10 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Inovatif, dan Menguntungkan Saat Ini

Sharing is caring!

Ide Usaha Rumahan Kreatif ~ Apakah anda sedang mencari ide usaha rumahan yang kreatif, inovatif, dan menguntungkan pada saat sekarang ini? Jawabannya ada di bawah ini!

BisnisHandal.com, Usaha rumahan adalah salah satu dari sekian banyak bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Apalagi beberapa jenis usaha rumahan yang ada sudah terlalu umum dan banyak peminatnya.

Dengan adanya persaingan yang cukup tinggi tersebut, untuk memulai usaha rumahan juga tidak mudah. Perlu memilih jenis-jenis usaha yang tidak biasa untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Usaha rumahan yang kreatif dan unik bisa menjadi solusi yang terbaik dalam merebut pasar bagi para penggiat usaha rumahan dan UKM karena tingkat persaingan usahanya yang tidak setinggi usaha rumahan yang sudah terlalu umum.

10 Ide Usaha Rumahan Kreatif dan Inovatif untuk Ide Usaha Anda

Berikut ini adalah 10 ide usaha rumahan kreatif dan menguntungkan dengan modal kecil yang bisa anda coba saat ini.

1. Ide Usaha Rumahan Makanan Ringan Kreatif

Ide usaha rumahan kreatif pertama yang bisa anda coba adalah usaha rumahan makanan ringan.

Makanan ringan bisa menjadi bisnis unik yang menguntungkan karena bukan hanya pemasarannya yang fleksibel, dari door to door hingga pemasaran online, tetapi juga peminatnya bisa datang dari berbagai kalangan.

Usaha makanan ringan juga merupakan bisnis yang tidak menuntut banyak waktu, sehingga bisa dilakoni sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga, karyawan pabrik, atau mahasiswa aktif.

Ide makanan ringan bisa datang dari apa saja. Anda bisa mengkreasikannya dari buah-buahan yang jarang dibuat makanan ringan seperti nangka, apel, semangka, durian, salak, dan sebagainya. Ataupun bisa menggunakan kulit buah-buahan, seperti kulit pisang, kulit buah naga, atau kulit jeruk.

Untuk bentuk kreasi dari makanan ringan kreatif ini, anda bisa menyesuaikan dengan bahan dasar yang dipilih, misalnya keripik, manisan, atau gorengan dengan aneka rasa dan berbagai varian level pedas.

Di sini memang butuh kreativitas yang tinggi untuk trial and error sampai bisa menemukan makanan ringan yang unik, kreatif, dan bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat.

2. Ide Usaha Rumahan Content Creator Game

bisnis unik yang menguntungkan

Untuk anda yang hobi bermain game terutama game online yang berbasis MOBA (Muliplayer Online Battle Arna), content creator game bisa menjadi ide usaha rumahan kreatif yang menguntungkan.

Usaha rumahan yang lagi trend satu ini juga relatif mudah untuk dilakoni, terutama para mahasiswa dan kaum milenial yang suka bermain game.

Caranya sangat mudah, anda tinggal bermain game seperti biasa kemudian merekamnya. Akan menjadi nilai tambah apabila anda membuat konten game dengan menggunakan green screen dan microphone. Karena kedua peralatan penunjang tersebut akan konten game anda jadi lebih unik dan menarik.

Jangan lupa juga untuk melakukan editing dari konten game yang anda buat sebelum mengunduhnya ke Youtube agar menjadi lebih menarik dan tidak kena pelanggaran hak cipta.

Anda juga bisa menjadi creator game secara live di Youtube atau Facebook. Yang pasti, jika anda konsisten dalam creator game dan memiliki banyak penonton, bukan tidak mungkin akan mengantongi uang dari ribuah hingga puluhan ribu dollar dari adsense konten tersebut.

3. Ide Usaha Rumahan Souvenir Pernikahan

Ide usaharumahan kreatif beriktunya yang bisa dikerjakan di rumah dengan modal kecil adalah usaha souvenir pernikahan.

Usaha souvenir pernikahan adalah usaha rumahan yang cukup mudah dibuat berdasarkan ide-ide kreatif di sekitar kita. Produk souvenir pernikahan bisa berupa apa saja, mulai dari bros, taplak meja, rak, sendok, kalender, hingga sukulen.

Perhatikan juga harga souvenir yang akan anda jadikan ide bisnis kreatif dan unik ini. Umumnya harga souvenir untuk pernikahan tidak terlalu mahal karena untuk dibagikan ke seluruh tamu undangan yang jumlahnya sangat banyak.

Untuk pemasaran usaha rumahan souvenir pernikahan, anda bisa memanfaatkan jaringan sosial media untuk menjangkau lebih banyak customer. Manfaatkanlah media seperti Facebook atau Instagram untuk memasarkan contoh souvenir pernikahan anda.

4. Ide Usaha Rumahan Kerajinan Serba Rotan

Ide kerajinan serba rotan bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan kreatif berikutnya yang tidak bisa anda lewatkan.

Rotan adalah bahan baku kerajinan yang tersedia banyak di alam yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

Untuk mengolahnya menjadi aneka produk usaha rumahan memang dibutuhkan sedikit kreativitas. Anda juga bisa mengerjakannya dengan bantuan beberapa karyawan jika nantinya usaha ini sudah mulai berkembang dan banyak mendapat pesanan.

Salah satu peluang usaha rumahan di desa ini memiliki banyak varian produk usaha yang bisa dibuat sesuai dengan kreativitas anda, mulai dari aneka pajangan dinding, tas, meja, kursi, piring, gantungan kunci, dan lain-lain.

