Pengen Bisnis Kuliner, Cobalah 8 Ide Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Sharing is caring!

Ide Usaha Makanan ~ Usaha makanan apa saja yang potensial dan menguntungkan pada saat sekarang ini? Temukan jawabannya di bawah ini!

BisnisHandal.com, Sebagai bisnis yang tidak ada matinya dan bisa bertahan di mana pun dan kapan pun, usaha kuliner atau makanan cenderung menjadi salah satu pilihan utama bagi para pebisnis pemula maupun para enterpreneur yang sudah berpengalaman.

Apalagi usaha satu ini juga memiliki pilihan bisnis yang beragam, dari usaha rumahan yang sederhana sampai restoran besar mewah tergantung pada target pasar yang akan dituju.

Meski demikian, usaha makanan adalah salah satu usaha yang memiliki persaingan yang sangat tinggi, bahkan paling tinggi diantara pilihan bisnis-bisnis yang lain. Oleh karena itu, sebagai pebisnis kuliner, anda diharuskan untuk benar-benar jeli mencari dan menemukan ide usaha makanan yang tepat, potensial, dan mampu bersaing di tengah kerasnya pasar kuliner.

8 Ide Usaha Makanan yang Potensial dan Menguntungkan Saat Ini

Berikut ini adalah 8 ide usaha makanan yang bisa menjadi referensi anda sebelum memulai bisnis kuliner.

1. Ide Usaha Makanan Sehat

usaha makanan kekinian

Peningkatan jumlah pengidap penyakit seperti jantung, kolesterol, stroke, hingga kanker yang bisa menyerang siapa saja menjadi momen yang tepat bagi para milenial untuk mulai mengkampanyekan pola hidup sehat.

Salah satu yang paling mendukung untuk memulai hidup sehat selain olahraga adalah makanan sehat, yang peminatnya makin bertambah belakangan ini.

Makanan sehat memang bisa menjadi ide usaha makanan yang potensial pada saat ini sehubungan dengan bertambahnya kesadaran masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat. Apalagi jika anda mampu membranding usaha ini dengan baik.

2. Ide Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Ide usaha makanan berikutnya yang sangat potensial untuk usaha saat ini adalah makanan unik dan kreatif.

Ada banyak sekali makanan yang unik dan kreatif di luar sana yang bisa dijadikan ide usaha anda. Atau anda juga bisa berkreasi dan menciptakan menu makanan baru yang unik dan belum ada pesaingnya jika mampu.

Beberapa contoh makanan yang unik dan kreatif yang sukses berkat tangan-tangan kreatif adalah seperti es krim mochi, Oreo goreng, Indomie donat, tahu bulat, burger mie, aneka bakso dengan konsep unik, bento karakter, dan sebagainya.

3. Ide Usaha Fusion food

Serupa dengan makanan yang unik dan kreatif, fusion food juga bisa menjadi ide usaha makanan yang sangat potensial pada saat sekarang ini.

Berawal dari menggabungkan 2 konsep makanan yang berbeda, maka tercipta fusion food yang tidak cuma berbeda dari segi tampilan dan rasa, tetapi juga mengundang penasaran bagi siapa saja untuk mencicipinya.

Usaha makanan kekinian satu ini memang sedang booming pada saat sekarang ini dengan peminat yang terus menerus bertambah.

Beberapa contoh fusion food yang pernah sangat laris, seperti ayam geprek yang memadukan konsep ayam goreng ala Westren dengan sambal khas Indonesia atau sushi rendang yang memadukan makanan sushi dengan rendang memang memiliki daya tarik yang luar biasa.

Maka dari itu, para pebisnis makanan jangan pernah ragu untuk mencoba menciptakan menu fusion food baru yang berbeda namun memiliki potensi yang besar di pasar kedepannya.

4. Ide Usaha Warung Makan Konsep Serba Tradisional

usaha makanan paling laris saat ini

Pada saat ini, warung makan dengan konsep serba tradisional atau back to nature memang sedang hits di berbagai wilayah di Indonesia.

Karena warung makan atau restoran dengan konsep urban modern sudah terlalu mainstream dan monoton, orang-orang cenderung mencari sesuatu yang berbeda dan fresh sebagai tempat makan sambil bersosialisai.

