8 Ide Inovasi Usaha di Desa Berkembang yang Potensial dan Menjanjikan

Sharing is caring!

Inovasi Usaha di Desa ~ Inovasi usaha bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk memulai bisnis di desa berkembang. Lalu ide inovasi usaha seperti apa yang tepat untuk diterapkan di desa?

BisnisHandal.com, Mungkin banyak pebisnis yang lebih suka tinggal di kota-kota besar karena menjanjikan ladang bisnis yang lebih besar dengan potensi keuntungan yang tingi pula.  Padahal dengan kondisi desa yang semakin berkembang dan sarana serta prasarana yang semakin memadai, berbisnis di daerah desa juga tidak kalah bagusnya.

Yang anda butuhkan untuk berbisnis di desa adalah kejelian dalam melihat dan menentukan bisnis yang paling tepat dan konsistensi dalam membangun bisnis tersebut.

Jadi ide bisnis yang tepat bisa didapat dengan melakukan inovasi dari bisnis konvensional ataupun membawa bisnis yang sedang laris di daerah kota dan belum banyak di desa. Maka dengan promosi dan cara branding yang baik, maka usaha tersebut akan sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan yang ada di kota.

8 Ide Inovasi Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa inovasi usaha di desa yang bisa anda pertimbangkan untuk ide bisnis potensial anda.

1. Usaha Kebun Sayur Organik

Seperti yang kita ketahui, saat ini seiring dengan menurunnya angka harapan hidup dan semakin bertambahnya jumlah pengidap penyakit yang diakibatkan oleh makanan tidak sehat, maka sayuran organik semakin digemari oleh masyarakat.

Oleh karena itu, anda bisa menjadikan kebun sayur organik sebagai salah satu inovasi usaha di desa.

usaha potensial di desa

Berbeda dengan kebun sayuran konvensional yang minim perawatan dan hanya mengandalkan pestisida kimia, perawatan kebun sayur organik sama sekali harus bebas dari segala bentuk pestisida kimia.

Sebagai tindakan pencegahan hama, para petani sayuran organik lebih memilih menutupnya dengan paranet atau jaring. Selain itu, perawatan tanaman seperti menghilangkan serangga dan gulma juga harus menggunakan cara yang manual dan bebas dari pestisida. Sehingga menghasilkan sayur mayur yang betul-betul sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Oleh karena itu, tidak heran jika sayuran organik memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi daripada sayuran non organik. Selain dijamin sehat dan bebas dari kimia, perkebunan sayur organik juga lebih sulit dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

2. Usaha Café dengan WiFi dan Desain yang Instagramable

Jika usaha café dengan desain yang instagramable berikut fasilitas WiFi adalah sesuatu yang sudah cukup lumrah di daerah perkotaan, maka di pedesaan usaha seperti ini bisa menjadi ide usaha potensial, terutama di desa berkembang.

Karena usaha warung makan di desa sudah terlalu mainstream, maka usaha café dengan fasilitas WiFi dengan tampilan yang instagramble akan cepat viral dan mengundang pengunjung untuk datang berfoto sambil mencicipi makanannya.

Untuk memulai inovasi usaha di desa satu ini, anda harus memiliki banyak referensi dari café-café menarik yang bisa didapatkan dengan mudah di internet dan mengaplikasikannya sendiri. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas dari menu makanan yang disajikan pada tamu.

3. Usaha Laundry Layanan Antar Jemput

Usaha laundry sudah pasti merupakan bisnis yang sangat menjamur di berbagai sudut perkotaan besar karena peminatnya yang banyak. Namun untuk di desa berkemabg, usaha satu ini sangat bisa menjadi inovasi usaha di desa yang menguntungkan.

Untuk menambah daya tarik usaha laundry ini, anda bisa menambahkan beberapa layanan ekstra, seperti menjemput pakaian tersebut sendiri ke rumah pelanggan anda. Atau anda juga bisa membuat promosi misalnya setelah mencuci sebanyak beberapa kali maka akan mendapatkan bonus atau cashback.

Jangan takut untuk berinovasi dan memberikan pelayanan yang baik karena usaha laundry akan menjadi peluang usaha di desa berkembang yang sangat potensial dan menguntungkan untuk anda.

4. Usaha Franchise Minuman Kekinian

Inovasi usaha di desa lainnya yang bisa anda pertimbangkan untuk bisnis adalah usaha franchise minuman kekinian.