Usaha kerajinan rotan juga tidak pernah kehilangan peminat dari waktu ke waktu, jadi sangat cocok untuk dijadikan ide bisnis unik yang menguntungkan.

5. Ide Usaha Rumahan Jasa Desain Grafis

Untuk anda yang memiliki keahlian dalam menggambar atau mendesain, usaha jasa desain grafis bisa menjadi ide usaha rumahan kreatif yang sangat menguntungkan.

Apalagi dengan kemajuan teknologi pada saat sekarang ini, ide-ide desain grafis anda sangat mudah menjangkau banyak orang lewat pemasaran online. Anda bisa memanfaatkan sosial media atau blog untuk memasarkan bisnis jasa desain grafis ini.

Selain promosi, anda juga perlu selalu melihat dan mengikuti ide-ide desain grafis terkini melalui internet.

Dengan ide desain yang baik dan fresh, usaha jasa desain grafis anda akan cepat berkembang berkat promosi dari mulut ke mulut, terutama oleh konsumen yang puas dengan kinerja anda.

6. Ide Usaha Rumahan Katering Karakter Anak-Anak

peluang usaha rumahan di desa

Ide usaha rumahan kreatif berikutnya yang bisa anda coba adalah usaha katering karakter untuk anak-anak.

Memang pada saat sekarang ini, bisnis katering sudah ada di mana-mana. Tetapi pasar usaha katering untuk anak-anak masih cukup menjanjikan, terutama untuk di daerah perkotaan besar.

Usaha katering anak-anak juga sebagai solusi yang baik untuk para orang tua yang kesulitan mempersipkan bekal sekolah untuk anak-anak mereka.

Ditambah dengan ide kreatif berupa katering karakter yang disukai oleh anak-anak, usaha ini bisa menjadi salah satu usaha kecil menguntungkan yang layak untuk dicoba.

7. Ide Usaha Rumahan Desain Case handphone Kreatif

Case handphone memang banyak dijual di pasaran pada saat sekarang ini. Namun, desain case handphone yang bisa dicustom sesuai dengan keinginan pembeli akan menjadi daya tarik ide usaha rumahan kreatif satu ini.

Sebagai usaha rumahan, anda bisa mempromosikan usaha ini lewat jejaring sosial media. Jangan lupa untuk menyertakan contoh case ponsel hasil kreasi anda di dalamnya. Berikutnya tinggal menunggu konsumen datang untuk dibuatkan case sesuai dengan keinginan mereka.

Jika konsumen anda puas, maka usaha ini akan cepat menyebar dari mulut ke mulut dan semakin banyak konsumen akan datang berdasarkan rekomendasi dari para pelanggan anda.

Jangan takut untuk berkreasi dengan case handphone yang bisa dibuat dengan model apa saja dan dengan memakai bahan yang tidak biasa sesuai dengan kreativitas anda.

8. Ide Usaha Rumahan Konten Musik di Youtube

Menjadi Youtuber yang sukses memang menjadi impian banyak orang. Dengan banyaknya subscriber, maka seorang Youtuber juga akan mendapatkan materi yang berlimpah.

Setiap harinya, ada banyak sekali konten yang dibuat dan diunduh ke dalam situs pemutar video terpopuler di dunia ini dan memang tidak mudah untuk bisa menjadi sukses di dunia Youtube.

Tetapi, jika anda adalah musisi yang memiliki kreativitas tinggi, itu mungkin saja. Caranya adalah dengan merekam karya musik anda, entah itu permainan instrumen musik ataupun lagu dan mengunduhnya ke situs Youtube.

Perlu diingat, agar video anda bisa dimonetisasi, konten yang anda buat haruslah konten yang asli atau dengan kata lain tidak meng-cover atau memplagiat karya musik orang lain.

Jika anda piawai memaikan instrumen alat musik atau bisa bernyanyi dengan lagu karya sendiri, ide usaha rumahan ini tentu akan menjadi sangat mudah.

9. Ide Usaha Rumahan Papan Bunga

ide usaha kreatif inovatif

Usaha papan bunga pada dasarnya termasuk usaha yang jarang ada tetapi cukup banyak dicari orang terutama ketika sedang ingin memberi ucapan suka cita maupun duka cita.

Ide usaha rumahan kreatif satu ini cukup mudah dijalankan sebagai usaha rumahan dengan bantuan beberapa orang karyawan saja.

Kreasi desain papan bunga bisa berdasarkan permintaan pembeli dan dibuat berdasarkan kreativitas anda dan karyawan.

Untuk menjalankan usaha ini, anda memerlukan minimal 1 unit mobil bak terbuka untuk pengantaran ke tempat yang diinginkan oleh pembeli.

Usaha ini termasuk salah satu rekomendasi usaha rumahan yang cukup menguntungkan dan tidak pernah sepi dari pembeli.

10. Ide Usaha Rumahan Clotihing line

Ide usaha rumahan kreatif yang cukup menguntungkan dan bisa dimulai dengan modal kecil yang terakhir adalah usaha clotihing line.

Cara menjalankan bisnis ini juga cukup mudah untuk orang yang kreatif. Buatlah desain baju yang tidak umum dan akan menimbulkan kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Desain tersebut bisa berupa gambar, tulisan, atau gabungan keduanya yang bisa menimbulkan kesan tertentu bagi orang lain.

Untuk pemasarannya, anda bisa bekerja sama dengan pemilik usaha distro di kota anda, ataupun menjualnya sendiri dengan cara online maupun offline.

Kunci keberhasilan usaha rumahan clotihing line adalah terletak pada ide desain yang memikat dan strategi pemasaran yang baik.

Baca Juga:

Semoga salah satu ide usaha kreatif dan inovatif tersebut bisa menjadi ide usaha anda. [BH/CS]

Tinggalkan komentar