Seakan menjawab keinginan masyarakat modern, warung makan dengan konsep tradisional, mulai dari tempatnya yang serba natural dan makanannya yang serba tradisonal hadir dan langsung berhasil merebut atensi pasar hingga pada saat sekarang ini.

Memang usaha ini membutuhkan lokasi yang tidak biasa dan cukup luas, namun potensinya juga sangat besar asalkan kualitas makanan yang disajikan benar-benar terjaga dan autentik.

5. Ide Usaha Makanan Beku atau Kemasan Tahan Lama

Bagi para pebisnis online atau usaha makanan yang melayani konsumen lintas pulau atau lintas propinsi, maka usaha makanan beku atau makanan yang dikemas sedemikian rupa sehingga tahan lama bisa jadi pilihan yang tepat.

Makanan dengan kemasan tahan lama seperti makanan kalengan, makanan awetan, makanan beku, atau makanan dalam vacuum sealer bisa menjadi pilihan yang cukup tepat untuk menghambat proses oksidasi bahan makanan menjadi lebih tahan lama.

Namun, meskipun bisa menghambat daya tahan makanan, tetap saja makanan tersebut memiliki masa kadaluarsanya. Jadi sebelum memulai usaha makanan jenis ini, alangkah baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu jenis-jenis makanan yang cocok untuk usaha ini.

6. Ide Usaha Makanan Vegetarian atau Vegan

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan menjadi vegetarian atau vegan. Selain karena faktor tradisi dan agama, orang juga bisa beralih menjadi vegetarian karena alasan kesehatan, ingin diet, atau berkampanye anti kekerasan terhadap hewan.

Jumlah orang-orang yang menjalani pola hidup vegetarian semakin hari semakin bertambah. Apalagi banyak influencer juga aktif mengkampanyekan isu vegetarian ini.

Sebagai potensi bisnis, usaha makanan vegetarian terbilang cukup menjanjikan, terutama di perkotaan besar yang masyarakatnya lebih sadar untuk hidup sehat.

Ide usaha makanan vegetarian juga banyak dan rata-rata pesaingnya belum terlalu banyak. Anda bisa berbisnis bahan makanan vegetarian seperti jamur, gluten, dan sejenisnya, ataupun makanan vegetarian yang siap saji.

7. Ide Usaha Makanan yang Viral di Wilayah atau Negara Lain

usaha makanan unik dan kreatif

Makanan yang viral di wilayah atau negara lain juga bisa menjadi peluang usaha makanan kekinian yang cukup menjanjikan pada saat sekarang ini.

Dengan berkembangnya media sosial yang bisa membawa informasi secara instan, tidak susah bagi masyarakat untuk mengetahui makanan atau minuman apa yang lagi viral di wilayah atau negara lain.

Dan makanan yang sedang viral tersebut bisa diduplikasi dan dijual di tempat anda dan menjadi peluang usaha makanan paling laris saat ini.

Kuliner seperti hotdog kentang, es kepal Milo, hingga bubble drink adalah beberapa dari sekian banyak contoh usaha makanan luar viral yang berhasil dibawa ke Indonesia dan meraih sukses besar.

8. Warung Makan atau Resto dengan Konsep Anti Mainstream

Warung makan atau resto dengan konsep yang anti mainstream bisa juga menjadi ide usaha kuliner yang potensial dan menjanjikan pada saat sekarang ini.

Dengan konsep warung makan atau restoran yang anti mainstream, akan mengundang masyarakat untuk datang, berfoto, dan mencicipi makanannya.

Ditambah lagi dengan berbagai keunikan konsepnya, usaha semacam ini tidak memerlukan biaya promosi yang besar karena para pelanggan yang akan cenderung mempromosikan usaha anda dari mulut ke mulut.

Sekarang tinggal kreativitas dan ide anda saja dalam menentukan usaha resto atau warung makan anda menjadi unik, anti mainstream, dan mengundang untuk diperbincangkan.

Baca Juga:

Demikianlah 8 jenis usaha makanan yang paling tepat untuk menjadi ide usaha kuliner pada saat sekarang ini. Semoga salah satunya bisa dijadikan ide usaha kuliner anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar