7 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Paling Menguntungkan Saat Ini

Sharing is caring!

Investasi Jangka Panjang ~ Investasi jangka panjang itu apa? Jenis investasi jangka panjang yang paling menguntungkan itu seperti apa? Temukan jawabannya di bawah ini!

Arti Investasi

jenis investasi

BisnisHandal.com, Pengertian investasi adalah sebuah aktivitas menempatkan dana, modal, harta, atau kekayaan lain pada periode tertentu untuk memperoleh keuntungan atau pertambahan nilai di masa yang akan datang.

Investasi adalah sesuatu yang lumrah bagi siapa saja yang memiliki uang yang melebihi dengan yang dibelanjakan untuk meningkatkan nilai uang tersebut atau sebagai cadangan pendapatan di masa yang akan datang.

Berdasarkan jangka waktu investasi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Pengertian investasi jangka pendek adalah jenis investasi dimana dana akan diputar dan dapat dicairkan dalam jangka waktu kurang dari 12 bulan. Sedangkan investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang dana akan diputar dan baru bisa dicairkan minimal 12 bulan atau lebih.

Dari segi keuntungan, investasi jangka panjang lebih menguntungkan karena jangka waktu investasinya lebih lama daripada investasi jangka pendek.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

reksadana

Baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang memang memiliki peminatnya tersendiri. Meski demikian, investasi jangka panjang memang lebih diminati karena memiliki tujuan untuk jangka panjang.

Adapun tujuan investasi jangka panjang adalah sebagai berikut.

  • Untuk memperoleh pendapatan tetap selama periode waktu tertentu, contohnya seperti dividen, royalti, bunga, uang sewa, dan lain-lain.
  • Untuk mengendalikan atau melakukan kontrol terhadap perusahaan lain melalui kepemilikan sebagian ekuitas perusahaan tersebut.
  • Sebagai cadangan dana khusus yang bisa dipergunakan untuk jaminan hari tua, kepentingan sosial, dan sebagainya.
  • Sebagai cara yang bisa menjamin tersedianya bahan baku dan bisa mendapatkan pasar dari produk yang dihasilkan.
  • Upaya untuk meredam persaingan antara perusahaan sejenis.

Jenis Investasi Jangka Panjang yang Paling Menguntungkan di Masa Depan

Berikut ini adalah beberapa jenis investasi jangka panjang yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam mengelola investasi.

1. Emas, Investasi Jangka Panjang yang Nilainya Paling Stabil

investasi emas

Investasi emas adalah jenis investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Emas juga menjadi pilihan utama dalam investasi jangka panjang karena nilainya yang cenderung tidak akan banyak mengalami perubahan meskipun disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Ini berarti nilai emas akan terus stabil tanpa tergerus oleh inflasi setiap tahunnya. Dengan demikian, nilai emas 50 tahun yang lalu akan sana dengan nilai emas pada saat ini dan mungkin juga akan tetap sama pada waktu 50 tahun mendatang kendati inflasi selalu mengalami kenaikan.

Untuk investasi emas, anda bisa membelinya dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan emas. Perbedaan antara emas batangan dengan perhiasan emas tergantung pada kadar emasnya yang nantinya akan mempengaruhi nilai jual emas tersebut di masa yang akan datang.

Jadi mau investasi emas dalam jangka panjang, lebih aman memilih emas batangan.

2. Saham sebagai Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

investasi yang menguntungkan

Jika dulu investasi saham adalah hak milik bagi siapapun yang memiliki kekayaan yang besar, tetapi saat ini investasi saham sudah terbuka untuk masyarakat umum yang datang dari berbagai kalangan.

Saham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan para investor di perusahaan perseroan terbatas.

Dengan membeli sekian lembar saham di perusahaan tertentu, berarti anda akan mendapatkan sekian persen dividen atau pembagian keuntungan dari bisnis perusahaan tersebut.

Dalam memilih saham untuk investasi hendaknya anda perlu berhati-hati karena saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang paling tidak stabil. Jadi lebih baik anda memilih perusahaan yang terpercaya dan sehat dalam berinvestasi saham.

3. Investasi Properti

investasi properti

Investasi properti adalah jenis pilihan yang cukup tepat jika anda memiliki dana lebih. Bagaimana tidak, harga properti cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sehingga sangat baik sebagai instrumen investasi jangka panjang anda.