Tidak hanya menjadi usaha yang sangat digemari di daerah perkotaan saja, minuman kekinian seperti Thai Tea, teh keju, buble drink, dan sejenisnya akan sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, tidak terkecuali di desa berkembang.

Apalagi mengingat beberapa usaha franchise terlaris minuman kekinian mematok biaya kemitraan yang cukup murah dan terjangkau mulai dari Rp 2 jutaan.

Anda tinggal melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui jenis franchise minuman kekinian apa saja yang tepat untuk dijual di desa tempat tinggal anda.

5. Usaha Agrowisata

peluang usaha di desa berkembang

Untuk anda yang memiliki lahan di desa dan bingung mau usaha apa yang berbeda, anda bisa coba usaha agrowisata sebagai inovasi usaha di desa.

Usaha unik di desa satu ini selain berbeda dengan usaha perkebunan atau pertanian yang konvensional juga bisa membantu memajukan sektor perekonomian di desa.

Ada banyak jenis tema agrowisata yang bisa dijadikan usaha anda, seperti aneka perkebunan buah-buahan segar, holtikultura, aneka tanaman pangan, atau berbagai peternakan.

Jadi selain agrowisata tersebut bisa menghasilkan aneka bahan makanan untuk dijual, juga bisa mendatangkan turis sehingga mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda untuk anda.

6. Usaha Rumah Makan dengan Konsep Alam

Jika anda tinggal di desa yang berbatasan langsung dengan daerah kota-kota besar, maka usaha rumah makan dengan konsep alam bisa dicoba sebagai salah satu inovasi usaha di desa yang cukup potensial.

Rumah makan dengan konsep alam banyak disinggahi oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan ketika waktu akhir pekan untuk sekedar berkumpul bersama keluarga dan kerabat sambil menikmati makanan rumahan.

Selain menyajikan menu makanan yang serba tradisional rumahan, pemilihan tempat yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk warung makan berkonsep alam ini.

Anda tidak perlu takut atau khawatir jika usaha ini tidak berkembang karena tidak berada di pusat kota. Tetapi sebaliknya, dengan promosi yang tepat, branding yang baik, makanan yang enak, dan tempat yang mudah dijangkau, rumah makan dengan konsep alam akan menjadi usaha potensial di desa yang layak untuk dipertimbangkan.

7. Usaha Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Ingin inovasi usaha di desa yang pasti banyak peminatnya, cobalah dengan membuka lembaga kursus bahasa Inggris di desa anda.

usaha unik di desa

Sebagai mata pelajaran wajib di sekolahan, tututan untuk bisa berbahasa Inggris dewasa ini memang sudah semakin tinggi. Apalagi ketika sudah memasuki dunia kerja kelak.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang tua yang memasukkan anak-anak mereka ke lembaga kursus bahasa Inggris dengan harapan agar anak-anak mereka tetap bisa bersaing di masa yang akan datang.

Karena lembaga kursus bahasa Inggris di desa yang masih sangat sedikit, usaha ini akan menjadi salah satu peluang usaha di desa berkembang yang sangat potensial dan patut dipertimbangkan.

8. Usaha Jualan Aneka Makanan Ringan Unik di Desa

Inovasi usaha di desa yang potensial dan cukup menjanjikan yang terakhir adalah usaha makanan ringan yang kekinian dan unik.

Ada begitu banyak pilihan aneka makanan ringan yang kekinian dan unik yang bisa anda pertimbangkan untuk dipasarkan di desa, baik itu dijual secara langsung, dititipkan di toko/warung, atau dengan membuka warung makanan ringan sendiri.

Beberapa contoh makanan ringan unik dan kekinian yang bisa dicoba misalnya adalah pisang nuget, martabak dengan aneka varian rasa kekinian, sosis telur, takoyaki, Oreo goreng, keripik tempe, bolu karakter, dan lain-lain.

Baca Juga:

Demikianlah tadi 8 ide inovasi usaha yang bisa diterapkan di desa berkembang. Semoga salah satunya bisa diterapkan di desa anda. [BH/CS]

Satu pemikiran pada “8 Ide Inovasi Usaha di Desa Berkembang yang Potensial dan Menjanjikan”

  1. Halo.

    Dimana saya dapat men-download XEvil gratis di website anda?
    Mendapat informasi dari dukungan Anda. XEvil benar-benar program terbaik untuk captcha solution, tapi aku butuh versi terbaru dari itu.

    Terima kasih.

Tinggalkan komentar