baik.

Baca Juga:

Dalam bisnis, tidak ada kepastian bahwa usaha yang dimulai dengan modal besar akan lebih potensial untuk sukses dibandiangkan dengan usaha rumahan. Jadi jangan takut untuk memulai berjualan kendati anda hanya berdagang di depan rumah. [BH/CS]

Tinggalkan komentar