Investasi properti ini bisa berupa tanah saja atau tanah berikut bangunannya. Meskipun investasi ini terbilang cukup menggerus modal anda, tetapi potensi kerugiannya terbilang sangat kecil. Apalagi nilai propertinya bisa naik hingga 20% setiap tahunnya.

Ada banyak contoh investasi jangka panjang dalam bentuk properti yang bisa anda jadikan alat investasi jika memiliki dana lebih.

Contoh investasi jangka panjang properti tersebut adalah tanah, apartemen, kontrakan, kos-kosan, rumah tinggal, hingga pulau pribadi.

4. Investasi Reksadana

contoh investasi

Investasi reksadana adalah investasi dalam bentuk kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya.

Investasi reksadana bisa menjadi pilihan yang cermat karena sistem investasinya yang terbilang sederhana bahkan sangat mungkin dilakukan bagi anda yang masih awam di dunia investment.

Anda hanya perlu mempersiapkan modal yang besarnya tidak sebanyak saham dan mempercayakannya kepada seorang profesional untuk dikelola.

Jadi anda tidak perlu pusing harus memikirkan saham atau obligasi yang harus anda beli karena tinggal menentukan jenis reksadananya saja. Selanjutnya tugas investasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab manajer investasi anda secara profesional.

5. Investasi Jangka Panjang sekaligus Proteksi dari Asuransi

contoh investasi jangka panjang

Pada saat ini investasi asuransi bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang cukup banyak digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Investasi asuransi memiliki 2 macam keuntungan sekaligus, yaitu perlindungan terhadap resiko kesehatan dan keuntungan dari nilai investasi yang dijalankan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Investasi asuransi juga terbilang praktis dan mudah. Anda cukup menyetorkan uang dalam jumlah tertentu kepada perusahaan asuransi dan dana anda akan diatur sedemikian rupa. Sebagian dana akan dialihkan untuk pos asuransi dan sisanya lagi akan dimasukkan ke dalam pos investasi.

Dengan memilih investasi asuransi yang tepat, anda akan mendapatkan tanggungan jika terjadi resiko kesehatan seperti sakit, kecelakaan, atau kematian. Selain itu, nilai investasi juga bisa berguna untuk cadangan uang jangka panjang anda.

6. Investasi Obligasi

Obligasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh negara atau perusahaan dengan jangka waktu antara 1 – 10 tahun.

Investasi obligasi adalah dengan cara membeli obligasi dari negara atau perusahaan dan selanjutnya negara atau perusahaan tersebut akan membayarkan hutang tersebut kepada anda sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati berikut dana kupon yang akan disetorkan secara rutin.

Mengapa negara atau perusahaan menerbitkan obligasi?

Obligasi diterbitkan biasanya untuk menghimpun dana dari masyarakat umum yang akan dipergunakan oleh perusahaan atau negara untuk kepentingan tertentu. Misalnya pembangunan infrastruktur oleh negara atau pembiayaan ekspansi perusahaan.

Investasi obligasi termasuk instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan meskipun tidak sepopuler emas atau saham.

Dengan investasi obligasi anda akan mendapatkan keuntungan berupa:

  • Uang kupon yang dibayarkan oleh penerbit obligasi secara berkala (1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan) yang keuntungannya lebih tinggi daripada deposito.
  • Obligasi bisa dijadikan agunan untuk pengajuan kredit pada pihak lain.
  • Mendapat capital gain (keuntungan) ketika menjual obligasi.
  • Investasi obligasi aman dan dijamin oleh Undang Undang No. 24 tahun 2002 dan Undang Undang No. 19 tahun 2008.

7. Investasi Program Pensiun

investasi saham jangka panjang

Investasi program pensiun adalah investasi sebagai tabungan hari tua jika seorang karyawan sudah memasuki usia pensiun atau secara fisik sudah tidak mampu lagi bekerja. Investasi program pensiun juga sering didentikkan dengann program jaminan hari tua.

Sebagian perusahaan biasanya memang bekerja sama dengan pihak ketiga dalam mempersiapkan investasi program pensiun bagi karyawannya. Pihak ketiga ini bisa dari pemerintah berupa BPJS Ketenagakerjaan ataupun dengan lembaga keuangan lain dari bank-bank umum.

Dengan program pensiun ini, gaji anda akan dipotong oleh perusahaan setiap bulannya sebagai tabungan di masa depan kelak ketika sudah tidak bekerja lagi.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai 7 jenis investasi jangka panjang yang paling menguntungkan pada saat sekarang ini. Semoga salah satunya bisa menjadi ide investasi anda. [BH/HT]

Tinggalkan komentar